Cara Merawat Shockbreaker Mobil agar Awet Anti Rusak

0
52
Cara Merawat Shockbreaker Mobil agar Awet Anti Rusak
Cara Merawat Shockbreaker Mobil agar Awet Anti Rusak

Perhatikan bagaimana cara merawat shockbreaker mobil dengan baik agar awet dan membuat kalian nyaman saat berkendara. Shockbreaker sendiri berfungsi untuk meminimalisir getaran agar mobil tetap bergerak stabil meski berada di jalanan kurang rata.

Baca juga: Tips Perawatan Mobil Tua dengan Benar, Jaminan Awet

Tentu saja shockbreaker adalah komponen yang sangat penting untuk kalian jaga. Para pemilik mobil menginginkan kenyamanan dalam berkendara dan minim goncangan saat melewati medan kurang rata, maka perlu jaga komponen ini.

Cara merawat shockbreaker mobil sendiri bisa kalian lakukan sendiri dengan mudah. Kita akan memberitahu informasinya kepada kalian bagaimana cara melakukannya. Simak penjelasan berikut.

Mengenal Shockbreaker dan Beberapa Fungsinya

Mengenal Shockbreaker dan Beberapa Fungsinya
Mengenal Shockbreaker dan Beberapa Fungsinya

Kenyamanan dalam berkendara itu harus terus terpelihara agar kalian nantinya bisa berkendara dengan aman. Terutama ketika kalian melewati medan yang tidak begitu rata.

Tidak semua jalanan yang kalian lewati pasti mulus dan rata tanpa adanya tanjakan. Pasti suatu saat, akan menemukan jalanan dengan medan cukup sulit. Di sini, perlu mengetahui cara merawat shockbreaker mobil.

Bagi yang belum tahu shockbreaker, ini adalah komponen dalam mobil atau kendaraan lainnya untuk meminimalisir goncangan, sehingga tetap stabil dalam berkendara.

Misalnya saat melewati jalan berbatu, berlobang, atau banyaknya polisi tidur, kalian tetap mengendarainya secara stabil karena getaran dan juga guncangan dapat terminimalisir.

Ketika shockbreaker pada mobil kalian rusak, sudah pasti tidak akan nyaman selama berkendara. Goncangan di dalam mobil akan sangat terasa. Keamanan semakin terganggu, bisa saja kepala kalian terantuk atap atau kaca mobil.

Maka dari itu, perlu tahu bagaimana cara merawat shockbreaker mobil agar kejadian buruk dalam berkendara tidak kalian alami.

Selain meminimalisir getaran, fungsi dari shockbreaker sendiri adalah mengontrol pergerakan roda. Jadi, saat melalui medan yang cukup sulit, gerakan roda tetap terkontrol agar kendaraan tersebut tetap stabil meski medan jalannya tidak rata.

Ketika kalian tahu bagaimana cara merawat shockbreaker mobil, maka akan mencegah juga adanya body roll yang bisa membahayakan para pengendara. Terutama ketika kalian berbelok atau bergerak ke samping.

Dan tentu saja seperti yang telah kita bahas, dengan adanya shockbreaker aktif maka keamanan dalam berkendara semakin tinggi. Kalian tidak akan merasa takut jika mengendarai mobil dengan shockbreaker terjaga.

Cara Merawat Shockbreaker Mobil dengan Mudah

Cara Merawat Shockbreaker Mobil dengan Mudah
Cara Merawat Shockbreaker Mobil dengan Mudah

Sebenarnya, cara merawat shockbreaker mobil tidak perlu setiap waktu datang ke bengkel resmi untuk mengecek apakah shockbreaker tersebut masih bagus atau tidak. Tapi mulailah dari penggunaan harian.

Ketika kalian menggunakan mobil setiap hari untuk melakukan berbagai aktivitas di jalanan, berarti harus siap juga menjaga shockbreaker agar tidak rusak selama menggunakan kendaraan tersebut.

Merawat shockbreaker itu sebuah kewajiban bagi pemilik mobil karena ini merupakan komponen yang sangat penting. Tanpa adanya shockbreaker, ketika melewati jalan kurang rata, sudah pasti kejadian buruk bisa saja terjadi.

Ketika kontrol roda tidak ada karena shockbreakernya tidak berfungsi, kemungkinan besar terjadi roll body dan kalian akan mengalami kecelakaan.

Meski tidak mengalami roll body, kalian bisa saja tetap terluka karena kestabilan hilang dan badan akan membentur bodi mobil bagian dalam. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara merawat shockbreaker mobil dari langkah yang paling mudah, seperti:

Jangan Membawa Penumpang di Luar Kapasitas

Masing-masing shockbreaker pada mobil itu memiliki batas maksimal ketahanannya. Maka, kalian jangan membawa jumlah penumpang di luar batas kapasitas mobil.

Biasanya spesifikasi mobil pasti tercatat bahwa kapasitas penumpang yang dapat masuk sekitar 4-5 orang misalnya. Itu untuk orang dewasa dengan berat badan normal.

Tapi jika kalian membawa penumpang dengan badan besar, kapasitas 4-5 penumpang kurangi saja menjadi maksimal 4 penumpang saja.

Hindari Jalan Rusak

Salah satu cara merawat shockbreaker mobil adalah dengan menghindari jalan rusak. Seperti yang kalian tahu, tidak semua jalanan yang terlewati pasti mulus, ada kalanya tidak rata dan banyak lubangnya.

Jika memang mengharuskan kalian melewati jalanan rusak, pastikan untuk melajukan mobilnya sepelan mungkin. Jika mobil pelan, goncangannya juga pelan dan shockbreaker tidak mendapat tekanan berlebih.

Berbeda jika kalian mengendarainya dengan cepat pada jalanan rusak, tekanan pada shockbreaker besar dan itu bisa menjadi penyebab kerusakannya.

Cek Karet Pelindung secara Berkala

Jangan bersantai saja, lakukan pengecekkan karet pelindung secara berkala. Karet pelindung ini memang berfungsi untuk melindungi shockbreaker dari debu, cairan dan kotoran lainnya.

Jika bagian karet rusak, debu, kotoran dan cairan tersebut akan masuk dan membuat bagian dinding aus shockbreaker kotor hingga terkikis.

Akibatnya dari dinding aus terkikis, shockbreaker kalian tidak akan bisa berfungsi dengan baik hingga mengurangi tingkat kenyamanan dalam berkendara.

Untuk mengecek karet pelindung, kalian bisa menggunakan jasa montir agar melihat secara lebih detail kondisi shockbreakernya.

Bersihkan Bagian Shockbreaker

Salah satu cara merawat shockbreaker mobil adalah dengan membersihkan shockbreaker secara rutin.

Terutama ketika kalian habis menggunakan mobil ketika hujan hingga melewati genangan, setelah itu wajib membersihkan kaki-kaki kendaraan tersebut.

Ingatlah bahwa debu, kotoran dan cairan yang menempel pada shockbreaker bisa menyebabkan korosi pada bagian tubuh shockbreaker hingga bisa menyebabkan kerusakan.

Membersihkan mobil bisa kalian lakukan seminggu sekali saat sedang libur atau bawa saja ke carwash agar lebih praktis lagi.

Jaga Jarak Shockbreaker dengan Permukaan Jalan

Sebenarnya ini terkadang sulit untuk kalian hindari. Terutama saat melewati jalan yang tidak rata. Namun, usahakan jaga jarak antara shockbreaker dengan permukaan jalan ketika melewati jalanan tidak rata.

Kalian bisa mengendarai mobil dengan kecepatan minimal untuk menghindari batu-batu kecil masuk atau gesekan antara shockbreaker dengan permukaan jalan.

Ketahui Tanda-tanda Kerusakan Shockbreaker untuk Cegah Kecelakaan

Ketahui Tanda-tanda Kerusakan Shockbreaker untuk Cegah Kecelakaan
Ketahui Tanda-tanda Kerusakan Shockbreaker untuk Cegah Kecelakaan

Meski kita sudah menerapkan cara merawat shockbreaker mobil dengan baik dan benar, jika sudah waktunya rusak, memang harus menggantinya dengan yang baru.

Namun, sebelum kalian memutuskan untuk mengganti yang baru, ada baiknya ketahui dulu tanda-tanda kerusakan.

Jika memang tidak parah dan masih bisa berfungsi kembali setelah perbaikan, jangan ganti. Namun, ketika sudah sangat rusak, langsung ganti saja dengan shockbreaker baru.

Menerapkan cara merawat shockbreaker mobil itu harus, tapi kalian juga perlu tahu tanda-tanda shockbreaker sudah rusak, yaitu:

Mobil Mudah Sekali Goyang

Tanda-tanda bahwa shockbreaker kalian sudah mulai rusak ketika mobil mudah sekali goyang ketika melewati jalanan tidak rata.

Meski pada saat shockbreaker masih berfungsi ada goyangan juga, setidaknya dapat meminimalisirnya sehingga tetap nyaman ketika berkendara.

Muncul Suara-suara Aneh saat Berkendara

Munculnya knocking pada mobil. Maksudnya akan keluar suara-suara aneh seperti decit-decitan, suara ketukan dan lainnya. Bila mobil kalian mengalami hal demikian, segera ke tempat servis.

Sebenarnya, menggunakan cara merawat shockbreaker mobil yang sederhana, mampu mengurangi hal ini terjadi.

Stabilitas Berkurang

Hati-hati ketika shockbreaker sudah mulai rusak, bahkan stabilitas sudah mulai berkurang. Kendaraan akan menjadi terpengaruh saat melewati jalanan rusak, dengan goncangan.

Ini harus segera kalian perbaiki. Ketika kestabilan kendaraan sudah mulai berkurang, konsentrasi berkendara juga buyar karena goncangan tersebut.

Ban Cepat Sekali Usang

Mungkin beberapa kalian tidak akan sadar bahwa ban yang sudah mulai usang bukan berarti harus mengganti bannya saja, itu bisa jadi tanda bahwa shockbreaker rusak.

Sebab, shockbreaker bisa menjadi komponen pengontrol ban ketika berkendara. Ketika fungsi tersebut hilang, maka kontrolnya berkurang dan ban harus bekerja dengan keras di jalanan. Karena itulah menjadi cepat sekali usang.

Mobil Terasa Menimbang saat Menikung

Ini akan sangat terasa ketika kalian sedang menikung saat berkendara. Pasti rasanya seperti menimbang karena tidak stabil. Tingkat kemiringannya berbahaya, dan rawan sekali terjadi body roll pada kendaraan.

Ketika kalian merasa mobil seperti menimbang saat menikung, jangan ragu ke bawa ke tempat servis, agar para tenaga profesional memperbaikinya.

Cairan Mobil Merembes Keluar

Ketika tipe shockbreaker kalian tipenya suspensi fluida, itu ada cairan oli di dalamnya. Saat pelindungnya rusak entah tergores atau lainnya, cairan oli akan merembes keluar.

Jika kalian menyadari akan rembesan oli tersebut, segera untuk memperbaikinya karena fungsi shockbreaker bisa berkurang karena hal ini.

Baca juga: Ketahui Spesifikasi Honda Jazz sebelum Membelinya Bekas

Betapa pentingnya komponen ini untuk mobil kalian agar bisa berjalan dengan baik agar tidak terjadi kecelakaan. Sebelum terjadi kerusakan, mulai sekarang harus terapkan cara merawat shockbreaker mobil secara maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini