Cara Mencuci Mobil yang Benar Sehingga Selalu Bersih

0
47
Cara Mencuci Mobil yang Benar Sehingga Selalu Bersih
Cara Mencuci Mobil yang Benar Sehingga Selalu Bersih

Banyak orang bertanya mengenai cara mencuci mobil yang benar karena selalu merasa ketika baru saja membersihkan kendaraannya akan segera kotor kembali setelah selesai memakai mobilnya. Hal ini tentu saja akan terasa sangat merepotkan bagi sebagian orang ketika ingin membersihkan mobilnya.

Baca juga: Cara Antisipasi Mobil Matik Mogok Bagi Pemula

Terkadang banyak orang mengeluh jika mencuci mobilnya akan terasa melelahkan karena kondisi mobil akan segera menjadi cepat kotor atau kurang bersih jika mencucinya sendiri. Oleh sebab itu, banyak orang lebih memilih menggunakan bantuan dari jasa pencucian untuk mencucinya.

Namun jika harus selalu menggunakan jasa pencucian setiap saat tentu saja akan membuang begitu banyak uang karena biayanya tidaklah murah. Hal ini menyebabkan banyak orang ingin mengetahui cara mencuci mobil yang benar sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran bulanannya.

Dengan mencucinya secara mandiri bisa menghemat banyak uang karena tidak perlu selalu mengunjungi jasa pencucian kendaraan setiap beberapa minggu sekali. Namun banyak orang belum paham bagaimana cara paling tepat untuk menyebabkan kendaraannya menjadi lebih bersih.

Hal ini sering terjadi karena banyak orang merasa ketika melakukan pencucian kendaraannya secara mandiri bukanya tambah bersih namun menjadi cepat kotor. Jika kalian termasuk dalam beberapa orang tersebut maka perlu mengetahui bagaimana caranya sehingga bisa tetap bersih.

Cara Mencuci Mobil yang Benar

Cara Mencuci Mobil yang Benar
Cara Mencuci Mobil yang Benar

Banyak orang terkadang ketika kendaraannya kotor setelah mengendarainya dengan cukup jauh akan terasa bingung untuk membersihkannya. Karena jika menempuh jarak sangat jauh akan menyebabkan mobilnya mendapatkan banyak sekali kotoran seperti debu hingga lumpur membandel.

Hal ini akan terasa menyebalkan terlebih jika kalian tidak mengetahui bagaimana cara supaya kendaraan menjadi tetap bersih setiap saat. Oleh sebab itu, sebagai pemilik kendaraan perlu memahami cara mencuci mobil yang benar untuk membuatnya selalu bersih setiap saat tanpa adanya noda membandel.

Kegiatan pencucian kendaraan sendiri tidak bisa kalian anggap remeh karena jika ingin mendapat mobil yang bersih, pengemudi tidak boleh menganggap remeh kegiatan untuk membersihkan kendaraannya. Oleh sebab itu, sebagai pemilik kendaraan harus bisa mengetahuinya.

Namun pada saat ini tidak semua pemilik kendaraan mengetahui bagaimana cara terbaik untuk membuat kendaraannya menjadi bersih. Oleh sebab itu, kalian perlu mengetahui cara mencuci mobil yang benar sehingga bisa membuat kendaraan tetap bersih walaupun sudah selesai mencucinya.

Jika kalian masih bingung bagaimana urutan terbaik sehingga bisa mempertahankan mobil tetap dalam kondisi bersih setelah mencucinya maka tidak perlu khawatir. Berikut beberapa langkah yang perlu pemilik kendaraan pahami ketika ingin membersihkan mobilnya secara mudah.

Bersihkan Bagian Permukaan Terlebih Dahulu

Bersihkan Bagian Permukaan Terlebih Dahulu
Bersihkan Bagian Permukaan Terlebih Dahulu

Jika ingin melakukan dan menerapkan cara mencuci mobil yang benar langkah pertama maka sebagai pemilik kendaraan perlu membersihkan bagian permukaan mobilnya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting walau bagi sebagian orang salah menduga sehingga hanya mengguyur dengan air.

Terlebih jika sebagai pemilik sudah lama tidak menggunakan mobilnya sehingga menyebabkan banyaknya debu mengelilingi bagian permukaan kendaraannya. Jika kalian menyemprot air secara sembarangan banyak debu akan menyebar dan secara tidak sengaja akan masuk dalam bagian mesin.

Jika debu masuk ke dalam mesin banyak ahli khawatir akan merusak beberapa komponen pada dalamnya. Oleh sebab itu, sebagai langkah dalam cara mencuci mobil yang benar yaitu untuk membersihkan bagian permukaan perlu kalian lakukan secara perlahan namun merata.

Sebelum mencucinya seorang pengendara perlu membersihkan debu dan kotoran dalam bagian permukaan kendaraannya secara menyeluruh. Untuk membersihkannya sendiri kalian bisa memanfaatkan penggunaan kuas lembut maupun kuas sehingga bisa membersihkan hingga bagian sela-sela.

Namun hindari membersihkan debu permukaan dengan bantuan kemoceng walaupun terlihat sangat lembut, namun penggunaan alat ini sangat berbahaya. Jika tidak hati-hati akan menimbulkan goresan pada cat karena pada kemoceng memiliki paku sebagai pengikat bulu.

Mencampur Sabun Cuci

Mencampur Sabun Cuci
Mencampur Sabun Cuci

Langkah untuk melakukan cara mencuci mobil yang benar selanjutnya adalah dengan mempersiapkan sabunnya terlebih dahulu. Karena jika ingin mendapatkan hasil maksimal dalam proses pencucian maka tidak boleh melewatkan dalam proses pemilihan sabun cuci.

Tidak semua orang mengetahui sabun apa yang cocok untuk mengaplikasikannya ketika sedang melakukan pencucian terhadap mobilnya. Namun secara umum kalian bisa mulai memanfaatkan sabun pencuci kendaraan, sabun cuci piring, maupun shampoo mobil.

Ketiga jenis sabun tersebut sangat cocok jika kalian aplikasikan ketika sedang melakukan proses pencucian kendaraan, salah satu alasannya karena memiliki lapisan sangat lembut. Kemudian langkah cara mencuci mobil yang benar selanjutnya adalah dengan melakukan pencampuran.

Ketika mencuci kendaraan tidak mungkin bagi pencuci untuk langsung menggunakan sabun pada bagian kendaraannya. Oleh sebab itu, jika ingin mencuci dengan bersih dan efisien sebagai pemilik kendaraan bisa mencampur sabunnya terlebih dahulu menggunakan air.

Pastikan untuk mencampurkan sabun sesuai petunjuk pada wadahnya, karena setiap jenis dan merk sabun yang berbeda memiliki jumlah takarannya sendiri. Gunakan ember sebagai tempat untuk mengaplikasikan cara mencuci mobil yang benar ini yaitu mencampurkan air dengan sabunnya.

Membasahkan dan Aplikasi Sabun

Membasahkan dan Aplikasi Sabun
Membasahkan dan Aplikasi Sabun

Setelah selesai mencampurkan sabun dengan air sesuai dengan takaran maka langkah berikut adalah dengan mengaplikasikan sabunnya ke dalam bagian luar kendaraan. Namun sebelum mulai mengaplikasikan sabun ke bagian permukaan mobil kalian perlu membasahinya terlebih dahulu.

Dengan membasahi permukaan akan membuat bagian permukaannya menjadi lebih mudah dalam proses pembersihannya. Selain itu dengan menerapkan cara mencuci mobil ini akan mempermudah membersihkan bagian debu tersisa setelah membersihkannya.

Kalian bisa membasahi seluruh bagian kendaraan dengan mengguyurkan dengan air biasa secara menyeluruh. Jika ingin lebih efisien bisa menggunakan bantuan selang sehingga dapat menyemprotkan airnya secara mudah dan lebih terarah daripada menggunakan gayung saja.

Untuk cara mencuci mobil yang benar selanjutnya adalah mengaplikasikan sabun yang telah kalian campur pada permukaan kendaraan setelah membasahinya dengan air. Dalam proses aplikasi ini pastikan untuk tetap menggunakan kain lembut dan dalam kondisi bersih.

Banyak orang menggunakan kain khusus seperti kanebo karena memiliki permukaan sangat lembut sehingga cocok untuk mencuci kendaraan. Mulai bersihkan mobil dari bagian atas terlebih dahulu, baru kemudian menuju bagian bawah dari arah depan menuju belakang.

Melakukan Pembilasan

Melakukan Pembilasan
Melakukan Pembilasan

Langkah selanjutnya setelah melakukan cara mencuci mobil yang benar yaitu dengan mengaplikasikan sabun ke dalam semua bagian permukaan kendaraan adalah melakukan pembilasan. Hal ini terjadi untuk mengangkat sabun dari bagian mobil sehingga menjadi lebih bersih.

Biasanya beberapa orang hanya memanfaatkan air biasa untuk membilas kendaraannya setelah selesai menyabuninya. Namun pastikan bahwa ketika mengaplikasikan sabun pada permukaannya, kalian sudah mengaplikasikan sabun hingga sela-sela kendaraan.

Dengan memastikan semua bagian termasuk sela-sela sulit terjangkau tangan akan membuat proses pembersihan kendaraan menjadi lebih sempurna. Oleh sebab itu, langkah cara mencuci mobil yang benar selanjutnya adalah membersihkan semua sabun menempel pada kendaraan.

Jika ingin membersihkannya bisa menggunakan air bersih sehingga semua bagian sabun pada kendaraan menjadi menghilang. Namun terkadang jika harus membersihkannya memakai gayung akan terasa merepotkan oleh sebab itulah banyak orang menggunakan selang.

Dengan menggunakan selang bisa melakukan cara mencuci mobil ini secara lebih mudah dan efisien. Namun kalian perlu memastikan bahwa tekanan air pada selang tidak terlalu kencang, karena jika tekanan air terlalu kencang akan merusak cat dan bagian mobil lainnya.

Menerapkan Teknik Pengeringan

Menerapkan Teknik Pengeringan
Menerapkan Teknik Pengeringan

Setelah selesai membilas kendaraan maka langkah selanjutnya adalah mengeringkan mobil sehingga bisa menggunakannya kembali. Terkadang beberapa orang melakukan kesalahan karena hanya asal dalam melakukan teknik pengeringan tersebut.

Beberapa orang hanya mengeringkan mobil yang telah pengemudi cuci dengan cara menjemur pada bawah sinar matahari. Kalian tidak boleh melakukan langkah seperti itu karena hanya akan merusak bagian cat atau permukaan mobil karena perbedaan suhu.

Oleh sebab itu cara mencuci mobil yang benar untuk mengeringkan kendaraan adalah dengan menggunakan bantuan kalian lembut kering. Jika tidak memiliki kain lembut yang masih kering lagi bisa menggunakan handuk, namun pastikan dalam kondisi kering.

Untuk mengeringkan caranya hampir sama ketika mengaplikasikan sabun ketika sedang mencucinya. Pastikan kalian untuk mengusap permukaan kendaraan dari atas menuju bawah, tepatnya mulai dari depan hingga bagian belakangnya.

Baca juga: 6 Tips Berkendara Eco Driving Agar Mengemudi Lebih Efisien

Setelah selesai mengusap menggunakan kain langkah selanjutnya adalah memastikan tidak terdapat bagian kendaraan yang masih tersumbat air. Karena hal tersebut dapat berdampak pada kondisi mesin nantinya ketika akan menjalankannya.

Setelah menerapkan semua langkah tersebut mobil sudah dalam keadaan bersih dan bisa kalian gunakan kembali. Oleh sebab itu, jika ingin mencucinya cukup terapkan cara mencuci mobil yang benar karena sangat mudah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini