Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!

0
243
Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!
Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!

Cara mengemudi mobil manual seringkali dianggap sebagai hal yang sulit untuk dipelajari. Padahal, tidak menutup kemungkinan untuk mempelajarinya dengan tahap yang mudah namun pasti.

Baca Juga: Review Mobil Listrik Porsche Taycan yang Spesial

Walaupun mudah, tentunya Anda perlu melatih diri dan melakukannya dengan tekad yang kuat dan tetap berusaha. Dengan banyak latihan, pastinya Anda tidak akan mudah panik saat terjadi kendala selama menggunakannya.

Sebelum memulainya, Anda juga perlu mengetahui beberapa fitur dan ilmu dalam menyetir mobil manual. Mengetahui cara mengemudi mobil manual sesuai akan sangat membantu selama perjalanan.

Meskipun demikian, tidak jarang orang khawatir dan sulit dalam mempelajari mobil manual. Ditambah lagi hadirnya mobil matic yang dianggap lebih mudah saat dikemudikan dibandingkan menggunakan mobil manual.

Mengendarai mobil tentunya dianggap sebagai skill dasar yang perlu dikuasai terutama saat tinggal di daerah perkotaan. Akan sangat membantu Anda jika bisa mengemudi dengan baik dan benar.

Apalagi ada beberapa jenis pekerjaan yang mengharuskan Anda memiliki kemampuan mengendarai mobil. Hal ini bisa memberikan kesempatan kerja yang lebih luas untuk Anda dapatkan saat mencari pekerjaan.

Cara Mengemudi Mobil Manual

Cara Mengemudi Mobil Manual_Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!
Cara Mengemudi Mobil Manual_Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!

Mengetahui cara mengendarai mobil manual akan memudahkan Anda saat menggunakannya. Berikut ini beberapa cara untuk mengendarai mobil manual agar bisa berjalan dengan lancar saat digunakan.

  • Kenali Fitur Mobil

Hal pertama yang perlu diketahui adalah mengenali semua fitur yang ada di dalam mobil terlebih dahulu. Anda perlu memastikan elemen penting mobil diketahui cara menggunakannya seperti rem, gas, dan kopling.

Jika Anda salah menginjak maka akan berakibat fatal saat mengendarai mobil manual. Tidak sekadar itu, Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan tombol lampu sign, klakson, dan bagian penting lainnya.

  • Mengatur Posisi Senyaman Mungkin

Tempat duduk yang nyaman juga akan mempengaruhi keamanan dan kelancaran Anda di jalan raya. Karena hal itulah saat berkendara maka tempat duduk harus diatur terlebih dahulu agar nyaman.

Selain masalah kenyamanan, tempat duduk juga akan mempengaruhi posisi kaki dalam menginjak rem, kopling, maupun gas. Saat menggunakannya pastikan Anda menginjak sepenuhnya supaya perjalanan selamat.

  • Kenali Semua Pedalnya

Cara mengemudi mobil manual lainnya yang benar adalah dengan mengenali semua pedal di dalam mobilnya. Hal ini sangat perlu dilakukan saat Anda mengendarai mobil manual.

Perlu diketahui bahwa pedal bagian kiri atau sebelah kiri berfungsi sebagai kopling. Sedangkan, pedal yang berada di tengah sebagai rem, dan yang di sebelah kanan sebagai pedal gas.

Sementara itu, kopling pada mobil berfungsi untuk memutuskan putaran roda dan juga putaran mesin yang saling berhubungan. Selain itu juga untuk mengubah gigi baik menambah maupun mengurangi.

Langkah-langkah Mengendarai Mobil Manual

Selain beberapa cara mengemudi mobil manual yang telah Anda ketahui, maka terdapat beberapa langkah lain yang perlu dipahami. Berikut ini beberapa langkah dalam mengendarai mobil manual.

  • Mulai Menghidupkan Mobil

Cara menghidupkan pada mobil manual perlu diperhatikan agar tetap aman saat digunakan. Pertama, Anda perlu memindahkan tuas persneling ke posisi netral yaitu di antara gigi ketiga dan keempat.

Saat keadaan netral, maka Anda perlu menggerakan tuas persneling bebas ke kiri maupun ke kanan. Setelah itu, Anda bisa menghidupkan mesin mobil dengan menyalakan starter pada kunci mobil.

  • Jalankan Mobil dengan Hati-Hati

Sebelum menjalankannya, akan terasa sedikit tersentak di bagian depan mobil karena adanya RPM mesin yang sedikit turun. Anda bisa melepaskan rem tangan pada tahap ini, tetapi jangan lepas kopling sepenuhnya.

Selanjutnya, Anda bisa mulai melepaskan kopling secara perlahan bersamaan dengan menekan pedal gas. Anda bisa pertahankan RPM sedikit di atas nol dan bisa melakukannya dengan memperbesar gas.

  • Pindahkan Kopling ke Gigi Lebih Tinggi

Anda bisa memindahkan kopling ke gigi yang lebih tinggi ketika RPM mesin mulai melebihi rentang normal. Setelah itu bisa pindahkan gigi dengan mengangkat kaki dari pedal gas sembari menekan kopling. 

Pastikan Anda menekan kopling secara penuh sebelum menggerakkan persneling agar roda gigi tidak bertabrakan. Kemudian Anda bisa memindahkan tuas persneling ke gigi tertinggi berikutnya dengan melepaskan kopling.

  • Menurunkan Gigi

Sama seperti menaikkan gigi, menurunkan gigi bisa menggunakan kecepatan untuk dapat menentukan kapan harus menurunkannya. Ketika RPM sudah mengalami pengurangan, maka Anda akan sedikit getaran pada mesin. 

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Selain mengetahui caranya mengendarai mobil manual, Anda juga perlu mengetahui cara mengemudikannya saat di tanjakan. Berikut ini cara mudah yang bisa digunakan untuk melalui jalur tanjakan.

  • Gunakan Gigi 1 dan 2

Cara mengemudi mobil manual paling mudah untuk menggunakannya adalah memilih gigi 1 dan 2 serta selalu menginjak pedal kopling setengah. Cara ini biasa dilakukan tetapi membuat kopling menjadi cepat panas.

Cara menyetir mobil manual melalui tanjakan paling efektif adalah menggunakan gigi 1 dan 2. Gigi 1 untuk tanjakan yang curam dan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

  • Gunakan Rem Tangan Saat Berhenti

Anda bisa menggunakan rem tangan sebagai pengganti injak kopling dengan menggunakan kaki kiri. Saat mobil sudah akan berhenti, maka ruas rem tangan bisa Anda langsung tarik agar tidak mudah turun.

Saat mobil mulai berjalan, maka Anda bisa melepaskan rem tangan secara perlahan-lahan dan diikuti dengan melepas pedal kopling dan rem. Kaki kanan bisa menginjak pedal gas untuk bergerak maju.

  • Menginjak Pedal Rem dan Kopling Bersamaan

Saat mobil berhenti di tanjakan, maka Anda bisa menginjak dua pedal sekaligus yaitu rem dan kopling menggunakan kaki kiri. Maka akan secara otomatis mobil berhenti dan mesin masih hidup.

Anda juga perlu memastikan transmisi ada di posisi gigi 1 pada cara mengemudi mobil manual. Anda bisa injak pedal gas hingga mencapai 2000 RPM secara bersamaan dengan mengangkat kaki kiri.

Rekomendasi Mobil Manual Terbaik_Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!
Rekomendasi Mobil Manual Terbaik_Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual, Dijamin Lancar!

 

Setelah mengetahui beberapa cara mengemudi mobil manual, maka Anda perlu mengetahui beberapa rekomendasi mobil manual terbaik. Berikut ini beberapa rekomendasi mobil manual yang bisa dipilih.

  • Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda lirik. Harganya relatif lebih murah dibandingkan mobil sejenisnya yaitu Toyota Avanza dengan performa yang terbaik pastinya.

Selain itu, mobil ini memerlukan perawatan yang lebih murah karena memiliki harga onderdil yang terjangkau. Anda bisa memperoleh mobil manual second dengan harga Rp 80 jutaan.

  • Toyota Calya

Jenis mobil ini masuk ke dalam kategori LCGC atau Low Cost Green Car. Anda bisa mendapatkan harga yang relatif terjangkau dibandingkan MPV lain yang non LCGC.

Anda bisa mendapatkan jenis mobil ini dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa memilikinya dengan harga mulai dari Rp 120 jutaan dengan kualitas mesin masih bagus.

  • Toyota Avanza

Toyota Avanza ini keluaran tahun 2014 yang masuk kategori mobil manual paling dikategorikan. Mobil ini memiliki berbagai keunggulan saat digunakan untuk belajar mobil manual dengan mudah.

Mobil sejuta umat ini sudah bisa terbukti memenuhi berbagai harapan banyak dari konsumen. Memiliki beberapa keunggulan seperti mesin tidak rewel dan bahan bakar yang irit.

Pilihan Mobil Manual Bekas MPV

Selain beberapa cara mengemudi mobil manual yang telah dijelaskan, maka Ada beberapa pilihan mobil manual bekas MPV untuk Anda. Berikut ini beberapa daftar yang bisa dijadikan pilihan.

  • Toyota Sienta

Mobil keluaran tahun 2016 ini memiliki penampilan yang sangat berkelas dibandingkan keluaran sejenisnya. MPV ini menggunakan sliding door seperti mobil Toyota yang lebih mahal lainnya.

Tidak hanya memberikan kesan mewah, adanya sliding door juga memberikan Anda penghematan ruang saat akan membuka pintu. Anda bisa memperoleh mobil ini mulai dari Rp 150 jutaan.

  • Wuling Cortex

Wuling menjadi salah satu produsen mobil asal China yang memasarkan produknya di Indonesia. Memiliki produk andalan berupa Wuling Cortez dengan mesin cukup besar yaitu 1.800 cc.

Jenis mobil ini tentunya memberikan Anda tipe mobil dengan transmisi manual. Masalah harga cenderung murah sejak keluar tahun 2017 bisa di dapat mulai dari Rp 140 jutaan.

Baca Juga: Info dan Tips Otomotif Agar Kendaraan Aman saat Musim Hujan!

Sebagai salah satu jenis mobil yang paling sering digunakan, maka mobil manual perlu dipelajari. Selain mengetahui beberapa contohnya, Anda juga bisa mengetahui cara mengemudi mobil manual.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here