Cara Merawat Motor Matic Agar Awet Bertahun-tahun

0
411
Merawat Motor Matic - Cara Merawat Motor

Merawat motor matic merupakan pengetahuan yang harus dipahami penggunanya. Lebih-lebih sekarang ini motor merupakan sebuah kebutuhan primer dan bukan menjadi kebutuhan sekunder. 

Baca Juga : Ketahui Penyebab Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu!

Motor mempunyai nilai guna yang begitu dibutuhkan semua kalangan. Untuk melakukan perawatan motor jenis matic, memang dibutuhkan treatment yang tidak berbeda jauh dengan perawatan motor pada umumnya. 

Contohnya saja seperti penggantian komponen motor. Komponen motor harus sering diganti, bukan hanya kampas rem serta oli. Namun masih ada berbagai macam komponen lain yang harus sering diganti.

Tentu saja perawatan ini begitu mempengaruhi pengguna dari kesehatan kendaraan yang dimilikinya. Kemudian, apa saja upaya untuk merawat kendaraan ini.

Tips Merawat Motor Matic Setiap Hari

Merawat Motor Matic - Cara Merawat Motor

Untuk perawatan setiap hari pada motor matic tentunya memerlukan cara yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Mengecek Bahan Bakar Kendaraan

Kebanyakan motor matic menggunakan bahan bakar non karburator, namun menggunakan system injeksi. Tentu ini menjadi kelebihan tersendiri, karena bahan bakar bisa menjadi lebih irit.

Namun, Anda juga harus memastikan jika tangki motor selalu terisi bahan bakar. Anda bisa melakukan pengecekan 2 hingga 3 kali sehari, jangan sampai tangki kosong. Jika tangki hampir kosong, Anda bisa segera melakukan pengisian. 

  • Melakukan Penggantian Oli dengan Berkala

Langkah lain untuk merawat motor matic ini adalah mengganti oli mesin dengan berkala. Bila motor sudah digunakan hingga 1500 km, Anda bisa pergi ke bengkel untuk melakukan penggantian oli mesin. Jika oli mesin tidak teratur diganti, nantinya elemen yang berada pada motor akan mengalami kerusakan dan motor tidak bisa berfungsi seperti biasanya. 

  • Kendarai Motor dengan Benar

Ketika mengendarai motor, pastikan mengendarainya dengan benar, Anda bisa mengendarai sewajarnya sehingga motor tetap awet serta berumur panjang. Hindari menggunakan motor menggunakan kecepatan di atas rata-rata. 

Selain itu, Anda juga tidak boleh melakukan pengereman dengan mendadak, hal ini bisa membuat motor cepat rusak dan merugikan. Oleh sebab itu, perlu merawat motor matic dengan baik. 

  • Sering Melakukan Service Berkala

Anda harus rutin membawa motor ke bengkel resmi, contohnya saat hari libur serta akhir pekan, Anda bisa melakukan pengecekan saat terdapat komponen motor yang mengalami kerusakan. 

Merawat Motor Matic dengan Memperhatikan Komponennya

Perawatan motor matic juga bisa dilakukan dengan memperhatikan komponen yang dimilikinya. Pada dasarnya ada berbagai macam komponen motor yang harus dilakukan penggantian secara berkala, antara lain:

  • Busi

Busi menjadi komponen yang harus diganti berkala. Busi yang baik bisa mempengaruhi kinerja mesin, lebih-lebih peran busi merupakan komponen pengapian motor. Busi berfungsi memercikkan api dan melakukan pembakaran. 

Busi menjadi komponen yang begitu vital. Penggantian busi ini bisa dilakukan sesudah menempuh jarak 20 ribu km hingga 50 rb km. 

  • Lampu

Merawat motor matic bisa dilakukan dengan sering melakukan penggantian lampu. Sekilas, mengganti lampu memang terlihat sepele serta bukan menjadi masalah yang serius karena lampu tidak mempengaruhi kinerjanya. 

Padahal, lampu merupakan sebuah komponen yang harus diganti dengan berkala, lampu bisa mempengaruhi pengguna motor, bahkan taruhan nyawa dan begitu berisiko membahayakan keselamatan penggunanya. 

  • Aki

Aki adalah sebuah komponen yang memiliki peran mengatur kelistrikan motor, oleh sebab itu wajar bila aki merupakan komponen yang harus diganti dengan berkala. Bahkan motor bisa mogok jika aki tidak sering diganti. 

Aki pada motor matic bisanya bertahan 3 hingga 4 tahun. Kondisi aki ini bergantung dari penggunaan motor setiap harinya, lebih-lebih jika motor mempergunakan aki basah. 

  • Filter

Filter pada motor matic harus diperhatikan dengan baik. Filter bermasalah nantinya akan mempengaruhi kinerja yang dimilikinya, bahkan dapat merusak dengan perlahan. 

Filter adalah komponen yang harus diganti dengan berkala karena memiliki usia yang pendek. Filter yang dimaksud adalah filter oli, filter udara serta bahan bakar. Filter harus diganti saat mencapai 5000 km, 10.000 km, 20.000 km. 

Merawat Motor Matic dengan Memanaskan Setiap Hari

Merawat Motor Matic - Cara Merawat Motor

Dari dulu, memanaskan motor menjadi sebuah ritual wajib yang harus dilakukan sebelum berkendara. Namun dengan adanya kemajuan jaman, ritual ini hanya dilakukan sebentar saja. Faktor yang membuat waktu memanaskan mesin menjadi semakin sebentar adalah adanya kemajuan teknologi pengabutan bahan bakar dari karburator berubah menjadi injeksi. 

Meskipun demikian, memanaskan motor matic menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar mesin mencapai suhu optimal dan komponen internal terlumasi sebelum digunakan untuk berkendara. Berikut berbagai ritual untuk memanaskan mesin:

  • Hindari Mengegas Kendaraan

Motor matic sudah menggunakan system ECM. Dengan system ECM ini, kebiasaan memuntir gas hingga berulang kali sudah tidak diperlukan lagi. Anda hanya perlu membiarkan mesin menyala dan pemanasan akan berjalan dengan sempurna. 

Setelah parkir selama semalam penuh, pelumas akan menumpuk di bawah mesin. Sehingga tujuan dari pemanasan ini agar semua komponen mesin terlumasi dengan baik sebelum motor digunakan. 

  • Durasi Memanaskan

Memanaskan motor sebenarnya memiliki aturan tersendiri. Hindari terlalu lama memanaskan mesin injeksi, selain itu durasi yang disarankan juga satu menit untuk motor injeksi serta 3 menit untuk karburator. 

Terdapat alasan untuk menghindari memanaskan berlebihan, karena saat motor diam, sirkulasi udara tidak lancar, sehingga memanaskan motor lama bisa membuat knalpot menguning serta bahan bakar menjadi boros.

  • Menggunakan Engkol

Saat memanaskan motor, tidak ada salahnya menggunakan engkol, lebih-lebih pada motor yang terlalu lama diam, tujuannya agar dapat meringankan beban kelistrikan kendaraan. 

  • Memanaskan Motor Agar Tubuh Tidak Kaget

Mirip dengan tubuh manusia yang membutuhkan pemanasan sebelum melakukan olahraga, motor juga memerlukan pemanasan sehingga komponennya tidak kaget ketika digunakan berkendara. 

Kesalahan Pengendara Motor Matic yang Harus Dihindari

Merawat Motor Matic - Cara Merawat Motor

Merawat motor matic memang terkesan mudah. Namun, selain itu ada berbagai macam hal yang harus dihindari oleh pengendara, antara lain:

  • Menahan Rem Sembari Berjalan

Banyak pengendara yang sering menahan tuas rem dan tetap berjalan. Sehingga lampu rem menjadi cepat mati karena menyala secara terus menerus. Oleh sebab itu, tidak heran jika lampu belakang rem sangat sering mati. 

  • Menahan Gas Ketika Berhenti

Ada juga pengendara yang sering menahan gas ketika macet, seperti membuka gas sedikit namun laju ditahan dengan menggunakan tuas rem. Meskipun tidak disadari, namun siapa yang menyangka jika hal ini bisa membuat kampas koplingnya cepat aus. 

  • Menarik Gas Terlalu Dalam di Awal

Meskipun Anda sudah merawat motor matic dengan baik, namun jika penggunaanya masih kurang tepat, motor bisa tidak awet. Salah satu penggunaan yang kurang tepat adalah menarik gas terlalu dalam ketika berada di lampu merah.

Ketika melakukannya, Anda memang bisa memperoleh akselerasi yang maksimal, namun bila hal ini dilakukan terus menerus, v-belt menjadi cepat aus. Selain itu, kebiasaan ini juga membuat motor menjadi boros bensin. Oleh sebab itu, hindari terlalu menarik gas dalam-dalam. 

  • Jarang Membersihkan CVT

Motor matic yang mempergunakan penggerak v-belt serta pulley tetap harus melakukan perawatan. Merawat motor matic dengan melakukan contohnya seperti membersihkan CVT setiap 8 ribu sekali. Namun, hal ini jarang dilakukan oleh pengendara, padahal tidak pernah membersihkan CVT bisa membuat motor getar di awal. 

Rekomendasi Motor Matic yang Bisa Dijadikan Sebagai Pilihan

Merawat Motor Matic - Cara Merawat Motor

Setelah mengetahui perawatan yang dilakukan untuk membuat motor matic tetap prima kondisinya, berikutnya adalah memilih motor yang tepat. Berikut langkah yang dilakukan untuk memilih motor matic, antara lain:

  • Honda BeAT

Ketika mendengar nama Honda BeAT, pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan. Honda BeAT memang banyak dijadikan sebagai pilihan. Merawat motor matic satu ini juga sangat mudah karena service resminya tersedia di berbagai kota. 

Honda BeAT memiliki kapasitas 110 cc dan sering disebut-sebut sebagai motor anak muda. Honda BeAT muncul dengan 2 model yaitu CBS serta CBS ISS yang memiliki penggunaan bahan bakar cukup irit. 

  • Honda Scoopy

Jika Anda ingin memiliki motor vespa namun sulit untuk mengendarainya, Honda Scoopy mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan. Honda Scoopy beda dengan motor yang dikeluarkan Honda lainnya. 

Honda Scoopy memiliki konsep gaya retro dan di desain tetap stylish serta elegan. Honda Scoopy juga memiliki penggunaan bahan bakar cukup irit. Honda Scoopy di banderol dengan harga Rp 21 jutaan.

  • Suzuki Nex II

Jika Anda ingin memiliki motor matic dengan harga terjangkau Suzuki Nex II bisa menjadi pilihan. Suzuki Nex II memiliki mesin 1 silinder yang menggunakan system 4 langkah serta kapasitas 113 cc. 

  • Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo di banderol dengan harga Rp 20 jutaan. Yamaha FreeGo memiliki 4 pilihan warna yang menarik. Yamaha FreeGo sendiri merupakan motor terbaik dengan fitur mumpuni. Keunggulan lain yang dimiliki Yamaha FreeGo ialah fitur keyless sangat lengkap yang biasanya hanya dimiliki oleh kendaraan dengan varian tinggi. 

Baca Juga : Motor yang Lama Tidak Dipakai Begini Cara Hidupkan Kembali

Memiliki motor matic memang keuntungan tersendiri. Karena selain penggunaannya yang mudah, cara merawat motor matic ini juga tidak sulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here