Cara Merawat Velg Mobil dan Penyebab Cepat Rusak

0
137
Cara Merawat Velg Mobil dan Penyebab Cepat Rusak
Cara Merawat Velg Mobil dan Penyebab Cepat Rusak

Cara merawat velg mobil sangat penting dilakukan, karena bagian ini sangat penting untuk membuat perjalanan kalian menjadi nyaman. Velg yang rusak atau tidak terawat dengan baik akan mempengaruhi terhadap performa ban dan juga mesin pada kendaraan beroda empat.

baca juga : Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala

Para pemilik mobil biasanya sering mengabaikan kesehatan kondisi velg. Oleh sebab itu Pahami aturan penting velg yang akan kita jelaskan pada pembahasan berikut ini. Di bawah ini adalah bahasan lebih lanjut tentang velg mobil.

Membahas Tentang Apa Itu Velg Mobil

Membahas Tentang Apa Itu Velg Mobil
Membahas Tentang Apa Itu Velg Mobil

Velg adalah salah satu bagian yang paling sering dimodifikasi oleh pemilik mobil agar mobilnya terlihat lebih kece dan keren tetapi tidak hanya asal memodifikasi kalian juga harus tahu ukuran yang tepat dan jenis velg apa yang paling cocok untuk velg kalian.

Sebelum mengetahui cara merawat velg mobil tentu saja kalian harus tahu dulu definisinya. Velg sendiri merupakan lingkaran luar roda yang terbuat dari logam, berfungsi bukan hanya sebagai aksesoris saja dan memperindah tampilan kendaraan kalian. 

Velg juga sangat penting dan memiliki peran yang penting dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan ketika kalian berkendara. Bagian mobil ini merupakan penentu perjalanan yang kalian jalani akan nyaman atau tidak. 

Oleh sebab itu sangat penting untuk kalian mengetahui cara merawat velg mobil dan mengetahui penyebab apa saja yang membuat velg cepat rusak. Maka dari itu, Anda harus lebih aware lagi.

Pemilihan velg yang salah atau kondisinya yang rusak akan mempengaruhi perjalanan karena mesin dan ban kinerjanya akan terganggu. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kalian ikuti.

Lakukan Cara Merawat Velg Mobil Ini untuk Menjaga Kondisinya

Lakukan Cara Merawat Velg Mobil Ini untuk Menjaga Kondisinya
Lakukan Cara Merawat Velg Mobil Ini untuk Menjaga Kondisinya

Termasuk bagian yang penting dan menunjang perjalanan menjadi nyaman, oleh karena itu kalian harus tahu bagaimana cara merawat velg. Ban luar, dalam dan velg adalah rumah dan penumpu beban pada mobil.

Jadi kalau salah satu bagiannya rusak kemungkinan perjalanan menjadi tidak stabil dan akan mengalami masalah. Berikut ini cara merawat velg mobil yang benar agar kondisinya tetap baik dan perjalanan kalian tidak akan terganggu.

  • Bersihkan Secara Rutin

Velg mobil menyatu dengan roda sempurna, letaknya di bawah sehingga kemungkinan kotor akan semakin besar. Apalagi kalian sangat sering untuk melewati jalanan yang kotor dan becek. Sudah pasti kemungkinan karatan atau noda kering tidak bisa terhindari. 

Jadi pastikan setiap kali kalian melewati jalanan yang kotor atau becek bersihkan secara rutin velg mobil. Jangan biarkan noda di velg mengering dan menjadi susah dibersihkan memakai tangan. Minimal membersihkan setiap hari atau dua hari sekali sebelum noda menjadi kering.

  • Mengelapnya Setiap Hari

Tidak hanya dicuci dan dibersihkan, cara merawat velg mobil yang benar juga pastikan setelah mencucinya kalian pastikan untuk mengelap dan mengeringkannya juga. Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan.

Banyak yang mengira mengelap dan membersihkannya adalah perbuatan yang sia-sia karena walaupun sudah dibersihkan akan tetap kotor lagi. Padahal jika kalian melakukan penggelapan setiap hari akan bermanfaat untuk mencegah adanya karat yang muncul.

Penggelapan yang dilakukan setiap hari juga akan membuat velg terlihat terawat dan selalu bersih. Tetapi jangan menggunakan kain sembarangan, kalian bisa menggunakan kain khusus untuk mencegah rusaknya permukaan velg.

  • Menghindari Jalan-jalan yang Rusak

Kalau ingin velg yang kalian gunakan berumur panjang, jangan terlalu sering menggunakan jalanan yang rusak. Lebih baik memilih jalanan mulus yang lebih jauh daripada jalanan yang rusak tetapi lebih dekat.

Jalanan yang rusak dan berlubang akan membuat velg yang kalian gunakan cepat rusak, jika sudah rusak tentu saja kalian harus mengganti komponen tersebut dan menambah biaya perbaikan.

  • Melakukan Pengecekan Velg Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Pengecekan sebelum melakukan perjalanan jauh wajib dilakukan agar kalian berangkat dengan kendaraan dalam kondisi yang baik dan prima. Maka dari itu, demi mengutamakan keselamatan, sebaiknya kalian rajin mengeceknya.

Tidak terkecuali komponen velg mobil, memaksakan melakukan perjalanan dengan velg mobil yang memiliki kondisi yang buruk tentu saja akan membuat velgnya lebih cepat rusak dan membuat perjalanan jauhnya akan terganggu.

Kalian juga pasti tidak mau di tengah perjalanan harus mampir ke bengkel terlebih dahulu karena velg yang jadi salah satu komponen tumpuan beban rusak atau terganggu. Di bawah ini adalah rekomendasi atau tips lainnya.

  • Melakukan Perawatan Rutin ke Bengkel

Setelah melakukan cara merawat velg mobil mandiri dengan sering mencuci dan mengelapnya setiap hari. Kalian juga tetap harus melakukan servis rutin ke bengkel minimal sebulan sekali untuk mengecek kondisinya.

Lakukanlah perawatan yang rutin ke bengkel resmi dari merek mobil yang kalian gunakan agar setiap teknisinya sudah profesional dan berbagai macam sparepart yang tersedia sudah dipastikan original.

Tips untuk Merawat Velg Mobil Kalian agar Tidak Cepat Penyok

Tips untuk Merawat Velg Mobil Kalian agar Tidak Cepat Penyok
Tips untuk Merawat Velg Mobil Kalian agar Tidak Cepat Penyok

Masalah yang biasanya terjadi lainnya pada velg mobil adalah lebih cepat penyok atau peyang. Padahal velg ini menambahkan nilai estetik atau keindahan dari mobil kalian. Jika penyok atau peyang tentu bukan hanya nilai estetik yang berkurang tetapi juga fungsinya juga jadi berkurang. 

Penyok biasanya disebabkan pengendara tidak berhati-hati saat melewati jalanan yang berlubang. Ban mobil jadi terbentur kencang dan menyebabkan penyok. Agar tidak terjadi lagi, berikut ini tips cara merawat velg mobil agar tidak cepat penyok atau peyang.

  • Memeriksa Velg Secara Rutin

Seperti yang sudah disebutkan velg harus tetap dicek kondisinya secara rutin, kalian bisa memulainya dengan mengecek seminggu sekali secara mandiri. Bisa memeriksa dari mulai presisi ukuran velgnya dan melihat apakah ada yang bergeser atau retak.

Jika kalian baru melewati lubang dengan kecepatan yang tinggi, segera menepi ke pinggir jalan dan cek kembali velgnya. Apabila terlihat perubahan bentuk, sebaiknya segera pergi ke bengkel terdekat agar bisa segera diperbaiki sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah terjadi.

  • Segera Membawanya ke Bengkel

Jika terlihat ada kerusakan seperti bengkok atau bergeser, segeralah pergi ke bengkel untuk segera diperbaiki. Jika kalian belum bisa memperbaikinya sendiri lebih baik percayakan langsung kepada tenaga ahlinya.

Dimana memang sudah memiliki keterampilan khusus untuk menanganinya. Apalagi untuk membenarkan velg diperlukan mesin pres agar bisa membuat velgnya kembali ke bentuk awalnya. Cara merawat velg mobil ini mulai sekarang harus jadi perhatian utama.

  • Waspadai Kondisi Jalan yang Buruk

Faktor utama yang membuat velg mobil kalian cepat rusak adalah jalanan berlubang dengan kecepatan yang tinggi. Jika kalian tetap harus melewati jalanan tersebut pastikan untuk memelankan laju kendaraan agar bisa menghindari benturan-benturan yang terjadi.

  • Mengecek Kondisi Ban

Tips cara merawat velg mobil selanjutnya adalah wajib untuk mengecek kondisi ban juga. faktor lainnya yang mempengaruhi velg adalah ban karena jika tekanan angin pada ban berkurang akan membuat velg mendapat tekanan.

Oleh karena itu jika merasa angin pada ban sudah berkurang lebih baik untuk segera mengisinya lagi agar bisa memberikan performa yang baik dan menjaga kondisinya tetap prima.

  • Mencuci Velg Mobil dengan Hati-hati

Terakhir tips cara merawat velg mobil adalah mencuci velg dengan hati-hati. Pastikan kalian menghindari mencuci velg mobilnya pada kondisinya masih panas. Diamkan sejenak sebelum mengguyurnya dengan air.

Karena mencuci dan menyiram velg dalam kondisi yang panas akan menimbulkan jamur dan merubah bentuknya. Di bawah ini adalah beberapa ciri velg rusak yang harus kalian ketahui lebih banyak.

Ciri-Ciri Velg Sudah Rusak dan Harus Segera Diperbaiki

Ciri-Ciri Velg Sudah Rusak dan Harus Segera Diperbaiki
Ciri-Ciri Velg Sudah Rusak dan Harus Segera Diperbaiki

Karena velg adalah salah satu komponen yang penting, kalian harus tahu cara mengecek kondisi velg secara mandiri. Jika masih awam berikut ini ciri-ciri velg sudah rusak dan harus segera diperbaiki.

  • Tekanan Angin Ban Semakin Menurun Lebih Cepat

Kalian pernah mengalami baru mengisi angin tetapi terasa lebih cepat menurun, bisa jadi velgnya sudah rusak. Jika pernah atau sering mengalami hal itu lebih baik untuk segera mengeceknya ke bengkel agar bisa segera diatasi.

  • Terasa Ada Getaran pada Saat Menyetir

Tanda lainnya yang bisa kalian ketahui dengan pasti dan jelas adalah adanya getaran pada setir. Masih berkaitan dengan yang pertama, pada saat tekanan angin berkurang maka yang terjadi adalah muncul getaran pada setir.

Hal ini membuat velg bergesekan dengan jalan dan membuat kondisi ini semakin bahaya. Jika merasakan getaran yang tidak normal lebih baik untuk segera pergi ke tempat service untuk mendapatkan penanganan dari ahli.

  • Permukaan Ban Mobil Sudah Aus

Inilah pentingnya mengetahui cara merawat velg mobil, karena ketika velg mobil rusak pada bagian karet ban menjadi memiliki tekanan yang tidak seimbang. Akibat dari hal ini menyebabkan ban mobil jadi aus.

Ban mobil aus tidak hanya dikarenakan sudah umurnya atau memang sudah waktunya tetapi juga berkaitan dengan velg mobil bermasalah. Jika kalian baru mengganti ban dalam waktu yang dekat tetapi sudah aus bisa langsung cek secara mandiri atau dengan bantuan ahli.

Baca juga : Tips Memilih BBM yang Tepat untuk Mobil dan Motor

Jadi untuk menghindari kerusakan pada velg pastikan kalian menghindari beberapa penyebabnya seperti membiarkan ban kurang angin, sering melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi dan tidak tahu cara merawat velg mobil dengan benar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here