Ketahui Cara Mencuci Mobil Dengan Baik dan Benar, Sehingga Mobil Kesayangan Anda Nyaman dipandang!

0
196
thumb cuci mobil - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Pencucian mobil harus dilakukan secara rutin apalagi sudah musim hujan. Agar kamu bisa lebih hemat, coba perhatikan cara mencuci mobil dengan baik dan benar yang akan dibahas dalam artikel ini. Dengan memperhatikan hal tersebut, kamu tidak akan perlu lagi datang ke tukang cuci mobil.

Baca Juga : Rekomendasi Sabun Cuci Mobil Terbaik Pilihan yang Bikin Mobil Kamu Menjadi Cling

Mencuci sendiri bisa dilakukan di rumah atau di manapun. Yang paling penting kamu bisa melakukan semua langkahnya dengan baik mulai dari pencucian body bagian luar, ban, hingga membersihkan bagian dalam dari kendaraan. Simak cara membersihkan mobil selengkapnya di bawah ini.

Berikut Cara Mencuci Mobil Dengan Baik dan Benar

Mencuci mobil yang baik dan benar bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan memperhatikan beberapa cara di bawah ini, kamu bisa membuat mobil yang dimiliki lebih kinclong dan siap pakai setiap harinya.

1. Seluruh Bagian Mobil Dengan Air

body air - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Sebelum memutuskan untuk mencuci mobil ada baiknya untuk menyiram seluruh bagian dari body dengan menggunakan air terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk melunakkan kotoran atau debu yang menempel agar lebih mudah saat diaplikasikan sabun.

Kamu bisa menggunakan air keran atau juga menggunakan timba yang diisi air. Kirimkan satu persatu mulai dari atas ke bawah. Aku kan juga pada bagian roda atau pelek sehingga seluruh bagian dari di luar mobil basah dengan sempurna.

2. Selalu Menggunakan Air yang Mengalir

air mengalir - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Jika ingin mencuci mobil dengan baik ada baiknya selalu menggunakan air yang mengalir. Kecuali kamu masih sedang memberikan sabun air yang digunakan tidak perlu mengalir. Cukup dengan menggunakan ember saja sudah cukup.

Perumahan saat melakukan pembilasan air harus mengalir dari atas hingga ke bawah. Hindari menggunakan Satu ember untuk melakukan pembersihan sisa sabun. Jika hal ini dilakukan bisa saja kotoran yang tercampur dalam air menempel lagi pada bagian body mobil.

Gunakan selang air ataupun timbal yang berisi air untuk menyiram dari atas ke bawah. Selanjutnya tunggu selama beberapa saat baru di lap dengan menggunakan kain khusus agar tidak menyebabkan gesekan yang besar pada bagian body.

3. Menggunakan Sabun Cuci Khusus

sabun cuci khusus - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Satu hal yang harus diperhatikan dengan baik saat ingin mencuci mobil adalah menggunakan sabun khusus. Ada sabun khusus yang bisa digunakan untuk mencuci mobil sehingga tidak akan merusak bagian body khususnya cat sehingga aman untuk digunakan.

Hindari menggunakan sabun seperti deterjen untuk mencuci mobil apapun kondisinya. Bahan tersebut bisa saja berbahaya meski secara tidak langsung. Bagian body akan mengalami masalah seperti baret hingga mengelupas seiring dengan berjalannya waktu.

4. Jangan Lupakan Bagian Roda dan Velg

ban velg - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Agar mobil bisa bersih dengan sempurna jangan pernah melupakan bagian roda dan juga velg. Saat digunakan area ini akan banyak sekali menempel kotoran serta debu. Apalagi digunakan saat musim hujan, peran akan mudah sekali menempel sehingga cepat mengering dan sulit dibersihkan. 

Sebagai bagian dari cara mencuci mobil dengan baik dan benar, kamu harus membersihkan bagian dari roda dan velg ini. Setelah membersihkan seluruh bagian body bersihkan juga bagian dari roda ini mulai dari bagian yang paling luar hingga bagian yang terdalam. 

Apabila diperlukan kamu bisa melakukannya dengan masuk ke dalam bagian bawah mobil. Dengan melakukan ini seluruh bagian baik itu yang terlihat dari luar atau bagian dalam akan bersih dan tidak akan ada kotoran yang menempel di sana. Dengan begitu kebersihan dari mobil akan terjaga.

5. Pengeringan dilakukan Dengan Kain Khusus

lap khusus - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Lakukan proses pengeringan dengan membiarkan air yang ada pada body luar mobil menetes nggak ke bawah. Setelah tidak terlalu banyak air yang ada pada body kamu bisa menggunakan kain khusus yang sangat lembut untuk mengelap mulai dari atas hingga ke bawah.

Penggelapan ini harus dilakukan searah dan jangan bolak-balik. Dengan melakukan ini putih dari kendaraan akan lebih bersih dan tidak akan ada sisa kotoran yang menempel. Apakah jenis noda juga akan hilang sehingga Jika dilihat dari kejauhan body akan mengkilap.

6. Jika diperlukan Bisa Menggunakan Cairan Untuk Mengkilapkan Body

kilap - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Jika kamu merasa juga body dari mobil terlihat kusam dan kurang mengkilap, ada baiknya untuk ditambahkan cairan khusus yang bisa dioleskan ke seluruh bagian body. Cairan ini akan membuat chat menjadi lebih mengkilap Jika dilihat dari kejauhan.

Gunakan cairan khusus yang aman untuk body mobil. Aplikasikan mulai dari atas ke bawah. Setelah melakukannya tunggu beberapa saat agar mengering dan merasap. Selanjutnya kamu bisa segera menggunakan mobil untuk melakukan perjalanan.

7. Hindari Mencuci di Bawah Sinar Matahari Langsung

dibawah terik - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Cara mencuci mobil dengan baik dan benar selanjutnya adalah tidak melakukannya di bawah sinar matahari secara langsung. Jika hal ini dilakukan maka air akan mudah sekali mengering khususnya di bagian dari kaca depan. Hal ini akan menyebabkan noda yang terlihat aneh saat dilihat.

Untuk itu ada baiknya kamu untuk mencuci mobil saat pagi hari di mana sinar matahari masih belum kering. Apabila terpaksa harus mencucinya di siang hari ada baiknya dilakukan di bawah pohon atau di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. 

Sinar matahari yang terlalu terik juga bisa menyebabkan masalah pada cat body. Suhu yang tinggi dan mendadak terkena air yang dingin bisa menyebabkan masalah seperti retak. Apabila sudah terlanjur panas ada baiknya untuk menunda proses pencucian terlebih dahulu atau cukup dilap saja.

8. Gunakan Penyemprot Untuk Membersihkan Bagian Dalam

bagian dalam - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Setelah membersihkan seluruh bagian body dari mobil yang ada di luar kamu harus membersihkan bagian dalam. Sedikit berbeda, kamu tidak bisa menggunakan air yang mengalir. Untuk melakukan proses pencucian gunakan saja air dalam jumlah sedikit seperti dimasukkan dalam semprotan.

Dalam semprotan tersebut kamu bisa menambahkan sabun khusus. Selanjutnya ratakan ke beberapa bagian dari jok atau pun alas dari mobil. Biarkan selama beberapa saat terlebih dahulu baru klub dengan spon khusus yang lembut. Lakukan satu persatu ke seluruh bagian hingga merata.

Dengan melakukan ini seluruh kotoran dari bagian dalam mobil akan terangkat dengan sendirinya. Apalagi dalam kondisi pandemi, mau tidak mau harus dibersihkan secara rutin agar terhindar dari infeksi virus.

9. Buka Mobil Setelah dicuci

buka mobil - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Setelah mencuci atau membersihkan bagian dalam dari mobil ada baiknya kamu membuka seluruh pintu dari kendaraan. Hal ini dilakukan agar bagian dari mobil yang basah bisa mengering dengan sendirinya akibat penguapan. Lakukan ini selama beberapa menit atau sejam.

Jangan menutup pintu mobil begitu saja karena bagian yang basah akan sulit sekali untuk mengering. Selain itu aroma dari sabun juga akan tercium di sana sehingga kamu tidak akan merasa nyaman berada di dalam kendaraan. Untuk itu biarkan mengering dengan sendirinya baru digunakan.

Karena membutuhkan waktu pengeringan yang cukup lama ada baiknya untuk mencuci mobil di saat yang senggang. Jangan mencuci mobil saat kamu akan menggunakannya. Dengan begitu kamu tidak akan merasa tergesa-gesa untuk melakukan pembersihan serta merasa tidak bersabar menunggu kering 

10. Cuci Secara Bergantian

cuci bergantian - cara mencuci mobil dengan baik dan benar

Lakukan pencucian mobil secara bergantian mulai dari bagian luar dan juga dalam. Biasanya cara yang paling mudah adalah mencuci bagian luar terlebih dahulu hingga melakukan proses pengeringan. Setelah dirasa tidak ada cairan lagi di bagian luar, bukan bagian dalam.

Hari ini harus dilakukan karena saat melakukan pembersihan bagian dalam, kamu harus membukanya terlebih dahulu. Dengan membuka bagian dalam mobil, ada kemungkinan cairan dari body di luar akan masuk ke dalam. 

Itulah kenapa harus dilakukan secara bergantian dan menunggu salah satu kering terlebih dahulu. Karena membutuhkan proses yang panjang ada baiknya untuk dilakukan saat akhir pekan atau sedang tidak ada acara sama sekali.

Mencuci mobil harus dilakukan secara rutin untuk menghindari adanya kotoran yang menempel pada bagian body. Apalagi selama musim hujan mobil akan sering melalui daerah yang banyak sekali lumpur dan kotoran. Risiko kotor akan sangat besar sehingga harus dibersihkan.

Baca Juga : Pahami Istilah Water Hammer, Pembunuh Mesin Kendaraan yang Mematikan

Untuk itu kamu harus tahu cara mencuci mobil dengan baik dan benar yang dibahas di atas. Lakukan satu persatu yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan melakukannya secara rutin, mobil akan selalu ada dalam kondisi terbaiknya. Bahkan, kamu tidak perlu lagi membawanya ke tukang cuci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here