Cara Merawat Kabin Mobil Agar Terbebas dari Kuman dan Virus

0
741
Merawat Kabin Mobil - Cara Merawat mobil

Sebagai pemilik kendaraan, Anda wajib tahu bagaimana cara merawat kabin mobil. Sebab, kabin mobil yang terlalu berdebu dapat membuat penyumbatan di bagian AC mobil. Selain itu, kabin mobil yang terlalu kotor juga menyebabkan banyaknya kuman dan virus.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu!

Sehingga, Anda harus segera membersihkan kabin mobil dari kuman, virus, serta bakteri. Ada beberapa cara untuk melakukan perawatan pada bagian kabin mobil. Anda dapat melakukan perawatan secara mandiri di rumah.

Namun, Anda juga disarankan untuk melakukan perawatan di bagian kabin mobil ke bengkel spesialis terdekat. Sebab, montir bengkel terpercaya akan memberikan pelayanan maksimal agar kabin mobil kembali bersih dan nyaman.

Sehingga, sirkulasi suhu udara di dalam mobil semakin sejuk dan nyaman. Selain itu, bakteri, virus, serta kuman di dalam kabin mobil akan semakin berkurang. Memang, pihak bengkel mobil akan melakukan perawatan yang berbeda untuk membersihkan kabin mobil.

Proses pembersihannya juga cukup cepat dan efektif. Namun, biaya untuk melakukan perawatan kabin mobil ini juga tidak murah. Maka dari itu, pemilik kendaraan diwajibkan melakukan pembersihan di bagian kabin mobil secara berkala, setidaknya 2 kali dalam 1 bulan.

Pentingnya Mengetahui Bagaimana Cara Merawat Kabin Mobil

Merawat Kabin Mobil - Cara Merawat mobil

Memang, pemilik kendaraan ini tidak hanya mengetahui bagaimana cara merawat mesin mobil saja. Melainkan juga harus tahu bagaimana cara merawat bagian kabin mobil. Karena, kabin mobil ini membuat Anda betah dan nyaman ketika berkendara.

Selain itu, kebersihan pada kabin mobil juga membuat penumpang tidak merasa was-was karena adanya kuman, bakteri, dan virus yang menyebabkan penyakit tertentu. Terlebih, adanya ancaman virus corona yang membuat pemilik ketar-ketir untuk menjaga kebersihan kabin.

Jadi dapat dipastikan jika kebersihan kabin ini wajib diketahui oleh semua pemilik kendaraan roda empat. Akan tetapi, masih banyak pemilik mobil yang abai dengan menjaga kebersihan kabin mobil ini. 

Sehingga, kabin mobil pengendara yang abai terhadap kebersihan ini terkadang memunculkan bau tidak sedang. Munculnya bau tidak sedap ini disebabkan karena banyaknya sampah yang berserakan pada sudut-sudut kabin mobil. 

Selain itu, kebiasan merokok di dalam mobil juga menyebabkan munculnya bau tidak sedap. Sebab asap rokok ini membuat kabin mobil mengeluarkan bau tidak sedang. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk tidak merokok dalam kabin mobil.

Jadi, mempelajari cara merawat kabin mobil ini memiliki peranan sangat penting. Anda dapat merawat kabin mobil secara mandiri. Hal ini tentu saja lebih menghemat pengeluaran untuk perawatan mobil. Selain itu, Anda juga dapat membawa kendaraan ke bengkel terdekat.

Sebab, perawatan kabin mobil melalui bengkel terpercaya ini dapat menghilangkan bau busuk, virus, kuman, dan bakteri dengan efektif. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan ini dapat memutuskan untuk merawat kabin mobil secara mandiri atau membawa ke bengkel mobil terpercaya.

Tutorial Cara Merawat Kabin Mobil Secara Mandiri

Merawat Kabin Mobil - Cara Merawat mobil

Bagi Anda yang memutuskan untuk melakukan perawatan secara mandiri di bagian kabin mobil, maka ketahui langkah-langkahnya terlebih dahulu. Sebab, banyak pemilik kendaraan melakukan kesalahan fatal ketika membersihkan bagian kabin mobil.

Langkah pertama, segera lakukan pengecekan beberapa bagian sudut dari kabin kendaraan Anda. Silahkan Anda membuang semua kotoran atau sampah yang berserakan di beberapa bagian sudut kabin.

Cara merawat kabin mobil yang kedua, gunakan sapu kecil untuk membersihkan sisa-sisa sampah yang menempel pada bagian kabin. Setelah itu, lepaskan karpet mobil. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot seluruh debu yang terdapat pada lantai kendaraan.

Setelah itu, gunakan air bersih untuk mencuci bagian kabin mobil. Pastikan air tersebut tidak sampai membasahi komponen mesin. Jangan lupa gunakan sabun agar kabin mobil kembali wangi. Setelah itu, gunakan air bersih kembali untuk membilas bagian lantai mobil.

Dan langkah ketiga, pasang kembali karpet mobil seperti semula. Kemudian, tempatkan parfum mobil di bagian blower AC mobil. Selain itu, Anda dapat menempatkan bubuk kopi di sudut-sudut kabin kendaraan. Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan bau busuk di bagian kabin mobil.

Kemudian, hidupkan mobil beserta AC kendaraan agar suhu kabin mobil kembali normal. Setelah itu, tempatkan mobil di tempat yang rindang. Tujuannya agar tidak adanya virus, bakteri, hingga kuman yang masuk ke dalam kabin kendaraan. 

Cara Merawat Kabin Mobil Melalui Bengkel Mobil Terpercaya

Merawat Kabin Mobil - Cara Merawat mobil

Apabila Anda tidak mau ribet untuk membersihkan kabin mobil, maka pemilik kendaraan bisa membawa kendaraan ke bengkel terdekat. Sebab, pihak bengkel akan memberikan treatment untuk menghilangkan debu, kotoran, hingga bau tidak sedap pada bagian kabin mobil.

Tercatat, ada dua layanan yang disediakan oleh pihak bengkel mobil terpercaya. Cara pertama yakni menggunakan fogging. Cara ini dikenal ampuh dan efektif untuk menghilangkan seluruh kuman, bakteri, dan virus yang terdapat pada kabin mobil.

Selain itu, fogging juga dapat menghilangkan bau-bau tidak sedap yang ada di dalam kabin mobil Anda. Cara melakukan fogging di bagian kabin mobil ini cukup mudah. Montir akan memasukkan cairan khusus ke dalam alat fogging.

Kemudian, montir akan melakukan pengasapan pada mobil secara menyeluruh. Kemudian, montir akan menutup pintu hingga asap fogging menyebar ke seluruh bagian kabin kendaraan Anda. Jika proses fogging telah selesai, maka pintu mobil akan dibuka kembali untuk menghilangkan asap.

Cara merawat kabin mobil melalui bengkel terpercaya yang kedua ini menggunakan treatment ozone. Treatment ozone memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan fogging, yakni sama-sama berfungsi untuk membersihkan kabin dari bakteri, kuman, dan virus.

Selain itu, menggunakan gelembung ozone ini juga mampu menghilangkan bau tidak sedap yang ada pada kabin mobil Anda. Cara menggunakan metode ozone ini dirasa lebih mudah. Sebab, montir hanya perlu meletakkan alat ozone di dalam kabin mobil.

Setelah itu, alat ini akan bekerja dengan membersihkan seluruh kabin kendaraan. Dalam jangka waktu tertentu, alat ini akan berhenti berfungsi. Itu artinya, kabin telah bersih dan pemilik dapat kembali menggunakan mobil kesayangannya untuk berkendara.

Tips Jitu agar Kabin Mobil Tetap Wangi dan Bersih

Merawat Kabin Mobil - Cara Merawat mobil

Setelah mempelajari cara merawat kabin mobil, maka Anda juga harus mengetahui beberapa tips jitu agar kabin tetap wangi dan bersih. Sebab, masih banyak pemilik kendaraan yang berperilaku buruk ketika berkendara. 

Akibatnya, perilaku buruk tersebut dapat menyebabkan kabin mobil mengeluarkan bau tidak sedap hingga menjadi sarang penyakit. Guna mencegah hal tersebut, maka ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui.

Tips pertama, jangan pernah membuang kotoran berupa kulit buah-buahan atau bungkus snack di dalam mobil. Sebab, adanya sampah ini dapat memunculkan bau tidak sedap pada kabin mobil Anda.

Tips kedua, jangan pernah merokok ketika di dalam mobil. Terlebih ketikaa AC mobil dalam keadaan menyala. Kebiasaan tersebut dapat membuat kerusakan pada komponen AC mobil. Selain itu, merokok juga dapat memunculkan bau tidak sedap.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara merawat kabin mobil agar bau tidak sedap dapat dihilangkan segera. Tips yang ketiga, ketahui bengkel mobil terpercaya yang menyediakan layanan fogging dan ozone. 

Sebab, tidak semua bengkel mobil menyediakan layanan fogging dan ozone kabin kendaraan. Setelah itu, ketahui juga berapa biaya layanan fogging atau ozone kabin mobil. Tips ini dikhususkan bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk merawat mobil secara berkala.

Perkiraan Biaya Merawat Kabin Mobil di Bengkel Terpercaya

Memang, Anda lebih disarankan untuk menggunakan cara merawat kabin mobil di bengkel spesialis. Sebab, proses pembersihan kabin mobil melalui bengkel terpercaya ini lebih praktis dan tidak berisiko merusak komponen kendaraan.

Akan tetapi, Anda wajib tahu berapa besar perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk merawat kabin kendaraan. Umumnya, harga fogging dan ozone ini tergantung dengan jenis mobil. Rata-rata, harga satu sesi fogging ini berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 350.000.

Sedangkan untuk harga ozone ini berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 400.000. Meskipun terbilang cukup mahal, namun fogging dan ozone ini diyakini sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap, kuman, virus, serta bakteri di dalam kabin mobil Anda.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Matic Agar Awet Bertahun-tahun

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda wajib tahu bagaimana cara merawat mobil. Sebab, merawat mobil tidak hanya pada bagian mesin dan eksterior saja. Melainkan juga harus membersihkan bagian kabin mobil. Sebagai pemilik, Anda wajib tahu cara merawat kabin mobil di bengkel terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here