Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala

0
63
Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala
Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala

Penasaran bagaimana merawat lampu kabin mobil beserta serba-serbinya? Lampu interior mobil umumnya hanya terdiri dari lampu kabin saja di mana lampu ini berguna untuk pencahayaan ruangan di dalam mobil.

Baca juga: Motor Listrik Anubis dan Segala Inovasinya

Biasanya orang-orang akan menyalakan lampu kabin ketika memang membutuhkan sumber cahaya di malam hari misalnya mencari barang di dalam ransel atau mencari sesuatu yang tidak sengaja terjatuh di dalam mobil dan lain-lain.

Seperti yang diketahui bahwa mobil merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan terutama ketika ingin melakukan perjalanan jauh. Jika dulunya orang-orang akan bepergian dengan menunggangi hewan maka kini di era modern alat transportasi sudah variatif.

Mobil adalah kendaraan beroda empat dengan bahan bakar bensin dan solar bahkan memiliki bentuk serta fasilitas yang berbeda-beda namun memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi dari panas serta hujan bagi para penggunanya.

Selain memiliki fungsi yang sama, semua mobil pasti memiliki lampu kabin sehingga banyak orang mencari tahu bagaimana merawat lampu kabin mobil agar tetap dalam kondisi baik atau prima.

Tenang saja karena pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai lampu kabin mobil yang tidak hanya sebatas aksesoris saja namun juga memiliki beberapa fungsi serta kita akan mengulas bagaimana cara merawatnya.

Seputar Lampu Kabin dan Cara Kerjanya

Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala_Seputar Lampu Kabin dan Cara Kerjanya
Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala_Seputar Lampu Kabin dan Cara Kerjanya

Seperti pembahasan di atas di mana lampu LED interior mobil bawaan adalah lampu kabin saja yang tentu sangat aman dan tersedia dalam plafon mobil. Tujuan dari lampu tersebut adalah menerangi bagian interior supaya kita bisa mengecek kondisi di dalamnya.

Lazimnya, Lampu ini akan dinyalakan ketika orang-orang yang berada di dalam mobil ini mencari sesuatu atau barang yang terjatuh dan banyak lainnya namun tidak disarankan dinyalakan secara terus-menerus ketika mobil sedang melaju.

Meskipun penggunaannya tidak begitu sering Namun kita juga perlu merawat lampu kabin mobil agar tetap dalam kondisi baik. Perlu diketahui pula bahwa lampu kabin ini termuat dalam tiga mode saklar lampu interior di mana mode tersebut bisa menentukan performa.

Pertama ada mode off, di mana dalam mode ini kondisi lampu interior atau lampu kabin tidak menyala atau dalam keadaan off sesuai dengan namanya sehingga kita tidak akan memperoleh sumber cahaya penerangan di dalam mobil. 

Kita memang lebih sering menggunakan mode ini karena ketika di dalam mobil kita pun tidak memerlukan begitu banyak sumber cahaya lampu misalnya ketika bepergian di siang hari di mana cahaya mentari sudah mampu menyuplai penerangan.

Kemudian ada mode on, di mana dalam mode ini maka lampu interior bisa dinyalakan sebagai sumber cahaya. Sehingga ketika kita merawat lampu kabin mobil dengan baik maka nyala yang didapatkan juga semakin maksimal.

Dalam mode ini maka cahaya lampu bisa terus hidup sampai kita mematikannya secara manual yaitu mengubah mode on menjadi mode out seperti lampu-lampu pada umumnya selain lampu kabin.

Selain mode on dan off, umumnya lampu interior di dalam mobil juga memiliki mode door di mana mode ini bisa menyala secara otomatis ketika kita membuka pintu sehingga suplai penerangan tersebut sangat membantu.

Tujuannya agar kita keluar mobil dengan lebih mudah karena adanya penerangan sehingga lebih aman dan tidak terjatuh. Kita pun bisa menyalakan lampu kabin dengan mode ini agar memudahkan aktivitas dan lampu akan mati ketika pintu ditutup.

Penting sekali merawat lampu kabin mobil dalam keadaan yang baik agar nantinya mode door bisa digunakan. Selain membantu kita untuk lebih aman saat turun dari mobil maka mode ini juga berguna untuk mengetahui kondisi pintu.

Nantinya akan terlihat sangat jelas Apakah pintu sudah tertutup dengan rapat atau belum karena jika sudah tertutup rapat tentu secara otomatis lampu kabin akan mati dan ketika belum rapat, lampu kabin akan tetap menyala.

Hampir sebagian besar mobil sudah memiliki ketiga mode di atas, di mana beberapa orang memang lebih nyaman menggunakan mode door di mana saklar dalam mode ini secara otomatis menyalakan dan mematikan lampu sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Merawat Lampu Kabin Mobil?

Meskipun tidak sekrusial bagian lainnya namun Setiap orang pasti menginginkan lampu kabin tersebut tetap menyala dan dalam kondisi baik. Kita pun menginginkan komponen kendaraan tersebut awet dan tahan lama untuk mendapatkan manfaatnya.

Untuk itu, kita juga perlu mempelajari dan memperhatikan Bagaimana cara perawatan lampu interior tersebut agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Cara merawatnya pun sebenarnya juga simpel bahkan cenderung sangat mudah dilakukan yaitu:

  • Menjaganya Dari Air

Sangat simpel karena hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat lampu kabin mobil adalah dengan menjaganya dari air ataupun cairan-cairan lainnya yang bersinggungan langsung dengan bagian lampu kabin.

Hal ini dikarenakan Lampu merupakan barang elektronik yang terkoneksi dengan listrik sehingga tidak heran jika sebaiknya kita menjaganya dari berbagai benda cair yang bisa menimbulkan korsleting

  • Tidak Membiarkan Nyala Secara Terus-menerus

Pastikan pula kita tidak membiarkan lampu interior yang satu ini menyala secara terus-menerus. Tak hanya berkaitan dengan penghematan namun juga demi keawetan lampu kabin itu sendiri.

Merawat lampu kabin mobil sangat mudah namun sering terlewat mudah disepelekan bahkan ketika lampu ini menyala secara terus-menerus, maka aki bisa lebih boros dan tentu tidak efisien.

Jadi sebagai pengguna mobil sebaiknya kita tidak membiarkan lampu ini menyala terus-menerus karena sangat mempengaruhi kekuatan aki. Ketika aki cepat habis tentu saja akan berdampak buruk pada keseluruhan komponen mobil.

  • Sesuaikan Dengan Daya

Pastikan pula selalu menyesuaikan daya kendaraan dengan listrik yang dibutuhkan karena ketidaksesuaian daya bisa menimbulkan korsleting bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lain.

Jadi sebelum memilih mengganti lampu kabin mobil maka ketahui dulu kebutuhan supaya listriknya karena jika terdapat ketidakcocokan tentu saja akan memicu kerusakan.

Menyalakan Lampu Kabin Secara Terus-menerus Ternyata Berbahaya?

Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala_Menyalakan Lampu Kabin Secara Terus-menerus Ternyata Berbahaya?
Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala_Menyalakan Lampu Kabin Secara Terus-menerus Ternyata Berbahaya?

Selain perlu mengetahui bagaimana cara merawat lampu kabin mobil dengan benar maka kita juga perlu memahami bahwa menyalakan lampu kabin secara terus-menerus ternyata sangat berbahaya.

Memang penerangan mobil tidak hanya disematkan pada bagian luarnya saja namun bagian dalam juga ada lampu kabin yang bisa dipakai untuk penerangan. Namun bukan berarti kita bisa menyalakannya secara terus-menerus seperti bagian luar.

Terutama ketika kita melakukan perjalanan di malam hari di mana menyalakan lampu kabin akan mempengaruhi keselamatan mengemudi. Lampu kabin yang menyala bisa memantul melalui permukaan interior dan mata akan berfokus pada area cabin daripada ke depan.

Selain disarankan untuk tidak menyalakan lampu kabin secara terus-menerus untuk merawat lampu kabin mobil tersebut, tujuan lainnya adalah demi keselamatan para pengemudi. Pantulan lampu tersebut akan mengakibatkan kita kurang fokus.

Hal ini karena di malam hari pupil mata akan berubah ukurannya menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk dan ketika lampu interior dihidupkan maka pupil akan mengecil sehingga intensitas cahaya yang masuk lebih sedikit.

Secara bersamaan, hal ini membuat kondisi di luar akan sangat gelap sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh mata. Sehingga demi keselamatan sebaiknya kita selalu mematikan lampu kabin ketika sedang menyetir di malam hari.

Menyalakan Lampu Kabin Memicu Kecelakaan Pengguna Jalan Lain

Seperti pembahasan di atas di mana Kita perlu merawat lampu kabin mobil agar lebih awet dan tahan lama bahkan disarankan untuk tidak menyalakannya secara terus-menerus demi menjaga kondisi tetap prima.

Bahkan ternyata ketika menyalakan bagian tersebut secara terus-menerus maka sangat berbahaya untuk kita yang sedang menyetir di malam hari karena cahaya di bagian luar akan terlihat lebih gelap.

Selain itu ternyata juga akan memicu kecelakaan bagi pengguna jalan lainnya karena pancaran dari lampu kabin yang menyala membuat pengemudi hanya terfokus ke arah depan sehingga ketika melihat ada mobil yang melaju berlawanan konsentrasi bisa terpecah.

Pada intinya, mata kita akan tertuju pada objek yang terang yaitu pada lampu kabin yang sedang menyala dibanding bagian depan sehingga hal ini menyebabkan atau memperbesar potensi kecelakaan terjadi.

Tidak hanya memicu kecelakaan tunggal namun jika kurang berhati-hati bisa saja pengguna jalan lainnya mendapatkan imbas dari hal tersebut. Tentu hal ini sangat merugikan banyak pihak.

Baca juga: Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu dalam Keadaan Prima

Sehingga tidak hanya perlu mengetahui bagaimana cara merawat lampu kabin mobil maka ketahui dulu fungsi dan hal yang tidak boleh dilakukan demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here