Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet

0
78
Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet
Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet

Panduan mengenai cara merawat shockbreaker yang benar termasuk sebagai ilmu krusial. Apalagi sparepart tersebut memiliki fungsi penting dalam menahan guncangan. Termasuk supaya getaran saat berada di jalanan dapat diredam.

Baca juga: Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya

Umumnya kalau melewati jalanan lurus dan rata, fungsinya tidak terlalu banyak dirasakan. Melainkan hanya maksimal kalau menemui medan kurang baik. Daya pegas yang dimiliki menjamin kenyamanan sang pengendara terjamin.

Disebabkan manfaatnya sangat baik, tidak menutup kemungkinan fungsinya bisa menurun. Mungkin disebabkan karena pemakaian yang dilakukan kurang baik. Termasuk medan yang dilewati terlalu ekstrem dan kurang mampu merawatnya.

Jika cara merawat shockbreaker yang benar tidak dijalankan, penurunan fungsi dipastikan muncul. Pastinya hal yang menakutkan adalah kenyamanan hilang. Setiap pengendara akan merasakan sendiri cepat pegal ataupun capek.

Belum lagi ada kemungkinan imbas lain pada bagian bearing ban. Di mana efek yang keluar adalah risiko berbahaya untuk sang pengendara. Jadi, wajib menghindari supaya masalah penurunan fungsinya tidak menurun.

Anda harus selalu memastikan supaya kondisi sparepart tersebut tetap prima. Jadi, kemudian selalu nyaman dipakai meski pada medan berat atau perjalanan jauh. Apalagi langkah untuk perawatan tersebut tidaklah sulit dicoba.

Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Paling Basic

Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin AwetCara Merawat Shockbreaker yang Benar Paling Basic
Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet_Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Paling Basic

Dalam servis bersifat basic sebenarnya hanya berkaitan dengan pembersihan sebagai keutamaan. Tapi pengendara jangan melupakan tentang pentingnya pemilihan rute. Begitu juga ketetapan supaya tidak pernah mengebut supaya tetap terjaga.

  • Rajin Membersihkan

Cara merawat shockbreaker yang benar paling penting untuk dilakukan adalah rajin membersihkan. Kalau Anda senang mencuci motor, tidak boleh melupakan bagian tersebut. Terutama karena tidak boleh dibiarkan terlalu kotor.

Pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan kalau mencuci menjadi aktivitas terbanyak. Tidak lain untuk menjaga supaya kebersihan dapat dijaga dengan baik. Apalagi setiap kotoran bisa menempel sehingga sealnya lecet.

Kalau dibiarkan, ternyata bisa menjadi penyebab kenapa oli pada bagian tersebut bocor. Kemudian kualitas dari pegas mulai menurun disebabkan olehnya. Jadi, kepastian untuk membersihkan harus menjadi prioritas utama.

  • Memilih Rute Terbaik

Memilih rute terbaik dapat menjadi langkah bagus lainnya supaya kondisi terjaga baik. Umumnya banyak orang memilih jalan lebih dekat meski kurang rata. Padahal mengutamakan medan rata akan menjadi keputusan bagus.

Kalau Anda menemukan ada jalan berbatu, berkerikil bahkan banyak lubang jangan dilalui. Jika terpaksa melalui, disarankan untuk pelan-pelan membawa kendaraan. Tujuannya supaya komponen lainnya tidak mengalami masalah.

  • Jangan Mengebut

Jangan mengebut termasuk sebagai cara merawat shockbreaker yang benar penting lainnya. Anda harus senantiasa mengatasi rintangan jalan buruk dengan kecepatan biasa. Tidak lain supaya kerja shockbreaker lebih sedikit.

Jika dibiarkan terus menerus untuk mengebut pada medan ekstrem membuat sparepart ini memburuk. Keadaan paling bermasalah adalah mengalami bengkok. Kemudian saat digunakan untuk berkendara, nantinya dirasakan tidak optimal.

Perawatan Shockbreaker Menghindari Anting Motor

Keputusan untuk memasang anting motor terkadang diinginkan oleh pemilik. Misalnya ingin tambah keren atau membuat tampilan kendaraan semakin bagus. Meski begitu tetap disarankan supaya menghindari memasang anting motor.

Pastinya cara merawat shockbreaker yang benar satu ini belum banyak diketahui. Tidak heran baru dipahami setelah pemasangan anting dilakukan. Jadi, harus mengetahui dulu tentang kekurangan atau efek buruk di dalamnya.

Salah satu efek buruk yakni pembonceng tidak nyaman. Hal ini disebabkan posisi pada jok bagian belakangnya kemudian terasa sangat tinggi. Pada posisi semacam ini sebenarnya membuat visualnya kelihatan cukup bagus.

Meski begitu saat dipakai kurang nyaman sehingga wajib dihindari. Dengan posisi tersebut, kerja komponen ini juga tidak mungkin maksimal. Melainkan fungsi secara optimal semakin menurun dan kemudian buruk hasilnya.

Anda tidak boleh membiarkan apabila kondisi tersebut tetap bertahan. Fungsi yang sebelumnya baik kemudian menghilang dengan anting motor. Kalau memang Anda memiliki tujuan untuk modifikasi, tetap harus memperhatikan bagian tersebut.

Terutama supaya saat terpasang nantinya tetap enak dipakai. Cara merawat shockbreaker yang benar satu ini memang tidak sulit melainkan harus menghilangkan ego. Melainkan kenyamanan dibanding dengan tampilannya.

Anting motor memang memiliki banyak desain atau fungsi berbeda setiap bentuknya. Pastikan kalau ingin memasang harus mendukung performa komponen. Bukan hanya untuk visual saja melainkan menambah sisi kenyamanan pembonceng.

Pentingnya Mengecek Berat Beban Bawaan Kendaraan

Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet_Pentingnya Mengecek Berat Beban Bawaan Kendaraan
Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet_Pentingnya Mengecek Berat Beban Bawaan Kendaraan

Cara merawat shockbreaker yang benar dan penting lainnya untuk dijalankan yaitu cek beban bawaan. Barang bawaan telah menjadi penyebab kenapa kerja kendaraan menurun. Tidak heran harus mampu dimaksimalkan semaksimal mungkin.

Umumnya pada masa sekarang, motor banyak dikendarai untuk membawa banyak beban. Bahkan dipaksakan supaya muat sampai ratusan kilogram sehingga mengganggu kerja. Bukan hanya masa sekarang melainkan ke depannya buruk.

Salah satu masalah buruk yang dipastikan keluar adalah penurunan fungsi suspensi. Anda harus selalu mempertimbangkan supaya bagian tersebut tidak terlalu terbebani. Terutama dengan melihat batas kemampuan pada kendaraan.

Selain itu cara merawat shockbreaker yang benar ini bisa membuat komponen lain terbantu. Tidak lain supaya kerjanya mampu diandalkan dalam kondisi apapun. Jangan meremehkan kegunaan menghitung atau mengetahui beratnya.

Untuk daerah perkotaan dengan jalan lurus sepertinya tidak menjadi masalah terlalu besar. Tapi berbeda dengan pegunungan atau perkampungan di mana terkadang buruk. Misalnya naik turun ataupun dilengkapi medan buruk.

Kemampuan cara merawat shockbreaker yang benar satu ini membuat masalah masa depan menghilang. Selain berkaitan dengan suspensi, begitu juga beban mesin. Anda tidak akan menemukan permasalahan jika mengambil beban tinggi.

Jika Anda terpaksa membawa banyak beban setiap hari, artinya perlu memeriksa secara daily. Tujuannya supaya mengetahui kondisi update pada bagian sparepart tersebut. Kemudian bisa memaksimalkan agar kerjanya tetap tepat.

Trik Perawatan Shockbreaker Mengganti Oli

Oli termasuk bagian paling penting dalam setiap kendaraan bermotor. Kalau tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan beragam masalah buruk. Jadi, cara merawat shockbreaker yang benar pastinya dengan mengganti oli.

Kalau jarang apalagi tidak pernah mengganti, bisa menyebabkan kerjanya kurang prima. Anda harus mengecek karena bagian pegasnya mungkin butuh oli baru. Pengendara tidak bisa membiarkan oli lama untuk digunakan selamanya.

Untuk bagian satu ini bisa diganti lebih lama dibanding oli lain. Misalnya melakukan pergantian sebanyak 2-3 tahun sekali sudah menjadi waktu cukup. Anda juga boleh memberikan jadwal supaya pergantiannya akurat.

Tapi tidak menutup kemungkinan mengganti oli dilakukan lebih cepat. Apalagi jika saat dikendarai dan merasakan kurang nyaman pada segala medan. Dalam kondisi tersebut, sangat disarankan untuk segera mungkin menggantinya.

Kemudahan cara merawat shockbreaker yang benar tersebut menjamin kalau semua orang bisa menyervis sendiri. Bahkan bisa diingat dengan mudah melalui telepon. Terutama mengaktifkan jadwal sehingga dapat selalu diingatkan.

Terlebih disebabkan karena waktunya cukup lama, tidak menutup kemungkinan mengalami kelupaan. Jadi, disarankan membuat jadwal dengan alarm khusus. Kalau sudah waktunya mengganti oli, kemudian dapat langsung dilakukan.

Karena tidak terlalu sering, pastinya memiliki biaya atau servis lebih murah. Tidak perlu khawatir mengenai seberapa banyak harga karena cukup terjangkau. Oli tetap bisa diganti dan kerja shockbreaker selalu terjamin.

Merawat Bagian Shockbreaker dengan Cek Stanchion

Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet_Merawat Bagian Shockbreaker dengan Cek Stanchion
Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet_Merawat Bagian Shockbreaker dengan Cek Stanchion

Untuk cara merawat shockbreaker yang benar dengan memperhatikan stanchion tentu belum banyak dipahami. Apalagi banyak yang membiarkan tabung silinder ini. Tentu tanpa perawatan apapun melainkan dibiarkan bekerja tanpa dijaga.

Kalau stanchion dibiarkan, pastinya bisa membuat beban di dalamnya tidak mampu diatasi. Belum lagi kunci cakram terlalu rapat sehingga pemakaian kurang maksimal. Masalah lainnya adalah membuat pengecilan stanchion terjadi.

Jika dibiarkan tanpa servis baik, tidak menutup kemungkinan menjepit bagian batang. Pastikan untuk mengecek secara rajin stanchion tanpa terkecuali. Tujuannya supaya bisa dijaga tetap optimal dan mencegah kerusakan terjadi.

Apalagi cara merawat shockbreaker yang benar pada stanchion tidaklah sulit. Melainkan hanya perlu mengecek dan selalu membersihkan kotoran pada stanchion. Jangan biarkan sedikit partikel sekalipun sehingga stanchion terjaga.

Beragam cara tersebut memang bisa dilakukan sendirian sehingga harus dicatat dengan baik. Kemudian mencoba melakukan sendiri supaya bisa melatih untuk kedepannya. Jadi, perawatan pribadi bisa dijalankan tanpa orang lain.

Meski begitu jika memiliki banyak kesibukan, treatment melalui bengkel atau tempat sejenisnya boleh. Terutama karena memiliki kelengkapan servis bagus. Apalagi bisa mendeteksi juga apakah terdapat kerusakan serta permasalahan.

Baca juga: Daftar Motor Terlaris Sepanjang Masa yang Mengejutkan

Tapi sebenarnya berbagai langkah sebelumnya mampu membuat umur lebih lama. Kemudian tidak perlu memikirkan perawatan tersulit apalagi sampai mengganti. Pastikan memahami setiap cara merawat shockbreaker yang benar dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here