Cara Mengenal Velg Palsu yang Perlu Kalian Ketahui

0
116
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Metode Produksi
Jenis Velg Mobil Berdasarkan Metode Produksi

Bagaimana cara mengenal velg palsu serta apa perbedaannya dengan yang asli? Sebagai salah satu komponen penting mobil, hal ini mampu memengaruhi performa kendaraan secara keseluruhan seperti penampilan.

Baca juga: 5 Langkah Hilangkan Karatan Mobil yang Wajib Kalian Pahami

Sayangnya, seiring berkembangnya teknologi, barang palsu dengan asli semakin sulit dibedakan dikarenakan penampilannya hampir sama. Namun, perlu diketahui, bahwa selain segi penampilan, kualitas dan keamanan pengguna juga menjadi pertimbangan oleh pemilik kendaraan.

Banyak cara yang dapat kita lakukan saat hendak menggantinya untuk kendaraan, salah satunya adalah memeriksa tiap detail kecil komponen tersebut. Mengapa perlu memerhatikan detail kecilnya? Karena velg palsu dengan velg asli terkesan berbeda apabila diamati secara teliti.

Salah satu contohnya adalah logo atau merek tertera. Antara barang palsu dengan asli memiliki perbedaan cukup signifikan dari segi ini. Logo yang berbeda ketimbang aslinya, mampu membantu kita dalam mengenali lebih dalam. Lantas apa saja yang perlu menjadi pertimbangan untuk cara mengenal velg palsu tersebut?

Mengenal Velg sebagai Komponen Penting Kendaraan

Mengenal Velg sebagai Komponen Penting Kendaraan
Mengenal Velg sebagai Komponen Penting Kendaraan

Secara umum, velg merupakan komponen utama pada mobil berupa lingkaran metalik di mana hal ini digunakan untuk menahan ban agar tetap pada posisinya. Komponen tersebut berfungsi dalam memberikan stabilitas saat mobil sedang melaju.

Material utama sebagai bahan dasarnya adalah aluminium, baja ringan, carbon, bahkan magnesium. Meskipun bentuknya lingkaran, namun velg memiliki desain visual berbeda-beda seperti adanya hiasan pada bagian samping.

Pemilihan bahan-bahan tersebut tentu saja melalui berbagai pertimbangan, seperti lentur, ringan, serta mudah dibentuk untuk dijadikan apa saja. Berbagai pertimbangan hal ini membuat barang palsu dijual laris di pasaran otomotif, sehingga sangat penting bagi kita mengetahui cara mengenal velg palsu agar tidak tertipu oleh produsen tempat membelinya.

Karakteristik Velg Asli yang Perlu Diketahui

Karakteristik Velg Asli yang Perlu Diketahui
Karakteristik Velg Asli yang Perlu Diketahui

Produk asli memiliki beberapa karakteristik khusus sebagai pembeda dengan velg palsu. Perbedaan ini dapat dilihat dari beberapa hal, antara lain:

  • Logo dan Merek. Dari segi ini, barang asli memiliki logo yang tercetak jelas sehingga apabila hasil replika umumnya tidak begitu jelas.
  • Kemampuan Finishing. Permukaan velg asli halus tanpa adanya goresan-goresan apapun.
  • Bobot. Cara mengenal velg palsu juga dapat diperhatikan melalui bobotnya. Umumnya, barang asli memiliki berat imbang. 
  • Kode Produksi. Hal ini digunakan untuk melacak asal usul atau melakukan verifikasi identitas asal barang.
  • Bentuk Simetris. Velg asli memiliki bentuk simetris dan presisi.
  • Kartu Garansi. Saat pembelian velg baru, umumnya diberikan kartu garansi.

5 Cara Mengenal Velg Palsu dan Asli

5 Cara Mengenal Velg Palsu dan Asli
5 Cara Mengenal Velg Palsu dan Asli

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi apakah barang tersebut palsu atau asli. Cara-cara tersebut mengandalkan perhatian secara detail terhadap kualitas bahan hingga bukti tanda kelayakan pakai melalui sertifikat.

Kualitas Material

Analisis kualitas material adalah salah satu metode paling efektif untuk membedakan velg asli dan palsu. Pada velg asli, biasanya material yang digunakan terbuat dari paduan logam berkualitas tinggi, sangat tangguh sehingga kuat saat dipegang.

Cara mengenal velg palsu jika dilihat dari kualitas materialnya, umumnya terbuat dari bahan logam murahan atau campuran. Tentu saja hal tersebut akan membuatnya terasa lebih ringan, bahkan terkesan mudah rapuh saat digunakan dalam beberapa waktu.

Oleh sebab itu, kita dapat memastikan keasliannya dengan mengandalkan indra peraba dan pemahaman tentang kualitas material. Hal ini demi kebaikan serta keamanan berkendara agar terhindar dari hal-hal diluar dugaan.

Desain dan Logo Velg

Produk yang asli biasanya memiliki desain rumit serta mendalam, juga ketajaman luar biasa. Untuk meningkatkan aerodinamika dan estetika kendaraan, setiap lekukan maupun pola pada velg asli dirancang secara hati-hati.

Selain itu, untuk cara mengenal velg palsu dapat dilihat dari logo dan mereknya, apakah terlihat jelas atau tidak. Produk palsu seringkali memiliki desain kurang presisi dan detail buram, bahkan logo terkesan buram atau cacat.

Kita dapat menghindari membeli produk palsu dengan memeriksa secara detail terhadap desain produk tersebut. Salah satu karakteristik produk asli adalah desain terawat dengan baik, sehingga dapat memberikan tampilan serta kinerja terbaik untuk kendaraan kita.

Bobot Velg

Produk asli biasanya lebih ringan dibandingkan produk palsu sebab kepadatan material tingkat tinggi. Hal ini mengindikasikan ketahanannya saat digunakan di jalan. Meskipun dari bahan yang sama, produk asli memiliki bobot lebih ringan dibandingkan replikanya.

Sebagai salah satu cara mengenal velg palsu, produk yang palsu bobotnya bisa mencapai 10-11 kilogram. Berbeda dengan produk asli yang bobotnya hanya kisaran 5-6 kilogram saja. Melalui hal tersebut dapat dilihat bahwa semakin besar dimensinya, maka akan semakin berat bobotnya.

Sertifikasi Tanda Kelayakan

Velg asli biasanya disertai dengan sertifikat yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah lulus uji standar kualitas serta keamanan oleh otoritas relevan. Sertifikasi ini mencakup banyak hal, mulai dari bahan baku yang digunakan hingga prosedur produksi.

Tanda kelayakan biasanya juga dipasang pada produk asli, di mana hal ini menunjukkan produsen, tanggal produksi, serta nomor identifikasi. Kepatuhan produk terhadap standar industri yang ketat ditunjukkan oleh tanda-tanda tersebut.

Sebaliknya, cara mengenal velg palsu dapat dilihat pada produk yang tidak memiliki tanda kelayakan atau sertifikasi. Dengan melihat tanda kelayakan dan sertifikasi, kita dapat memastikan apakah produk tersebut memenuhi standar keselamatan atau tidak. 

Segi Harga

Produk asli memiliki harga yang cenderung lebih tinggi karena terbuat dari bahan berkualitas tinggi serta proses pembuatannya sangat cermat. Biasanya, untuk produk asli dijual di kisaran harga Rp 10 juta per set atau empat unit, sedangkan produk palsu dijual dengan harga sekitar Rp 3 jutaan untuk empat unit.

Harga yang wajar ini merupakan hasil dari biaya bahan baku dan teknologi produksi yang digunakan selama pembuatan. Sedangkan harga yang terlalu rendah menunjukkan bahwa bahan bakunya berkualitas rendah sehingga dapat dijadikan acuan untuk cara mengenal velg palsu.

Tentu saja, karena bahan bakunya murahan, maka produk akan lebih cepat mengalami kerusakan. Sehingga tingkat keamanannya rendah dan tidak tahan lama. Oleh karena itu penting untuk memilih produk berkualitas meskipun harganya mahal demi keamanan berkendara.

Risiko Penggunaan Velg Palsu terhadap Kendaraan

Risiko Penggunaan Velg Palsu terhadap Kendaraan
Risiko Penggunaan Velg Palsu terhadap Kendaraan

Penggunaan barang palsu pada kendaraan dapat menimbulkan sejumlah risiko serius. Sehingga sangat perlu memahami cara mengenal velg palsu untuk menghindari berbagai kemungkinan risiko yang bisa terjadi. Apa saja risiko yang didapatkan? 

  • Menjadi lebih cepat rusak atau tidak bertahan lama. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan kurang kuat sehingga lebih rentan terhadap keretakan.
  • Produk hasil replika cenderung tidak seimbang yang dapat menyebabkan getaran serta guncangan berlebihan pada kendaraan.
  • Lebih cepat terjadi keausan pada sistem suspensi ban kendaraan.
  • Penggunaan velg palsu dapat menyebabkan ketidakstabilan saat mengemudi.

Cara Mudah Mengetahui Kualitas Velg 

Cara Mudah Mengetahui Kualitas Velg
Cara Mudah Mengetahui Kualitas Velg

Mengetahui kualitasnya sangat penting untuk memastikan keamanan serta kenyamanan berkendara. Berikut beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mengetahui apakah barang tersebut bagus atau tidak.

  • Memeriksa reputasi produsen. Pilihlah yang di produksi oleh produsen ternama dengan reputasi baik dalam dunia industri otomotif karena pasti produknya berkualitas.
  • Analisis bahan. Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan kita, serta pastikan bahwa bahan tersebut memiliki kualitas baik.
  • Memperhatikan desain. Pastikan juga sebelum memutuskan membelinya, bahwa desain produk presisi.
  • Memperhatikan berat produk. Cara mengenal velg palsu dapat dilihat dari bobotnya, sehingga agar mendapatkan produk kualitas bagus, maka periksa juga beratnya. 
  • Memeriksa standar izin produksi. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa sertifikasi produk apakah sudah mematuhi standar keamanan 
  • Melihat ulasan pelanggan. Penting bagi kita untuk melihat ulasan para pelanggan yang telah membelinya di toko tersebut untuk memastikan apakah produknya berkualitas atau tidak.
  • Memeriksa garansi. Ini merupakan tanda bahwa produsen percaya terhadap produknya sehingga layak untuk dijual.
  • Harga Masuk Akal. Produk berkualitas baik pastinya memiliki harga standar di pasaran otomotif, jadi apabila harganya di bawah standar, maka perlu lebih diteliti apakah produk tersebut kualitasnya bagus atau tidak.

Baca juga: Teknik Mengganti Oli Mobil Pada Mobil Lawas yang Tepat

Terdapat beberapa cara mengenal velg palsu yang dapat kita lakukan untuk menghindari kerugian dalam transaksi pembelian karena kualitas produk tidak sesuai. Dengan mengetahui perbedaan antara produk asli dan replika, tentu akan semakin memudahkan kita dalam menemukan perbedaannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini