Ketahui Apa Saja Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas

0
201
Ketahui Apa Saja Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas
Ketahui Apa Saja Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas

Informasi mengenai dampak menyiram cakram mobil yang panas tentu menjadi suatu hal yang penting bagi kalian para pencinta otomotif dan pengguna kendaraan bermotor. Bicara soal berkendara, tentu sudah menjadi kewajiban bagi pengendara tersebut untuk selalu mengecek komponen mobil yang akan digunakan. 

Baca juga : Penyebab Mesin Overheat dan Solusi untuk Mengatasinya

Dari banyaknya komponen tersebut, salah satu yang tidak boleh kalian lewatkan adalah fungsi rem. Sebelum berkendara, cobalah untuk rutin mengecek apakah fungsi rem pada kendaraan yang kalian gunakan sudah bekerja secara optimal. 

Rem mobil secara langsung haruslah pakem agar nantinya tidak menimbulkan bahaya saat berkendara. Selama proses pengereman, tentu terdapat gesekan yang terjadi pada bagian cakram mobil.

Jika kondisi suhu rem mobil yang kalian gunakan untuk berkendara terlalu panas, maka biasanya akan menimbulkan beberapa masalah. Dengan banyaknya risiko tersebut, lantas pengendara harus mengetahui apa saja dampak menyiram cakram mobil yang panas.

Suhu Rem Cakram Terlalu Panas

Suhu Rem Cakram Terlalu Panas
Suhu Rem Cakram Terlalu Panas

Secara umum, mekanikal rem pada rem mobil yang kalian gunakan hanya memerlukan waktu sekitar 0,2 detik untuk bisa bekerja. Lewat proses tersebut, nantinya akan terjadi tekanan pada bagian pedal rem yang dibantu oleh booster rem untuk menekan piston pada master rem.

Hasil tekanan yang terjadi pada master rem tersebut nantinya akan diteruskan brake fluid menuju piston pada bagian kaliper rem. Secara langsung, piston ini akan mendorong kampas rem bergesekan dengan bagian cakram rem.

Terjadinya gesekan yang terus menerus nantinya akan mengakibatkan suhu pada rem cakram semakin meningkat. Suhu yang terlalu tinggi nantinya akan menimbulkan panas di mana bisa mencapai 200 derajat celcius. 

Apabila suhu rem cakram pada mobil yang kalian kendarai cukup tinggi, maka Anda harus waspada. Jangan panik dan ketahui apa saja dampak menyiram cakram mobil yang panas. 

Suhu rem cakram yang terlalu panas secara langsung dapat menyebabkan proses pengereman bermasalah. Jika dibiarkan terus menerus, maka hal tersebut juga dapat menyebabkan rem blong.

Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas dan Akibatnya

Salah satu masalah yang dapat terjadi ketika suhu rem cakram terlalu tinggi dapat berupa rem menjadi blong. Apabila kondisi rem bermasalah, tentunya hal tersebut dapat menjadi masalah yang cukup berbahaya. 

Selain memang nantinya rem cakram mengalami pemuaian yang berlebihan, kondisi tersebut juga akan membahayakan keselamatan pengendara. Dampak lain yang terjadi juga dapat menyebabkan beberapa komponen lain menjadi kurang awet.

Beberapa komponen yang sering mengalami gangguan ketika suhu rem cakram tinggi yaitu sil dan selang rem. Meski cakram rem yang panas merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi, namun perlu diingat jika panas yang dihasilkan sudah berlebihan maka kalian harus waspada.

Ingat, jangan gegabah dan ketahui dampak menyiram cakram mobil yang panas. Suhu cakram rem yang panas memang dapat terjadi karena digunakan secara terus menerus. Gesekan yang terlalu intens secara langsung akan menghasilkan suhu panas rem terus meningkat secara drastis.

Tidak adanya hembusan angin yang masuk ke dalam komponen tersebut juga dapat memengaruhi suhu panas pada komponen cakram rem. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat dipicu karena penggantian kapas yang tidak tepat.

Banyaknya pengendara yang kurang memperhatikan perawatan komponen pada kendaraan mobil yang digunakannya merupakan alasan yang paling sering ditemukan. Tidak sedikit pengendara yang lalai tidak memperhatikan kotoran dan debu pada area sekitar mekanisme rem.

Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas dan Cara Mengatasinya

Kondisi suhu rem cakram tinggi memang terjadi karena rem pedal yang diinjak terus menerus. Dengan diinjaknya pedal rem, maka hal tersebut akan menyebabkan tekanan kepada kampas ke disc brake di mana membuat putaran roda mobil menjadi berkurang.

Meski suhu panas yang muncul pada komponen rem cakram adalah suatu hal yang normal, namun jika dibiarkan tentunya hal tersebut dapat membahayakan pengendara. Apabila mobil yang kalian kendarai sedang dalam kondisi tersebut, lantas berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

  • Segera Kurangi Kecepatan

Apabila kalian merasa mobil yang kalian kendarai bagian remnya terasa cukup keras, maka segera untuk menghentikan laju mobil. Pastikan Anda mengurangi kecepatan mobil tersebut agar suhu pada cakram normal kembali.

Kecepatan mobil yang sudah turun secara langsung dapat membuat cakram rem mendapatkan angin dari luar. Meski terdengar sepele, namun hal tersebut dapat menyebabkan suhu pada cakram rem menjadi turun.

  • Diamkan agar Tertiup Angin

Meski mengurangi kecepatan mobil dapat menurunkan suhu pada cakram rem, namun jika kalian tiba-tiba rem mendadak malah dapat membuat cakram menjadi semakin panas. Oleh sebab itu, selain mengetahui dampak menyiram cakram mobil yang panas, kalian juga bisa melakukan hal berikut. 

  • Berhenti sejenak sampai suhu rem turun.
  • Anda dapat memanfaatkan penggunaan engine brake pada saat posisi gigi rendah ketika jalanan menurun.

  • Gunakan kampas rem asli pabrikan, karena terbukti memiliki koefisien gesekan yang lebih baik.

Sangat penting untuk diingat, memperhatikan penggunaan rem saat melaju dengan kecepatan tinggi pada medan ekstrem seperti pegunungan dan jalan yang berkelok-kelok merupakan suatu hal yang sangat penting. 

Apabila kalian merasa suhu pada cakram rem memanas, maka segera lakukan beberapa tips di atas. Selain memperhatikan penggunaan rem saat berkendara, kalian juga dapat menggunakan berbagai perlengkapan tambahan.

Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas dan Perawatannya

Penggunaan rem cakram ketimbang rem tromol pada kendaraan bermotor memang belakangan lebih digemari karena keunggulannya. Selain karena sistem pengereman yang lebih maksimal, rem cakram juga dikenal lebih cepat dingin.

Secara umum, rem cakram ditempatkan pada bagian depan karena tumpuan pada kendaraan lebih besar pada bagian depan. Dengan kondisi tersebut, maka tidak mengherankan jika posisi rem cakram berada di luar sehingga sangat mudah kotor terkena debu.

Debu dan kotoran yang menempel pada rem cakram jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut. Oleh karena hal tersebut, setiap pengendara diwajibkan untuk terus melakukan perawatan secara rutin.

Selain itu, pengguna kendaraan bermotor juga wajib mengetahui mengenai dampak menyiram cakram mobil yang panas. Jika dilakukan, maka hal tersebut dapat menyebabkan komponen pada cakram rem menjadi rusak.

Secara langsung, rem cakram yang panas dapat menurunkan performa dari rem itu sendiri. Untuk memaksimalkan pengereman pada kendaraan, maka lebih baik tunggu hingga dingin dan Anda bisa mulai membersihkannya dengan menggunakan air bersih.

Selain memperhatikan hal tersebut, setiap pengendara juga harus memperhatikan penggunaan pada rem cakram itu sendiri. Apabila kalian tengah melintasi medan jalanan yang menurun, maka bersiaplah karena rem cakram akan bekerja lebih ekstra dan cepat panas.

Kenali Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas

Kenali Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas
Kenali Dampak Menyiram Cakram Mobil yang Panas

Kondisi rem cakram yang panas memang menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan bagi setiap pengendaraan mobil. Selain karena berbahaya, suhu cakram rem panas yang dibiarkan terus menerus juga dapat menyebabkan beberapa komponen lain bermasalah. 

Jika kendaraan yang kalian gunakan tengah mengalami kondisi tersebut, maka jangan langsung panik. Segera ketahui dampak menyiram cakram mobil yang panas dan ketahui apa saja tips saat rem kurang pakem.

Salah satu tips yang bisa kalian gunakan saat rem kurang pakem adalah dengan mengurangi laju kecepatan kendaraan. Melaju dengan cepat dan melakukan rem secara mendadak secara langsung akan menjadi penyebab utama suhu cakram rem semakin meningkat. 

Jika melalui cara di atas pengereman pada kendaraan mobil tidak bekerja secara optimal, maka segera panggil teknisi handal untuk melakukan perbaikan. Selain itu, cobalah tambah wawasan seputar otomotif dan perawatan kendaraan karena dapat membantu Anda. 

Lakukan perawatan master dan caliper. Pada bagian master dan caliper, Anda dapat menemukan komponen seal di mana berfungsi sebagai perapat dan pengganti pegas. Seal ini secara langsung dapat menjadi keras di mana nanti dapat mengganggu kerja piston pada caliper.

Oleh sebab itu, cobalah ganti seal bersamaan dengan minyak rem secara rutin. Lakukan perawatan semua komponen pengereman agar beberapa kondisi di atas tidak terjadi. Apabila lalai, hal tersebut nantinya dapat membahayakan keselamatan Anda. 

Saran terakhir, cobalah untuk lakukan penggantian kampas rem jika sudah tipis. Perlu diingat, kampas rem yang habis atau sudah aus umumnya dapat menyebabkan gesekan berlebih di mana nanti dapat menimbulkan panas pada komponen cakram.

Demikian beberapa informasi mengenai dampak menyiram cakram mobil yang panas dan yang lainnya. Melalui informasi di atas, diharapkan hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari kondisi terburuk saat rem cakram cepat panas.

Baca juga : Memahami Teknik Engine Brake dan Manfaatnya

Pada intinya, kondisi rem cakram yang panas adalah suatu hal yang biasa terjadi. Jika suatu waktu kondisi tersebut terjadi pada kendaraan bermotor yang Anda gunakan, maka jangan panik dan ketahui dampak menyiram cakram mobil yang panas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini