Tips Memilih dan Merawat Jok Motor dengan Mudah

0
231
Tips Memilih dan Merawat Jok Motor dengan Mudah
Tips Memilih dan Merawat Jok Motor dengan Mudah

Sudah tahukan bagaimana tips memilih dan merawat jok motor? Jika belum maka kalian perlu buat menyimak penjelasan dari kami terlebih dahulu. Keberadaan dari komponen inilah berfungsi sebagai tempat duduk bagi pengendara ataupun penumpang. 

Baca juga: Tanda Oli Gardan Motor Matik Habis dan Harus Segera Diganti

Semakin bagus kualitas dari jok yang kalian gunakan tentu akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan ketika berada di atasnya bukan? Bayangkan saja apabila bagian dari motor tersebut rusak atau bahkan keras tentu bisa mengakibatkan ketidaknyamanan bagi kalian. 

Selain memilihnya dengan tepat, sebagai pemilik kendaraan juga wajib buat selalu memberikan perawatan yang terbaik pada komponen tersebut. Dengan merawatnya dengan baik itulah ternyata bisa membuat umur jok tersebut jauh lebih lama. 

Adapun jok motor sendiri ternyata dibagi menjadi beberapa jenis seperti kulit asli, kulit sintetis hingga calp spon. Setiap jenisnya itulah ternyata juga mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga kalian harus bijak dalam memilihnya. 

Jika kalian merupakan pemilik kendaraan roda dua satu ini, maka wajib buat mengetahui beberapa tips memilih dan merawat jok motor tersebut agar awet berikut ini. 

Tips Memilih dan Merawat Jok Motor untuk Anda 

Tips Memilih dan Merawat Jok Motor untuk Anda
Tips Memilih dan Merawat Jok Motor untuk Anda

Seperti kalian ketahui bahwa keberadaan dari jok pada motor inilah mempunyai peran sangat penting karena akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan nantinya. Oleh sebab itulah, bagi kalian yang berencana akan menggantinya dengan unit baru, maka perlu mengetahui beberapa hal. 

Kendati terlihat cukup sepele tetapi pastikan kalian sudah memahami bagaimana tips memilih dan merawat jok motor tersebut dengan benar. Jika kalian takut salah dalam memilihnya, maka harus menyimak sejumlah tips penting berikut ini. 

  • Memilih Jok yang Kulit Asli

Tips pertama yang perlu kalian perhatikan adalah ketika berencana akan membeli jok terbuat dari bahan kulit asli. Dengan memanfaatkan jenis bahan satu inilah ternyata akan memberikan kelebihan tersendiri terutama karena kesannya jauh lebih mewah. 

Untuk memilih jok kulit asli inilah maka sebaiknya harus bertanya terlebih dahulu kepada penjual, apakah barang tersebut asli atau tidak. Jangan sampai tergiur dengan harga jok kulit asli dengan harga kelewat murah. 

  • Pilih Kulit Sintetis 

Sedangkan apabila kalian ingin menghemat biaya pengeluaran maka pastikan mencoba untuk memilih material dari kulit sintetis. Daripada dengan sebelumnya, maka pengguna bisa menemukan dengan mudah keberadaan dari jenis jok satu ini. 

  • Mudah Dibentuk dan Tidak Robek 

Tips memilih dan merawat jok motor berikutnya adalah kalian bisa mempertimbangkan buat memilih jok di mana berikan kemudahan membentuknya dan tidak mudah buat robek. Sebab dengan begitu, maka akan membuat umurnya panjang sekaligus mudah mencari desain sesuai keinginan. 

  • Tidak Meninggalkan Bekas Gosong ketika Tersengat Api 

Tips terakhir yang perlu kalian perhatikan adalah pastikan memilih jok motor yang tidak meninggalkan gosong ketika terkena api. Apabila ternyata tidak meninggalkan bekas gosong itulah maka sudah bisa pengguna pastikan bahwa produk tersebut punya kualitas bagus. 

Jangan Lupa Lakukan Perawatan Jok Motor Berikut!

Informasi penting lainnya mengenai tips memilih dan merawat jok motor yang harus kalian ketahui adalah proses perawatannya. Keberadaan jok mempunyai peran yang sangat besar terhadap kenyamanan ketika tengah berkendara. 

Itulah sebabnya sudah sepatutnya bagi kalian agar mengetahui juga bagaimana tips dalam melakukan perawatan pada benda satu ini. Untuk melakukan perawatan itulah sebenarnya tidaklah sulit seperti di bayangan, hanya saja tidak sedikit dari pengguna masih bingung. 

Oleh sebab itulah, kita telah menyiapkan sejumlah tips yang dapat kalian gunakan untuk memulai perawatan pada jok motor tersebut. 

  • Hindarkan dari Sinar Matahari 

Tidak sedikit dari kalian mungkin abai dalam memarkirkan kendaraan di tempat yang teduh atau kemungkinan besar lahan parkir tersebut tidak teduh. Yang harus pengguna tahu bahwa apabila jok motor tersebut terkena sinar matahari maka akan rusak. 

Walaupun terlihat cukup sepele tetapi akan membuat bagian motor tersebut akan mengeras dan kurang elastis. Bahkan kemungkinan besar bisa mengakibatkan cat kendaraan menjadi luntur. 

  • Bersihkan Jok Secara Rutin

Tips memilih dan merawat jok motor berikutnya adalah cobalah buat membersihkannya secara rutin. Sama seperti mobil, kalian juga harus memberikan jok motor dari debu, bekas stiker, getah dan masih banyak lagi. 

Cara melakukan pembersihannya sendiri sangat mudah yakni dengan membasahi kain dan lotion, kemudian menggosokkannya ke permukaan secara merata. 

  • Jangan Taruh Muatan Secara Berlebihan 

Dalam tips memilih dan merawat jok motor, kalian sebaiknya juga harus memperhatikan apa sajakah yang akan dibuat di atasnya tersebut. Jangan sampai menaruh muatan secara berlebihan di atasnya karena akan membuat busa di dalamnya kempes nantinya. 

Di samping itu, sebaiknya juga harus memperhatikan tekstur barang yang akan kalian angkut dan jangan sampai tekstur justru dapat merusak bangku motor. Solusinya adalah cobalah berikan pelapis terlebih dahulu. 

Bersihkan Jok Secara Rutin dengan Benar 

Selain memperhatikan sejumlah tips memilih dan merawat jok motor di atas, maka terdapat hal penting lainnya. Dalam melakukan perawatan, kalian sebaiknya juga harus melakukan pembersihan jok tersebut secara rutin dan benar. 

Walaupun terlihat cukup sepele, tetapi proses pembersihan jok tidak hanya pada mobil saja tetapi juga motor. Sebab pastinya akan banyak kotoran akibat debu ataupun hal lainnya di mana bisa meningkatkan adanya goresan bukan. 

Proses pembersihan tersebut sebaiknya tidak boleh kalian lakukan secara sembarangan dan harus mengetahui bagaimana tips yang tepat. Hal paling penting yang perlu pengguna ketahui adalah proses pembersihannya. 

Yakni kalian harus menggunakan spons lembut buat menghilangkan debu maupun kotoran di atasnya. Tujuan dari pembersihan tersebut agar tidak terdapat kotoran yang masuk ke dalam pori-pori tersebut. 

Tetapi tips memilih dan merawat jok motor dengan membersihkannya secara rutin sebaiknya harus menggunakan pembersih yang bebas bahan kimia serta tidak meninggalkan residu. Sebab jika ternyata mengandung bahan kimia ternyata bisa meningkatkan kerusakan. 

Kalian juga dapat memanfaatkan handuk yang terbuat dari bahan katun buat proses mengeringkan sisa pembersih tadi. Pastikan menggunakan Gerakan melingkar menggunakan katun lembut buat mengoleskan krim pelindungnya. 

Merawat Jok agar Terhindar dari Jamur

Informasi mengenai tips memilih dan merawat jok motor penting berikutnya adalah berkaitan dengan perawatan terhadap jamur. Bagian dari motor inilah memang sangat mudah terkena jamur dan jika membiarkannya secara terus-menerus tentu akan mengakibatkan kerusakan lebih parah. 

Itulah mengapa pentingnya bagi kalian agar melakukan deteksi lebih awal dan jika sudah terindikasi jok terkena jamur, maka sebaiknya dapat segera membersihkannya. Untuk melakukan pembersihan itulah ternyata bisa menggunakan sejumlah bahan rekomendasi. 

Misalnya saja adalah kalian dapat menggunakan sabun cuci piring dan sitrun di mana dapat dicampurkan terlebih dahulu. Setelah berhasil mencampurkannya, maka balian tuangkan ke area jok yang terindikasi terkena jamur tersebut. 

Tips memilih dan merawat jok motor berikutnya juga dapat memanfaatkan bahan khusus pembersih jamur berupa kit multi-purpose super cleaner. Ini merupakan cairan yang bisa kalian temukan dengan mudah di pasaran. 

Di samping itu, kalian sebaiknya harus menghindari adanya penggunaan dari deterjen karena bahan kimia di dalamnya bisa meninggalkan residu serta mengakibatkan kerusakan lainnya. 

Penyebab Lain Kerusakan dari Komponen 

Penyebab Lain Kerusakan dari Komponen 
Penyebab Lain Kerusakan dari Komponen

Setelah mengetahui tips memilih dan merawat jok motor di atas, kalian juga harus mengetahui apa sajakah penyebab dari kerusakan komponen tersebut. Dengan mengetahuinya itulah, maka kalian dapat meminimalisir agar dapat terhindar dari kerusakan. 

Penyebab yang mungkin tidak disadari oleh para penggunanya adalah ketika memarkirkan kendaraan di tempat banyak kucing. Perlu diingat bahwa hewan satu ini ternyata sangat suka untuk nongkrong di atas jok motor serta mengasah kuku di lapisan dari bangku motor. 

Tentu saja, hal tersebut dapat melukai bagian kulit bangku sehingga mengakibatkan lecet hingga sobek hingga berlubang. Jika lubang tersebut kalian biarkan secara terus menerus maka akan semakin parah dampaknya. 

Tidak hanya terkena sinar matahari saja, tetapi air hujan juga mampu mengakibatkan kerusakan pada jok kendaraan. Sebab air tersebut nantinya akan merembes ke busa dalam sehingga bisa membuatnya tidak empuk. 

Baca juga: Cara Ganti Rantai Motor Mandiri yang Perlu Diketahui

Selain memperhatikan perawatan pada mesin motor, kalian sebaiknya juga harus memperhatikan perawatan pada komponen bangku motor. Sebab nantinya akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan. Inilah mengapa pentingnya memperhatikan tips memilih dan merawat jok motor lebih lanjut. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini