5 Langkah Hilangkan Karatan Mobil yang Wajib Kalian Pahami

0
87
Langkah hilangkan karatan mobil
Langkah hilangkan karatan mobil

Langkah hilangkan karatan mobil secara umum memang perlu untuk kalian pahami secara lebih rinci. Sebab tidak jarang masalah tersebut akan memberikan dampak negatif pada proses penggunaan jangka mobil dan tentunya kerugian sangat fatal apabila tidak segera kalian benahi secara cepat.

Ada berbagai dampak negatif pada masalah ini, pertama tentu adanya karat pada panel bodi atau rangka kendaraan akan bisa menyebabkan kerusakan secara struktural. Apabila tidak kalian atasi maka dapat merusak struktur logam mobil dan mengurangi kualitas kekuatan kendaraan, dan tentunya meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Cara Mengecat Mobil dengan Benar

Adanya masalah ini juga dapat secara otomatis mengurangi nilai jual mobil kalian. Pembeli yang potensial cenderung kurang tertarik apabila terjadi celah tersebut, sehingga langkah hilangkan karatan mobil memang menjadi hal yang wajib pengguna pahami.

Dampak selanjutnya juga akan memberi tampilan buruk. Sehingga nilai estetika kendaraan yang awalnya bagus akan tampak lebih using, tua dan tentunya kurang terawat.

Kendaraan dengan potensi celah ini juga secara otomatis memerlukan perawatan lebih intensif dan mahal agar bisa mengembalikan penampilan seperti semula. Perbaikan dan perawatan yang berkaitan pemulihan tersebut membutuhkan biaya tidak sedikit.

Masalah ini bisa lebih serius sebab mampu mencapai komponen vital seperti sistem rem, suspensi, atau elemen-elemen mekanis lainnya secara perlahan bisa rusak serta dapat mengancam keselamatan pengendara dan penumpang.

Masih ada banyak lagi dampak lain dari celah ini sehingga wajib kiranya bagi kalian untuk memahami berbagai tahapan untuk menghilangkan masalah tersebut secara efektif dan mungkin bisa kalian lakukan secara mandiri.

5 Langkah Hilangkan Karatan Mobil Secara Efektif

Langkah hilangkan karatan mobil

Setidaknya ada lima tahapan yang wajib untuk kalian perhatikan agar masalah pada mobil tersebut bisa teratasi secara maksimal. Semua tahapan ini secara akumulatif akan memberikan indikasi lebih baik untuk selanjutnya kalian praktekkan dengan menyeluruh.

Persiapan Awal

Aspek langkah hilangkan karatan mobil pertama tentunya ada pada persiapan awal. Sebab sebelum masuk pada eksekusi secara langsung tentunya persiapan awal akan memberikan pengaruh cukup maksimal, dan tentunya wajib kalian perhatikan.

Misalnya bagaimana proses peletakan mobil agar mampu menunjang proses pembenahan dari berbagai sisi. Usahakan untuk parkirkan kendaraan kalian pada tempat yang baik dari aspek pencahayaan atau idealnya bisa terkena sinar matahari secara langsung. 

Selanjutnya perlu untuk memastikan bahwa kalian memiliki perlengkapan lengkap dan tentunya juga sesuai. Mulai dari kaca mata, kemudian masker, sarung tangan, sikat kawat, lalu juga amplas kasar dan halus, cat anti-karat, primer, cat mobil, tiner, dan lap kering.

Aspek ini tentunya bertujuan agar pada saat proses pengerjaan bisa tetap aman dan bisa lebih maksimal tanpa mengganggu bagian tubuh.

Persiapan tahap awal yang terakhir tentunya jangan lupa untuk selalu membersihkan area karat dengan sabun khusus mobil dan air dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

Tahap Menghilangkan Karat Kasar

Langkah hilangkan karatan mobil

Langkah hilangkan karatan mobil kedua setelah mempersiapkan semua kebutuhan awal maka baru bisa masuk pada eksekusi. Pada tahap ini maka kalian perlu untuk menghilangkan kerak dengan tekstur kasar terlebih dahulu.

Perlu kalian ketahui bahwa masalah ini tentunya bisa berlapis, sehingga perlu untuk terselesaikan secara bertahap pada jenis yang terluar atau paling kasar. Namun perlu menjadi perhatian untuk menggunakan sikat kawat atau amplas kasar dengan kekuatan 80 hingga 120 grit.

Sebab jenis ini memang memiliki desain khusus untuk menghilangkan karat kasar secara perlahan. Apabila menggunakan sikat dengan daya kekuatan lebih rendah dari angka tersebut akan cenderung lebih lama dan memakan tenaga lebih besar.

Setelah menyiapkan sikat khusus maka kalian tinggal menggosok permukaan dengan permukaan paling kasar tersebut hingga permukaan menjadi halus. Kemudian perlu untuk kalian pastikan untuk selalu mengenakan alat pengaman khusus.

Salah satunya adalah pelindung mata dan masker saat mengerjakan proses menghilangkan karat tersebut. Sebab adanya debu karat bisa sangat berbahaya jika tidak sengaja terhirup atau masuk ke mata.

Ingat juga bahwa langkah hilangkan karatan mobil dengan proses penghalusan bagian permukaan tersebut bisa memakan waktu lebih cepat atau sedikit lambat. Semua kembali pada seluas apa bagian yang ada celah tersebut dan detail pembersihan dengan maksimal.

Tahapan Preparasi Permukaan

Langkah hilangkan karatan mobil

Langkah hilangkan karatan mobil ketiga masuk pada tahapan preparasi permukaan. Namun mungkin bagi kalian yang belum tahu proses preparasi ini tentunya memiliki berbagai tujuan utama.

Tujuan utama tentunya untuk meningkatkan kualitas pengecatan. Apalagi sebelum melakukan pengecatan ulang, proses preparasi permukaan sangat penting untuk memastikan bahwa cat yang baru bisa lebih menempel dengan baik pada permukaan utama.

Pada permukaan yang sudah kalian haluskan sebelumnya dengan baik akan menghasilkan pengecatan yang lebih baik dan tahan lama apabila prepasari dilakukan.

Tujuan kedua tentu untuk meningkatkan daya tahan pada masalah serupa kembali. Sebab proses preparasi ini memang sejak awal menggunakan cat anti-karat. Cat ini tentunya berfungsi untuk melindungi permukaan dari munculnya masalah serupa pada waktu kedepan.

Tujuan terakhir tentunya untuk memperbaiki penampilan mobil. Karena preparasi permukaan ini secara tidak langsung bisa membantu memperbaiki penampilan mobil dengan menghilangkan masalah utama, sehingga akan terkesan lebih terawat.

Proses preparasi dalam langkah hilangkan karatan mobil ini tentunya wajib kalian lakukan dengan menggunakan amplas halus dengan kekuatan 180 hingga 220 grit untuk menghasilkan permukaan yang rata. 

Selain itu juga pastikan area tersebut bisa rata dengan sekitarnya, sehingga hasil lebih baik, jangan lupa juga untuk membersihkan sisa debu bekas amplas.

Tahap Pengecatan Anti-Karat

Langkah hilangkan karatan mobil

Langkah hilangkan karatan mobil keempat tentunya kalian bisa masuk pada proses pengecatan masalah utama. Namun sebelumnya wajib bagi kalian untuk memperhatikan aspek cat itu sendiri agar kualitasnya bisa lebih maksimal.

Pertimbangkan kondisi iklim dan lingkungan menjadi tips pertama yang wajib kalian pertimbangkan sebelum memilih cat tersebut. Apabila kalian tinggal pada daerah yang sering terpapar air, kemudian garam jalan, atau kondisi lingkungan yang korosif, maka pilih cat dengan kualitas tahan terhadap korosi.

Tips kedua penting untuk memilih cat sesuai dengan warna kebutuhan, sebab ada banyak tersedia dalam berbagai warna. Sehingga pilih warna yang sesuai dengan mobil atau bahkan sesuaikan dengan warna dasar.

Tips terakhir tentunya memilih cat dari merek yang terpercaya dan memiliki kualitas reputasi baik dalam industri otomotif. Aspek ini bisa sangat mempengaruhi penggunaan jangka panjang.

Setelah memahami semua tips tersebut maka kalian tinggal oleskan cat anti karat yang sesuai dengan tujuan melindungi permukaan dari masalah lebih lanjut dan serupa. Pastikan juga untuk mengikuti semua petunjuk penggunaan yang ada pada produk pilihan kalian.

Kemudian tinggal biarkan cat tersebut mengering sesuai waktu yang telah tertulis dalam petunjuk untuk hasil lebih baik.

Proses Pengecatan Ulang

Langkah hilangkan karatan mobil

Langkah hilangkan karatan mobil terakhir tentunya sampai pada tahapan pengecatan ulang. Langkah ini merupakan bagian terakhir serta finishing untuk menyelesaikan semua permasalah tersebut.

Sama seperti sebelumnya, kalian perlu memperhatikan juga pemilihan produk sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing pengguna. Proses ini bisa kalian mulai tentunya setelah cat anti sebelumnya telah mengering sempurna, jika tidak maka prosesnya bisa terganggu dan tidak maksimal.

Kemudian kalian tinggal cat ulang area yang telah melalui proses penghalusan, pemberian warna dasar dengan cat mobil yang sesuai dengan akumulasi secara utuh pada mobil kalian. Jangan lupa juga untuk melapisi secara merata dan sesuai dengan semua petunjuk penggunaan pada produk tersebut.

Selanjutnya kalian tinggal biarkan cat akhir ini mongering sempurna dengan baik sesuai dengan petunjuk dan prosedur dasar. Semua mekanisme terkait waktu pengeringan tentunya bisa berbeda, maka sangat menjadi rekomendasi untuk melakukan pengerjaan dengan sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Penyebab Karat pada Mobil dan Cara Mencegahnya dengan Mudah

Setelah melalui semua step-step tersebut maka perlu kalian pahami juga bahwa area yang mengalami masalah ini seharusnya sudah sepantasnya terlihat seperti baru. Pastikan untuk merawat dan merawat kembali semua body untuk mencegah problem serupa muncul kembali. 

Pembersihan, kemudian pengecatan, hingga perawatan rutin tentunya merupakan bagian penting selanjutnya dari langkah hilangkan karatan mobil untuk membantu memperpanjang umur body dari kendaraan kalian serta melindunginya dari kerusakan lebih parah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini