Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Awet Seperti Baru

0
71
Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Awet Seperti Baru
Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Awet Seperti Baru

Para pemilik kendaraan roda dua tentunya wajib mengetahui cara merawat mesin motor agar tetap awet. Banyak sekali pemilik kendaraan beroda dua hanya tahu memakainya saja tanpa melakukan perawatan mandiri di rumah.

Baca juga :  Tips Sukses Membuka Usaha Cuci Motor, Dijamin Anti Gagal!

Merawat motor bukan berarti hanya melakukan service ke bengkel secara berkala. Kalian bisa wajib mengetahui cara merawat mesin motor supaya tetap awet sendiri di rumah untuk memperpanjang umur kendaraannya.

Kalian belum tahu bagaimana cara merawat mesin motor dengan baik kita akan memberikan cara-cara dasar bagaimana merawat mesin motor agar tetap awet dan juga panjang umur. Simak kumpulan caranya di bawah ini.

Kumpulan Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Awet

Kumpulan Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Awet
Kumpulan Cara Merawat Mesin Motor agar Tetap Awet

Di Indonesia pengguna sepeda motor memang sudah sangat umum sekali, baik perempuan atau juga lelaki sudah sangat lazim menggunakan kendaraan beroda dua ini. Membuat pasar motor ini mengalahkan kendaraan mobil.

Walaupun begitu, sayangnya kebanyakan masyarakat yang memakai motor tidak mengerti cara merawat mesin motor agar tetap awet. Baik motor baru atau bekas sangat wajib mengetahui cara merawatnya agar bisa memanjangkan umur mesinnya.

Berikut ini kumpulan cara merawat mesin motor agar tetap dalam kondisi yang baik dan awet.

  • Memanaskan Motor dengan Rutin

Memanaskan motor sering sekali diabaikan padahal ini kegiatan yang sangat penting untuk menjaga mesin dalam performa maksimal. Dengan memanaskan mesin oli siap melumasi keseluruhan mesin agar bisa berfungsi dengan baik.

Memanaskannya cukup lima menit hingga sepuluh menit saja, untuk kalian yang memakai motor matic sebaiknya menjalankannya menggunakan kick stater daripada starter elektrik karena akan mengurangi penggunaan baterai motor.

  • Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Untuk cara merawat mesin motor agar tetap awet selanjutnya jangan sampai lupa untuk mengisi bensin. Kebiasaan buruk sebagian besar pengguna motor adalah membiarkan motor menyala sampai kehabisan bensin.

Bensin yang habis saat motornya sedang menyala akan membuat mesin motor menjadi rusak. Apalagi kalian menggunakan motor matic injeksi, agar tidak mengulangi kesalahan perhatikan speedometer bensinnya dan selalu isi bensin sebelum indikator menunjukan E.

  • Ganti oli

Selanjutnya mengganti oli secara berkala, oli diganti setiap melakukan 1000 km tetapi untuk oli gardan atau transmisi motor dilakukan jika sudah melakukan 5000 km. Setelah itu, kalian bisa menuju ke langkah yang selanjutnya.

Acuan kilometer ini diperkirakan diganti dalam waktu 2 sampai dengan 3 bulan sekali, jangan sampai lupa karena mesin motor akan cepat rusak, sering mogok atau mengakibatkan motor kalian harus turun mesin.

  • Perawatan pada Aki

Cara merawat mesin motor agar tetap awet selanjutnya jangan lupakan untuk melakukan perawatan aki. Aki adalah salah satu komponen yang penting jika akinya mati tentu saja mesinnya kehilangan power, lampu cahaya tidak berkurang, dan harus melakukan kick starter untuk yang menggunakan motor matic.

Jadi untuk menghindari hal ini, kalian harus mengganti aki setidaknya 7 sampai dengan 8 bulan sekali.

  • Stabilkan Kecepatan Gasnya

Perlu diperhatikan saat kalian menaikkan kecepatan motor tiba-tiba lalu menurunkan gas juga secara tiba-tiba akan merusak mesinnya. Dengan kecepatan yang tidak stabil ini bukan hanya mesin yang akan rusak tetapi juga vanbelt motornya.

  • Selalu Mengecek Kondisi Vanbelt dan Roller

Sangat penting untuk memeriksa kondisi dari vanbelt terutama bagi kalian pemilik motor matic. Vanbelt terdiri atas bahan karet yang takutnya akan putus ditengah jalan membuat motor berhenti secara tiba-tiba.

Jika sudah seperti ini, untuk cara merawat mesin motor agar tetap awet kalian harus mengganti vanbelt dan menggunakan suku cadang yang original agar kualitasnya terjamin dan umurnya lebih panjang daripada yang KW.

  • Servis Rutin ke Bengkel

Setelah melakukan cara perawatan mandiri, kalian juga harus tetap melakukan servis rutin ke bengkel resmi motornya. Perawatan servis secara berkala ini akan meliputi penggantian oli, membersihkan karburator hingga melakukan setting pada motor.

Service berkala bisa dilakukan selama 3-5 bulan sekali untuk menjaga performance motor yang kalian miliki.

Pentingnya Mengganti Oli secara Berkala dan Cara Melakukannya Sendiri

Pentingnya Mengganti Oli secara Berkala dan Cara Melakukannya Sendiri
Pentingnya Mengganti Oli secara Berkala dan Cara Melakukannya Sendiri

Pemilik sepeda motor sudah tahu oli adalah sesuatu yang penting untuk menjaga kesehatan kondisi dari mesin. Fungsi oli sendiri merupakan sebagai pelumas dan mengurangi gesekan pada komponen agar mesin motor bisa bekerja dengan baik.

Mengganti oli secara berkala adalah salah satu cara merawat mesin motor agar tetap awet dan harus kalian kuasai sendiri. Selain sebagai pelumas, oli juga disebutkan bisa mendinginkan mesin agar tidak cepat panas.

Menghaluskan suara motor agar tidak bising karena dapat meredam getaran dan suara bising dari benturan piston , batang piston dan juga poros engkol. Sangat penting fungsi oli, kalian juga memiliki tugas mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli.

Karena oli yang lama dan sudah hitam tidak akan lagi bisa dimanfaatkan untuk jadi pelumas tetapi hanya akan membuat mesin cepat panas, kotor dan juga rusak. Jadi kalian harus menggantinya perkiraan 2 sampai dengan 3 bulan. Tidak perlu ke tempat servis kalian juga bisa mencoba ganti oli sendiri agar menghemat biaya service.

  1. Pastikan motornya menggunakan standar dua agar lebih seimbang dan tidak jatuh.
  2. Siapkan wadah yang kosong dan tempatkan pada bawah mesin untuk menampung oli yang lama
  3. Bukalah tutup olinya menggunakan kunci shock yang sudah kalian siapkan
  4. Saat olinya keluar biarkan saja hingga semuanya keluar sampai bersih.
  5. Setelah dipastikan semua sudah keluar tutup lubangnya kembali.
  6. Buka tutup oli bagian atasnya lalu pada mobil matic biasanya terletak di bagian atas knalpot.
  7. Masukkan oli sesuai dengan takaran dan kapasitasnya. Jika kalian tidak yakin dengan ukuran pastinya pilihlah oli sesuai dengan jenis motornya biasanya banyaknya oli dalam kemasan tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan motor kalian.
  8. Setelah semuanya dimasukkan langkah selanjutnya menutup lubangnya dan proses selesai.
  9. Panaskan motor hingga 5 sampai 10 menit saja untuk menyebarkan oli ke mesinnya.

Tips Memilih Oli yang Tepat agar Tidak Salah Pilih

Tips Memilih Oli yang Tepat agar Tidak Salah Pilih
Tips Memilih Oli yang Tepat agar Tidak Salah Pilih

Pemilihan oli juga harus diperhatikan karena pemilihan oli yang salah dapat membuat mesin motor kalian menjadi rusak. Ini adalah salah satu cara merawat mesin motor agar tetap awet yang tidak boleh diabaikan.

Berikut ini kriteria memilih oli yang tepat agar tidak salah pilih.

  1. Memastikan oli tersebut original bukan KW. Misalnya jika motor Yamaha gunakanlah oli yang diproduksi resmi oleh Yamaha
  2. Pilih sesuai dengan jenis motor antara manual dan juga matic
  3. Perhatikan kekentalan oli, untuk kode 10W-10 biasanya ditujukan untuk matic sedangkan untuk 15W-50 biasanya digunakan untuk motor selain jenis matic. Ini harus diperhatikan karena akan berdampak pada kondisi mesin.

Setelah tahu cara mengganti dan memilih oli sendiri, kalian sudah bisa melakukan perawatan motor sendiri dan tentunya akan lebih menghemat biaya servis motor setiap tiga bulan sekali dalam hitungan minimal.

Antara Perawatan Motor Matic dan Motor Manual Mana yang Lebih Mudah

Antara Perawatan Motor Matic dan Motor Manual Mana yang Lebih Mudah
Antara Perawatan Motor Matic dan Motor Manual Mana yang Lebih Mudah

Motor matic saat ini semakin populer dan banyak sekali dipilih oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan desain dan teknologi yang ditampilkan terus berkembang dan sangat mudah untuk dioperasikan.

Terlebih lagi saat ini banyak sekali motor matic yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi jadi penggunaan bahan bakarnya menjadi lebih hemat dibandingkan dengan jenis motor biasanya.

Tetapi perlu diketahui cara merawat mesin motor agar tetap awet untuk matic dan manual itu sangat berbeda. Perawatan matic lebih rumit dibandingkan dengan manual, apalagi matic yang sudah rusak cukup sulit untuk diperbaiki.

Atau biasanya jika sudah selesai diperbaiki, kerusakan akan terus merembet ke bagian-bagian lainnya. masalah lain diperparah sparepart untuk matic terbilang masih terbatas sehingga biaya perbaikannya bisa sangat mahal.

Berbeda dengan motor manual cara merawat mesin motor agar tetap awet lebih mudah dan apabila mengalami kerusakan akan diperbaiki pada bagian yang rusak saja dan tidak akan merembet pada bagian-bagian lainnya.

Untuk kalian pengguna motor matic lebih baik untuk lebih memperhatikan cara perawatan motor agar tetap awet agar mesin terawat sebelum ada masalah pada mesinnya. Simak penjelasan cara merawat motor tua di bawah ini.

Mempunyai Motor Tua di Rumah, Jangan Sembarangan Merawatnya

Mempunyai Motor Tua di Rumah, Jangan Sembarangan Merawatnya
Mempunyai Motor Tua di Rumah, Jangan Sembarangan Merawatnya

Punya motor tua di rumah, jangan sembarangan merawatnya karena kalian harus tahu perlakuan perawatannya akan berbeda dengan motor keluaran terbaru baik matic atau manual.

Komponen yang ada pada motor tersebut tentu saja sudah termakan usia dan penggunaan teknologinya sudah jauh berbeda dengan yang saat ini sehingga harus diberikan perhatian khusus.

Cara merawat mesin motor agar tetap awet sangat diperhatikan. Maka dari itu, kita telah membuat beberapa rangkumannya yang bisa kalian simak. Untuk itu, berikut ini cara yang bisa kalian lakukan.

  • Perhatikan Intensitas Pemakaiannya

Dalam pemakaiannya, motor yang sudah tua berbeda dengan motor terbaru. Komponennya sudah tua dan harus dipakai dengan hati-hati. Jangan memaksa motor untuk menempuh jarak jauh karena dikhawatirkan komponen-komponennya sudah terlalu tua untuk melakukan itu.

  • Rajin Mengecek Oli

Cara merawat mesin motor agar tetap awet selanjutnya adalah jangan lupa untuk selalu mengecek oli sebagai pelumas mesin, karena motor tua kebanyakan belum memakai sistem pendingin jadi pergantian oli dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. 

  • Rutin untuk Memanaskan Mesin

Seperti perawatan motor matic, motor tua juga harus dipanaskan setiap harinya agar tidak menimbulkan kemacetan mesin atau mogok. Jika terlalu sering membiarkan mesinnya tidak panas, sangat mungkin untuk terjadi kerusakan.

  • Kuras

Jika kalian tidak akan menggunakan motor tersebut lagi dan akan menyimpannya dalam jangka waktu yang lama sebaiknya lakukan pengurasan yang berhubungan dengan cairan di dalam mesinnya.

Baca juga : Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah

Sangat penting untuk merawat barang yang sudah kalian miliki terutama kendaraan roda dua. Baik motor matic, motor manual dan motor tua wajib untuk tahu cara merawat mesin motor agar tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here