Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Akhir

0
230
Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Akhir
Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Akhir

Cara memilih motor second agar tidak menyesal harus kalian pelajari dengan sebaik mungkin. Hal tersebut dikarenakan motor second pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Salah-salah membelinya, kalian bisa mendapatkan motor yang komponennya rusak.

Baca juga : Cara untuk Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor

Itulah mengapa kalian harus memeriksa dengan teliti dan hati-hati terhadap motor second yang akan dibeli. Harganya memang tentu lebih murah dibandingkan dengan motor baru. Namun, pastikan pula kualitasnya juga memang bagus.

Seperti Ini Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal

Seperti Ini Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal
Seperti Ini Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal

Ada beberapa tips jitu yang perlu kalian ketahui agar motor second yang dibeli akan memberikan kenyamanan bagi pemilik barunya. Tidak sedikit juga orang-orang yang membeli motor second dengan kualitas yang masih sangat bagus.

  • Menentukan Motor yang Akan Dibeli

Cara memilih motor second agar tidak menyesal bisa dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu motor apa yang akan dibeli. Ini merupakan hal yang cukup sulit karena penjual motor bekas pastinya akan menawarkan berbagai pilihan.

Kalian bisa menentukannya terlebih dahulu. Contohnya saja jika motor tersebut akan digunakan untuk jarak jauh, belilah dengan CC besar. Namun jika untuk sekedar berkendara di perkotaan, kalian bisa memilih CC kecil saja.

  • Mengenali Harga PasaranĀ 

Cara memilih motor second agar tidak menyesal juga bisa dilakukan dengan mengenali harga pasaran terlebih dahulu. Dengan begitu, kalian tidak akan tertipu dengan harga motor yang ditawarkan penjual motor bekas.

Setiap motor tentu dihargai dengan kondisi dan tipe motor masing-masing. Selain mengetahui kondisi pastinya, kalian juga bisa mengenali harga pasaran dari motor-motor bekas yang diperjualbelikan.

  • Memilih Penjual di Pasar yang Jujur

Tidak perlu terburu-buru dalam membeli motor bekas. Kalian harus benar-benar memilih penjual yang jujur. Selektiflah dalam memilih penjual yang terpercaya. Banyak sekali penjual yang hanya ingin sekedar menipu konsumennya saja.

Contohnya saja, menjual dengan harga mahal kondisi motor yang tidak bagus. Solusi yang bisa kalian ambil adalah membeli dari tempat kenalan atau memilih penjual yang dipercaya teman yang sudah berpengalaman dahulu.

  • Jangan Terburu-Buru Bayar dan Cek Kelengkapan Suratnya

Hindari membayar uang muka tanpa mengecek kondisi motor terlebih dahulu. Ini merupakan cara memilih motor second agar tidak menyesal. Alasan apapun yang diberikan penjual, pastikan kalian tidak memberikan uang muka.

Apalagi ketika membelinya secara online. Selanjutnya, cek kelengkapan surat mulai dari STNK, BPKB, dll. Pastikan sesuai dengan plat motor serta nama pemilik motor. Dengan BPKB, kalian bisa tahu bahwa surat tersebut resmi dan bukan merupakan motor curian.

Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal, Cek Bagian Ini

Motor bekas menjadi salah satu pilihan bagi beberapa orang yang membutuhkan motor dengan budget yang seadanya. Namun, jika kalian memilihnya secara jeli, bukan tidak mungkin jika kalian akan mendapatkan motor yang bagus.

Perlu diingat bahwa kondisi motor bekas memang tidak selamanya bagus. Maka, perlu dicek terlebih dahulu kondisi-kondisi di bawah ini.

  • Memeriksa Kondisi Mesin.

Cara memilih motor second agar tidak menyesal bisa diawali dengan mengecek kondisi mesin. Pembeli bisa mengecek seluruh bagian mesin. Jika kalian kurang paham, kalian bisa membawa sahabat yang ahli dalam pengecekan mesin motor.

Cobalah dengan menyalakan motor, menarik gas, hingga memperhatikan asap knalpot. Jika kalian menyalakan mesin dan menutup knalpot lalu terdengar suara menggelitik, ini merupakan tanda bahwa klep sudah kendur.

  • Cek Bagian Body

Selain mengecek mesin motor, cara memilih motor second agar tidak menyesal adalah mengecek bagian body motor. Terutama mengecek kondisi ban motor serta kondisi dari rem cakramnya.

Mungkin jika melakukan pengecekan dan menemukan ban sudah usang, kalian bisa bernegosiasi untuk harga yang lebih murah. Ini dengan alasan harus mengganti ban setelah membeli motornya.

  • Kelengkapan Motor

Kelengkapan motor bisa dicek mulai dari kepakeman rem, tabung tempat oli apakah bocor atau tidak, hingga kondisi busi serta aki. Semakin lengkap dan baik kondisinya, maka ini akan semakin layak untuk dibeli.

Jika kalian memang peduli dengan tampilan, maka perhatikan goresan dan tingkat korosi pada bagian body motor. Perlu diingat, kondisi motor bekas memang tidak selamanya mulus. Apalagi jika motor tersebut sudah lama dipakai.

  • Mulus Belum Tentu Merupakan Motor Bagus

Cara memilih motor second agar tidak menyesal selain dengan mengecek kelengkapan suratnya, maka pertimbangkan jika motor yang mulus belum tentu merupakan motor second yang bagus.

Ini terutama untuk kalian yang hobi dalam hal modifikasi motor. Motor bekas yang mulus juga perlu dicek kondisinya. Mulus belum tentu menggambarkan kualitas asli dari adanya motor tersebut.

Beberapa Alasan Harus Membeli Motor Second

Cara memilih motor second agar tidak menyesal memang harus dilakukan agar kalian tidak tertipu. Hal tersebut dikarenakan dewasa ini motor second memang lebih banyak diminati. Ada banyak sekali alasan mengapa orang-orang lebih menginginkan untuk membeli motor second.

  • Rasa Baru Meskipun Bekas

Di jaman yang sudah serba modern seperti sekarang, motor baru model sport memang banyak sekali dibeli. Setelah dipakai, ini ternyata membuat tangan merasa lelah. Itulah mengapa pemiliknya ingin berganti untuk membeli matic saja.

Padahal, kondisi motor tersebut masih baru dan baik. Namun, jangan tanya jika harga jualnya memang jauh lebih jauh dibandingkan dengan harga baru. Meskipun begitu, pembeli tetap akan merasakan motor baru ketika mengendarainya.

  • Full Modif

Cara memilih motor second agar tidak menyesal dengan full modif harus diperiksa dengan baik. Tidak sedikit orang yang memilih membeli motor bekas yang sudah dimodifikasi oleh pemilik aslinya.

Pecinta motor pasti akan membuat penampilan motor mereka menjadi istimewa. Harga dari pabrik mahal, sedangkan harga second dengan full modif lebih bisa dinikmati kantong. Inilah yang membuat banyak orang justru tertarik membeli motor bekas.

  • Dana Terbatas

Dana terbatas pastilah menjadi alasan utama mereka orang-orang lebih tertarik untuk membeli motor bekas. Tidak semua orang tentunya bisa membeli motor yang baru karena harganya mahal di kisaran 15 jutaan.

Sedangkan bekas, suratnya mungkin sudah lengkap seperti yang seharusnya diberikan. Kisaran harganya juga jauh lebih murah mulai dari 5 jutaan saja tergantung dari kondisi motor yang akan dibeli.

  • Suka Model Lama

Tidak sedikit orang yang menginginkan model motor lama. Desain dan model motor sekarang memang tajam dan serba menyudut. Ini membuat sebagian orang tidak menyukainya. Maka, mereka tentu saja ingin mendapatkan motor model lama saja.

Inilah Keuntungan Membeli Motor Second

Inilah Keuntungan Membeli Motor Second
Inilah Keuntungan Membeli Motor Second

Apakah kalian sedang tertarik untuk membeli motor second? Jika iya, pastikan sudah mengetahui tentang cara memilih motor second agar tidak menyesal kedepannya. Ada berbagai keuntungan yang bisa dimiliki dengan membeli motor second.

  • Harga Jauh Lebih Murah

Bisa dipastikan memang motor second punya harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan motor baru. Motor baru era ini memiliki harga kisaran 17 hingga 30 jutaan saja yang bisa dibeli.

Namun ketika kalian akan membeli motor bekas, budget yang bisa dikeluarkan mungkin hanya sekitar 6 hingga 7 juta saja. Tapi, lihat-lihat dulu kondisinya ya. Jangan sampai keadaannya buruk hingga harganya benar-benar ambruk.

  • Tidak Berhutang

Harganya yang murah membuat kalian akan terhindar dari jeratan hutang. Jika dibandingkan dengan mengkredit motor baru yang mahal, maka membeli motor bekas rupanya akan jauh lebih murah.

Kalian tidak akan terlilit hutang, terhindar dari cicilan, hingga tidak lagi berurusan dengan pihak bank. Motor bekas akan terlunasi dengan lebih mudah. Kalian bisa fokus pada hal yang akan dilakukan selanjutnya.

  • Bisa Beli Model Motor Apa Saja

Model motor second di pasaran tentu saja sangat banyak. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan kehendak. Model motor apa saja bisa dicari secara lengkap. Apalagi dunia ini sudah dekat dengan internet.

Mau motor matic, bebek, motor sport, motor klasik, semuanya ada di internet. Kalian bisa mencari informasi dengan lengkap menggunakan bantuan internet. Semua masalah akan beres dan model motor apapun yang kalian inginkan bisa dipenuhi dengan motor second.

Baca juga : Cara Bikin Awet Sokbreker Motor yang Wajib Diketahui

Pertimbangkan terlebih dahulu ketika akan membeli motor second agar tidak tertipu. Perhatikan beberapa tips di atas, dan ajak yang lebih berpengalaman untuk mengecek kondisi motor. Cara memilih motor second agar tidak menyesal tersebut dapat menjadi rekomendasi bagi kalian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here