Cara Hilangkan Jamur di Grill Mobil dengan Mudah dan Murah

0
68
Cara Hilangkan Jamur di Grill Mobil dengan Mudah dan Murah
Cara Hilangkan Jamur di Grill Mobil dengan Mudah dan Murah

Cara hilangkan jamur di grill Mobil memang sangat penting untuk dipelajari. Sebagai salah satu upaya agar penampilannya tidak menjadi buruk, terlebih lagi kalau mikroba ini dibiarkan, dampaknya semakin parah.

Baca juga: 15 Tips Perawatan Interior dan Eksterior Mobil Mudah Dilakukan

Terlebih kalau kalian mempunyai keinginan untuk menjualnya kembali. Kurang bagusnya penampilan pada grill akan berpengaruh pada harga, biasanya terjun bebas dari nilai pasar seharusnya, bisa 10% sampai 30%.

Bila tidak ingin kejadian tersebut terjadi dari sekarang harap melakukan perawatan dengan baik. Tetapi, kalau pertumbuhannya ternyata sudah muncul cobalah perhatikan beberapa langkah menghilangkannya seperti di bawah ini.

Penyebab Jamur di Grill Mobil

Penyebab Jamur di Grill Mobil
Penyebab Jamur di Grill Mobil

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara hilangkan jamur di grill Mobil alangkah baiknya kalian memahami tentang penyebabnya. Jadi kalau sudah bersih, tidak mungkin akan muncul lagi.

Pertumbuhan mikroba ini bisa terjadi akibat tingkat kelembapannya tinggi atau sering sekali terpapar air. Tidak heran pada saat musim penghujan, kalian lebih sering melihat tumbuh jamur dibandingkan kemarau.

Ketika hujan terjadi, biasanya air akan masuk ke sela-sela grill tersebut. Maka dari itu, saat musim tersebut kita sangat menyarankan untuk langsung membersihkannya dan pastikan kering.

Selain faktor kelembapan, kemungkinan kalian menempatkan kendaraan tersebut di kondisi teduh. Sebenarnya bagus saja, hanya saja lebih baik kalau penempatannya pada area yang terpapar sinar matahari.

Perlu kalian ketahui bahwa, sinar matahari tersebut memiliki sifat anti jamur. Setidaknya, tempatkan mobil di luar agar bisa terkena sinar, tetapi jangan terlalu lama lebih baik satu minggu tiga kali.

Untuk saran tersebut jangan dijadikan patokan harus demikian, tetap lihat bagaimana kondisi lingkungan terlebih dulu. Kalau tidak terlalu lembab satu minggu sekali selama satu jam sudah cukup.

Beberapa Cara Hilangkan Jamur di Grill Mobil

Beberapa Cara Hilangkan Jamur di Grill Mobil
Beberapa Cara Hilangkan Jamur di Grill Mobil

Untuk membersihkan mikroba ini, ada beberapa bahan yang akan kita rekomendasikan. Dengan begini kalian biasa menerapkannya sendiri di rumah, berikut pembahasannya lebih lanjut.

Odol atau pasta gigi

Odol atau pasta gigi
Odol atau pasta gigi

Untuk bahan pertama adalah memakai odol atau pasta gigi, berikut cara penerapannya yang bisa kalian ikuti. 

  • Sebelum melakukan menggunakannya, harap lakukan pembersihan terlebih dulu menggunakan sikat gigi, sehingga seluruh bagian mudah terjangkau. Barangkali pada bagian grill ada debu, kotoran, atau serpihan makanan.
  • Cara hilangkan jamur di grill Mobil dengan odol selanjutnya adalah memilih jenisnya dulu, jangan yang jenisnya gel, formula khusus, tidak mengandung pemutih dan partikel abrasif, agar permukaan grill tidak rusak.
  • Ambil pasta gigi ini dalam jumlah kecil kemudian oleskan ke area yang terkena jamur. Sikat secara perlahan atau menggunakan kain lembut 
  • Usahakan menggosoknya dengan gerakan melingkar, agar tidak merusak lapisan cat pada grill
  • Cara hilangkan jamur di grill Mobil berikutnya adalah lakukan bilas pastikan tidak ada pasta gigi yang masih menempel lalu keringkan, usahakan sampai tidak ada air yang menetes 
  • Lakukan perawatan dengan baik dan rutin

Bukan hanya menggunakan odol saja, tetapi masih ada beberapa bahan lain yang kita rekomendasikan.

Sabun Pencuci Mobil

Sabun Pencuci Mobil
Sabun Pencuci Mobil

Cara hilangkan jamur di grill Mobil berikutnya adalah menggunakan sabun pencuci mobil. Bahan ini memang paling disarankan karena, semua produsen sudah memberikan kemampuan terbaiknya dengan berbagai formula.

Ramuan tersebut cukup efektif dalam menghilangkan berbagai macam kotoran, termasuk jamur yang membandel. Selain itu, pabrikan juga menyertakan perlindungan terhadap lapisan kendaraan.

Dengan begini, mobil lebih awet dan secara penampilan tetap bagus, menarik, bisa saja harganya melonjak dari angka yang ditawarkan pasar. Begini, beberapa langkah membersihkan mikroba memakai sabun pencuci khusus.

Peralatan yang diperlukan 

Sebelum melakukan pencucian tersebut, siapkan dulu berbagai peralatan yang diperlukan seperti,

  • Sabun Pencuci Mobil
  • Air Hangat
  • Ember
  • Sikat yang lembut
  • Kain lembut tetapi disarankan microfiber

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan

  • Cara hilangkan jamur di grill Mobil menggunakan sabun pencuci mobil pertama adalah ambil ember, isi dengan air hangat, kemudian campurkan beberapa tetes, aduk sebentar, setelah itu lakukan hal ini
  • Basahi bagian grill tersebut dengan air, bisa dengan menyemprotnya atau menggunakan spons rendam di air larutan selama beberapa menit, lalu basuh ke lokasi yang terdapat jamur.
  • Gosok menggunakan sikat lembut, pastikan ke semua bagian secara merata, termasuk pada bagian sela-sela hingga sudutnya, tetapi at menggosoknya jangan terlalu keras, santai saja.
  • Cara hilangkan jamur di grill Mobil bilas menggunakan air bersih, pastikan sisa sabun dan kotoran benar-benar menghilang, kalau belum cobalah mengulanginya lagi
  • Proses berikutnya adalah lakukan pengeringan, gunakan kain halus atau lebih baik microfiber saja, agar prosesnya maksimal dan sempurna
  • Cara hilangkan jamur di grill Mobil berikutnya adalah lakukan pengecekan lebih teliti lagi, bila perlu lihat dari jarak dekat.

Cuka Apel

Cuka Apel
Cuka Apel

Bahan berikutnya yang bisa kalian pergunakan adalah Cuka Apel. Produk ini termasuk bahan alami dan memiliki sifat anti jamur bahkan bakteri. Kekuatannya cukup bagus dan bisa dikatakan sangat ampuh.

Tips pengunaan cuka apel

Maka dari itu, kita mencoba merekomendasikannya untuk kalian. Hanya saja sebelum menggunakannya jangan sembarangan, ada beberapa hal harus kalian ketahui terlebih dulu seperti,

  • Pilihlah cuka yang murni atau tidak ada campuran lainnya seperti gula dan pewarna, agar tingkat efektifnya tinggi
  • Kita selalu menyarankan untuk memakai varietas organik, dengan begini bahan yang digunakan semua berasal dari alam sehingga, bebas dari residu pestisida
  • Berikutnya adalah perhatikan kadar asamnya, pilih pH 4 sampai 5, semakin tinggi tingkat efektifitasnya untuk membersihkan jamur sangat baik
  • Jika bingung apakah cuka apel itu berkualitas atau tidak, maka perhatikan pada bagian botolnya, pilih yang pengemasannya rapat, artinya cahaya sulit menembusnya
  • Pilih cuka apel dengan cairan bentuknya pil atau kapsul, karena akan memudahkan kalian dalam mengaplikasikannya
  • Cari merek terpercaya dan sudah dipilih oleh berbagai pelanggan, jangan memandang soal harga tetapi, kualitasnya
  • Baca kembali petunjuk di botol, pastikan tidak mengandung berbagai bahan berbahaya, termasuk pengawet atau pewarna
  • Uji terlebih dulu ke peralatan lain, agar terbukti aman. Lihat bagaimana reaksi yang terjadi setelah cuka apel diaplikasikan, bila aman lanjutkan kalau terjadi perubahan lebih baik jangan,

Langkahnya

Cara hilangkan jamur di grill Mobil menggunakan cuka apel pertama adalah siapkan botol semprot. Kemudian, campurkan air biasa saja dengan bahan ini ke dalam botol tersebut perbandingannya 1:1, berikutnya.

  • Semprotkan ke bagian grill yang terkena jamur
  • Tunggu larutan tersebut bereaksi setidaknya 15 menit, biarkan jamur melunak terlebih dulu
  • Cara hilangkan jamur di grill Mobil dengan cuka apel berikutnya adalah Sikat dengan lembut bisa menggunakan sikat halus atau spons, perlahan saja jangan terlalu keras.
  • Bila seluruh mikroba tersebut sudah terangkat dengan sempurna, bila menggunakan air bersih, agar residu dalam cuka menghilang
  • Keringkan memakai microfiber

Catatan penting dalam melakukan pembersihan menggunakan cuka apel

  • Pastikan kendaraan dalam keadaan dingin, jangan habis digunakan langsung melakukan pembersihan, nanti cuka apel mudah kering sehingga jamur sulit dibersihkan
  • Cari tempat sejuk dan teduh, jagan terkena paparan sinar matahari secara langsung
  • Cuka apel ini termasuk dalam zat kimia cukup berbahaya, maka dari itu saat melakukan pembersihan pastikan menggunakan sarung tangan

Cara hilangkan jamur di grill Mobil dengan bahan ini dinilai sangat efektif. Walaupun dari segi harga memang bervariatif, jangan lupa kalau sudah tidak menggunakannya lagi simpan tempat kering dan sejuk.

Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian
Pemutih Pakai

Bahan yang efektif dalam menghilangkan mikroba saat menempel di grill mobil berikutnya adalah menggunakan pemutih pakaian. Bahan tersebut bagus dan mudah didapatkan, hanya saja perlu perhatikan beberapa poin dulu.

Seperti tidak adanya kandungan pewangi tambahan termasuk buatan, karena wewangian tambahan tersebut mampu meninggalkan residu pada permukaan grill. Bukan hanya itu, aroma aslinya juga terganggu.

Maka dari itu, cobalah memilih pemutih yang dirancang untuk membersihkan saja, tanpa harus meninggalkan aroma kuat. Kita sarankan memakaian bahan yang mengandung oksigen atau klorin dan konsentrasi pemutih 3%-6%. Cara hilangkan jamur di grill Mobil dengan memakai pemutih pakaian ini tidak sulit.

  • Pertama, siapkan dulu sarung tangan karet sebagai perlindungan tangan kalian, campurkan dengan air perbandingannya 1:1.
  • Saat mengaduknya jangan menggunakan tangan, melainkan tongkat atau kayu agar lebih aman. Oleskan pemutih tersebut ke area yang terkena jamur, tunggu sekitar 20 menit, agar melunturkan kotoran tersebut.
  • Gosok menggunakan sikat lembut, bila sudah terlihat bersih bilas dengan air. Kemudian keringkan menggunakan lap microfiber sampai benar-benar tidak ada air. Lakukan cara ini setiap dua kali satu tahun.

Baca juga: Prosedur Mengurus Balik Nama Kendaraan Hingga Biayanya

Berbagai bahan di atas sangat mudah mencarinya, kalian bisa membelinya di berbagai toko baik online atau offline. Terlebih, cara hilangkan jamur di grill Mobil juga mudah dilakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini