Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan

0
45
Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan

Memilih sparepart mobil memang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh tergesa-gesa. Alih-alih untuk mendapatkan sparepart yang murah, Anda Bisa saja mendapatkan produk yang palsu dan mudah rusak.

Baca juga: Catat! Ini Dia 12 Tips Membeli Motor Bekas Anti Rugi

Hal tersebut bukan berpengaruh pada kantong Anda saja. Namun demikian, sparepart palsu bisa saja membuat mesin kendaraan menjadi rusak. Maka, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan agar mendapatkan sparepart yang benar-benar bisa diandalkan.

Berikut Cara Pilih Sparepart Mobil

Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan_Berikut Cara Pilih Sparepart Mobil
Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan_Berikut Cara Pilih Sparepart Mobil

Mobil memang menjadi sebuah kendaraan yang cukup umum dimiliki oleh masyarakat di era sekarang. Sparepart yang asli dari kendaraan ini diproduksi langsung oleh produsennya maupun pabrikan yang mendukung pembuatan sparepart tersebut.

Sparepart yang palsu seringkali diperhalus dengan memakai istilah yang bernama KW. Istilahnya juga bervariasi tergantung harga mulai dari KW 1, KW 2, hingga KW3. Anda dapat menggunakan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan komponen berkualitas.

  • Perhatikan Masa Garansi

Tips pertama dalam memilih sparepart mobil yang asli adalah memperhatikan masa garansi. Pada umumnya, memang tidak semua sparepart yang asli memiliki garansi. Namun, bengkel resmi biasanya akan memberikan service terbaiknya.

Bengkel resmi akan berani untuk menjamin garansi untuk sparepart yang Anda beli. Ini akan berbeda jika Anda Membelinya di bengkel umum. Untuk hal garansi, Anda bisa mempercayakan sparepart di bengkel resmi saja.

Ketika Anda tetap merasa kurang yakin, maka bisa untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang sparepart yang akan dibeli. Anda bisa menanyakan di katalog sparepart maupun di website agen tunggal pemegang merk mobil untuk mengeceknya.

  • Harga

Komponen yang asli dan KW juga bisa dibedakan dari segi harga. Umumnya, harga yang asli akan lebih mahal dibandingkan dengan harga yang KW alias palsu. Jika ada penjual yang menawarkan dengan harga lebih murah, akan lebih baik bagi Anda untuk cek.

Perhatikan kemasan yang ditawarkan. Jangan lupa, Anda Harus memastikan bahan dari komponen sparepart mobil tersebut benar benar asli atau hanya mirip saja dengan komponen aslinya.

Nyaris memang kemasan untuk produk KW dan asli sama dan sulit dibedakan. Maka, Anda Bisa melihatnya secara detail untuk mengecek perbedaanya.

  • Bahan Sparepart Mobil

Pemilihan juga bisa dilakukan dengan memperhatikan bahan yang digunakan pada komponen tersebut. Anda bisa melihat dari materialnya. Kualitas yang buruk sangat akan Nampak kasat mata. 

Materialnya juga akan sangat terasa ketika digunakan. Umumnya, komponen yang berasal dari bahan KW tidak akan awet. Baru sebentar saja digunakan, komponen tersebut bisa saja langsung rusak.

  • Kemasan

Langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam membeli sparepart mobil yang asli adalah melihat kemasannya. Kemasan yang asli dan palsu bisa berbeda karena produsen memberikan ciri khusus dalam komponen yang dikemasnya.

Contoh ciri khusus yang biasanya diberikan oleh produsen untuk menjaga kualitas keaslian sparepart adalah hologram, kode produksi, maupun tulisan lainnya. Banyak yang melakukan manipulasi, namun jiplakannya akan sangat terlihat.

Contohnya saja, tulisan atau hologram yang ada pada komponen tersebut tidak terlihat jelas maupun kusam. Itulah mengapa Anda harus memperhatikannya dengan sedetail mungkin.

Anda harus tahu bahwa sparepart KW sudah tersedia di bengkel besar maupun bengkel kecil. Sedangkan sparepart asli pastinya tersedia di bengkel resmi. Jadi, mudah sekali bukan sebenarnya untuk mendapatkan komponen mobil yang asli.

Anda harus melakukannya di bengkel resmi. Hal tersebut akan menjaga dan melindungi Anda dari sparepart palsu yang tentu saja tidak akan bertahan lama.

Agar Sparepart Mobil Anda Terawat

Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan_Agar Sparepart Mobil Anda Terawat
Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan_Agar Sparepart Mobil Anda Terawat

Setiap orang pasti ingin membuat kendaraan kesayangan mereka awet dan bertahan lama. Oleh karena itu, Anda Juga memiliki kewajiban khusus dalam melakukan perawatan. Akan sangat mustahil jika Anda Tidak mau merawat namun ingin komponen kendaraan menjadi awet.

Suku cadang dan sparepart mobil tentunya merupakan bagian dari kendaraan yang harus dirawat secara berkala. Selain melakukan perawatan di bengkel, Anda Juga bisa melakukan perawatan di rumah dalam jangka waktu tertentu.

Untuk menjawab semua kebutuhan Anda terkait dengan perawatan suku cadang maupun sparepart kendaraan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Bersihkan Dengan Rutin

Anda dapat membersihkan bagian komponen maupun sparepart yang kondisinya memang sudah kotor. Melakukan pembersihan tentunya tidak dilakukan pada bagian luar saja. Anda juga harus membersihkan bagian dalamnya hingga menyeluruh.

Untuk menghindari kerusakan agar tidak semakin parah, maka lakukan pembersihan sebulan sekali. Mulailah dari bagian dalam, bagian mesin dan bagian lainnya. Anda dapat menggunakan cairan khusus pembersih mobil agar lebih aman.

  • Mengganti Oli Secara Rutin

Untuk menjaga sparepart mobil awet dan bertahan lama, langkah penting lain yang perlu dilakukan adalah melakukan penggantian oli serta filternya sekaligus secara rutin. Ini akan berpengaruh pada kenyamanan kendaraan.

Oli menjadi bagian penting dari kendaraan yang memiliki berbagai macam tugas. Jadi, salah satu dari bagian tugasnya adalah pembersih kotoran di dalam mesin. Maka, sangat penting bagi Anda untuk melakukan penggantian dengan rutin.

  • Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Untuk melakukan perawatan komponen atau sparepart kendaraan roda empat kesayangan Anda di rumah, gunakan BBM yang memang sesuai. Dampak ringan dari penggunaan BBM yang memang sesuai adalah bahan bakar menjadi lebih awet. 

Hal ini berbanding terbalik dengan pengunaan BBM yang tidak sesuai. Nilai tinggi pada oktan BBM membuat tekanan yang digunakan semakin besar. Akhirnya, bahan bakar yang digunakan akan menjadi semakin boros.

Bahkan dalam kondisi yang memang tidak diinginkan, bisa saja terjadi knocking. Ini adalah pembakaran karena penggunaan BBM yang tidak sesuai dalam jangka waktu yang lama. Mesin kendaraan bisa saja mati total.

  • Menggunakan Produk Sparepart yang Asli

Untuk membuat kendaraan menjadi awet dan bisa digunakan dalam waktu lama, Anda Dapat membeli komponen yang benar-benar asli atau original. Gunakan produk asli untuk bagian busi, filter udara, maupun bagian sparepart lainnya.

Untuk hasil maksimal dan agar daya tahan lebih lama, maka segeralah ganti sparepart palsu yang terpasang di kendaraan roda empat dengan sparepart yang asli. Jangan sampai hanya untuk irit biaya membuat kendaraan Anda rusak total.

Bagian Sparepart Mobil yang Harus Diganti Berkala

Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan_Bagian Sparepart Mobil yang Harus Diganti Berkala
Cara Pilih Sparepart Mobil agar Awet Digunakan_Bagian Sparepart Mobil yang Harus Diganti Berkala

Perawatan secara berkala sebaiknya memang dilakukan untuk menjaga kendaraan roda empat Anda Menjadi lebih aman. Ada beberapa komponen yang memang harus diganti dalam waktu pemakaian kurang lebih 5 tahun.

Berikut beberapa komponen atau sparepart mobil yang harus dicek secara berkala setelah 5 tahun penggunaan.

  • Ban

Ini merupakan sparepart yang vital atau penting dalam kendaraan roda empat. Ceklah bagian ban dengan melihat tingkat ketebalan pada ban tersebut. Anda Bisa memperhatikan keausan pada alur ban.

Jika memang cenderung mengalami cedera serius, ganti saja dengan yang baru untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

  • Oli Mesin

Oli mesin juga menjadi sebuah bagian yang amat penting untuk di cek secara berkala. Untuk mencegah kerusakan pada sparepart lain didalam mobil, gantilah oli mesin secara berkala. 

Pastikan Anda sudah menggunakan oli dengan kekentalan sesuai atau oli yang memang direkomendasikan untuk kendaraan tersebut. Hasilnya, mesin mobil akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

  • Kaki-kaki Mobil

Sparepart mobil lainnya yang perlu di cek berkala setelah penggunaan kurang lebih 5 tahun adalah kaki-kaki mobil. Bagian tersebut antara lain adalah long tie rod, tie rod end, hingga bagian engine mounting.

Bagian kaki-kaki tersebut tentu saja harus diperiksa mengingat penggunaannya memang sudah cukup lama. Bagian tersebut sangat kerap bersentuhan dengan aspal jalan dan menahan beban yang berat.

  • Lampu

Komponen atau sparepart lampu juga menjadi sebuah hal penting yang tidak boleh diabaikan keberadaannya. Cek lah dengan baik apakah lampu-lampu pada kendaraan Anda memang masih bisa bekerja dengan maksimal atau tidak. 

Jika lampu pada kendaraan roda empat kesayangan Anda Tersebut memang sudah rusak, maka ganti saja dengan yang baru.

  • Aki dan Kabel

Memeriksa kabel-kabel yang ada pada mobil juga tidak boleh diabaikan ya. Pastikan kabel masih bagus dan belum mengalami penurunan performa. Cek saja jika mungkin kabel putus karena digigit tikus atau sejenisnya.

Baca juga: Kenali Fungsi Jalur Penyelamatan di Jalan Tol Saat Rem Rusak

Pemeliharaan untuk semua komponen dalam kendaraan roda empat memang menjadi bagian penting dari perawatan yang harus dilakukan. Pemilik mobil harus senantiasa memperhatikan sparepart mobil mereka dengan maksimal agar bisa menggunakannya dalam jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here