Cara Membedakan Kaca Film Mobil Asli atau Palsu Bagi Pemula

0
209
Cara Membedakan Kaca Film Mobil Asli atau Palsu Bagi Pemula
Cara Membedakan Kaca Film Mobil Asli atau Palsu Bagi Pemula

Cara untuk membedakan kaca film mobil asli atau palsu terdengar mudah, namun bagi pemula khususnya bagi seseorang yang baru saja memiliki kendaraan beroda empat tersebut cukup sulit untuk mereka lakukan. Karena belum mengetahui kualitas serta cara mudah untuk mengetahui perbedaannya.

Baca juga: Apa Saja Teknik Coating Pada Kendaraan dan Perawatannya

Jika kalian merupakan seorang pemula dalam dunia otomotif khususnya beroda empat, atau baru saja memiliki mobil dan ingin memasangkan kaca film pasti akan merasa bingung jika memiliki pilihan oleh bengkel. Karena biasanya petugas bengkel akan memberi pemilik mobil berbagai pilihan produk dan merek berbeda-beda.

Sebagai seorang pemula pasti akan langsung merasa bingung jika baru saja membeli mobil, lalu menerima banyak penawaran dengan merk berbeda. Terlebih jika mendapat penawaran dari merek sama namun dengan harga berbeda, otomatis biasanya pemula akan langsung memilih harga termurah.

Namun hal tersebut perlu kalian hindari karena jika asal membeli bisa terkena penipuan berupa barang palsu, oleh sebab itu perlu memahami dan mengetahui cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu. Supaya tidak perlu merasa bingung jika mendapat tawaran dari bengkel tempat untuk memasang aksesoris tersebut.

Salah satu alasannya belakangan sering tersebar kaca film bermerek palsu dengan harga lebih murah daripada aslinya, bagi sebagian besar kalangan pemula pasti akan tergiur untuk langsung membelinya tanpa pikir panjang. Karena mereka belum mengetahui fungsi serta cara membedakannya.

Cara Membedakan Kaca Film Mobil Asli atau Palsu

Cara Membedakan Kaca Film Mobil Asli atau Palsu
Cara Membedakan Kaca Film Mobil Asli atau Palsu

Kaca film merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara, salah satu alasannya karena komponen ini memiliki fungsi cukup penting yaitu guna melindungi pengendara dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika menggunakan produk palsu, maka kualitasnya akan sangat buruk.

Jika pengendara menggunakan kaca film dengan kualitas buruk, sinar matahari tidak dapat terhalangi dengan cukup baik. akibatnya pengendara tetap akan melihat pantulan sinar matahari ketika mengendara, jika dibiarkan saja hal ini bisa berakibat cukup fatal bagi proses keselamatan berkendara.

Oleh sebab itu sebagai pemula yang baru saja memiliki kendaraan kalian perlu memahami cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu, karena jika bisa membedakannya dengan mudah kalian tidak akan tertipu dengan bahan murahan namun kualitas buruk tidak sesuai standar.

Terlebih belakangan banyak pengendara mobil baru terkecoh dengan harga murah ketika ingin memasang kaca film pada kendaraannya, salah satu alasannya karena dirinya merasa belum mampu membedakan mana produk asli dan palsu. Sehingga membutuhkan cara sederhana supaya mampu membedakannya.

Jika kalian termasuk kedalam kategori pengendara pemula dan baru saja memiliki kendaraan beroda empat tersebut tidak perlu khawatir, karena kita akan memberikan beberapa tips serta cara termudah untuk membedakan kaca film mobil asli atau palsu. Sehingga pengendara tidak tertipu membeli produk palsu kemudian harinya.

Perhatikan Bagaimana Logonya

Cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu pertama adalah dengan memperhatikan logo dari produk tersebut, karena biasanya walaupun keduanya memiliki logo serupa tetap masih terdapat perbedaan detail. Sehingga perlu kalian perhatikan, supaya tidak mudah tertukar dengan produk palsunya.

Sebagian besar pengguna kendaraan jarang memperhatikan logo aksesoris, karena biasanya memiliki lokasi cukup kecil dan tidak mudah untuk melihatnya. Namun jika pengendara mulai memperhatikannya dengan seksama, mereka akan menemui perbedaan atau ciri khas tersendiri pada logo tersebut.

Biasanya cara membedakan kaca film asli atau palsu dengan melihat logo suatu produk, yaitu dengan memperhatikan bagaimana logo pikselnya. Umumnya jika pengendara membeli produk original akan memiliki logo pixel lebih rapi dan detail, karena produsen mencetak dengan alat dan teknik tertentu.

Namun jika pengendara memiliki barang tiruannya maka logo akan terlihat samar-samar atau kurang detail, karena peniru tidak memiliki alat serta teknik seperti produsen aslinya. Hal ini menyebabkan bagian logo akhirnya tercetak secara asal-asalan, karena produsen peniru hanya memanfaatkan alat seadanya saja.

Terkadang cara membedakan kaca film asli atau palsu dapat kalian ketahui dengan sangat mudah, karena tidak mudah untuk mencetakkan logo pada produk kaca film. Sehingga beberapa produk palsunya terkesan memiliki logo asal-asalan, bahkan sampai membuat logo sendiri yang hampir mirip dengan aslinya.

Perubahan Warnanya

Langkah selanjutnya untuk mengetahui apakah produk yang kalian beli merupakan original atau imitasi adalah dengan memperhatikan bagaimana warnanya, sebagai komponen untuk melindungi pengemudi dari sinar matahari biasanya memiliki warna kegelapan namun terang jika kalian melihatnya dari dalam kendaraan.

Selain itu jangka waktu penggunaan juga sangat berpengaruh bagi cara membedakan kaca film asli atau palsu, karena biasanya beberapa orang mengeluh ketika sudah membeli kaca film namun warnanya perlahan memudar seiring lamanya penggunaan. Jadi semakin lama, warnanya semakin pudar dan tidak gelap lagi.

Jika kalian termasuk kedalam salah seorang tersebut yang memiliki kaca film memudar ketika sudah memakainya selama beberapa bulan, sudah dapat kita pastikan bahwa kalian sudah membeli barang tiruan. Karena biasanya barang tiruan akan menunjukkan perubahan warna setelah 2 hingga 3 bulan pemakaian.

Cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu terletak pada perubahan warnanya, karena jika kalian membeli produk aslinya tidak akan menunjukkan perubahan warna sama sekali seiring dengan lamanya waktu penggunaan. Sehingga warna kaca akan terlihat tetap gelap tanpa perubahan.

Oleh sebab itu jika baru saja membeli produk tersebut namun mengalami perubahan dalam beberapa bulan pemakaian, kalian patut mencurigai bahwa produk yang kalian beli adalah palsu. Sehingga sebaiknya tidak membeli produk tersebut jika ingin mengganti dan memasang kembali di masa depan.

Adakah Kartu Garansinya?

Cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu selanjutnya terletak apakah produk yang pengendara beli memiliki kartu garansi atau tidak, walau terdengar sederhana dan banyak orang sering menyepelekannya. Namun kartu garansi sangat penting untuk kalian perhatikan, terutama ketika membeli sebuah barang.

Biasanya jika membeli produk original sebagian besar bengkel akan memberikan kartu garansi bagi pembelinya, kartu garansi ini merupakan sebuah jaminan jika dalam jangka waktu tertentu di masa depan terdapat kerusakan pada barang yang telah kalian beli tersebut.

Dalam kasus cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu, untuk menghindari terbelinya produk cacat konsumen akan mendapatkan kartu garansi biasanya maksimal selama satu tahun penggunaan. Jika dalam satu tahun penggunaan terdapat kerusakan seperti warna memudar, konsumen berhak menukarnya dengan barang baru.

Biasanya beberapa produk resmi juga menyediakan layanan purna penjualan, adanya layanan ini berfungsi untuk mempermudah dalam menangani permasalahan konsumen setelah membeli produk miliknya. Beberapa perusahaan menggunakan kartu garansi sebagai akses bagi konsumen jika ingin menggunakannya.

Sedangkan untuk produk imitasi tidak mungkin memiliki kartu garansi, karena mereka sudah menjual produk dengan harga terlalu murah dan tidak mementingkan kualitas penjualannya. Oleh sebab itu sebagai cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu cukup dengan memperhatikan ada atau tidaknya kartu garansi.

Bagaimana Harganya

Harga merupakan sebuah hal yang sangat sensitif bagi kalangan pemula dalam dunia otomotif, khususnya dunia otomotif beroda empat. Karena umumnya aksesoris kendaraan beroda empat tersebut mempunyai harga lumayan merogoh kocek, sehingga beberapa pemula merasa kaget ketika mengetahui biaya perawatannya.

Cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu melalui harga umumnya cukup mudah untuk kalian lakukan, karena jika membeli melalui distributor resmi akan memiliki harga jual dengan standar yang jelas. Namun harganya relatif lebih murah jika kalian membandingkan dengan penjual kembali.

Namun secara umum harga produk original lebih mahal jika pengendara membandingkannya dengan barang imitasi, karena kualitas bahan baku serta teknologi untuk membuatnya sangat berbeda. Produsen barang original lebih mengutamakan kualitas sehingga harganya relatif lebih tinggi.

Cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu pada barang tiruan umumnya memiliki harga relatif lebih murah, bahkan harganya bisa lebih murah berkali-kali lipat jika kalian membandingkannya dengan produk aslinya.

Secara umum jika ingin membeli kaca film untuk mobil akan mendapatkan harga sekitar satu jutaan keatas untuk barang original, namun jika membeli barang tiruan hanya memiliki harga sekitar 300 hingga 700 ribuan saja untuk setiap barangnya.

Baca juga: Dampak Sering Gonta-ganti Oli Mesin yang Perlu Diketahui

Sebagai komponen penting untuk menahan sinar matahari ketika sedang mengemudi, sebagai pemula tidak boleh asal membeli barang tersebut karena berpengaruh dengan keselamatan berkendara. Oleh sebab itu perlu mengetahui cara membedakan kaca film mobil asli atau palsu bagi pemula.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini