Cara Mudah Merawat Mobil Bekas Agar Lebih Awet

0
154
Merawat Mobil Bekas - Cara Mudah Merawat Mobil

Merawat Mobil Bekas tentunya merupakan hal sangat penting untuk diperhatikan. Kondisi mobil dengan spesifikasi bekas tentunya menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan dengan baik dan tentunya perlu ketelitian secara lebih detail.

Hal tersebut cukup beralasan sebab penggunaan mobil bekas membutuhkan beberapa perhatian khusus untuk mencapai penggunaan tahan lama atau awet. Inilah yang menjadi alasan khusus perawatan tersebut sangat penting untuk dilakukan.

Pertimbangan selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah kondisi mobil bekas rata-rata telah digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Sehingga perlu ada tindakan khusus yang perlu diperhatikan sehingga kapasitas untuk bisa berkembang akan jauh lebih baik.

Baca Juga : Pemahaman Dasar dalam Melakukan Perawatan Mesin Mobil

Jika perawatan tidak diperhatikan dengan detail maka secara tidak langsung akan ada kendala yang lebih buruk dari mobil tersebut. Untuk merawat mobil bekas secara praktik tentunya tidak memiliki berbagai hal yang sangat rumit, yang penting adalah konsistensi perawatan.

Pertimbangan lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah fungsi perawatan mobil bekas tentunya sedikit berbeda dengan mobil pada umumnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu prasyarat utama untuk bisa menjadikan fungsi mobil bisa berjalan lebih baik dan awet.

Apalagi saat ini minat konsumen terhadap mobil yang dalam kondisi bekas semakin meningkat. Sehingga secara tidak langsung perlu beberapa referensi mengenai cara untuk merawat mobil bekas lebih baik untuk mendapatkan fungsi aman dan nyaman dalam berkendara.

Berikut ini adalah beberapa aspek umum yang bisa dilakukan untuk menerapkan fungsi perawatan mobil secara menyeluruh dan tentunya juga sangat aman.

Rutin Mengecek Kondisi Cairan dalam Mobil

Merawat Mobil Bekas - Cara Mudah Merawat Mobil

Aspek pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil bekas adalah dengan rutin mengecek secara berkala kondisi cairan mobil. Hal ini penting dilakukan untuk memenuhi persyaratan dalam kelancaran berkendara, khususnya bagi mobil dalam kondisi bekas.

Pertimbangan untuk melakukan pengecekan cairan mobile ini semakin penting, sebab ada banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan terkait masalah cairan dalam mobil. Beberapa kondisi cairan mobil tersebut ialah air radiator, cairan rem, hingga cairan untuk power steering.

Untuk merawat mobil bekas ada berbagai hal yang perlu diperhatikan terkait fungsi cairan tersebut adalah.

  1. Pertama ada cairan radiator yang berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil dengan baik, perlu diketahui lebih lanjut jika fungsi radiator jelek maka mobil akan cepat panas. Apabila mobil cepat panas maka fungsi mesin akan lebih melamban.
  2. Cairan kedua adalah bagian dari cairan untuk rem. Sebagaimana yang telah diketahui sebelumnya bahwa dengan adanya cairan rem tersebut maka fungsi pemberhentian akan lebih maksimal dan tentunya akan lebih baik lagi jika terkontrol dengan rutin.
  3. Aspek cairan terakhir yang juga sangat penting diperhatikan adalah oli. Aspek oli ini sangat penting diganti secara teratur dalam merawat mobil bekas, sebab dengan kondisi oli yang bagus maka secara tidak langsung akan mampu memberikan kenyamanan berkendara.

Pastikan juga bahwa oli yang akan digunakan merupakan aki yang telah sesuai standart umum penggunaan mobil tersebut. Pilihlah aki yang memang sesuai dengan merk mobil dan tentunya merupakan rekomendasi resmi dari pihak teknisi mobil dibengkel resmi.

Melakukan Service Mobil Secara Rutin

 

Merawat Mobil Bekas - Cara Mudah Merawat Mobil

Aspek selanjutnya yang penting diperhatikan dalam merawat mobil bekas adalah dengan rutin melakukan service. Hal ini penting untuk diperhatikan sebagai salah satu bukti bahwa kondisi mobil dapat diketahui secara berkala dan tentunya memiliki stabilitas yang cukup mumpuni.

Pertimbangan service ini juga berdasarkan pada kapasitas mobil yang dalam kondisi bekas. Kondisi bekas secara tidak langsung akan membuat kondisi mobil lebih tidak prima apabila perawatannya tidak diperhatikan, sehingga penting untuk melakukan service.

Service yang rutin ini juga bisa memberikan pengaruh jangka panjang yang cukup stabil. Hasilnya penggunaan mobil yang dalam kondisi bekas tersebut bisa memberikan dampak yang cukup signifikan dan tentunya dalam jangka waktu cukup panjang dalam penggunaanya.

Untuk melakukan service yang baik dengan hasil lebih maksimal maka juga disarankan kepada pihak yang mempunyai mobil bekas untuk memilih tempat service terbaik. Artinya pemilihan bengkel resmi sesuai pabrikan lebih menjamin perawatan lebih berkualitas dan disarankan.

Penggunaan bengkel yang bukan resmi secara tidak langsung akan kurang maksimal untuk menerapkan cara merawat mobil bekas terbaik bagi mobil dengan kondisi bekas. Hal inilah yang kemudian bisa menjadi pertimbangan untuk memberikan fungsi terbaik bagi pengguna mobil bekas.

Jika Anda mengalami kendala yang cukup parah, maka segeralah untuk membawanya ke bengkel resmi. Hindari untuk membiarkan kerusakan pada mobil meski tergolong kecil, apalagi kondisi mobil merupakan bekas yang rentan lebih cepat menyebar kerusakan.

Rutin Mengecek Kondisi Aki Mobil

aspek selanjutnya yang juga sangat penting untuk diperhatikan dalam merawat mobil bekas ialah dengan mengecek secara berkala kondisi aki. Aki dalam mobil bekas tentu akan sering lebih digunakan dibandingkan dengan kondisi mobil yang masih baru.

Penggunaan aki yang secara terus menerus dilakukan dalam mobil bekas secara tidak langsung juga menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Sebagai mode pemberi aliran listrik kepada seluruh komponen mobil maka tentu fungsi aki sangatlah penting untuk dilihat.

Jika kondisi kelistrikan menurun maka secara tidak langsung akan membuat berbagai fitur dalam mobil tidak akan bekerja maksimal sesuai dengan fungsi semestinya. Contoh dari penurunan fungsi mobil akibat kondisi aki menurun adalah lampu tidak bekerja dengan baik.

Selain itu penting untuk diperhatikan juga bahwa seringkali kasus kunci otomatis tidak bisa bekerja dengan normal, hal ini tentunya akibat dari mobil dengan kondisi aki yang tidak prima. Sehingga akan rentan untuk terjadi beberapa problem, khususnya keamanan.

Keberadaan aki juga sangat penting untuk menjadi perhatian sebab fungsi lain seperti AC mobil, audio, hingga kebutuhan listrik didalam mobil memang bergantung penuh pada aki. Jika aki tidak dalam kondisi normal maka kapasitas fitur tersebut tidak bisa digunakan.

Pertimbangan lebih lanjut yang bisa dilakukan adalah dengan cara pengecekan dan perawatan aki yang sesuai standart. Pengecekan air aki secara berkala mungkin bisa dijadikan patokan pertama dalam melakukan perawatan aki secara umum.

Selanjutnya periksalah tegangan vold dalam aki, hal ini merupakan ukuran yang cukup sesuai standart. Sehingga bisa diketahui secara baik apa saja kebutuhan aki tersebut, jika kurang bisa ditambah dayanya, jika terjadi ketidak stabilan maka aki bisa ditinjau lebih lanjut.

Rutin untuk Melakukan Pembersihan Mobil 

Merawat Mobil Bekas - Cara Mudah Merawat Mobil

Aspek terakhir yang perlu diperhatikan untuk merawat mobil bekas adalah pembersihan mobil baik secara interior atau juga exterior. Apalagi kondisi mobil yang cenderung bekas maka untuk lebih awet penggunaannya pembersihan harus terus rutin dilakukan.

Pertimbangan untuk membersihkan mobil tentunya seringkali disepelekan. Padahal untuk kondisi segala jenis mobil baik baru dan bekas pembersihan akan memberikan fungsi ketahanan lebih baik, dan tentunya secara tidak langsung ada nilai lebih berupa kondisi mobil menjadi lebih baik dilihat.

Dalam pembersihan mobil tentunya tidak bisa sembarangan. Jika Anda hendak membersihkan mobil di tempat pencucian mobil, maka secara tidak langsung pilihlah tempat cuci yang sesuai dengan standart berkualitas, hal ini berkaitan erat dengan hasil pembersihan yang cukup baik.

Mengapa aspek pemilihan tempat ini sangat penting? Sebab beberapa tepat cuci mobil yang cenderung sembarangan dalam membersihkan mobil secara tidak langsung akan merusak cat mobil. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan alat pembersih yang telah rusak dan kusut.

Aspek selanjutnya yang penting diperhatikan juga dalam kriteria penggunaan shampoo. Pertimbangan untuk menggunakan shampoo terbaik akan membuat cat lebih awet sehingga akan memberikan kesan lebih baik kepada mobil meski kondisinya adalah bekas.

Baca Juga : Tips Menyetir Mobil Jarak Jauh supaya Aman 

Pertimbangan terakhir adalah jika Anda hendak mencuci mobil bekas tersebut secara pribadi. Maka ada beberapa tips yang bisa digunakan. Pertama adalah penggunaan shampoo mobil yang tepat dan tentunya alat cuci seperti kanibo dam lap harus halus.

Selanjutnya perhatikan jadwal rutin dalam mencuci, usahakan untuk membersihkan mobil sekali dalam seminggu. Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah secepatnya untuk melakukan pembersihan mobil apabila terkena hujan atau mungkin terkena kotoran cukup banyak.

Beberapa aspek diatas tentunya merupakan salah satu alternatif umum dalam perawatan lebih maksimal. Dengan merawat mobil bekas sesuai standart tersebut maka secara tidak langsung kapasitas mobil akan lebih awet dan masih bernilai cukup tinggi apabila hendak dijual kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here