Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus dan Tipsnya

0
315
Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus dan Tipsnya
Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus dan Tipsnya

Tahukah kalian bahwa cara merawat body mobil agar tetap mulus tergolong gampang. Banyak yang mengira bahwa perawatan kendaraan roda empat sangat ribet dan mahal. Padahal, dengan memulainya dari hal paling gampang saja body mobil kalian bisa terjaga.

Baca juga : Barang-Barang yang Wajib Ada di Mobil, Jangan Terlewatkan

Bagian eksterior kendaraan memang paling rentan dari berbagai gesekan, kotoran, dan gangguan luar lainnya. Bahkan, terpaan air hujan bisa mempengaruhi kualitas cat dan coating dari body mobil kalian.

Untuk proses perawatan, kalian bisa memulainya dari mengubah kebiasaan buruk yang mengikis tampilan body kendaraan. Lebih lanjut tentang perawatan body mobil agar tetap mulus, ini dia penjelasannya. 

Berbagai Macam Noda di Mobil Beserta Cara Tepat Membersihkannya

Berbagai Macam Noda di Mobil Beserta Cara Tepat Membersihkannya
Berbagai Macam Noda di Mobil Beserta Cara Tepat Membersihkannya

Banyak yang akhirnya salah dalam cara merawat mobil agar tetap mulus. Misalnya kurang tepat melakukan pembersihan terhadap noda tertentu. Padahal, setiap noda yang menempel di body mobil memerlukan penanganan yang berbeda.

Tentu jika kalian salah langka membersihkan, hasilnya justru membuat permukaan mobil terlihat kusam. Bahkan bisa menimbulkan baret karena salah dalam membersihkannya. Ini beberapa macam noda yang sering menempel di mobil beserta tips membersihkannya.

  • Sisa Cuci Mobil

Cara merawat body mobil agar tetap mulus salah satunya adalah rajin mencucinya. Sayangnya, pasti ada bekas sisa cuci mobil yang berujung menjadi noda. Noda tersebut berbentuk jamur karena proses pengeringan tidak maksimal.

  • Tips Membersihkannya

Untuk membersihkan sisa cuci mobil ini, luangkan waktu kalian untuk membersihkannya sendiri. Bersihkan dengan eksterior cleaner yang bisa kalian jumpai di supermarket. Bersihkan secara detail, dan pastikan saat mencuci mobil keringkan seluruh bagiannya. 

  • Bekas Air Hujan

Siapa sangka jika air hujan juga bisa meninggalkan noda. Noda tersebut bersifat asam, lebih sulit dibersihkan dibanding sisa cucian mobil. Sebenarnya upaya pembersihannya sangat mudah, yakni segera cuci mobil kalian pasca terkena hujan. 

Selain itu, bersihkan lagi dengan eksterior cleaner agar hasilnya lebih optimal. Pakai kompon apabila sisa air hujan sudah terlanjur menempel dalam waktu lama. 

  • Karat

Fitur anti karat sebenarnya sudah banyak tersedia di kendaraan-kendaraan modern. Akan tetapi, khusus yang tinggalnya di tepian laut tentu wajib mencegah karat semaksimal mungkin. 

Untuk karat sebenarnya pembersihannya relatif sulit, karena tidak hilang hanya sekadar dicuci. Cara merawat body mobil agar tetap mulus, bebas karat adalah jangan membiarkan adanya luka terbuka di kendaraan kalian. 

  • Debu Halus

Noda berikutnya yang sering dialami adalah debu halus. Jenis noda satu ini tergolong ringan yang tentu mudah membersihkannya. Cukup bersihkan menggunakan kemoceng atau kain microfiber agar debu hilang dari permukaan.

Jika kalian menggunakan kemoceng, cari yang bahannya dari kain. Jangan pakai tipe kemoceng bulu ayam karena bisa meningkatkan risiko baret. 

  • Jelaga

Jelaga atau bekas asap mobil lain kerap dijumpai di bagian depan kendaraan. Jika nodanya masih baru menempel, cukup bersihkan pakai kain halus berbahan microfiber. Akan tetapi apabila sudah mengeras, gunakan bantuan kompon untuk membersihkannya. 

Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus dengan Langkah Sederhana

Body mobil memang menjadi area yang sangat rentan terkena paparan debu dan goresan. Tentunya kemungkinan terkena baret dan sejenisnya pasti terjadi. Untuk merawat body kendaraan kesayangan kalian, ini beberapa tips yang tentu membantu.

  • Cuci Mobil Pasca Kehujanan 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu noda membandel pada body mobil adalah sisa air hujan. Walau sering dianggap sepele, padahal air hujan bersifat asam yang korosif terhadap cat. Noda jamur pasti tertinggal yang mempengaruhi body mobil.

Oleh karena itu, cara merawat body mobil agar tetap mulus adalah dengan segera mencucinya pasca kehujanan. Mungkin hal ini terdengar melelahkan, tetapi hasilnya akan membuat cat body kendaraan lebih awet. 

  • Manfaatkan Cairan Khusus

Cairan khusus untuk membersihkan mobil banyak tersedia di supermarket bahkan warung terdekat. Harganya sangat terjangkau, yang ternyata bisa membuat body mobil lebih mengkilap. 

Membersihkan mobil pakai cairan pembersih tentu lebih optimal hasilnya dibanding pakai sabun biasa. Kualitas cat juga lebih terjaga, berbeda jika kalian justru mencuci mobil pakai deterjen. 

  • Pilih Tempat Parkir Sejuk

Cara merawat body mobil agar tetap mulus berikutnya adalah dengan memilih tempat parkirnya. Upayakan tidak terlalu lama memarkir kendaraan kesayangan kalian ini di area terik. Hal ini membuat kualitas coating cat bisa menurun.

Alhasil, mobil tampak kusam walau tidak ada debu yang menempel. Sebisa mungkin, parkirkan kendaraan di area sejuk sehingga performa eksterior tetap terjaga. 

  • Car Care Jangan Terlewatkan

Selain cara merawat body mobil agar tetap mulus di atas, jangan lupakan juga car care. Tidak perlu terlalu sering, tetapi setidaknya lakukan setahun sekali. Mengapa car care jangan sampai terlewatkan?

Saat proses car care di auto detailing, tampilan body akan diperhatikan. Tentu saja jamur dan berbagai noda di body mobil kalian akan dibersihkan secara tuntas. 

Tips Menghilangkan Baret dalam Cara Merawat Body Mobil agar Tetap Mulus

Baret merupakan goresan kecil yang ternyata bisa mempengaruhi tampilan mobil kalian. Goresan ini sebenarnya tidak bisa dicegah, mengingat kondisi jalan raya sulit diduga. Walau kemungkinan besar mobil terkena baret, untuk menghilangkannya sangat mudah.

  • Manfaatkan Kompon

Kompon merupakan sebuah krim khusus untuk menghilangkan goresan di body kendaraan. Krim ini terbuat dari berbagai bahan kimia yang bisa mengikis goresan secara tuntas. Jika baret di body mobil masih ringan, cukup pakai kompon putih.

  • Cara Memakai Kompon

Untuk menggunakan kompon, langkah pertama adalah menyiapkan kain bersih berserat halus. Setelah itu, bersihkan bagian yang terkena baret terlebih dahulu dengan air bersih. Lap area yang telah kalian bersihkan, tunggu sampai kering.

Baru setelah permukaan body baret kering, poles dengan kompon. Poles secara cepat agar kompon tidak lekas mengering sehingga sulit dibersihkan. Poles body secara ringan dan pastikan hasilnya merata, kemudian tinggal bilas dengan air dan keringkan. 

  • Memanfaatkan Pasta Gigi

Cara merawat body mobil agar tetap mulus dan tanpa baret bisa juga memanfaatkan pasta gigi. Formula khususnya bisa dijadikan sebagai alternatif jika kalian tidak memiliki kompon untuk menghilangkan baret. 

  • Cara Menghilangkan Baret Pakai Pasta Gigi

Langkah pertama adalah memastikan bahwa permukaan body mobil kalian sudah bersih, bebas debu. Siapkan kain bersih dengan permukaan halus, basahi dengan air. Lanjut menuangkan pasta gigi ke goresan yang ada di mobil.

Tuangkan perlahan, gosok dengan kain yang sebelumnya sudah disiapkan. Gosok dengan pola melingkar sehingga hasilnya merata. Cara ini tergolong efektif, asalkan baret di body mobil tidak terlalu parah.

  • Cat Ulang

Bagaimana jika cara merawat body mobil agar tetap mulus di atas kurang berhasil? Berarti, kondisi baret sudah cukup parah sehingga jalan satu-satunya adalah pengecatan ulang. Memang upaya satu ini memerlukan biaya ekstra, akan tetapi hasilnya memuaskan.

Kalian bisa mengecat body mobil sendiri atau dengan bantuan bengkel khusus. Sebenarnya lebih baik menggunakan bantuan bengkel agar hasilnya nanti semakin optimal. Selain itu, jika belum berpengalaman mengecat mobil, dikhawatirkan hasilnya akan kacau. 

Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus dan Semakin Mengkilap

Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus dan Semakin Mengkilap
Cara Merawat Body Mobil Agar Tetap Mulus dan Semakin Mengkilap

Mobil memang bukanlah barang murah bagi sebagian besar orang, sehingga performanya harus selalu dijaga. Tentu selain rajin membersihkan, ada upaya yang harus dilakukan agar body kendaraan semakin mengkilap. 

  • Selingi Pakai Shampoo

Selain menggunakan sabun khusus cuci mobil, saat mencuci juga bisa menyelinginya dengan shampoo. Shampoo yang dimaksud tentu khusus untuk jenis kendaraan roda empat ini. Akan tetapi, intensitas pencucian dengan bahan ini juga diperhatikan, sekitar 2 minggu sekali. 

Untuk merk shampoo khusus mobil sebenarnya bisa dipilih sesuai keinginan. Sebagian besar jenis shampoo tersebut sama-sama bekerja optimal untuk membersihkan debu di body mobil. 

  • Pakai Wax

Cara merawat body mobil agar tetap mulus, semakin mengkilap juga bisa memanfaatkan wax. Sifat wax ini bekerja dengan metode mengkilapkan. Ketersediaannya banyak di pasaran, dan tentu saja mudah diaplikasikan.

Merawat body mobil memang bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Walau demikian, kalian harus tetap ekstra hati-hati agar nantinya kendaraan tidak mudah terbentur saat dijalankan. 

  • Pilih Tipe Cat Nitrocellulose

Jika kalian berkesempatan mengecat ulang body kendaraan, sebaiknya pilih jenis cat yang tepat. Pemilihan jenis cat sangat penting agar kilap mobil kalian tetap awet. Logikanya, apabila dari catnya saja sudah mengkilap, tentu perawatannya lebih muda.

Jenis cat yang direkomendasikan adalah varian nitrocellulose. Jenis cat ini hadir dengan kilap optimal, yang pasti membuat kendaraan tampil optimal. 

Baca juga : Apa Saja Manfaat Menggunakan Kaca Film Terbaik Mobil ?

Bagaimana, ternyata merawat body mobil agar tetap mulus tidaklah terlalu rumit. Perlu ubah kebiasaan buruk yang membuat body mobil mudah berubah. Tentunya cara merawat body mobil agar tetap mulus di atas wajib dilakukan, juga agar kendaraan tampak lebih awet. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini