Cara Membedakan Klakson Asli dan Palsu, Bukan Hanya Sekedar Bunyi

0
169
Cara Membedakan Klakson Asli dan Palsu, Bukan Hanya Sekedar Bunyi
Cara Membedakan Klakson Asli dan Palsu, Bukan Hanya Sekedar Bunyi

Mengetahui cara membedakan klakson asli dan palsu merupakan salah satu hal penting yang wajib kalian ketahui. Terlebih lagi klakson juga merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. 

Baca juga : Ciri-Ciri Oli Palsu dan Dampak Pemakaiannya

Selain body dan desain interior mobil, komponen ini juga sering kali dimodifikasi. Hal ini bertujuan agar suara yang dihasilkan menjadi lebih keren. Aksesoris ini juga menjadi unsur pelengkap agar kalian dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman. 

Sebab komponen ini memiliki peranan penting sebagai alat komunikasi para pengemudi di jalan. Ketika sedang menyalip kendaraan lain atau dalam keadaan bahaya kalian dapat mengirimkan sinyal kepada pengguna jalan lain dengan membunyikan klaksonnya. 

Namun sayangnya sama halnya dengan berbagai produk otomotif lainnya. Jenis komponen ini juga sering kali dipalsukan. Oleh sebab itu kalian perlu mengetahui bagaimana cara membedakan klakson asli dan palsu, bukan hanya sekedar bunyi.

Mengenal Fungsi dan Peranan Klakson Mobil

Mengenal Fungsi dan Peranan Klakson Mobil
Mengenal Fungsi dan Peranan Klakson Mobil

Tahukah kalian ternyata ada peraturan pemerintah yang mewajibkan kendaraan bermotor untuk menggunakan klakson. Peraturan tersebut tertuang dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 48 ayat 1.

Dalam peraturan tersebut tertulis kendaraan bermotor roda 4 maupun roda 2 yang tidak dilengkapi klakson akan dikenai denda. Terlepas dari peraturan tersebut komponen ini juga memiliki fungsi dan peranan cukup penting, khususnya ketika kalian sedang berkendara. 

Aksesoris ini bermanfaat sebagai alat komunikasi antar sesama pengendara dan pengguna jalan lain. Contohnya ketika kalian akan menyalip kendaraan maka dapat memperingati pengendara lain menggunakan klakson. 

Ketika ada pengemudi atau pengendara jalan lain yang tidak sadar dengan kehadiran mobil kalian. Jenis aksesoris ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu fitur keselamatan karena memiliki peranan penting selama berhadapan dengan titik-titik buta pada kendaraan. 

Setiap jenis kendaraan tentunya memiliki tipe klakson yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Agar tidak salah pilih penting untuk mengetahui cara membedakan klakson asli dan palsu.

Meski diperbolehkan untuk menyalakan di saat-saat tertentu, namun kalian harus tetap mengontrol diri untuk tidak mengintimidasi pengendara lain. Larangan tersebut juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993 pasal 71 tentang Prasarana dan Lalu Lintas. 

Peraturan tersebut menjelaskan bahwa kalian hanya diperbolehkan menggunakan klakson kendaraan untuk keselamatan lalu lintas atau melintasi kendaraan lain. Dilarang kelas menyalakan jika tidak terlalu dibutuhkan  terlebih lagi untuk mengintimidasi pengendara lain.

Mengenal Jenis-jenis Klakson Untuk Mobil

Mengenal Jenis-jenis Klakson Untuk Mobil
Mengenal Jenis-jenis Klakson Untuk Mobil

Sebelum mengetahui cara membedakan klakson asli dan palsu penting bagi kalian untuk mengenali jenis-jenisnya terlebih dahulu. Secara umum terdapat dua jenis klakson mobil yang sering digunakan yaitu udara dan listrik. 

Untuk jenis udara dapat menghasilkan suara paling keras jika dibandingkan dengan jenis listrik. Sebab jenis udara umumnya digunakan untuk kendaraan berat seperti bus, truk, kapal hingga kereta api. 

Sedangkan untuk kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4 umumnya menggunakan jenis listrik. Meski demikian jenis listrik juga diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis. Berikut beberapa jenisnya agar kalian bisa mengetahui cara membedakan klakson asli dan palsu.

  • Udara

Jenis ini umumnya digunakan pada kendaraan berat seperti ambulance, bus, truk, kereta api dan kapal. Sebab jenis ini memiliki tingkat hasil frekuensi suara yang jauh lebih keras dan tinggi sehingga dapat memperingati banyak pengendara atau orang sekaligus. 

Cara kerja dari tipe dengan memanfaatkan udara kemudian dimasukkan ke dalam wadah tertutup menggunakan katup angin. Jadi udara akan keluar masuk melalui celah katup untuk menciptakan resonansi suara. 

Keunggulannya adalah kalian dapat mengatur suara yang dihasilkan bergantung dengan kebutuhan. Beberapa negara juga  membuat bunyi klakson udara khusus untuk membedakan suara kereta dengan truk. 

Bahkan tidak jarang jenis ini juga digunakan untuk acara olahraga seperti hockey dan lari. Namun bunyinya sedikit diberi sentuhan modifikasi agar tidak terlalu sakit ketika didengar telinga.

  • Arus Listrik AC

Agar bisa mengetahui cara membedakan klakson asli dan palsu kalian juga perlu tahu apa itu jenis arus listrik AC. Bunyi yang tercipta dari arus listrik AC merupakan getaran yang menghasilkan frekuensi suara. 

Biasanya kendaraan bermotor memiliki bunyi berkisar antara 1.800 hingga 3.550 Hz. Perubahan frekuensi listrik akan berdampak terhadap getaran  sehingga dapat menimbulkan suara keras dan nyaring. 

Tipe arus listrik AC memanfaatkan dinamo listrik sehingga sangat cocok digunakan untuk kendaraan bermotor berukuran kecil. Salah satu kekurangan dari jenis ini adalah putaran mesin yang turun akan menyebabkan frekuensi getaran ikut turun.

  • Arus Listrik DC

Setelah tahu pengertian tipe arus listrik DC maka kalian bisa mengetahui cara membedakan klakson asli dan palsu. Tipe ini memiliki perubahan frekuensi tertentu secara searah. Jadi butuh kontak pemutus agar bisa menimbulkan suara pada membran. 

Cara kerjanya dengan menutup kontak pemutus agar arus listrik di dalamnya bisa mengalir menuju magnet listrik. Kondisi tersebut akan menyebabkan plunger dan membran tertarik ke arah magnet listrik. 

Jika plunger dan membran tertarik maka kontak pemutus akan terbuka hingga magnet hilang. Proses tersebut akan menciptakan bunyi dan getaran yang dikenal dengan suara klakson mobil.

Cara Membedakan Klakson Asli dan Palsu, Jangan Sampai Salah

Cara Membedakan Klakson Asli dan Palsu, Jangan Sampai Salah
Cara Membedakan Klakson Asli dan Palsu, Jangan Sampai Salah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa produk suku cadang atau aftermarket otomotif tersedia dalam bentuk asli dan palsu. Tiruannya juga tersedia dalam berbagai tingkatan kualitas. Oleh sebab itu penting bagi kalian untuk mengetahui cara membedakan klakson asli dan palsu. 

Pada umumnya yang sering menjadi sasaran pemalsuan adalah berbagai aksesoris otomotif laku keras di pasaran. Harga yang ditawarkan untuk varian palsu juga jauh lebih murah sesuai dengan kualitasnya. 

Beredarnya aksesoris klakson imitasi juga dianggap merugikan konsumen. Agar tidak salah pilih berikut merupakan beberapa cara membedakan klakson asli dan palsu.

  • Perhatikan Bagian Kemasan

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan memperhatikan bagian kualitas printing dan warna box kemasan. Umumnya produk asli hadir dengan tampilan yang tidak terlalu mencolok. 

Biasanya calon konsumen akan jauh lebih mudah percaya dengan printing kualitas tebal dan mudah terbaca mata. Meski demikian jangan sampai salah, sebab posisi printing klakson asli umumnya hadir dengan warna samar dan tulisan yang tercetak menghadap lubang stay

  • Bentuk Baut

Cara membedakan klakson asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memperhatikan bentuk baut. Bentuk baut sering dikenal dengan istilah head screw

Produk asli biasanya hadir dengan desain spesial dan tidak terlalu cekung. Sedangkan untuk produk imitasi biasanya hadir dengan kepala baut biasa.

  • Posisi Lubang Vibrator

Cara membedakan klakson asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memperhatikan posisi lubang vibrator. Lubang vibrator sendiri merupakan pusat bunyi. 

Produk asli umumnya memiliki empat buah lubang vibrator agar bunyi yang dihasilkan jauh lebih jernih. Sedangkan untuk produk imitasi biasanya tidak dilengkapi dengan lubang vibrator di bagian depan. 

  • Bentuk Nut Hexagonal

Cara membedakan klakson asli dan palsu selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan bentuk nut hexagonal. Sebelum membeli pastikan untuk melakukan pengecekan visual pada bagian kepala baut atau nut hexagonal.

Kepala baut terletak di bagian tengah mengikat piringan. Apabila dilihat secara visual nut hexagonal asli akan jauh lebih rendah dan tipis. Lain halnya dengan produk imitasi yang cenderung lebih tebal dengan finishing kasar.

Cara Merawat Klakson Mobil Terbaik

Cara Merawat Klakson Mobil Terbaik
Cara Merawat Klakson Mobil Terbaik

Setelah mengetahui cara membedakannya penting juga bagi kalian untuk tahu prosedur perawatan yang baik dan benar. Berikut beberapa tips perawatan terbaik yang bisa kalian lakukan agar masa pemakaian lebih lama. 

  1. Pastikan untuk melakukan pengecekan secara rutin dan jaga kebersihan klakson mobil. 
  2. Jangan terlalu sering membunyikan klakson. 
  3. Ada baiknya selalu memilih produk dengan kualitas terbaik.
  4. Jaga komponen tersebut agar tidak terkena air. 
  5. Tekan klakson dengan cara yang baik dan benar. 

Sama halnya dengan komponen mobil pada umumnya aksesoris ini juga membutuhkan perawatan khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Selain menerapkan beberapa hal tersebut pastikan untuk selalu menggunakan produk yang berkualitas agar awet dan tahan lama.

Baca juga : Tips Memilih Warna Cat Velg yang Bagus untuk Pemula di Tahun 2023

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya klakson merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Mengingat banyaknya produk imitasi pastikan untuk selalu menerapkan cara membedakan klakson asli dan palsu di atas agar tidak salah pilih. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here