Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini

0
229
Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini
Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini

Pahami cara menggunakan car seat yang benar untuk mengurangi risiko bayi mengalami cedera berat bahkan sampai kematian akibat kecelakaan yang terjadi.

Baca Juga: Ragam Mobil Pilihan Mobil Keluarga yang Irit

Musim mudik tahun ini, bisa jadi merupakan perjalanan pertama bagi si kecil untuk bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman saat hari raya. Momen hari raya ini tentu saja tidak ingin terganggu dengan kejadian-kejadian tidak diinginkan saat diperjalanan.

Bagi Anda yang memiliki anak kecil mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil adalah cara paling nyaman karena waktu perjalanannya bisa disesuaikan sendiri. Ditambah lagi situasi yang masih rentan dengan virus covid-19.

Ini Bahayanya Menggendong atau Memangku Anak di Mobil

Biasanya orang tua akan menggendong atau memangku si kecil selama perjalanan karena mereka belum bisa duduk sendiri. Cara ini adalah cara yang salah dan membahayakan baby. Walaupun si kecil sudah bisa duduk sendiri, masih sangat berbahaya karena sabuk pengaman di mobil masih terlalu besar dan longgar untuknya.

Jadi, jika terjadi benturan atau rem mendadak, mereka akan ikut terpental dan berakibat sangat berbahaya untuk keselamatannya. Apalagi jika sedang menggendong anak pada perjalanan sangat panjang.

Orang tua atau ibu akan merasa jenuh dan akhirnya tertidur atau lengah. Pada saat seperti ini, bahaya akan mengancam anaknya. Untuk itu Anda diharuskan untuk mengetahui cara menggunakan car seat yang benar.

Dengan mengetahui cara menggunakan car seat tersebut si kecil akan terlindungi keamanannya selama perjalanan. Car seat merupakan kursi tambahan khusus digunakan untuk dipakai oleh bayi sampai batita.

Kursi tersebut sudah dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman dan sabuk pengaman. Sehingga ketika ada benturan keras atau rem mendadak, anak akan aman. Berbeda cerita jika orang tua hanya menggunakan gendongan saja.

Ketika terjadi benturan keras, terkenal airbag yang meledak pertama kali adalah si kecil. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, bisa menimbulkan cidera bahkan membahayakan nyawanya sendiri.

Bagi orang tua bijak pasti tidak akan membiarkan anaknya sendiri berada dalam situasi yang membahayakan. Sehingga direkomendasikan untuk segera mengetahui cara menggunakan car seat yang benar demi keamanan buah hati.

Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit biaya tambahan untuk membeli car seat daripada nyawa anak terancam. Karena tidak ada yang bisa menjamin selama perjalanan akan berjalan dengan lancar.

Kadang-kadang ketika pengemudi sudah berhati-hati, kecelakaan bisa saja terjadi dari pihak luar tidak menjaga kehati-hatiannya.

Pentingnya Menggunakan Car Seat yang Benar untuk Keamanan si Baby

Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini_Pentingnya Menggunakan Car Seat yang Benar untuk Keamanan si Baby
Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini_Pentingnya Menggunakan Car Seat yang Benar untuk Keamanan si Baby

Sudah mengetahui bahayanya menggendong bayi saat perjalanan terutama saat perjalanan jauh. Anda harus menyimak pentingnya mengetahui cara menggunakan car seat yang benar demi keamanan baby. Kursi pengaman untuk bayi ini digunakan untuk melindungi keamanan anak-anak dalam perjalanan.

Orang dewasa saja wajib untuk memakai sabuk pengaman untuk membuatnya tetap aman ketika melakukan perjalanan cukup jauh. Berikut ini poin-poin penting pemakaian car seat untuk keamanan baby yang wajib orang tua ketahui.

  • Bisa Mencegah Anak Terlempar Keluar Mobil jika terjadi kecelakaan

Jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, mobil tentu saja akan mengalami guncangan hebat. Pada saat guncangan terjadi, biasanya akan membuat semua penumpang bisa saja terlempar keluar bisa lewat dasbor depan, pintu bahkan kaca belakang.

Manfaat dari kursi khusus ini pertama adalah mencegah hal itu terjadi pada anak-anak. Fungsinya sama saja dengan sabuk pengaman yang dipakai oleh orang dewasa, karena pada kursi khusus itu telah dilengkapi sabuk yang aman dan nyaman untuk bayi.

  • Mengurangi cedera bahkan kematian pada anak ketika terjadi kecelakaan

Selanjutnya dengan menggunakan car seat, akan mengurangi risiko cedera bahkan kematian. Karena pada kursi bayi khususnya telah dilengkapi oleh seatbelt sehingga akan mengurangi tingkat keparahan cederanya daripada hanya digendong saja.

  • Melindungi anak khususnya saat ada di masa senang mengeksplor dunia luar

Saat anak sedang berkembang, biasanya mereka menyukai untuk mengeksplorasi dan memahami dunia sekitarnya. Sehingga tidak jarang anak kecil sering memegang bahkan mencoba untuk memakan mereka.

Jika hal ini tidak bisa dikendalikan oleh orang tua di dalam mobil, tentu saja akan sangat berbahaya apalagi jika sudah sampai mengganggu pengemudinya. Kecelakaan mungkin saja akan terjadi jika pengemudi terus terganggu.

Untuk mencegah hal ini, carseat digunakan untuk membuatnya tetap diam selama perjalanan. Awalnya wajar jika mereka akan meronta dan menangis, tetapi diamkan saja karena lambat laun ia akan merasa sedikit demi sedikit.

  • Bisa membuat bayi bisa tidur dengan nyaman daripada digendong

Membuatnya tertidur di carseatnya akan membuat kualitas tidurnya akan baik dan terasa nyaman. Karena tidurnya akan mengikuti postur tubuh bayi, selain itu alat ini juga tahan terhadap goncangan akan tetap stabil tidak akan bergoyang.

  • Mencegah otak bayi mengalami cedera api

Risiko cedera kepala saat mobil mengalami benturan keras atau kecelakaan sangat besar. Apalagi cedera kepala dapat menyebabkan kerusakan otak terutama bagi bayi baru lahir. Karena tulang tengkorak, leher serta tulang belakangnya belum berkembang sepenuhnya.

Jadi sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara menggunakan car seat yang benar agar resiko buruk seperti geger otak bahkan kematian. Karena kursi khusus tersebut menyediakan fitur-fitur perlindungan sangat aman untuk keamanan si kecil.

Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar

Untuk memasangnya sebenarnya mudah, karena saat membelinya pasti Anda sudah akan mendapatkan buku manual berisi cara menggunakan car seat yang benar. Tetapi orang tua sering kali melewatkan beberapa hal.

Berikut ini cara menggunakan car seat benar harus diketahui oleh orang tua yang memiliki anak di bawah 5 tahun.

  • Hindari untuk membeli car seat yang bekas

Salah satu cara menggunakan car seat yang benar dengan membeli baru dan memiliki kualitas terbaik. Karena keamanan dan kenyamanan dari anak adalah yang utama, jika membelinya bekas Anda tidak tahu bagaimana kualitas sebenarnya dari barang tersebut.

Apalagi barang yang sudah bekas tentu saja kinerja akan menurun sehingga dikhawatirkan akan tidak cukup kuat untuk bisa melindungi anaknya. Jadi lebih baik untuk membeli baru bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan awet serta kualitas masih bagus.

  • Pilihlah yang sesuai dengan usia dari anaknya masing-masing

Setiap usia, beda juga jenis carseat yang harus dipilih. Rekomendasi untuk anak dibawah dua tahun disarankan untuk cara menggunakan car seat yang benar adalah menghadap ke belakang karena dapat melindungi beberapa bagian tubuh masih belum berkembang dengan baik.

Seperti, leher, tulang belakang, dan juga kepala dari benturan apapun dari mulai kecil hingga yang keras. Jadi wajib untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan usianya mereka.

  • Pasang dengan benar

Cara menggunakan car seat yang benar berkaitan erat dengan proses pemasangannya dengan benar atau tidak. perlu diketahui untuk tidak disarankan menyimpannya di kursi depan karena fasilitas airbag tidak cocok dengan kinerja dari car seat tersebut.

Bahkan air bag bisa saja membahayakan untuk bayi. Tali pengamannya harus bersejajar dengan bahu anak yang akan terpasang erat. Pastikan untuk mendengar bunyi klik sebagai tanda sudah terpasang dengan baik.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan car seat

Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini_Kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan car seat
Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini_Kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan car seat

Beberapa orang tua kadang-kadang masih tidak mengetahui cara menggunakan car seat yang benar. Jadi, mereka cukup sering untuk melakukan banyak kesalahan tidak sengaja atau disengaja dalam menggunakan car seat.

  • Ukurannya tidak sesuai dengan ukuran anaknya

Tahu mengenai cara menggunakan car seat yang benar pasti harusnya sudah tahu mengenai pentingnya memilihkan ukuran kursi pas untuk umur buah hati. Karena setiap rentang usia car seat tersebut memiliki fitur dan ukuran yang bermacam-macam.

Sebaiknya untuk memilih car seat sesuai dengan rentang berat badan pada anaknya masing-masing. Jika tidak sesuai, akan mempengaruhi anak dalam perjalanan, bisa saja mereka terus menangis karena merasa tidak nyaman.

  • Tidak memasang car seat dengan benar

Kesalahan sering dilakukan lainnya adalah sering tidak memasang car seat dengan benar. Jika tidak benar akan mengakibatkan kursinya akan bergoyang bahkan dirasakan tidak akan nyaman pada bayinya.

Jadi lebih baik untuk mengetahui cara menggunakan car seat yang benar lewat buku manual sudah disediakan. Sehingga pemasangannya tidak asal, kesalahan ini sering dilakukan oleh orang tua terutama mengenai kemiringan sandarannya pada bayi dibawah 2 bulan.

Baca Juga: 5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman

Car seat adalah salah satu barang yang wajib perlu disiapkan sebelum anak Anda melakukan perjalanan keluar negeri. Cara menggunakan car seat yang benar juga harus dilakukan untuk membuat anak nyaman dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here