Cara Merawat Mobil Tua agar Tidak Gampang Mogok

0
59
Cara Merawat Mobil Tua

Ada beberapa cara merawat mobil tua yang perlu diketahui. Seperti diketahui, mobil perlu dirawat agar awet ketika digunakan, apalagi bila itu adalah kendaraan tua, yang performanya tidak sekuat kendaraan baru.

Meskipun kini kendaraan tua sudah tidak lagi diproduksi, namun masih banyak peminatnya. Alasannya, ketika kendaraan tua harga belinya termasuk murah, tentu pajaknya juga sangat terjangkau.

Baca Juga : Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?

Tetapi meskipun begitu, dalam perawatannya juga harus lebih ekstra. Hal itu disebabkan karena kondisi mobilnya yang sudah tidak sekuat mobil baru, jadi harus dirawat secara rutin dengan cara benar.

Berikut Ini Beberapa Penyakit Mobil Tua

Cara Merawat Mobil Tua

Sebelum membahas tentang bagaimana cara merawat mobil tua. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyakit atau masalah yang sering dihadapi mobil tua, di antaranya seperti :

  • Mesin Mulai Loyo

Awalnya memang mesin masih kuat, namun lama kelamaan kekuatannya akan berkurang. Tidak heran bila kondisinya tidak secepat mobil baru. Masalah tersebut disebabkan karena penurunan tekanan kompresi. 

Atau bisa karena pencampuran bahan bakar yang kurang bagus, masalah ini sering terjadi pada mesin karburator. Biasanya pada mobil injeksi disebabkan karena injektor bahan bakar mulai aus dan perlu reparasi.

  • AC Kurang Dingin

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat mobil tua, masalah berikutnya yang sering dialami ialah AC kurang dingin. Pada umumnya kerusakan disebabkan karena beberapa komponen sudah terlalu kotor.

Seperti pada bagian evaporator, kondensor dan juga katup valve yang sudah kotor dan menghambat sirkulasi udara ke dalam kabin. Bersihkan kabin secara rutin setiap 6 bulan sekali agar AC awet.

  • Suara Mesin Kasar

Apabila Anda pernah mengendarai mobil tua yang mengeluarkan suara sangat berisik. Sebenarnya, itu disebabkan karena di dalam mesinnya terdapat masalah yang perlu diperbaiki. Mesin kasar disebabkan kondisi oli yang aus.

Atau bisa juga disebabkan karena mesin overheat sebab proses pemanasan terlalu lama. Biasanya yang sering mengalami kerusakan antara lain pada bagian gasket, vacuum, kepala silinder serta exhaust manifold.

  • Aki Sering Tekor

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara merawat mobil tua, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui masalahnya. Masalah berikutnya yang sering dialami mobil tua ialah aki sering tekor. 

Pada umumnya yang sering bermasalah adalah dynamo isi serta regulator. Hal tidak terduga mungkin bisa terjadi, seperti hubungan arus pendek yang membuat sistem kelistrikan tetap bekerja, sekalipun kontak mobil dimatikan. 

  • Lampu Indikator Menyala Terus

Seperti kita ketahui, lampu indikator berfungsi sebagai petunjuk jalan. Lampu indikator ini hidup hanya ketika Anda perintah, kemudian mati. Apabila hidup terus, mungkin terjadi ketidakcocokan antara oli dengan spesifikasi kendaraan.

Atau mungkin juga karena ukuran volume oli tidak cocok dengan yang dianjurkan pabrik. Tipsnya gunakan oli asli bawaan dari kendaraan tersebut atau sesuaikan oli dengan spesifikasi mobil.

Bagian Mobil yang Sering Mogok

Cara Merawat Mobil Tua

Jika tadi Anda sudah mengetahui apa saja masalah yang sering dialami mobil tua. Sebelum membahas cara merawat mobil tua, Anda juga perlu tau bagian mobil mana saja yang sering mogok.

  • Fuel Pump

Pompa bensin yang sudah mati atau lemah karena disebabkan usia banyak terjadi pada mobil-mobil tua. Fuel Pump sendiri berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke karburator, kemudian ke mesin.

Gejala yang ditimbulkan apabila fuel pump bermasalah ditandai dengan lampu indikator injeksi berkedip di panel instrument. Selain itu gejala lainnya, mobil susah dinyalakan bahkan mati mendadak ketika Anda sedang mengendarainya.

  • Timing Belt

Sebelum mencari tahu bagaimana cara merawat mobil yang benar. Bagian berikutnya dari mobil yang sering mogok adalah bagian Timing Belt. Berbeda dengan mobil keluaran baru yang sudah menggunakan timing chain.

Mobil-mobil keluaran lama rata-rata masih menggunakan timing belt. Seiring usia pemakaian, timing belt akan mengalami aus, cirinya terdapat retakan di area pinggir timing belt. Kalau sudah putus, mesin mati mendadak.

  • Sistem radiator

Bagian berikutnya yang sering mogok ialah pendingin mesin atau sistem radiator. Apabila sistem radiator tidak berfungsi dengan baik, mesin dapat mengalami overheat. Dampak terparahnya dari overheat adalah bisa turun mesin jadi pentingnya memahami cara merawat mobil tua.

Hal tersebut disebabkan karena piston yang melengkung dan dapat merusak blok silinder. Maka dari itu, penting untuk selalu mengecek kondisi sistem radiator, terutama pada kendaraan berumur tua.

  • Delco

Perlu diketahui, mobil-mobil tua masih menggunakan platina atau delco. Dan komponen platina ini sangat membutuhkan perhatian lebih, sebab banyak kendaraan tua yang bermasalah pada delco.

Distributor, delco atau platina ini berperan sebagai distribusi (pengarah) tegangan tinggi dari koil ke masing-masing busi. Perlu diketahui apabila delco bermasalah mobil akan terasa brebet.

Beberapa Cara Merawat Mobil Tua

Cara Merawat Mobil Tua

Setelah sebelumnya telah membahas tentang penyakit atau masalah mobil tua serta bagian yang sering mogok. Berikut ini ada beberapa cara mudah merawatnya, antara lain sebagai berikut :

  • Rutin Melakukan Cek Mesin

Cara merawat mobil tua pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pengecekan mesin secara rutin. Agar mesin selalu fit untuk digunakan berkendara, apalagi kendaraan Anda adalah kendaraan tua yang rentan mogok dan rusak tiba-tiba.

Dalam pengecekan ini jangan lupa perhatikan juga komponen-komponen pentingnya. Antara lain seperti piston, ring, karet-karet penyangga serta bagian sistem pengapiannya. Langsung ganti baru apabila ada yang rusak atau mulai melemah.

Tujuannya tentu saja agar kondisi mobil tetap terjaga serta nyaman untuk digunakan. Biasanya komponen-komponen yang diganti memang komponen lama. Yang memang sudah rusak dan itu wajar.

  • Periksa Sistem Pendingin Mesin

Cara merawat mobil tua berikutnya adalah periksalah sistem pendingin mesin. Sebab masalah yang sering kali dialami mobil tua berusia lebih dari 10 tahun adalah pendingin mesinnya.

Sering kali ditemui mobil tua mogok di jalan akibat mesin overheat atau terlalu panas. Untuk mencegah hal tersebut, Anda wajib untuk mengecek sistem pendingin mesin secara rutin.

Lebih bagus lagi apabila dilakukan pergantian total di sektor ini. Misalnya saja mengganti bagian radiator, visco fan, extra fan, selang radiator serta sensor-sensor yang berhubungan dengan sistem pendingin.

  • Gantilah Oli Secara Rutin

Sama halnya seperti kendaraan baru, kendaraan tua juga harus rutin diganti oli, bahkan harus lebih rajin menggantinya. Sebab oli yang tepat mampu membuat kinerja mesin tetap optimal. 

Selain itu juga dengan mengganti oli mesin secara lebih rajin lagi, bisa membuang partikel logam. Serta membuang berbagai macam kotoran yang berpotensi dapat merusak mesin.

  • Cek Kelistrikannya

Cara merawat mobil tua selanjutnya adalah Anda perlu mengecek kelistrikannya. Kelistrikan mobil idealnya mempunyai tegangan 12,3 hingga 14 volt. Kurang atau lebihnya dari angka tersebut, menandakan adanya masalah pada kelistrikannya.

Cek bagian alternator atau akinya yang menjadi penghasil listrik di mobil. Jika alternor lemah, tegangan akan berkurang saat AC serta lampu dinyalakan. Untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah pada kelistrikan.

Anda dapat gunakan voltmeter, cek ke bagian aki saat mobil menyala. Lihat tegangan listrik ketika mobil stasioner dengan beban dan tanpa beban. Cek kelistrikannya secara rutin.

  • Ganti Timing Belt

Cara merawat mobil tua selanjutnya adalah Anda perlu rutin mengganti timing beltnya. Timing belt berfungsi menghubungkan crankshaft serta camshaft agar katup mesin bisa membuka dan menutup di waktu yang tepat.

Timing belt ini dapat putus, apabila putus dapat berpengaruh pada klep atau katup, klep akan menjadi bengkok bahkan rusak. jika hal tersebut sudah terjadi, maka terpaksa harus turun mesin.

  • Ganti Karet-Karet

Tidak hanya oli dan juga timing belt saja yang perlu diganti, namun karet-karetnya juga perlu diganti. Perlu diketahui, dalam sebuah mobil terdapat banyak karet yang perlu secara rutin diganti. 

Hal tersebut karena karet mudah sekali mengalami retak atau getas. Apabila terjadi pada karet wiper, maka sapuan ketika hujan tidak akan sempurna. Maka dari itu penting untuk mengecek dan menggantinya.

  • Bersihkanlah Eksterior dan Interior

Cara merawat mobil tua berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah Bersihkanlah eksterior dan interiornya. Untuk bagian eksteriornya cukup cuci saja dengan cara yang baik dan benar.

Baca Juga : Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik

Tetapi agar tampilan terlihat lebih sempurna, Anda bisa melakukan kompon dan juga wax pada body mobil. Sehingga mobil lebih kinclong, jangan lupa simpan dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Jadi kini, bagi Anda para pemilik mobil tua, tidak perlu bingung lagi bagaimana cara merawatnya. Sebab sudah ada beberapa cara merawat mobil tua yang mudah dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here