Jenis dan Cara Merawat Velg Mobil yang Benar

0
40
Jenis dan Cara Merawat Velg Mobil yang Benar
Jenis dan Cara Merawat Velg Mobil yang Benar

Velg merupakan bagian mobil yang perlu dirawat dan cara merawat velg mobil ini dapat dilakukan kapan saja. Namun, sebaiknya kalian merawatnya sebelum menggunakan kendaraan jenis mobil ini. 

Baca juga : Daftar Produk Obat Jamur Kaca Mobil Terbaik, Sudah Tahu?

Velg sendiri juga dikenal sebagai Pelek. Velg memiliki bentuk berupa lingkaran luar. Pada umumnya berbahan logam yang ada di dalam roda.

Velg ini berfungsi untuk bisa memasangkan ban di roda. Oleh karena itu, velg memiliki pengaruh penting terhadap performa mobil.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Teknik Pembuatannya
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Velg mobil mempunyai jenis yang beragam. Kali ini, jenis velg mobil berdasarkan teknik pembuatannya. 

  • Teknik Pembuatan Velg Mobil Pertama Ada Casting

Casting adalah suatu teknik pembuatan pada velg mobil dengan menuangkan atau mencetak. Prosesnya yakni dengan memanaskan seluruh material velg terlebih dahulu hingga meleleh. Lalu, kalian tuangkan ke dalam cetakan velg. Ketahui cara merawat velg mobil yang dibuat dengan teknik ini.

Selanjutnya, tahap finishing dengan membersihkan permukaan-permukaan yang kasar. Jangan lupa pengaplikasian cat sesuai dengan kebutuhan produksi. Teknik casting merupakan teknik yang umum digunakan dalam proses pembuatan velg.

Keuntungan yang kalian peroleh yakni proses pembuatan lebih cepat dari pada teknik. Harga yang ditawarkan bisa dijangkau masyarakat berbagai kalangan. 

Namun, kalian perlu ketahui bila velg casting ini mempunyai bobot lebih berat jika dibandingkan dengan teknik lainnya. Oleh karena itu, kualitas cetakan serta desainnya terbatas. 

  • Teknik Pembuatan Velg Mobil Kedua Ada Flow Forming

Teknik flow forming merupakan sebuah teknik yang proses pembuatannya diawali dengan casting. Lalu, membentuk bagian lebar velg dengan bantuan dari proses flow forming. Cara merawat velg mobil yang dibuat dengan teknik ini sebaiknya kalian ketahui.

Langkah awalnya, desain pada velg dibentuk dengan teknik mencetak atau casting. Tujuannya untuk mendapatkan desain muka velg yang ditentukan. Pada proses ini, bagian lebar velg belum bisa dibentuk dan masih berbentuk padat. 

Setelah proses teknik casting ini selesai, velg dipasangkan ke dalam mesin. Tindakan ini untuk bisa dipanaskan, diputar, serta dibentuk lebar sesuai dengan kebutuhan dari produksi. Prosesnya sama dengan pembuatan tanah liat serta guci.

Kelebihan yang dimiliki dari teknik ini ialah velg menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan susunan material dari velg menjadi lebih rapat. Tidak hanya itu, velg juga terasa lebih ringan serta mempunyai offset velg yang lebih beragam.

  • Teknik Pembuatan Velg Mobil Ketiga Ada Forging

Pada teknik forging ini, velg mobil dibuat dengan teknik bernama press yang dikombinasikan dengan teknik flow forming. Teknik forging tidak menggunakan teknik casting. Jadi, velg mobil yang dibentuk mengandung material yang lebih rapat, padat, ringan, serta kuat. 

Tahapan awalnya, velg dibentuk dengan memakai bahan material khusus berbentuk silinder padat. Silinder padat ini dimasukkan ke mesin agar bisa dipanaskan, dipress, serta dibentuk sesuai desain produksi. 

Hasil dari press silinder ini diproses kembali. Kali ini menggunakan teknik flow forming untuk bisa membentuk lebar velg. Setelah bahan dasarnya terbentuk, dilanjutkan dengan proses mendesain muka velg menggunakan mesin bernama CNC. Tahapan terakhir yakni finishing.

Hasil akhirnya, velg mobil terasa kokoh serta ringan. Jika ingin menggunakan ini, dibutuhkan uang yang lebih dari cukup karena harganya yang mahal. 

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Materialnya

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Materialnya
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Materialnya

Cara merawat velg mobil jenis velg mobil selanjutnya yakni berdasarkan materialnya. Ada beberapa material yang digunakan untuk membuat velg mobil. 

  • Material Baja pada Pembuatan Velg Mobil

Baja merupakan salah satu material terkuat bila kalian bandingkan dengan material lainnya. Tidak mengherankan jika velg berbahan baja ini banyak digunakan oleh masyarakat. 

Velg bahan baja perpaduan antara besi serta karbon. Material ini memiliki kontribusi terhadap berat mobil.

Performa dari material ini bagus, namun desainnya terbatas serta minimalis. Untuk penggunaannya, material ini cocok untuk mobil standar yang memiliki gaya retro daripada untuk modifikasi. Cara merawat velg mobil material ini penting untuk diketahui pemiliknya.

  • Material Aluminium pada Pembuatan Velg Mobil

Material aluminium merupakan jenis velg mobil yang sedang banyak digandrungi oleh pecinta otomotif. Material ini muncul sebagai material velg yang lebih modern dan menggantikan velg baja yang biasa digunakan untuk mobil model lama. 

Material ini memiliki perpaduan antara bahan aluminium, nikel, serta magnesium. Ketahanannya cukup bagus dan bobot dari material ini juga lebih ringan. Kalian bisa membentuk dan mengkreasikan sesuka hati pada desain karena bahan ini. 

Tidak mengherankan jika kalian banyak menemui modifikasi mobil paling banyak menggunakan material ini. Harga yang ditawarkan pada material ini juga bervariasi. Mulai dari harga murah hingga paling mahal, tegantung desain atau modelnya. 

  • Material Magnesium pada Pembuatan Velg Mobil

Cara merawat velg mobil material magnesium jarang sekali ditemukan di Indonesia. Namun, jika kalian menggunakan material ini, nilai kekuatannya lebih tahan lama.

Material magnesium lebih ringan dan kuat jika dibandingkan material velg mobil lainnya. Selain itu, material ini mempunyai kemampuan meredam guncangan serta panas dari rem yang lebih baik. 

Kekurangan dari bahan magnesium ini, lebih rentan terhadap korosi. Korosi sendiri ialah kehancuran atau kerusakan material karena reaksi kimia di sekitarnya. Ini membuat pengguna dari material sangat terbatas dan hanya digunakan untuk keperluan balapan saja. 

  • Material Carbon pada Pembuatan Velg Mobil

Material carbon ada dalam urutan kasta tertinggi dari material velg mobil lainnya. Carbon fiber sejauh ini dianggap menjadi bahan material yang paling ringan serta kuat. Oleh karena itu, banyak mobil supercar menggunakan bahan carbon di semua bagian tubuhnya.

Pembuatan material carbon ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena prosesnya yang rumit daripada bahan aluminium maupun besi. Harga yang ada dipasaran juga sangat mahal. Salah satu contoh velg mobil yang menggunakan bahan ini yakni Mustang Shelby GT350R.

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Konstruksinya

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Konstruksinya
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Konstruksinya

Jenis pada velg mobil dan cara merawat velg mobil dapat kalian bedakan berdasarkan komponen atau konstruksinya. Adapun dibagi menjadi 3 yakni one piece, two piece, serta three piece.

  • Tipe One Piece pada Velg Mobil

Velg one piece atau monoblok merupakan tipe yang menggunakan 1 komponen saja. Tipe ini banyak ditemukan untuk velg kendaraan. Konstruksi ini dibuat dari teknik forging

Caranya yakni menyatukan beberapa komponen velg menggunakan las. Perancangannya ini membuat velg tidak mempunyai banyak tampilan gaya. 

Velg one piece mempunyai bobot yang lebih berat. Meskipun begitu, velg ini lebih kuat, kokoh, serta ramah dikantong semua kalangan karena harganya yang terjangkau. 

  • Tipe Two Piece pada Velg Mobil

Velg tipe ini terdiri dari 2 komponen yakni Barrel serta Face. Kedua komponen ini dihubungkan dengan menggunakan baut-baut yang berukuran kecil.

Komponen-komponen ini bisa dipisahkan serta dimodifikasi sesuka hati. Tipe two piece terasa lebih berat serta lebih kuat daripada tipe one piece atau monoblok.

  • Tipe Three Piece pada Velg Mobil

Velg tipe three piece terdiri atas 3 komponen. Pertama, center forged atau face. Komponen ini terlihat pada bagian samping dengan berbagai macam desain. Di antaranya, desain palang 10, palang 5, hingga Y-shape. 

Kedua, ada lips atau outer barrel. Komponen ini adalah cekungan yang menutupi tepi di dalam ban. Letak komponen ini ada di antara center forced serta inner barrel. Perhatikan cara merawat velg mobil jenis ini.

Ketiga, inner barrel. Komponen ini adalah badan velg mobil dan digunakan sebagai tempat ban mobil bertumpu. Velg three piece dapat diubah sesuai dengan keinginan produksi. 

Adapun keuntungan yang akan kalian terima bila menggunakan tipe three piece ialah desainnya yang dapat diubah. Oleh karena itu, kalian bisa menentukan ukuran dari inner barrel, lebar outer barrel, hingga desain center forged

Tipe velg three piece juga memiliki beberapa contoh. Diantaranya, HSR Forged BTX II Face, HSR Forged HRN MH, HSR Forged MYTH06, serta HSR Forged GT PK. 

Beragam Cara Merawat Velg Mobil

Beragam Cara Merawat Velg Mobil
Beragam Cara Merawat Velg Mobil

Setelah mengetahui velg mobil berdasarkan teknik pembuatan, material, dan konstruksinya, kalian juga perlu memahami cara merawatnya. Hal ini supaya velg mobil tetap dalam kondisi bagus. 

  • Periksa Rutin

Kalian dapat memulai melakukan pemeriksaan secara rutin. Contohnya, buat jadwal sekali seminggu. Kalian perlu memeriksa presisi ukuran velg supaya tidak ada yang bergeser maupun retak. 

  • Waspada Kondisi Jalan

Salah satu faktor yang memengaruhi velg menjadi cepat rusak yakni menghantam jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, waspada terhadap kondisi jalan merupakan salah satu cara merawat velg mobil.

Jika memang terpaksa harus melewati jalan tersebut, laju kendaraan perlu dipelankan. Jadi, suspensi bekerja untuk meredam benturan. Namun, jika sudah terlanjur menghantam dengan kecepatan tinggi, kalian segera menepi ke pinggir jalan. 

Lakukan pengecekan pada velg mobil. Jika ada perubahan bentuk, kalian harus segera membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan. 

  • Mengecek Kondisi Ban

Kalian jangan lupa melakukan pengecekan pada kondisi ban. Hal ini sebagai suatu cara merawat velg mobil yang wajib dilakukan karena bisa memengaruhi kondisi dari velg juga. 

Jika tekanan ban angin terasa lebih berkurang, segera menambah anginnya. Tujuannya untuk memberikan performa dan kondisi terbaik pada ban.

  • Mencuci Hati-Hati

Ketika kalian sedang mencuci mobil, hindari mencuci velg ketika suhu panas. Kalian wajib diamkan dulu sebelum mengguyurnya dengan air. 

Suhu panas menyebabkan velg berubah bentuk hingga menimbulkan jamur. Lalu, velg yang mempunyai banyak palang lebih sulit kalian bersihkan. Kalian bisa mencoba menggunakan sikat yang halus untuk membersihkan celah-celah sempit diantara palang.

  • Menggunakan Aluminium Foil

Aluminium foil yang biasa digunakan untuk makanan merupakan sebuah bahan yang bisa kalian gunakan sebagai suatu cara merawat velg mobil yang berikutnya. Apalagi jika terdapat beberapa karat yang menempel, gunakan bahan ini untuk menghilangkannya. 

  • Cairan Khusus Pembersih Velg

Jika velg masih terlihat utuh, rawat velg mobil kalian dengan mengoleskan cairan khusus pembersih velg secara rutin. Pilih merek cairan khusus pembersih velg mobil yang terpercaya, cocok serta harga yang terjangkau. 

  • Buah Lemon

Lemon merupakan sebuah buah yang berbahan alami. Salah satu fungsinya untuk membersihkan velg mobil dari noda asam lain. Jika uang menipis, buah lemon menjadi alternatif dalam merawat velg mobil. 

Baca juga : Ketahui Cara Menghilangkan Baret Mobil, Tidak Sulit!

Velg mobil juga bisa lebih mengkilap dengan menggunakan buah ini. Adapun velg merupakan salah satu bagian penting dalam mobil untuk menunjang berkendara. Cara merawat velg mobil ini dapat dilakukan dengan mudah bahkan oleh amatir sekalipun. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here