Cara Mencuci Helm Supaya Tidak Mudah Rusak

0
209
Cara Mencuci Helm Supaya Tidak Mudah Rusak
Cara Mencuci Helm Supaya Tidak Mudah Rusak

Cara mencuci helm memang harus diketahui dan diperhatikan dengan baik untuk beberapa tujuan tertentu. Helm merupakan salah satu alat pelindung kepala yang harus digunakan ketika mengendarai motor.

Baca juga : Macam-Macam Seri Helm Arai dan Daftar Harganya

Hingga saat ini sudah ada banyak sekali jenis helm yang dapat dijumpai di pasaran. Dengan banyaknya jenis motor yang ada saat ini, memang membuat sebagian besar produsen helm menciptakan produknya sesuai karakter motor. 

Kenali Cara Mencuci Helm yang Benar 

Kenali Cara Mencuci Helm yang Benar 
Kenali Cara Mencuci Helm yang Benar

Seperti penjelasan di atas helm terbagi atas beberapa jenis sesuai dengan motor. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait fakta helm, antara lain: 

  •  Pembagian Helm Berdasarkan Motor

Motor sport bisa menggunakan helm full face. Sedangkan, motor trail bisa menggunakan helm khusus motor trail. Selain itu, sudah ada helm retro untuk motor modern.

Fungsi dari helm ini sebenarnya sangatlah penting untuk kendaraan. Oleh karena itu, setiap orang yang mempunyai kendaraan bermotor pasti sudah memiliki helm.

Akan tetapi, kalian harus tahu apabila helm ini perlu yang perawatan. Hal ini agar helm tersebut tahan lama dan awet. Selain itu, cara mencuci helm memang harus diketahui agar lebih awet helmnya.

Apalagi jika helm sering digunakan pasti akan tampak lebih kotor. Contohnya saja seperti kena debu dan kehujanan. Jadi agar helm yang kusam dan kotor tidak terlihat, maka kalian harus bisa cuci helm.

  •  Lakukan Pembersihan pada Helm

Agar helm tampak lebih wangi dan bersih maka harus dicuci. Helm saat ini sudah bisa dibongkar sendiri di rumah. Jadi kalian lebih mudah untuk mencuci helm dengan air. Untuk cara mencuci helm sangat mudah hanya perlu beberapa peralatan saja.

Tips Mudah Mencuci Helm agar Bersih 

Ada beberapa tips yang perlu kalian ketahui saat ingin mencuci helm. Hal ini harus kalian lakukan agar helm cepat bersih, antara lain adalah yang sudah kita rangkum di bawah ini.

  •  Mempersiapkan Peralatan yang Diperlukan 

Cara mencuci helm pertama, yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah yaitu mempersiapkan terlebih dahulu peralatannya. Misalnya saja seperti air hangat, ember untuk wadah, dan sikat. 

Peralatan yang telah disebutkan di atas pasti sudah ada di rumah jadi hanya perlu kalian kumpulkan saja. Apabila alat tersebut tidak ada kalian bisa beli dahulu.

  •  Membuka Bagian Helm

Tips berikutnya, kalian harus bisa membuka beberapa bagian helm. Misalnya saja seperti kaca luar, padding helm, visornya agar kalian lebih mudah membersihkan bagian yang sulit dijangkau. 

Untuk bagian busa saat ini sudah ada tiga bagian yang bisa kalian lepas. Jadi, cara mencuci helm selanjutnya harus melepaskannya secara perlahan agar tidak mudah rusak.

  •  Mempersiapkan Ember dengan Air Panas

Tips mencuci helm berikutnya, kalian juga harus bisa mempersiapkan ember serta air hangat. Hal ini untuk mencuci beberapa bagian helm yang sudah kalian lepas.

Setelah dicuci dengan sabun kalian bisa kucek secara halus. Kalian juga bisa menyikat jika memungkinkan untuk dikucek, alangkah baiknya jangan menggunakan sikat.

  •  Mencuci dengan Sabun

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada bagian helm ini biasanya ada tiga bagian yang dapat dilepas. Jadi cara mencuci helm selanjutnya, bagian helm ini tinggal kalian cuci bersih hingga harum dan benar-benar bersih.

  •  Lakukan Bilas Padding Helm dengan Air Bersih

Apabila dirasa sudah harum dan bersih, maka tips mencuci helm berikutnya yakni kalian bilas dengan menggunakan air bersih. Kalian bisa lakukan berulang kali hingga padding helm tidak ada busa.

Biasanya, sabun memang akan menghasilkan busa banyak pada saat kalian mencucinya. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan semua padding sudah tidak berbusa.

  •  Mengeringkan Padding Helm

Setelah tiga bagian yang tadinya kalian bersihkan dan bilas selesai. Maka cara mencuci helm berikutnya kalian tinggal mengeringkan saja. 

Kalian bisa mengeringkannya lebih cepat, dengan menjemurnya. Hal ini dilakukan agar hasilnya lebih maksimal, sehingga bau apek yang tadinya ada tidak akan kembali lagi.

  •  Membersihkan Batok Helm

Sambil kalian menunggu padding helm tersebut kering, maka bisa langsung membersihkan bagian batok helmnya. Bersihkan batok dan bagian lainnya sampai bersih agar tampak lebih mengkilap.

  •  Membersihkan Kaca Atau Visor

Cara mencuci helm yang berikutnya, kalian semua dapat langsung membersihkan bagian visor atau kacanya sampai bersih kinclong. Jadi ketika kalian ingin gunakan lagi, maka semua kaca bisa terlihat dengan jelas.

  •  Memasang Kembali Kaca atau Visor

Tips mencuci helm selanjutnya, kalian bisa memasang kembali visor atau kacanya yang tadinya sudah dibersihkan. Untuk kalian yang memasang visor atau kacanya, harus lebih hati-hati dalam melakukannya. 

Hal ini karena dalam memasang visor atau kaca sebenarnya tampak sulit. Apalagi bagi kalian yang sama sekali belum pernah melakukannya.

  •  Memasang Padding Helm yang Kering

Cara mencuci helm terakhir, kalian semua hanya perlu pasang padding helm yang sudah dicuci dan dikeringkan tadi. Dalam melakukan pemasangan padding helm ini sebenarnya sangat mudah sekali.

Akan tetapi, kalian semua harus lebih memperhatikan antara sebelah kiri maupun kanan. Hal ini dilakukan agar keduanya tidak tertukar.

Cara Melakukan Perawatan Helm Full Face

Cara Melakukan Perawatan Helm Full Face
Cara Melakukan Perawatan Helm Full Face

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat helm full face. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara melakukan perawatan helm, antara lain:

  •  Wajib Menggunakan Tas Helm

Saat helm full face sedang tidak digunakan, alangkah baiknya dimasukkan ke dalam tas khusus helm. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menghindari kontak yang akan merusak permukaan helm saat sedang tidak diawasi.

Selain itu, dengan adanya tas helm ini akan membuat helm bisa dibawa kemana saja. Apalagi saat kalian sedang tidak berkendara untuk menghindari terjadinya pencurian.

  •  Hindari Menggantung Helm di Kaca Spion

Supaya bagian dalam helm full face tampak lebih awet, alangkah baiknya kalian jangan menggantungnya di kaca spion motor. Cara merawat ini sebenarnya penting sekali agar bisa mengurangi potensi helm lecet apalagi terjatuh.

Jadi bisa langsung menyimpannya di tas helm, kemudian bisa membawanya bersama kalian. Bahkan kalian juga bisa meletakkan helm hanya dengan mengaitkannya di atas jok motor.

  •  Tidak Menempel Stiker

Biasanya, stiker yang memiliki kandungan perekat dapat merusak permukaan helm full face. Bahkan, stiker yang lengket ini juga akan menimbulkan lecet saat skam dilepas. 

Selain itu, pada permukaan helm yang halus juga akan rusak. Hal ini karena sudah ada lecet dari stiker sehingga tingkat perlindungannya juga semakin berkurang.

  •  Hati-Hati dalam Memilih Produk Pembersih

Saat kalian ingin sekali menggunakan pembersih seperti sabun sebagai cara mencuci helm full face, maka harus lebih hati-hati dalam memilih produknya. Hal ini karena jika kalian salah memilih produk maka bisa langsung merusak permukaan helm.

Oleh karena itu, kalian wajib menggunakan sabun pembersih yang digunakan khusus untuk cuci helm. Apabila kalian ragu dengan penggunaan cairan pembersih, maka air saja sudah cukup untuk membersihkannya.

  •  Menjauhkan dari Panas Berlebih

Berikutnya, agar permukaan helm kalian tampak lebih awet, maka harus jauhkan helm dari suhu panas yang berlebihan. Apalagi saat helm tersebut tidak kalian gunakan. 

Oleh karena itu untuk melakukannya, tas helm juga berfungsi untuk bisa melindungi helm full face dari suhu panas berlebihan. Apabila kalian menemukan tempat penyimpanan helm, maka sebaiknya sudah meletakkannya di sana.

  •  Gunakan Lap Basah atau Tisu

Cara mencuci helm sebenarnya tidak hanya dapat digunakan dengan air. Namun, kalian bisa gunakan lap basah agar bisa membersihkan kotoran pada kaca helm. 

Jadi saat ada kotoran seperti debu, jangan pernah menggunakan tangan meskipun kotorannya hanya sedikit. Hal ini tentunya agar bisa menjaga kaca helm tetap dalam kondisi jernih. Jadi penglihatan kalian dari dalam helm juga tidak akan terganggu.

  •  Hindari Memasukkan Sarung Tangan ke Helm

Pada dasarnya, cara mencuci helm di rumah sebenarnya memang cepat dan mudah. Jadi untuk membersihkan helm ini sebenarnya kalian juga tidak perlu peralatan yang banyak. 

Misalnya saja dengan menghindari sarung tangan masuk ke helm. Hal ini harus kalian lakukan agar bisa menjaga interior pada helm. Umumnya, sarung tangan ini menimbulkan banyak kotoran dari bahannya yang akan merusak interior helm. 

Oleh karena itu simpanlah sarung tangan di tempat lain seperti jok kendaraan. Jadi setelah kalian baca cara perawatannya, maka sebaiknya merawat helm full face yang dimiliki seperti di atas. 

Baca juga : Cara untuk Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor

Namun, perawatan helm ini harus kalian lakukan secara rutin dan hati-hati. Hal ini agar bisa menjaga helm tetap awet. Kalian juga harus memperhatikan suhu dalam ruangan, hindarilah sinar matahari pada saat helm disimpan. Tidak lupa, lakukan cara mencuci helm yang benar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here