Cara Mengecat Mobil dengan Benar

0
189
Cara Mengecat Mobil dengan Benar
Cara Mengecat Mobil dengan Benar

Belakangan banyak orang yang menanyakan langkah cara mengecat mobil dengan benar. Seperti yang kita tahu, cat body mobil lama kelamaan akan menjadi kusam. 

Baca juga: Apa Saja Teknik Coating Pada Kendaraan dan Perawatannya

Pemilik mobil setidaknya harus melakukan perawatan agar bodi tetap kinclong. Untuk melakukannya, kalian harus mengunjungi bengkel atau salon mobil.

Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang mengabaikan perawatan bodi. Ketika mobil sedang diparkir, yang paling mudah terlihat adalah cat bodinya mungkin kusam. Periksa kondisi mobil di sekitar, jika milik kalian tampak paling kotor, inilah saatnya untuk merawat bodi tersebut.

Namun, jika cat sudah sangat pudar dan jelek, perawatan tidak lagi menjadi pilihan. Kalian harus mempertimbangkan untuk mengecat ulang. Dalam hal pengecatan otomotif, hanya spesialis profesional di industrinya yang boleh melakukannya.

Tetapi jika dipelajari dengan benar, ternyata orang biasa seperti kalian juga bisa mengecat mobil dengan baik.

5 Cara Mengecat Mobil Sendiri di Rumah

5 Cara Mengecat Mobil Sendiri di Rumah
5 Cara Mengecat Mobil Sendiri di Rumah

Kali ini, kita akan menunjukkan cara mengecat mobil dan mungkin kalian bisa mempraktikkannya di rumah. Diantaranya adalah:

Tentukan Warna Cat Terlebih Dahulu

Warna adalah faktor penting untuk dipertimbangkan sebelum memulai proses pengecatan. Memungkinkan kalian untuk menggunakan warna acak yang mungkin cocok atau justru tidak sesuai dengan selera.

Bila kalian menggunakan warna yang salah, kalian pasti harus mengulang pekerjaan tersebut. Karena tidak sesuai dengan ekspektasi warna yang sudah dimiliki. Tentu saja, pengeluaran akan meningkat karena kalian perlu membeli lebih banyak cat.

Persiapan sangat penting agar semua upaya dapat diatur secara memadai. Sebagai referensi, pengemudi bisa mencari beberapa warna cat otomotif.

Membersihkan Kotoran di Bodi Mobil, Sebelum Mulai Mengecat

Langkah cara mengecat mobil, sebaiknya bersihkan bodi mobil terlebih dahulu. Terutama, kontaminan seperti debu dan karat harus dihilangkan sebelum proses pengecatan.

Ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan kontaminan tersebut, termasuk membersihkan permukaan logam yang akan diperbaiki dengan tiner dan mengeringkannya.

Kemudian permukaan logam dapat diamplas dengan amplas kering ukuran 1500. Setelah selesai, gunakan air untuk membersihkan permukaan dari debu amplas dan kain untuk mengeringkannya.

Untuk membersihkan mobil setelah mengeringkan sisa amplas, gunakan kain yang lembut, seperti kain katun.

Sebaiknya awali pengecatan dasar dengan warna putih atau abu-abu agar hasil pengecatan terlihat indah dan sempurna. Dalam langkah cara mengecat mobil, pastikan kalian melakukannya di tempat terbuka di mana sinar matahari langsung dapat menyentuh bodi mobil.

Jangan lupa untuk menghindari debu dari mobil yang berefek pada warna dasar dan membuatnya tidak rapi. Untuk hasil terbaik, tunggu sekitar dua jam hingga cat dasar mengering sebelum mengamplas lagi.

Proses Perlindungan

Tahap proteksi merupakan langkah cara mengecat mobil selanjutnya. Sebelum memulai proses pengecatan, gunakan kertas bekas atau kertas koran untuk melindungi bagian lain yang tidak ingin dicat.

Tempelkan pola kertas ke cermin, lampu cermin, lampu depan, dan bagian lainnya. Setelah pengemudi membuat pola, kalian bisa mulai menempelkannya.

Namun ingat, harus memastikan bahwa setiap komponen ini tertutup rapat. Ini digunakan agar cat tidak menyebar dan merusak hasil. 

Akibatnya, pengemudi harus bekerja lebih keras untuk membersihkan bagian yang seharusnya tidak terkena cat. Tentu saja hal ini akan mempersulit nantinya.

Cara Mengecat Mobil Secara Tepat 

Untuk memulai proses pengecatan mobil, kalian harus memahami terlebih dahulu cara mencampur cat yang akan digunakan. Karena cat mobil dicampur dengan tiner, hasil akhirnya tidak boleh terlalu encer atau terlalu kental.

Jika kalian menggunakan cat tebal, perhatikan baik-baik. Sebaiknya campurkan cat dan tiner dengan perbandingan 1:2, atau 1 liter cat dan 2 liter tiner.

Lalu jika pengemudi menggunakan cat yang lebih tipis, kalian bisa membuat campuran 1:1 antara tipis dan cat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan warna yang menyenangkan.

Pengecatan dapat dimulai setelah semua cat tercampur. Langkah cara mengecat mobil ini, sebaiknya dilakukan satu kali penarikan spot cat untuk menghindari cat yang terlalu tebal.

Cat seluruh bagian bodi mobil kamu secara merata, dan jangan melompat-lompat. Agar hasil pengecatan dapat berjalan sempurna. Setelah selesai, kamu bisa lakukan pengeringan hingga cat benar-benar kering.

Sebelum memulai tahap terakhir, pastikan semua cat sudah benar-benar kering. Karena sekarang kalian akan memulai tahap pernis.

Cara Mengecat Mobil dengan Varnish

Langkah cara mengecat mobil dengan benar selanjutnya adalah menggunakan varnish. 

Varnish mobil dilakukan untuk meningkatkan hasil pengecatan dan tentu saja untuk membantu cat dan warna bertahan lebih lama. Untuk memulai proses ini, gabungkan komponen dengan pernis.

Penyemprotan dilakukan secara merata dan tanpa memantul ke atas dan ke bawah. Setelah itu, cukup keringkan sepenuhnya sebelum melanjutkan ke proses pemolesan. Tentu saja, mobil  harus di poles agar body dan cat mengkilap seperti baru.

Cara Merawat Cat Mobil

Setelah mengetahui langkah cara mengecat mobil dengan benar, penting untuk merawat bodi mobil yang dicat. 

Perawatannya juga mudah, bahkan kalian bisa melakukannya di waktu senggang. Meski begitu, pengemudi harus memahami apa saja yang dibutuhkan untuk merawat cat otomotif.

Saat membersihkan bodi mobil, gunakan kain microfiber ketimbang perangkat yang menggunakan bulu ayam. Karena zat elektrostatik digunakan dalam kain microfiber. Harga kain microfiber biasanya sekitar Rp 50.000.

Lap atau kain kanebo juga bisa digunakan untuk membersihkan body mobil. Pengemudi juga harus memperhatikan air yang digunakan untuk mencuci mobil. Karena air tanah memiliki sedikit warna kuning.

Akibatnya, tidak boleh digunakan untuk mencuci mobil secara langsung. Jika mobil dicuci menggunakan air tanah, maka kualitas airnya harus dipastikan terlebih dahulu dengan ditampung dan bila perlu dimurnikan.

Cara pembersihan juga harus diperhatikan, terutama jika menggunakan jasa cuci kendaraan. Karena kainnya mungkin mengandung batu yang menggores permukaan mobil.

Pertimbangan penting lainnya adalah tempat memarkir mobil. Ini karena warna bodi mobil bisa berubah karena sinar matahari dan embun pagi. Misalnya, pertimbangkan mobil putih yang sering diparkir di luar.

Warnanya lama kelamaan akan berubah menjadi kuning. Untuk menangani, cukup poles standar agar warna kembali seperti semula.

Pentingnya Merawat Cat Mobil

Setelah mengetahui langkah cara mengecat mobil dan cara merawatnya, kalian juga harus memahami alasan mengapa merawat cat mobil itu penting. Diantaranya adalah:

  • Melindungi Cat Mobil dari Kerusakan

Perawatan cat otomotif secara rutin dapat membantu merawat cat dan membuatnya tetap terlihat prima.  Cat mobil yang tidak dirawat dengan baik dapat cepat mengelupas, memudar, atau rusak akibat sinar matahari, goresan, dan bahan kimia keras.

  • Meningkatkan Nilai Mobil

Mobil yang dirawat dengan baik dan memiliki cat yang bagus biasanya dijual lebih mahal daripada mobil yang tidak dirawat dengan baik. 

Jika kalian berniat menjual mobil di masa mendatang, perawatan cat rutin akan membantu untuk meningkatkan atau mempertahankan nilai jualnya.

  • Menjaga Tampilan Mobil Tetap “Baru”

Kalian bisa menjaga tampilan eksterior mobil tetap baru dan bagus dengan langkah cara mengecat mobil yang tepat.

  • Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Jika kalian tidak merawat cat mobil dengan baik, kerusakan cat bisa semakin parah dan sulit diperbaiki. 

Dengan demikian, perawatan cat mobil secara teratur dapat membantu menghindari kerusakan lebih lanjut dan menghemat uang untuk biaya perbaikan di masa mendatang.

Perawatan cat mobil sangat penting untuk menjaga mobil tetap terlihat menarik dan dalam kondisi baik.

Dengan langkah mengecat mobil, kalian bisa melindungi cat mobil dari kerusakan, meningkatkan nilai jual mobil, menjaga tampilan mobil tetap baru, mencegah kerusakan lebih lanjut, dan menurunkan biaya perawatan jangka panjang dengan melakukan perawatan secara menyeluruh.

Cara Memilih Bengkel Cat yang Baik

Cara Memilih Bengkel Cat yang Baik
Cara Memilih Bengkel Cat yang Baik

Sementara itu, banyak pengemudi yang memutuskan untuk mengecat ulang mobilnya karena kondisi cat yang sudah memburuk. Ini sangat sering terjadi, baik dilakukan secara ekstensif atau hanya pada panel tertentu.

Namun, sebaiknya kalian tidak asal memilih toko cat untuk menghindari hasil yang kurang memuaskan. Pengemudi bisa mempelajari lebih lanjut mengenai toko cat mobil dengan mencari di internet atau bertanya kepada teman atau kenalan yang telah menggunakan jasa tersebut.

Periksa apakah bengkel tersebut memiliki reputasi yang kuat dan berpengalaman dalam perawatan cat mobil. Selain itu, pastikan bengkel cat mobil menggunakan cat berkualitas tinggi yang sesuai dengan merek dan model kendaraan milikmu.

Cat dengan kualitas lebih tinggi akan bertahan lebih lama dan memberikan hasil yang lebih baik daripada cat dengan kualitas rendah.

Baca juga: 7 Panduan Memasang Sunroof dengan Baik Agar Tidak Merusak Kendaraan

Nah, itu dia langkah cara mengecat mobil dengan benar. Dengan begitu, kalian bisa mengerjakannya sendiri dirumah. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini