Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus dan Awet

0
286
Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus dan Awet
Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus dan Awet

Cara merawat body mobil agar tetap mulus sebenarnya cukup mudah, hanya saja banyak orang lalai akan hal ini, sehingga membuat kondisi mobil semakin tidak terurus. Memang dalam merawat mobil, menjaga kondisi mesin tetap prima dan optimal merupakan yang utama.

Baca juga : Aplikasi Rental Mobil Terpercaya Hadirkan Harga Murah

Tetapi jika kondisi mesin sudah terawat dengan, tentu urusan body mobil juga tidak boleh dihiraukan. Apalagi jika mobil tersebut dalam kondisi baru dan memiliki tampilan body yang masih sangat baik. 

Kalian juga tidak perlu melakukan perawatan mahal, karena dengan bahan-bahan sederhana dan terjangkau, sudah cukup untuk membuat body mobil tetap terawat. Asalkan perawatan dilakukan secara rutin, pasti membuat mobil kesayangan semakin mewah dan elegan. 

Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus

Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus
Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus

Umumnya p mobil tidak terawat karena orang-orang sering mengabaikan hal-hal sederhana yang menyebabkan body mobil cepat rusak. Menjaga body tetap mulus dan kinclong akan menambah keindahan tampilan mobil tersebut. 

Langkah-langkah merawat body mobil agar tetap mulus sebenarnya tidak sulit, asalkan cara merawat body mobil agar tetap mulus kalian terapkan dengan baik. Mobil kesayangan akan tetap awet dan tampilannya seperti baru jika body diperhatikan dengan baik. 

Padahal jika cara merawat body di bawah ini kalian terapkan dengan baik, pasti kondisi body mobil tetap mengkilap dan mulus. Di bawah ini adalah cara merawatnya yang bisa kalian tiru dan praktikkan.

  • Hindari Parkir di Bawah Matahari Terlalu Lama

Salah satu tips dalam cara merawat body mobil agar tetap mulus adalah usahakan untuk tidak parkir di bawah terik matahari terlalu lama, karena panas matahari tidak baik untuk cat mobil tersebut. Terlalu lama menjemur mobil di bawah matahari dapat membuat kualitas coating cat menurun. 

Terlalu sering terpapar sinar matahari membuat cat mobil akan cepat kusam, jadi hal ini sebaiknya kalian perhatikan. Ketika akan parkir untuk durasi yang lama, lebih baik parkir mobil di tempat teduh, terhindar dari sinar matahari langsung. 

  • Rajin Cuci Mobil Jika Terkena Hujan

Cara merawat body mobil agar tetap mulus yang juga perlu dilakukan secara rutin adalah usahakan rajin cuci mobil tersebut, terutama setelah terkena hujan. Karena kandungan asam pada air hujan dapat membuat cat mobil semakin menurun kualitasnya.

Bahkan jika air hujan tersebut dibiarkan mengering begitu saja pada body mobil, dapat mengakibatkan timbulnya jamur pada permukaan cat. Jika belum sempat mencuci mobil, lebih baik lap air hujan tersebut menggunakan kanebo agar tidak langsung merusak cat. 

  • Gunakan Cairan Pembersih Khusus Mobil

Ketika ingin mencuci mobil tidak boleh dilakukan sembarangan, karena mencuci dengan cara yang salah akan mengakibatkan kualitas cat mobil menurun. Cara merawat body mobil agar tetap mulus adalah usahakan menggunakan cairan pembersih khusus ketika mencuci mobil.

Hindari menggunakan detergen atau sampo ketika mencuci mobil, karena kandungan kimia pada deterjen tersebut juga dapat memperburuk kondisi cat. Pastikan juga kalian tidak menggosok mobil terlalu kasar agar tidak merusak cat dan body mobil tersebut. 

  • Lakukan Proses Car Care secara Berkala

Cara merawat body mobil agar tetap mulus yang juga perlu dilakukan adalah menerapkan proses car care secara berkala. Car care ini tidak perlu terlalu sering, melainkan cukup setahun sekali saja. Karena car care di tempat auto detailing akan membuat kondisi cat body lebih terjaga. 

Car care memastikan jamur pada body mobil dapat dihindarkan, serta meningkatkan kualitas cat mobil tersebut. Meski rutin dicuci dan dirawat dengan baik, Car care ini masih diperlukan, karena pasti ada bagian pada body yang tidak dibersihkan secara maksimal.

Inilah Cara Menghilangkan Baret Mobil 

Inilah Cara Menghilangkan Baret Mobil 
Inilah Cara Menghilangkan Baret Mobil

Terjadinya baret pada body mobil akan membuat tampilan body jadi tidak mulus lagi. Baret ini terkadang tidak bisa dicegah karena bisa saja ada kejadian yang tidak diinginkan di jalan raya. Apa lagi jika kalian sering melewati jalanan yang sempit dan macet.

Mengenai hal tersebut, potensi terjadinya baret pada mobil sangat besar. Baret bisa muncul akibat kesalahan kalian sendiri atau juga kesalahan orang lain. Jadi, penting juga untuk tahu cara menghilangkan baret tersebut.

Tujuannya agar ketika kejadian, kalian bisa langsung mengatasinya dan menghilangkan baret tersebut dari body mobil. Berikut beberapa tips menghilangkan baret pada mobil kesayangan kalian. 

  • Mengatasi Baret dengan Kompon

Jika baret pada mobil tidak terlalu besar, maka kompon bisa digunakan untuk mengatasinya. Dalam cara merawat body mobil agar tetap mulus kompon ini juga banyak dimanfaatkan, karena bahan kimia yang berbentuk krim ini, dapat menghilangkan goresan pada mobil dengan mudah. 

  • Menggunakan Scratch Remover

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi baret mobil adalah scratch remover. Cairan ajaib ini banyak diandalkan oleh pemilik mobil karena bisa menghilangkan goresan di body mobil dengan cepat. Hanya saja jika baretnya tergolong parah, cara ini tidak terlalu efektif. 

  • Menggunakan Pasta Gigi

Bahan-bahan di sekitar juga bisa digunakan dalam cara merawat body mobil agar tetap mulus. Salah satu bahan yang banyak digunakan adalah pasta gigi. Pasta gigi sangat bagus untuk menghilangkan baret pada body yang mayoritas catnya berwarna gelap. 

  • Lotion Obat Nyamuk

Selain pasta gigi, lotion obat nyamuk juga bisa kalian gunakan untuk menghilangkan baret yang tidak terlalu parah. Lotion ini sifatnya sama seperti pasta gigi, yakni efektif menghilangkan baret dengan mudah, serta tidak merusak kualitas cat mobil.

Penting diketahui bahwa cara yang disebutkan di atas hanya efektif para baret yang masuk kategori tidak terlalu parah. Jika baret sudah merusak cat, maka perlu ditangani dengan cara lebih spesifik dan oleh para ahli. 

Cara Membuat Body Mobil Semakin Mengkilap

Cara Membuat Body Mobil Semakin Mengkilap
Cara Membuat Body Mobil Semakin Mengkilap

Tentunya para pemilik mobil ingin membuat tampilan body mobil tetap terawat dan juga mengkilap. Karena jika body mengkilap akan meningkatkan rasa mewah dan elegan pada mobil tersebut. Mobil yang mengkilap umumnya memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi juga. 

Membuat cat mobil semakin mengkilap sebenarnya mudah, yakni cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Gunakan Wax pada Cat

Cara yang banyak dilakukan banyak pemilih mobil untuk membuat cat semakin mengkilap adalah dengan penggunaan Wax. Wax ini juga selalu digunakan dalam proses cara merawat body mobil agar tetap mulus, karena wax memiliki sifat mengkilapkan. Selain itu Wax juga relative mudah, dan mudah ditemukan. 

  • Mencuci Mobil dengan Shampoo

Dalam proses mencuci juga ada cara untuk membuat mobil semakin mengkilap, yakni mencuci mobil menggunakan shampoo. Hanya saja jangan terlalu sering menggunakannya, karena lebih baik digunakan 2 minggu sekali saja, karena shampoo dapat merusak kualitas cat jika terlalu sering digunakan. 

  • Gunakan Cat Tipe Nitro Cellulose

Pemilihan jenis cat yang tepat juga merupakan hal penting untuk membuat body mobil semakin mengkilap. Jika sifat cat memang sudah mengkilap, maka cara merawat body mobil agar tetap mulus semakin mudah diterapkan. Cat jenis Nitrocellulose merupakan jenis cat yang tampilannya mengkilap serta mudah dirawat. 

Kesalahan Banyak Orang dalam Perawatan Mobil

Kesalahan Banyak Orang dalam Perawatan Mobil
Kesalahan Banyak Orang dalam Perawatan Mobil

Kualitas cat mobil semakin memburuk sering sekali akibat kelalaian dari pemilik dalam merawatnya. Bahkan banyak juga orang tidak tahu bahwa cara perawatan yang mereka terapkan sebenarnya salah, sehingga mengakibatkan body mobil semakin kusam. 

Salah satu cara merawat body mobil agar tetap mulus yang sering diabaikan adalah jarang membawa mobil tersebut ke tempat doorsmeer. Mencuci mobil sendiri memang tidak ada salahnya, hanya saja, sesekali mobil tersebut juga perlu kalian bawa ke doorsmeer.

Karena biasanya di doorsmeer, mobil tidak hanya dicuci saja, tetap dilakukan juga langkah-langkah perawatan. Misalnya seperti menyemprotkan anti jamur, memberikan cat pengkilap khusus, dan yang lainnya. Di tempat salon mobil, biasanya perawatan body mobil diperhatikan betul-betul. 

Selain itu banyak juga yang beranggapan bahwa mobil harus dicuci sesering mungkin. Padahal jika jarang dipakai dan kondisinya belum kotor, mobil tersebut tidak perlu dicuci terlalu sering. Karena sering mencuci juga dapat membuat kualitas cat jadi menurun. 

Baca juga : Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik untuk Bersih Seketika

Langkah-langkah merawat body mobil agar tetap mulus dan mengkilap sebenarnya mudah diterapkan asalkan kalian telaten dan tidak baik dalam perawatan tersebut. Cara merawat body mobil agar tetap mulus yang sudah disebutkan di atas sebaiknya kalian terapkan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here