5 Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru Paling Ampuh

0
169
Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru harus diketahui apalagi setelah membeli mobil. Pemilik mobil di Indonesia kebanyakan masih awam terhadap cara melakukan perawatan cat asli sehingga cepat rusak.

Cat pada mobil menjadi bagian paling luar yang bisa dilihat oleh semua orang ketika digunakan di jalan raya. Sebagai pengguna mobil, pasti Anda ingin mempertahankan kualitas cat seperti baru.

Keinginan seseorang memiliki mobil tampak seperti baru terus harus diimbangi dengan usaha menjaga cat asli. Jangan sampai penampilan mobil Anda tidak menarik hanya dikarenakan cat yang mulai rusak terkikis.

Baca Juga : Berikut adalah Cara Bikin Awet Membuat Shockbreaker Motor

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru dibutuhkan untuk menjaga warna dalam waktu lama. Jika cat mobil rusak, biaya untuk mengecat ulang cukup tinggi dan harga jualnya akan turun.

Anda seharusnya tidak mengalami hal serupa jika ingin menjaga mobil selalu mengkilap hanya dari segi cat. Perawatan mobil tidak hanya mengganti oli, mengecek mesin, dll, namun penting mengetahui keadaan cat.

Ingin menjaga cat agar mobil tetap tampil seperti baru beli dari dealer? Tenang saja karena kami sudah merangkum seluruh caranya. Di bawah ini adalah cara ampuh menjaga cat pada mobil.

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru 

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru

Rahasia perawatan mobil agar warnanya terjaga dengan baik harus dipahami oleh pengguna. Langsung saja mengintip cara lengkap dalam merawat warna mobil supaya tahan lama dan selalu terlihat mengkilap.

1. Pilih Tempat Teduh untuk Mobil

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru yang pertama, pengguna harus memilih tempat teduh. Usahakan menghindar tempat parkir langsung di bawah terik matahari, sebab berpotensi cepat merusak cat mobil.

Walaupun setiap mobil yang memiliki cat asli terjamin kualitasnya, gunakan tempat teduh untuk parkir. Jika sinar matahari terkena mobil secara terus menerus bisa membuat warna memudar dalam jangka waktu dekat.

Bila terpaksa memarkir mobil di bawah terik sinar matahari, disarankan memakai sarung penutup. Sarung untuk menutup mobil bisa melindungi cat agar tidak terkena sinar matahari, debu, hingga goresan benda tajam.

2. Bilas Body Mobil Setelah Kehujanan

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru pengguna harus membilas bagian body luar setelah kehujanan. Bagi yang belum tahu, air hujan memiliki sifat korosif sehingga bisa menciptakan lapisan jamur.

Apabila mobil terkena air hujan tidak segera dibersihkan, risikonya bisa memudarkan cat asli. Bahkan bagian mesin bisa berkarat akibat pengguna mobil tidak segera membilas body kendaraan roda empat sehabis kehujanan. 

3. Memilih Sabun Khusus Cuci Mobil 

Mencuci mobil harus menggunakan sabun khusus agar tidak merusak cat asli wajib diperhatikan oleh setiap pengguna. Pemilihan sabun khusus untuk mencuci mobil bertujuan agar cat tidak terkelupas selama dibersihkan.

Jangan asal menggunakan sabun yang ada di pasaran, Anda harus mencari pemakaian khusus bagi mobil. Pastikan kandungan sabun yang khusus untuk cuci mobil aman demi melindungi warna dalam waktu lama.

4. Memilih Kain Halus

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru, Anda harus menggunakan kain halus setiap kali membersihkan body. Kain yang halus membuat body cat mobil terhindar dari lecet selama dibersihkan sehari-hari.

Anda wajib membersihkan mobil dengan kain halus agar kondisi cat tetap terjaga awet dalam waktu lama. Jangan memilih kain yang memiliki tekstur kasar supaya cat mobil tidak cepat rusak.

5. Memasang Proteksi Cat

Sebagai pengguna kendaraan roda empat, disarankan untuk memasang proteksi cat supaya awet terus. Proteksi cat mobil umumnya bernama PPF (Paint Protection Film) yang dapat dipasang lewat bengkel terpercaya terdekat.

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru ini sangat ampuh untuk menjaga kualitas warna. Lapisan PPF mobil mampu menjaga cat tetap aman meskipun terkena goresan benda tajam atau debu.

Walaupun Anda harus merogoh kocek untuk memasang proteksi PPF, namun mobil Anda bisa terjaga kualitas catnya dalam jangka panjang. Pengguna mobil cukup mengeluarkan uang di awal tanpa mengalami kerugian.

Ada cara lain untuk menjaga warna mobil terlihat mengkilap dan tahan lama yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah cara mudah merawat warna mobil asli seperti baru dibeli.

Tips Menjaga Warna Mobil Tetap Awet

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru selanjutnya belum selesai sampai di sini saja. Anda harus mengetahui tips lain untuk menjaga warna kendaraan roda empat pribadi awet dan bagus.

Tips menjaga cat mobil bisa dengan mencuci dengan menggunakan metode tepat. Kami sarankan tidak terlalu sering mencuci mobil karena air bisa memberikan efek korosi pada bagian body mobil.

Anda hanya perlu membilas dengan air apabila mobil tidak terlalu kotor, namun saat mencuci harus pakai metode tepat. Ketika Anda ingin menjaga cat mobil agar terus terawat, disarankan mencuci teratur.

Semua kotoran debu yang menempel di body mobil harus dibersihkan secara maksimal tanpa ada sisa. Kotoran debu menempel di cat mobil jika tidak dihilangkan akan menimbulkan penumpukkan jamur berbahaya.

Dengan cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru, jamur yang menempel di body dijamin hilang. Alhasil Anda akan terhindar dari risiko memiliki cat mobil yang pudar karena sudah membersihkannya.

Tips selanjutnya dalam merawat cat kendaraan roda empat sebaiknya mencuci waktu sore atau malam hari. Hindari mencuci di bawah terik sinar matahari karena ada kandungan ultraviolet yang bikin cat rusak.

Langsung keringkan mobil sehabis proses pencucian selesai demi menjaga kualitas cat tanpa memudar. Hal ini membuat Anda bisa menggunakan mobil dalam waktu lama tetap keren dan terlihat seperti baru.

Keuntungan Menjaga Cat Mobil Masih Orisinil

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru

Perawatan terhadap kondisi mobil yang memiliki cat orisinil menawarkan berbagai keuntungan kepada pemilik. Anda tidak boleh meremehkan proses merawat kendaraan roda empat demi menjaga cat terhindar dari kerusakan.

Setelah Anda menerapkan cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru, keuntungan pertama adalah tidak perlu mengecat ulang. Walaupun setiap mobil berisiko tergores debu atau benda tajam tanpa disadari pemilik.

Namun ketika sudah merawat mobil dengan benar, dijamin tidak ada goresan yang membuat kualitas cat tetap terjaga. Tampilan cat mobil yang dirawat secara baik akan terlihat seperti baru karena bersih.

Selain bersih, mobil memiliki tampilan mengkilap akibat cat yang selalu dirawat setiap hari. Pemilik bisa menggunakan mobil keren walaupun umur pembelian sudah lama tidak berpengaruh terhadap tampilan fisik.

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru memberikan keuntungan lain yaitu harga jualnya tinggi. Ketika Anda membeli mobil bekas, pasti selalu memperhatikan cat masih orisinil atau sudah dicat ulang.

Warna orisinil menandakan bahwa mobil belum pernah dicat ulang, sehingga harga jualnya tetap tinggi. Apalagi ada perbedaan signifikan antara cat mobil orisinil dengan buatan bengkel non resmi dapat dilihat jelas.

Usahakan ketika memiliki mobil selalu menjaga kualitas cat supaya terhindar dari bekas repaint atau pengecatan ulang. Inilah beberapa penyebab cat mobil cepat memudar yang wajib Anda ketahui mulai sejak dini.

Penyebab Warna Mobil Cepat Pudar

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Seperti Baru

Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru perlu dilakukan setiap saat bagi setiap pengguna kendaraan roda empat. Namun Anda harus paham berbagai penyebab warna mobil cepat pudar.

Hal pertama yang bikin warna body mobil cepat memudar disebabkan oleh debu. Mobil yang dipakai sehari-hari atau hanya diparkir dijamin selalu terkena debu karena berasal dari polusi udara.

Debu terus menumpuk pada bagian body mobil bikin cat cepat luntur dan berubah warna. Alhasil perlu dibersihkan dengan cara mencuci mobil pakai air dan sabun khusus supaya kotoran menghilang.

Setelah paham cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru, penyebab warna memudar biasanya dari air. Semakin sering mobil terkena air, otomatis akan berbahaya bagi body terluar mengakibatkan karat.

Getah tanaman juga menjadi penyebab warna mobil cepat pudar apabila tidak segera Anda bersihkan. Umumnya getah tanaman menempel ketika Anda menaruh mobil di bawah pohon, lebih baik hindari hal tersebut.

Terakhir ada kotoran hewan yang mengakibatkan cat mobil terlihat kotor dan semakin memudar sepanjang waktu. Kotoran dari hewan seperti tikus, burung, semut, serangga, dan lainnya bisa mengakibatkan cat mobil memudar.

Baca Juga : Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli

Pastikan selalu menjaga mobil dalam keadaan bersih sepanjang digunakan agar terlihat mengkilap. Cara merawat cat mobil agar tetap seperti baru terbukti ampuh bisa menjaga kualitas warna body kendaraan roda empat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here