Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar

0
52
Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar
Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar

Bagaimana cara merawat rantai dan gir motor yang benar serta direkomendasikan? Kalian semua para pemilik sepeda motor khususnya yang non matic harus mengetahui informasinya tersebut secara mendetail.

Baca juga: Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya 

Tujuan utamanya adalah kalian mampu merawat bagian rantai dan gir motor sendiri dengan langkah-langkah seperti yang direkomendasikan tersebut. Dengan begitu, kedua bagian penting dari sepeda motor itu bisa lebih bertahan lama meskipun sering dikendarai.

Jadi, lebih baik merawatnya dengan cara-cara yang benar agar lebih tahan lama. Daripada kalian harus sering mengganti sparepartnya hanya gara-gara tidak merawatnya dengan benar. Tentu saja mempraktikkan cara merawat rantai dan gir motor yang benar.

Mengenal Rantai dan Gir Sepeda Motor Lebih Dekat

Bagi pemilik sepeda motor terutama yang non matic, kedua komponen tersebut sangat penting. Tanpa keduanya, ban bagian belakang motor tidak bisa berputar meskipun mesinnya menyala. 

Jika ban belakang tidak dapat berputar, maka otomatis tidak akan bisa mendorong ban bagian depan beserta seluruh kendaraan untuk berjalan. Dengan kata lain, sepeda motor tidak dapat berjalan jika rantai dan gir tidak ada.

Atau mungkin keduanya ada, tetapi dalam kondisi atau posisi tidak benar. Jika seperti itu, sama saja sepeda motor tidak dapat berjalan. Oleh karenanya, kedua sparepart tersebut harus dalam kondisi baik sebelum mengendarai sepeda motor.

Apalagi kalian mengendarainya untuk jarak menengah atau jauh harus lebih diperhatikan lagi kondisi rantai dan girnya. Salah satu yang harus kalian lakukan, yaitu mempraktikkan cara merawat rantai dan gir motor yang benar.

Perlu juga kalian ketahui bahwa rantai dan gir sepeda motor terbuat dari bahan logam yang sangat mungkin bisa karatan. Tentu saja jika sudah berkarat dan berwarna kekuningan keduanya akan terjadi keroposan bahan yang sedikit demi sedikit merusak komponennya.

Oleh karena itu, kalian harus melakukan langkah pencegahan karatan dan keropos tersebut dengan cara-cara yang benar. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk perawatan gir dan rantai juga tidak boleh dipilih sembarangan. 

Jangan asal membeli atau menggunakan sisa bahan yang mungkin menurut kalian berguna untuk melindungi rantai dan gir. Lebih baik, kalian berkonsultasi kepada orang atau pihak yang lebih kompeten di bidang ini, seperti montir sepeda motor, pemilik bengkel, atau sejenisnya.

Bagaimana Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Direkomendasikan?

Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar
Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar

Kalian sudah mengenal rantai dan gir pada sepeda motor yang fungsinya sangat vital. Kedua komponen tersebut menjadi satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan saat difungsikan dalam sebuah sepeda motor.

Selanjutnya, kalian harus mengetahui cara merawat rantai dan gir motor yang benar dan direkomendasikan. Setelah mengetahui informasinya yang benar, diharapkan dapat mempraktikkan sendiri nantinya agar komponen rantai dan gir lebih tahan lama.

Lalu, bagaimana cara merawat rantai dan gir motor? Berikut informasi selengkapnya yang harus kalian baca.

  • Memeriksa Kondisi Rantai

Rantai sepeda motor yang terbuat dari rangkaian bagian lebih kecil yang dikaitkan satu dengan lainnya memang sangat rentan rusak. Mulai dari tegangan rantai yang kendur, berbunyi berisik saat rantai diputar, hingga ada yang berkarat.

Kalian sebagai pemilik sepeda motor harus segera melakukan cara merawat rantai dan gir motor dengan langkah-langkah pencegahan agar rantainya tidak cepat rusak. Jika tegangannya terlalu kendur, kalian harus mengencangkan lagi, tetapi jangan terlalu kencang.

Kalian bisa membawanya ke bengkel motor, jika tidak bisa melakukannya. Sementara jika rantainya berbunyi berisik saat diputar dan mulai berkarat, kalian harus memberikan pelumas pada bagian rantainya. 

Perlu diingat, ada pelumas khusus rantai dan gir yang seharusnya kalian gunakan bernama  Chain Lube. Jadi, jangan menggunakan oli pelumas mesin atau sejenisnya yang sudah kotor. Pelumas yang kotor hanya akan menempelkan kotoran ke bagian rantai saja.

  • Membersihkan Rantai dan Gir secara Teratur

Membersihkan kedua komponen tersebut secara rutin menjadi salah satu cara merawat rantai dan gir motor yang direkomendasikan. Terutama pada saat musim penghujan yang biasanya sepeda motor terkena air hujan hingga lumpur yang melekat di rantai dan gir.

Jika kotorannya tidak segera dibersihkan, maka akan mengeras sehingga menempel semakin erat. Lagipula, air hujan tidak menutup kemungkinan mengandung asam yang bisa menjadikan logam berkarat. 

Oleh karenanya, lebih baik segera membersihkannya dengan cara disiram air pada rantai dan girnya. Setelah itu, kalian bisa mengelapnya menggunakan kain hingga benar-benar bersih dan jangan lupa melumasi bagian rantai serta gir tersebut dengan pelumas khusus.

Jika ada kotoran yang sulit dibersihkan, kalian bisa menggunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas. Silahkan digosokkan pada sela-sela rantai dan gir yang biasanya banyak kotoran menempel. Semua kotoran tersebut yang menjadikan rantai dan git cepat rusak.

  • Menggunakan Gir yang Berkualitas Bagus 

Jangan menyelepekan cara merawat rantai dan gir motor berikut. Pemilihan gir juga sangat berpengaruh pada faktor keawetan atau tahan lamanya rantai. Hal itu dikarenakan gir ada ukurannya yang disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan sepeda motornya.

Sementara itu, ukuran rantai juga menyesuaikan dengan girnya. Biasanya, rantai dan gir dijual satu paket atau berpasangan karena memang fungsinya saling berkaitan. Kecuali, kalian membelinya dalam kondisi bekas yang dapat dibeli rantai atau girnya saja.

Namun demikian, hal tersebut tidak direkomendasikan meskipun kenyataannya di luar sana banyak pemilik sepeda motor melakukannya dengan alasan harganya lebih murah. Sudah pasti murah harganya karena kondisinya bekas dan dibeli hanya salah satunya saja.

Jadi, pilihlah gir yang asli dari pabrikan resmi dan cocok digunakan untuk jenis atau tipe sepeda motor yang kalian miliki. Tidak perlu memasang gir dengan ukuran berbeda hanya untuk bergaya saja karena hanya membuat tidak tahan lama rantainya.

  • Segera Ganti jika Sudah Rusak

Untuk cara merawat rantai dan gir motor yang satu ini, mungkin sering dilupakan atau disepelekan oleh para pemilik sepeda motor. Hal itu dikarenakan berkaitan dengan budget atau anggaran keuangan yang tidak dimiliki.

Pada saat harus mengganti spare part rantai dan gir sepeda motor yang rusak, ternyata belum memiliki anggaran uangnya. Dengan begitu, mereka masih terus mempertahankan sparepart tersebut untuk dipakai sehari-hari.

Sudah pasti sangat membahayakan karena sewaktu-waktu rantai bisa putus di tengah perjalanan. Jika rantainya sudah putus, otomatis harus diganti dalam kondisi masih bagus. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan kalian segera menggantinya jika sudah rusak.

Tidak perlu menunggu hingga rantai putus atau gerigi gir sudah sangat lancip karena lama mengalami gesekan. Lebih baik mempraktikkan cara merawat rantai dan gir motor dengan mengganti rantai dan gir yang baru serta resmi pabrikan.

Sementara untuk uangnya, kalian memang harus memiliki dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk hal-hal urgent atau mendesak. Silahkan dari sekarang menyiapkan dulu uangnya dengan cara menabung.

Mengenal Gejala Rantai dan Gir Harus Segera Diganti

Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar
Praktikkan Cara Merawat Rantai dan Gir Motor yang Benar

Kalian juga perlu mengenal beberapa gejala rantai dan gir sepeda motor yang harus segera diganti. Kedua komponen tersebut memang belum benar-benar rusak parah, seperti rantainya putus atau yang lainnya.

Namun demikian, kalian jangan sampai menunggu hingga komponen tersebut rusak dulu dan tidak bisa dipakai lagi, baru diganti. Hal tersebut sama saja semakin merugikan kalian karena kerusakannya bisa merembet ke bagian lain, seperti velg, ban, atau yang lainnya.

  • Rantai yang Berbunyi Berisik

Salah satu tanda rantai harus segera diganti karena berbunyi cukup berisik. Meskipun sudah diberi pelumas, tetapi tetap saja rantai berbunyi yang membuat kalian tidak nyaman. Jika seperti itu, segera ganti rantai beserta girnya saja.

Jika tidak segera diganti, rantai bisa putus sewaktu-waktu. Oleh karenanya, memang harus segera diganti.

  • Gerigi Gir Sudah Lancip

Inilah salah satu tanda yang juga sebagai cara merawat rantai dan gir motor. Ada dua gir, yaitu depan dan belakang dengan ukuran diameter berbeda. Terutama untuk gir belakang kalian melihat geriginya sudah lancip, berarti harus segera diganti baru.

Baca juga: Tips Sukses Membuka Usaha Cuci Motor, Dijamin Anti Gagal!

Gerigi gir yang lancip akan menjadikan rantai cepat rusak, sehingga memang direkomendasikan mengganti satu paket. Bukan hanya girnya saja, tetapi juga rantainya sekalian karena biasanya jika gir sudah rusak, maka sangat mungkin rantainya juga rusak.

Kalian semua sudah membaca uraian lengkap diatas perihal rantai dan gir sepeda motor. Terutama cara merawat rantai dan gir motor yang baik dan benar. Setelah mengetahuinya, silahkan segera mempraktikkan pada sepeda motor masing-masing. Semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here