Cara Menghindari Pencurian Mobil Agar Aman Saat Berkendara!

0
195
Cara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!
Cara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!

Cara menghindari pencurian mobil tentunya wajib diketahui oleh semua pengendara, agar Anda bisa lebih berhati-hati. Pencurian kendaraan memang biasa terjadi, namun hal ini harus Anda waspadai dengan mengetahui tips agar pencurian bisa dicegah sejak awal.

Baca Juga: Tren Otomotif Terbaru yang Bisa Membuat Takjub

Ada beberapa faktor yang membuat pencurian lebih mudah terjadi, namun ada beberapa hal lainnya yang dapat membuat pencuri tidak ingin untuk melakukan aksinya. Biasanya pencurian terjadi ketika kendaraan sedang diparkirkan, sehingga bebas melancarkan aksinya.

Namun ada beberapa modus pencurian yang cukup sering terjadi, dan hal ini wajib pengemudi ketahui sebagai pengendara. Pencurian memang bisa terjadi kepada siapa saja, namun bukan berarti peluang tersebut tidak bisa diminimalisir.

Ada beberapa hal yang membuat pencuri tertarik melancarkan aksinya, bisa disebabkan karena pengemudi meninggalkan barang berharga di dalamnya. Sehingga fokus untuk mencuri pada barang berharga tersebut, atau memang murni ingin mencuri kendaraan.

Cara Menghindari Pencurian Mobil saat Sedang Parkir

Saat sedang parkir mungkin pengendara tidak akan menduga hal yang dapat terjadi, namun ketika Anda meninggalkan kendaraan tersebut, bisa saja ada orang yang mencoba untuk mencurinya, atau barang berharga di dalamnya karena kondisi sekitar cukup mendukung.

  • Memasang Alarm dan Kunci Tambahan

Alarm menjadi salah satu pelindung yang cukup efektif, ketika pencuri mencoba membuka paksa mobil Anda, maka alarm akan segera berbunyi. Beberapa pencuri memang bisa mengakali alarm kendaraan, dengan memutus rangkaian instalasinya.

Maka dari itu dalam memasang alarm, sebaiknya pengendara membuat rangkaian instalasi yang tersembunyi dan tertutup, agar sulit ditemukan oleh pencuri. Meskipun begitu alarm tetap bekerja cukup efektif, untuk memperlambat aksi pencurian dan membuat ia panik. 

Cara menghindari pencurian mobil adalah dengan memasang GPS, dengan adanya GPS Anda bisa memantau sendiri ke mana saja mobil Anda pergi. Jika kendaraan pengemudi dicuri, maka untuk melacaknya akan lebih mudah nantinya.

  • Perhatikan Jasa Valet

Biasanya Anda akan mengandalkan jasa valet, jika terburu-buru dan tidak sempat memarkirkan kendaraan. Namun pengemudi harus tetap berhati-hati, sebab ada beberapa oknum yang melihat peluang ini untuk mencuri kendaraan Anda.

  • Memiliki Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan terbilang cukup penting, agar pengendara mendapatkan perlindungan dari kecelakaan hingga pencurian. Dengan adanya asuransi, pengemudi bisa mendapatkan jaminan dari pihak asuransi.

  • Titipkan pada Petugas Parkir

Cara menghindari pencurian mobil berikutnya adalah menitipkannya kepada petugas parkir. Saat kendaraan sedang diparkir, tidak ada salahnya untuk menyapa petugas parkir dan dengan sopan menitipkan kendaraan Anda.

Dengan begitu petugas parkir akan meningkatkan pengawasannya terhadap mobil Anda, selain itu juga bisa mengingat wajah pengendara. Sehingga jika terjadi pencurian yang dilakukan orang lain, jadi sadar bahwa pencuri tersebut bukanlah pemilik mobil sebenarnya.

Cara Menghindari Pencurian Mobil yang Membuat Maling Malas Beraksi

Cara Menghindari Pencurian Mobil yang Membuat Maling Malas Beraksi_Cara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!
Cara Menghindari Pencurian Mobil yang Membuat Maling Malas Beraksi_Cara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!

Ada beberapa hal yang dapat pengendara lakukan, agar maling malas untuk melancarkan aksinya. Pengendara wajib mengetahui beberapa hal tersebut dan mengaplikasikannya pada alat transportasi pribadi Anda.

  • Menggunakan Cover Mobil

Cover mobil tidak hanya berguna untuk melindungi kendaraan dari panas matahari atau debu. Namun bisa membuat kendaraan pengemudi lebih aman, dengan memperlambat aksi pencurian yang dapat terjadi ketika sedang diparkirkan. 

Pengemudi bisa memasang cover mobil saat sedang diparkirkan di dalam rumah. Gunanya agar pencuri kesulitan untuk membobol kendaraan Anda. 

  • Melepas Sekring Mobil

Cara menghindari pencurian mobil berikutnya adalah dengan melepas sekring, mungkin cara ini dapat Anda praktikan ketika sedang memarkirkan kendaraan di luar rumah. Sekring menjadi bagian mobil yang cukup penting, gunanya sebagai pengaman sistem listrik mobil.

Daripada harus melepas aki, maka melepas sekring akan jauh lebih mudah dilakukan. Tanpa adanya sekring, maka mobil akan sulit menyala namun alarm kendaraan tetap berbunyi, karena aki masih terpasang. 

  • Kunci Setir Kemudi 

Meskipun beberapa pencuri bisa membuka kunci setir kemudi, tidak ada salahnya untuk memasang pengaman tersebut pada kendaraan Anda. Kunci setir kemudi dapat menjadi pengaman ekstra, yang membuat pencuri malas melancarkan aksinya.

Pengendara bisa menambahkan kunci pengaman pada lingkar kemudi atau roda kendaraan, sehingga kendaraan akan tetap pada tempatnya. Kunci setir berkualitas, bisa memperlambat aksinya selama kurang lebih 20 hingga 30 menit, artinya risiko pencuri tertangkap menjadi tinggi.

  • Parkir di Daerah yang Ramai

Cara menghindari pencurian mobil selanjutnya adalah dengan memarkirkan kendaraan di tempat yang ramai. Tahap ini terbilang efektif, agar membuat pencuri merasa ragu untuk melakukan aksinya.

Selain itu jika bisa temukan tempat parkir yang terdapat CCTV, sehingga segala aktivitas dapat terpantau dan meminimalisir peluang kendaraan Anda dibawa kabur. 

Hindari Meninggalkan Barang Berharga di Mobil

Hindari Meninggalkan Barang Berharga di Mobil_Cara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!
Hindari Meninggalkan Barang Berharga di Mobil_Cara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!

Salah satu cara menghindari pencurian mobil adalah, dengan tidak meninggalkan barang berharga di mobil. Terkadang Anda cukup sering meninggalkan handphone, laptop, uang tunai atau kartu kredit di mobil, jika hanya sebentar meninggalkannya.

Namun tidak ada yang tau, jika ternyata kendaraan Anda sudah menjadi incaran bagi pencuri. Jangan sampai hal ini dapat terjadi, jika pengemudi hanya sebentar memarkirkan kendaraan, sebaiknya tetap bawa barang berharga pengemudi ke mana saja pengendara pergi.

Juga jangan lupa untuk mengunci kendaraan dengan baik, serta periksa kembali kendaraan setelah dikunci. Pastikan bahwa mesin sudah mati, dan tidak ada peluang agar orang lain bisa membobol kendaraan Anda.

Pencuri tidak hanya mengincar kendaraan Anda saja, namun bisa juga mengincar isi dari mobil tersebut. Barang berharga yang ditinggalkan di mobil bisa saja menjadi incaran, dengan mengeluarkan modus pencuriannya terhadap korban.

Dengan mengetahui cara menghindari pencurian mobil, tentunya hal ini akan bermanfaat agar pengendara menjadi lebih waspada saat meninggalkan kendaraan. Selain itu peluang alat transportasi pribadi Anda dicuri, akan jauh lebih kecil.

Sebaiknya jangan terburu-buru saat meninggalkan mobil, karena bisa membuat Anda lupa untuk membawa barang berharga tersebut. Juga jangan mudah percaya dengan orang sekitar yang tidak dikenal, bisa jadi itu merupakan modus pencurian yang sedang dilakukan.

Meskipun pencurian bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, namun jika Anda lebih berhati-hati, maka akan membuat peluang terjadinya pencurian menjadi lebih kecil. Sudah banyak modus pencurian yang biasa terjadi, sehingga Anda harus tau ciri-ciri serta cara mengatasinya.

Modus Pencurian yang Wajib Anda Perhatikan

Modus Pencurian yang _Wajib Anda PerhatikanCara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!
Modus Pencurian yang _Wajib Anda PerhatikanCara Menghindari Pencurian Mobil agar Aman saat Berkendara!

Ada berbagai modus pencurian yang dilakukan oleh pencuri, agar bisa mendapatkan kendaraan yang sudah diincar. Dan modus-modus berikut ini, perlu pengemudi curigai dan jangan mudah untuk mempercayainya.

  • Ban Kempes

Pasti Anda pernah mendengar modus pencurian, di mana pencuri tersebut berpura-pura memberitahu kepada pengemudi bahwa ban Anda kempes atau bocor. Sehingga ketika Anda berada di luar mobil dengan mesin menyala, pencuri akan masuk dan membawa mobil Anda.

Kasus seperti ini sudah cukup sering terjadi, dan Anda sebaiknya berhati-hati. Untuk memastikan apakah ban mobil benar kempes atau tidak, sebaiknya Anda membawa kendaraan di tempat yang lebih aman dan menjauhkannya dari orang yang memberitahu tersebut.

  • Menempel Kertas di Belakang Kaca Kendaraan

Cara menghindari pencurian mobil memang wajib Anda ketahui, sebab terdapat modus pencurian di mana pencuri mencoba menempelkan kertas di belakang kaca kendaraan. Karena kertas tersebut menutupi pandangan pengendara untuk melihat ke belakang, maka refleks Anda akan segera turun dari mobil dan lupa mengunci mobil atau menutup jendela. 

Otomatis orang tersebut bisa masuk ke dalam mobil dan mengambil barang berharga, atau mencuri mobil pengendara seketika karena kunci masih menempel.

  • Memecahkan Kaca Jendela

Cara pencurian ini terbilang ekstrem, biasanya dilakukan ketika kendaraan diparkir di tempat sepi dan gelap. Karena tidak banyak orang di sekelilingnya, membuatnya merusak kaca jendela dan mencuri barang berharga Anda di dalamnya.

  • Pura-Pura Menabrakkan Diri

Modus lainnya adalah dengan pura-pura menabrakkan diri, di mana pengemudi otomatis akan merasa panik dan langsung turun dari mobil. Cara menghindari pencurian mobil seperti ini adalah dengan mematikan mesin dan mengambil kunci kendaraan Anda serta menguncinya.

Biasanya aksi ini dilakukan oleh lebih dari satu orang. Di mana orang tersebut akan melakukan pemerasan dengan mengandalkan senjata tajam, untuk mengancam korbannya.

Baca Juga: Tips Merawat CVT Motor dan Mobil Paling Mudah

Sebagai pengemudi tentunya harus mengutamakan keselamatan diri dan penumpang, namun jangan lupa untuk memperhatikan keamanan kendaraan Anda. Dengan mengetahui cara menghindari pencurian mobil, maka Anda bisa mencegah terjadinya kejadian tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here