Cara Menghemat Bensin Mobil, Dijamin Efektif!

0
528
Cara Menghemat Bensin - Bensin Mobil

Ketersediaan yang semakin terbatas, membuat semua orang harus tahu cara menghemat bensin mobil mulai sekarang. Jika tidak mulai berhemat mulai sekarang, maka masa depan anak cucu akan dipertaruhkan karena BBM yang semakin langka.

Bensin merupakan kata lain untuk menyebut bahan bakar minyak. Bahan bakar ini sangat diperlukan untuk kendaraan bermotor seperti mobil dan motor agar mesin bisa bekerja. Dengan cara ini mobil akan bisa digunakan untuk melaju di jalanan.

Baca Juga : Tutorial Cara Mengisi Air Radiator Secara Mandiri di Rumah

Seiring penggunaan kendaraan bermotor yang semakin banyak, kebutuhan akan bahan bakar juga semakin tinggi. Hal ini membuat ketersediaan bahan bakar di alam menjadi semakin menipis dan perlu perhatian khusus agar tetap lestari.

Untuk menghemat penggunaan bensin, saat ini sebenarnya telah tersedia pilihan mobil yang ramah lingkungan. Mobil seperti ini menggunakan teknologi khusus sehingga membuat konsumsi bensin menjadi lebih efisien dan lebih irit dibandingkan mobil konvensional.

Menghemat bensin bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari cara mengemudi, pemilihan tempat pengisian bensin hingga cara merawat kendaraan yang tepat. Penasaran seperti apa caranya? Jangan lewatkan ulasan lengkapnya berikut ini :

Cara Menghemat Bensin Mobil dengan Memperhatikan Cara Mengemudi yang Tepat

Bensin Mobil

Tahukah anda jika cara mengemudi mobil ternyata berpengaruh terhadap efisiensi bensin kendaraan. Untuk menghemat bensin, ada beberapa cara bisa anda lakukan di antaranya seperti berikut ini :

  • Perhatikan Kecepatan Kendaraan

Cara pertama yang bisa digunakan untuk menghemat bensin adalah perhatikan batas kecepatan mobil saat digunakan. Untuk membuat bahan bakar lebih efisien, pastikan atur laju kendaraan pada kecepatan yang stabil. 

Saat berkendara, hindari menambah kecepatan secara mendadak. Selain berbahaya, cara ini juga berakibat pada konsumsi bahan bakar yang semakin meningkat sehingga menjadi lebih boros. 

  • Perhatikan Putaran Mesin Mobil

Cara menghemat bensin mobil selanjutnya adalah atur putaran mesin mobil pada posisi yang ideal. Konsumsi bahan bakar akan semakin besar jika putaran mesin mobil terlalu rendah atau justru terlalu tinggi. Idealnya, putaran mesin mobil berada di kisaran 3000 rpm.

  • Tambah Kecepatan Laju Kendaraan Secara Bertahap

Untuk mencegah konsumsi bensin yang terlalu banyak, pastikan jika ingin menambah kecepatan, lakukan secara perlahan dan bertahap. Jika anda lakukan secara tiba-tiba dari kecepetan rendah, maka bensin akan lebih cepat terkuras.

  • Selalu Jaga Jarak Aman Kendaraan

Menjaga jarak dengan kendaraan di depan anda tidak hanya untuk keamanan berkendara saja. Hal ini ternyata juga bermanfaat untuk menghemat bahan bakar. Jika posisi mobil terlalu dekat dengan kendaraan lain, hal ini memungkinkan anda untuk melakukan pengereman secara mendadak.

Pengeraman secara tiba-tiba atau menekan pedal gas yang terlalu sering membuat kendaraan menggunakan lebih banyak bensin. Jika dilakukan berulang, jangan heran jika bensin anda akan lebih boros.

  • Atur Gigi Mobil dengan Tepat

Saat berkendara, pastikan gigi mobil dengan tepat. Saat jalanan menanjak, ubah posisi gigi ke level rendah. Hindari selalu menggunakan gigi rendah saat berkendara karena bisa membuat konsumsi bensin menjadi lebih besar. Selain untuk kenyamanan, ini juga ampuh sebagai cara menghemat bensin.

  • Matikan Mesin Mobil Saat Berhenti

Untuk menghindari bensin terbuang dengan sia-sia, hindari berhenti dengan mesin mobil yang menyala terlalu lama. Mesin mobil yang menyala berarti bensin anda terus terkuras sehingga tidak heran jika bahan bakar mobil anda akan lebih cepat habis.

Jika ingin memberhentikan kendaraan dalam waktu lama, ada baiknya matikan mesin kendaraan terlebih dahulu. Selain untuk menghemat bensin, cara ini juga untuk menghindari mobil overheat.

Cara Menghemat Bensin dengan Memperhatikan Tempat dan Cara Pengisian Bahan Bakar

Cara Menghemat Bensin - Bensin Mobil

Menghemat bensin juga bisa dilakukan dengan cara memperhatikan cara dan lokasi pengisian bahan bakar. Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasan lengkapnya :

  • Isi Bensin di SPBU Resmi Pertamina

Semua stasuin pengisian bahan bakar yang disediakan resmi oleh Pertamina dilengkapi dengan kode khusus. Ini bisa anda lihat pada kode yang ada di plang nama SPBU tersebut. Salah satu contohnya, SPBU di wilayah Jakarta menggunakan kode 31 atau 34 pada bagian depan kemudian diikuti nomor registrasinya.

Memilih SPBU yang tepat tidak hanya menjamin kualitas bahan bakar yang anda dapatkan. Hal ini juga berguna sebagai cara menghemat bensin karena SPBU yang resmi dari Pertamina memiliki takaran lebih pas sehingga anda terhindar dari pengurangan atau kecurangan takaran.

  • Hindari Menekan Tuas Selang Bensin Saat Pengisian

Menekan tuas yang ada pada selang bensin saat melakukan pengisian dipercaya dapat merubah takaran bensin. Untuk mendapatkan bensin dengan takaran yang sesuai, tidak ada salahnya beritahu petugas SPBU agar tidak menekan selang bensin saat pengisian.

  • Lakukan Pengisian Bensin pada Pagi Hari

Pada umumnya, tangki penyimpanan bahan bakar SPBU berada di dalam tanah. Saat pagi hari, suhu tanah masih rendah sehingga membuat kualitas bensin menjadi lebih kental dan padat. Jika anda melakukan pengisian pada pagi hari, maka anda bisa mendapatkan takaran yang lebih banyak.

Saat siang hari, suhu tanah sudah meningkat sehingga membuat bensin menjadi mengembang. Jika anda melakukan pengisian, maka akan tercampur dengan udara sehingga membuat takaran bahan bakar yang anda beli menjadi lebih sedikit.

  • Isi Bensin Ketika Tangki Bensin Masih Ada Isinya

Cara menghemat bensin selanjutnya dengan melakukan pengisian bensin saat tangki bensin belum benar-benar kosong. Cara ini membuat udara yang ada di dalam tangki bahan bakar mobil lebih sedikit sehingga ketika anda isi kembali maka bensin tidak akan mudah menguap dan lebih cepat habis.

  • Manfaatkan Alat Penghemat BBM 

Bagi anda yang tidak mau repot dengan cara di atas, akan lebih praktis jika menggunakan alat pengemat BBM. Alat ini bekerja dengan cara meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga bensin tidak akan cepat habis meskipun mobil digunakan terus menerus.

Cara Menghemat Bensin dengan Memperhatikan Cara Merawat Mobil

Cara Menghemat Bensin - Bensin Mobil

Merawat mobil memang bisa membuat performa kendaraan menjadi lebih optimal. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga penggunaan BBM menjadi lebih irit. Ada beberapa cara jitu untuk menghemat penggunaan bahan bakar berdasarkan cara merawat kendaraan. Di antaranya seperti berikut :

  • Pilih Oli Sintetis 

Pemilihan oli sintetis untuk kendaraan ternyata bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Dengan menggunakan oli sintetis, anda bisa menghemat penggunaan bensin hingga 5%. Selain menghemat BBM, anda juga tidak perlu sering melakukan penggantian karena kualitas yang bagus sehingga tahan lebih lama.

  • Perhatikan Kapasitas Mobil

Cara menghemat bensin selanjutnya adalah dengan memperhatikan kapasitas mobil. Mobil yang memiliki beban besar, membutuhkan bahan bakar lebih banyak untuk mengoperasikannya. Jadi jika ingin irit bahan bakar, atur beban mobil sesuai kapasitas yang ditentukan.

  • Cek Filter Udara Secara Rutin

Saringan atau filter udara pada mobil berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara pada mesin kendaraan. Jika filter udara tersebut kotor, mobil membutuhkan tenaga lebih besar untuk bisa berjalan. Itu artinya akan semakin banyak pula bahan bakar atau bensin yang dibutuhkan untuk menghidupkan mobil anda.

Sebagai langkah penghematan bensin, pastikan cek kondisi saringan udara secara berkala dan lakukan penggantian jika kondisi sudah tidak optimal. Dengan begitu, performa mobil akan maksimal kembali sehingga konsumsi bahan bakar juga akan lebih stabil.

  • Atur Tekanan Ban dengan Tepat

Cara menghemat bensin selanjutnya adalah selalu pastikan ban mobil pada tekanan yang tepat. Ban mobil dengan tekanan yang tepat akan melaju dengan lebih stabil. Cara ini berguna untuk meningkatkan efisiensi bensin juga lebih maksimal sehingga anda bisa menghemat bahan bakar.

Tekanan ban yang terlalu rendah membuat laju kendaraan menjadi lambat. Sebaliknya, jika tekanan terlalu besar justru akan membuat laju mobil menjadi lebih sulit dikendalikan. Hasilnya efisiensi bahan bakar akan menurun sehingga anda akan lebih boros bensin.

  • Lakukan Tune-up Secara Rutin

Untuk memastikan mobil dalam kondisi optimal, pastikan lakukan tune up secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Busi dan oil yang diganti secara rutin akan membuat performa mesin dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Selain untuk menunjang performa kendaraan, tune up secara rutin juga membuat efisiensi mobil menjadi lebih bagus. Hasilnya konsumsi bahan bakar mobil anda akan menjadi lebih irit karena mesin mobil bisa bekerja dengan optimal.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Mobil Bekas Agar Lebih Awet

BBM merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Oleh sebab itulah, pemanfaatan bahan bakar atau bensin untuk mobil tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Dengan cara menghemat bensin, selain mengurangi pengeluaran, anda juga ikut memastikan ketersediaan bahan baku BBM di perut bumi di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here