Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor

0
154
Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor
Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor

Saat ini banyak cara mudah belajar mobil dan motor. Memiliki kemampuan berkendara, membuat Anda lebih mudah ketika ingin berpergian. Tidak harus bisa menguasai keduanya, tetapi minimal harus bisa mengendarai salah satunya.

Baca juga: Cara Mudah Kurangi Polusi Tanpa Beli Mobil atau Motor Listrik

Mengapa memiliki kemampuan berkendara ini penting? Hal ini dikarenakan tidak semua tempat dapat dijangkau oleh transportasi publik. Selain itu bisa berkendara sendiri membuat Anda lebih mudah melakukan perjalanan dan tentunya lebih hemat ongkos.

Ingin tahu beberapa cara mudah belajar mobil dan motor yang mudah? Simak penjelasan berikut hingga akhir, agar Anda tidak lagi takut berkendara.

Begini Tips Belajar Motor yang Wajib Anda Ketahui

Motor adalah transportasi roda dua yang mayoritas dimiliki oleh masyarakat. Saat ini banyak sekali pilihan jenis motor yang dapat dipilih seperti matic, gigi dan kopling. Meskipun sama-sama motor cara mengendarainya tentu ada sedikit perbedaan.

1. Cara Mudah Belajar Motor Gigi

Motor manual gigi adalah type kendaraan roda dua yang dari dulu sudah ada sebelum hadir jenis matic. Mengendarai jenis motor ini dipelukan ketelitian tinggi, karena harus memperhatikan masuknya gigi. Jumlah masuknya gigi ini berpengaruh terhadap kecepatan laju kendaraan.

Pertama yang harus diperhatikan ketika belajar motor jenis ini yaitu perhatian cara perpindahan gigi. Transmisi gigi harus Anda lakukan sebelum rentang kecepatannya berkurang. Proses transmisi ini juga harus memperhatikan jalanan yang dilewati agar mulus dan tidak tersendat.

Berikutnya hal yang perlu diperhatikan adalah ketika berbelok. Karena tidak mungkin selama perjalanan hanya melalui jalan lurus terus. Belajar belok ini juga perlu dikuasai. Jika menggunakan motor gigi Anda harus memperhatikan tarikan gas juga penurunan gigi menyesuaikan kelok jalannya.

Selanjutnya tentang penggunaan rem. Di motor yang memakai gigi mempunyai rem depan dan juga belakang. Posisi kedua rem ini berbeda, untuk bagian belakang terletak di pijakan dan rem depan terletak di atas. Saat mengerem pastikan menggunakan dengan imbang agar tidak jatuh.

2. Tips Belajar Motor Kopling 

Banyak cara mudah belajar mobil dan motor yang bisa dipelajari dari membaca atau mencobanya langsung. Pada pembahasan ini Anda akan mengetahui belajar motor kopling. Kendaraan jenis ini lebih banyak digunakan oleh laki-laki dibandingkan perempuan.

Sebenarnya cara belajar motor jenis ini tidak terlalu susah jika Anda sudah bisa mengendarai motor gigi. Hanya saja selain harus memperhatikan pergantian gigi, juga diperlukan penggunaan kopling.

Anda harus waspada ketika berada di jalanan menanjak ketika memakai motor kopling. Pastikan transmisi gigi di posisi 2 ataupun 1 saat melewati tanjakan serta saat turun lepaskan tuas kopling.

3. Belajar Motor Matic

Saat ini memang banyak sekali jenis kendaraan yang diluncurkan dengan fitur canggih. Bagi pemula yang tidak ingin repot ada cara mudah belajar mobil dan motor jenis matic. Jenis motor matic ini lebih mudah untuk dipelajari karena tidak bermain kopling dan gigi.

Hal diperhatikan ketika belajar motor matic yaitu hanya bermain gas dan penggunaan rem saja. Rem di motor matic pun keduanya sama satunya dibagian kiri dan dibagian kanan stang motor. Ketika berada di jalan tanjakan atau turunan pun hanya perlu memadukan rem dan juga tarikan gas.

Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor, Kemudian Mobil

Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor_Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor, Kemudian Mobil
Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor_Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor, Kemudian Mobil

Kendaraan roda 2 hanya dapat muat dikendarai oleh 2 orang dewasa saja. Berbeda dengan mobil yang mampu mengangkut lebih banyak orang. Oleh karena itu selain bisa mengendarai motor belajar menjadi supir mobil juga diperlukan.

1. Belajar Mengemudikan Mobil Manual 

Cara mudah belajar mobil dan motor bisa Anda mulai dari kendaraan tipe manual. Karena jika sudah mengendarai tipe ini akan lebih mudah saat mengendarai yang otomatis atau matic. Belajar mobil manual pertama Anda harus mengenal dan memahami tombol-tombol di dalamnya.

Tidak hanya paham tombol serta kegunaanya, karena ini tipe mobil manual otomatis Anda harus paham penggunaan pedalnya. Di dalam mobil manual mempunyai 3 pedal bagian kiri untuk kopling, sebelah kanan untuk gas dan di tengah adalah untuk rem.

Jangan sampai Anda salah menekan pedal saat menggunakannya. Setelah paham tentang fungsi tombol juga komponen lain, Anda tinggal mengatur posisi duduk dan mulai menyalakan mesin mobil. Berikutnya Anda tinggal berjalan mulai dari kecepatan rendah.

Ketika berkendara Anda perlu memperhatikan penekanan tuas gas dan juga kopling. Atur kecepatan berkendara Anda disesuaikan dengan jalur yang dilewati. Kira-kira seperti itulah teori berkendara mobil manual yang bisa Anda praktekkan.

2. Belajar Berkendara Mobil Matic

Mengemudikan mobil matic tentu belajarnya jauh lebih mudah jika Anda telah mempunyai dasar berkendara tipe manual. Mobil matic ini mempunyai dua jenis transmisi yaitu ada yang full otomatis dan semi otomatis.

Transmisi di mobil ini tidak lagi menggunakan 2 pedal, melainkan menggunakan tombol dengan simbol tertentu. Symbol di dalam tipe matic ini meliputi D, N, M, P, R. Selebihnya cara mengendarai mobil ini sama dengan secara manual. 

Cara mudah belajar mobil dan motor ini lebih baik mengetahui teori juga latihan mengemudi langsung. Anda bisa meminta bantuan kepada keluarga yang sudah ahli untuk mengajari. Selain itu Anda bisa mengikuti kursus di lembaga penyedia latihan kendaraan di sekitar lokasi.

Tips Belajar Kendaraan Cepat dan Mudah 

Sudah tahu cara mudah belajar mobil dan motor melalui ulasan di atas dengan mengetahui fungsinya. Berikut ini tips belajar kendaraan dengan cepat yang bisa Anda ikuti.

1. Tentukan Lokasi Latihan yang Nyaman

Menerapkan sistem belajar cara mudah belajar mobil dan motor tentu tidak boleh di jalanan umum. Hal tersebut dikarenakan dapat membahayakan Anda juga pengendara lain. Jadi pastikan sebagai pemula yang baru belajar pilihlah lokasi latihan yang luas serta nyaman.

Anda bisa memilih lokasi seperti di lapangan sebagai opsi latihan menyetir. Jika Anda sudah mulai paham dasar berkendara baru latihan dilanjutkan di jalanan umum. Tetapi dalam hal ini pastikan adanya pengawasan untuk menghindari hal-hal di luar dugaan.

2. Ketahui Fungsi Komponennya

Mengetahui komponen di dalam sebuah kendaraan juga menjadi hal penting untuk diketahui sebagai cara mudah belajar mobil dan motor. Agar lebih mudah mengingatnya diperlukan pengetahuan secara teori dengan praktek secara langsung. Biasanya dengan menggunakannya langsung lebih mudah teringat.

3. Mengikuti Kursus Berkendara

Tips berikutnya tentang cara mudah belajar mobil dan motor adalah dengan pendampingan ahli. Selain bisa belajar dengan keluarga yang paham Anda juga bisa menggunakan jasa kursus mengemudi. Dengan mengikuti kursus Anda akan diajarkan secara teori juga praktik langsung.

Durasi kursus yang cukup lama membuat Anda lebih sering latihan sehingga dapat lebih cepat bisa mengemudi. Jika lolos tes mengemudi Anda juga diberikan sertifikat sebagai bukti mampu berkendara.

4. Rajin Latihan 

Setelah bisa berkendara Anda harus tetap melatih kemampuan agar lebih lihai. Meskipun sudah mendapatkan sertifikasi lulus kursus mengemudi latihan harus tetap dijalankan. Karena setiap jalan medannya bisa saja membutuhkan keahlian lain untuk bisa Anda lewati.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkendara

Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor_Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkendara
Inilah Beberapa Cara Mudah Belajar Mobil dan Motor_Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkendara

Sudah paham cara belajar kendaraan saja tidak cukup aman berkendara di jalan raya. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi.

1. Mengecek Kondisi Kendaraan 

Pertama, cara mudah belajar mobil dan motor sebelum melakukan perjalanan apalagi dengan jarak tempuh jauh, maka Anda harus mengecek kondisi kendaraan. Karena apabila terjadi kerusakan atau bagian yang tidak berfungsi bisa menghambat perjalanan.

2. Paham Rambu Lalu Lintas

Saat kendaraan dalam kondisi aman dalam berkendara Anda juga perlu paham rambu lalu lintas yang ada. Jangan sampai tidak paham rambu-rambu, karena selain bisa membahayakan juga bisa terkena tilang karena telah melakukan pelanggaran.

3. Menggunakan Alat Pengaman

Selain harus paham rambu lalu lintas untuk menjaga keselamatan juga harus menggunakan alat pengaman. Apabila sedang berkendara memakai motor maka wajib memakai helm. Sedangkan apabila mengendarai mobil maka jangan lupa untuk memakai sabuk pengaman.

4. Mempunyai Surat Izin Mengemudi

Tidak kalah pentingnya sebagai pengendara yang baik selain hal-hal tersebut, Anda juga perlu mempunyai SIM. Karena surat ini adalah syarat wajib agar bisa berkendara sehingga harus dibawa bersamaan dengan STNK saat berpergian.

Baca juga: Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Penggunaan Surat Izin Mengemudi selain memberikan kebebasan Anda dari pengecekan polisi lalu lintas. Juga sebagai bentuk kepercayaan kepolisian daerah terkait kemampuan Anda dalam berkendara. Pasalnya jika tidak, Anda akan diberikan cara mudah belajar mobil dan motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here