Berbagai Cara Mencuci Motor dengan Baik dan Benar Supaya Motor Kamu Enak dipandang dan Aman digunakan

0
307
thumb cuci motor - cara mencuci motor dengan baik

Mencuci motor harus dilakukan setiap hari. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Sayangnya tidak semua orang tahu cara mencuci motor dengan baik dan benar sehingga sering melakukan kesalahan. Padahal, cara membersihkan motor sebenarnya sangat sederhana dan juga mudah.

Baca Juga : Ketahui Cara Mencuci Mobil Dengan Baik dan Benar, Sehingga Mobil Kesayangan Anda Nyaman dipandang!

Apabila kamu merasa sering sulit dalam membersihkan motor sendiri di rumah, ada baiknya untuk menyimak artikel yang akan dibahas di bawah ini. Dengan menyimak artikel tersebut kamu akan tahu bagaimana cara membersihkan motor yang baik dan benar tanpa perlu kerepotan.

Berikut Cara Mencuci Motor dengan Baik dan Benar

Cara mencuci motor yang benar sebenarnya mudah untuk dilakukan. Hanya saja Tidak semua orang mengetahui caranya sehingga kerap melakukan kesalahan. Beberapa poin di bawah ini agar bisa mencuci motor dengan sempurna.

Menggunakan Sabun Khusus

sabun motor - cara mencuci motor dengan baik

Jika ingin mencuci motor ada baiknya menggunakan sabun khusus yang disediakan untuk menjaga kualitas dari cat dan juga stiker yang menempel. Sabun ini bisa didapatkan dari bengkel atau toko khusus. Kamu juga bisa membelinya secara online.

Sabun ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar sehingga bisa digunakan hingga berkali-kali. Kamu bisa membelinya satu kali untuk bisa dipakai hingga satu bulan pencucian. Daripada membeli sabun kemasan sachet, boleh dalam jumlah besar agar lebih awet.

Kamu tidak disarankan menggunakan sabun cuci atau deterjen untuk melakukan pencucian. Cara menggunakan sabun tersebut kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah pada cat seperti mengelupas meski hal itu tidak akan terjadi secara instan.

Selalu Memakai Air Mengalir

air mengalir - cara mencuci motor dengan baik

Saat ingin mencuci motor ada baiknya selalu menggunakan air yang mengalir. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kotoran yang kembali menempel. Air yang mengalir juga mencegah adanya pengendapan di beberapa bagian sehingga sulit dibersihkan.

Setelah memberikan sabun dan membuatnya berbusa kamu bisa membilasnya dengan air mengalir melalui selang dari atas ke bawah. Jangan menggunakan spons lagi untuk menyeka semua kotoran dan juga. Jika melakukan ini, kotoran bisa kembali menempel.

Jika tidak ada selang air bisa dipakai kamu bisa menggunakan ember yang diisi air. Selanjutnya kamu bisa menyeramkannya dari atas akan mengalir ke bawah. Lakukan berkali-kali hingga seluruh body dari motor menjadi bersih. 

Pakai Spons Khusus

spons khus - cara mencuci motor dengan baik

Jika ingin body dari motor tidak mengalami masalah seperti terkelupas atau baret, ada baiknya untuk selalu menggunakan spon khusus. Spons ini digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda yang menempel agar mudah terkelupas tanpa harus menyebabkan kerusakan.

Memilih spons  adalah bagian dari cara mencuci motor dengan baik dan benar. Itulah kenapa kamu disarankan untuk membeli spon khusus dari toko penjual alat cuci motor atau bengkel. Pilih kualitas yang baik karena satu spons biasanya bisa digunakan hingga berkali-kali.

Jangan menggunakan spons murahan atau spons yang berasal dari potongan dari kursi atau alat cuci piring. Juga menggunakan alat itu kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah pada bodi kendaraan seperti tergores hingga kotoran yang tidak bisa terlepas.

Keringkan Dengan Kain Lembut

kain - cara mencuci motor dengan baik

Setelah motor dicuci dengan bersih selanjutnya kamu bisa melakukan proses pengeringan. Biarkan motor mengering dengan sendirinya sampai akhir yang menempel pada body sedikit. Jangan langsung mengelapnya dalam kondisi motor yang sedang basah.

Gunakan kain khusus yang sangat lembut untuk melakukan proses pengeringan. Kain ini akan sangat bermanfaat untuk menyerap sisa air sehingga seluruh permukaan dari body motor menjadi kering. Lakukan perlahan-lahan dari atas hingga ke bawah dan sapuan yang searah.

Jangan menggunakan kain yang sangat kasar karena bisa menyebabkan body dari motor mengalami kerusakan. Saat ini ada kain khusus yang bisa digunakan untuk mengelola body dari motor. Bahkan meski tidak mencucinya kamu bisa menggunakan kain itu untuk membersihkannya dari kotoran.

Poles Dengan Pelindung Body

polesh - cara mencuci motor dengan baik

Setelah seluruh permukaan dari motor kering, kamu bisa memuluskan semacam cairan khusus atau wax. Cairan ini bisa melindungi seluruh bagian body motor termasuk stiker yang menempel di permukaannya.

Bagian dari website akan membuat body dari motor terlihat mengkilap. Apabila dilihat dari kejauhan atau di bawah sinar matahari motor akan terlihat lebih bersih sehingga nilai estetik dari kendaraan akan menyanyikan. Lapisan tersebut juga melindungi dari debu agar tidak menempel.

Aplikasikan cairan ini setiap kamu melakukan pencucian motor secara berkala. Paling tidak setiap dua hari sekali atau seminggu sekali kamu harus mengoleskannya agar body jadi terlihat lebih menarik seperti saat membeli motor baru.

Hati-Hati Membersihkan Area Mesin

cuci mesin - cara mencuci motor dengan baik

Jika kamu ingin membersihkan bagian mesin motor sebaiknya hati-hati. Jangan asal-asalan menumpahkan air atau menyemprotkannya. Juga melakukan ini bisa saja air tersebut masuk ke dalam mesin hingga mengenai area sambungan listrik.

Untuk itu pastikan hanya melakukan penyemprotan di bagian luar. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Bila perlu kamu bisa menggunakan kain khusus untuk membersihkannya secara mandiri agar tidak terkena air dalam jumlah yang terlalu banyak.

Apabila area itu terkena air dalam jumlah banyak kemungkinan besar bisa mempengaruhi kinerja dari mesin. Beberapa sambungan juga bisa mengalami korsleting sehingga listrik pada motor tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Motor Dalam Kondisi Dingin

motor kondisi dingin - cara mencuci motor dengan baik

Jika ingin mencuci motor ada baiknya untuk mematikan mesin kendaraan ini terlebih dahulu selama beberapa menit setelah digunakan. Jika seluruh bagiannya khususnya mesin dalam kondisi dingin, maka tidak akan menyebabkan masalah saat disiram dengan air.

Setelah seluruh bagian dari motor dingin baru lah kamu bisa menyiramnya dengan air hingga merata. Selanjutnya proses pencucian baru bisa dilakukan.

Jangan Lupakan Bagian Roda

bagian roda - cara mencuci motor dengan baik

Cara mencuci motor dengan baik dan benar selanjutnya adalah tidak melupakan bagian roda. Saat mencuci motor biasanya kita hanya terfokus pada bagian body saja. Pada bagian dari roda juga sangat penting dan sering sekali mengalami kotor dan sulit dibersihkan.

Saat melakukan proses pembersihan kamu bisa melakukan pencucian pada bagian roda terlebih dahulu. Gunakan alat tertentu untuk membersihkan kotoran atau noda yang sulit terlepas. Selanjutnya baru bersihkan juga bagian atas atau body dari kendaraan.

Dengan membersihkan seluruh bagian dari motor, kendaraan ini menjadi lebih nyaman saat dipakai. Tidak hanya itu, saat dilihat kendaraan juga lebih bagus karena seluruh bagiannya terlihat bersih dan juga mengkilap saat di bawah sinar matahari.

Kembali Lumasi Rantai

lumasi rantai - cara mencuci motor dengan baik

Saat melakukan pembersihan motor biasanya seluruh bagian akan dikenai sabun lalu dibilas sampai bersih. Hal itu juga berlaku pada bagian rantai dari kendaraan. Sabun akan mengenai area itu sehingga bagian dari pelumas akan ikut larut bersama air.

Setelah melakukan pembersihan dan pengeringan hingga sempurna ada baiknya kamu kembali melumasi bagian rantai. Dengan melakukan pelemasan ini rantai akan menjadi lebih mudah untuk digunakan dan tidak mengganggu proses pergerakan roda selama perjalanan.

Kamu tidak perlu menggunakan minyak pada rantai terlalu banyak. Cukup gunakan sedikit saja lalu gerakan roda. Secara otomatis minyak dari roda akan merata ke seluruh permukaan sehingga gesekan dengan gerigi bisa diminimalkan.

Jangan Lakukan di Bawah Matahari Langsung

dibawah terik - cara mencuci motor dengan baik

Ada baiknya untuk tidak melakukan proses pencucian motor di bawah sinar matahari secara langsung. Efeknya jika kamu ingin mencuci dilakukan di dalam garasi atau di bawah kanopi sehingga sinar matahari tidak akan langsung mengenai kunci dari motor.

Apabila hal ini dilakukan kemungkinan besar akan menyebabkan masalah pada cat dan juga stiker. Apalagi body motor dalam kondisi panas selalu terkena siraman dari air yang sangat dingin. Cepat atau lambat masalah akan terjadi sehingga risiko terjadi pengelupasan akan besar.

Apabila di rumah tidak ada kanopi ada baiknya membersihkan motor saat pagi atau sore hari. Dengan melakukan ini sinar matahari tidak akan langsung mengenai motor dan menyebabkan masalah seiring dengan berjalannya waktu.

Memperhatikan cara mencuci motor dengan baik dan benar yang sudah dibahas di atas, memudahkan kamu saat mencuci roda dua. Apapun jenis novel yang dimiliki entah itu bebek, matic, atau jenis motor roda dua lainnya kamu bisa membersihkannya dengan maksimal.

Baca Juga : Rekomendasi 9 Motor 250 CC Terbaru dan Termurah Untuk Kamu Sebagai Pilihan Sebelum dibeli Nanti

Yang paling penting adalah menggunakan sabun khusus untuk melakukan proses pencucian. Kamu juga harus menggunakan air yang mengalir agar tidak ada kotoran yang menempel kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here