Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal

0
226
Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal
Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal

Cara memilih motor second agar tidak menyesal memang harus dicari tahu oleh Anda yang sedang ingin beli kendaraan bekas. Untuk saat ini, model dari sepeda motor begitu beragam dan berkembang semakin pesat. 

Di sisi lainnya, teknologi yang digunakan oleh kendaraan motor ini pun cukup menggoda. Namun tidak perlu khawatir, bahwa motor bekas sekali pun masih tetap mempesona seperti halnya kendaraan baru loh. 

Peminat motor bekas tidak pernah surut, sebab harga beli yang terbilang relatif terjangkau. Memang tidak dapat dipungkiri bila harga dari motor bekas sangat terpaut begitu jauh daripada harga kendaraan baru. 

Baca Juga: Inilah 3 Motor Paling Laris di Pertengahan Tahun 2022

Kendati pun demikian, sangat penting bagi siapa pun mengetahui cara membeli motor bekas supaya sesuai dengan keinginan. Tentu saja cara tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan, Anda sebagai calon pembeli dituntut untuk memiliki pengetahuan seputar motor bekas agar tidak tertipu. 

Hal yang Dipersiapkan Sebelum Beli Motor Bekas

Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal_Hal yang Dipersiapkan Sebelum Beli Motor Bekas 
Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal_Hal yang Dipersiapkan Sebelum Beli Motor Bekas

Setiap tahunnya, sepeda motor selalu memiliki keluaran terbaru menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Cara memilih motor second agar tidak menyesal pun harus benar – benar Anda pahami. 

Sebab, memilih jenis kendaraan bekas yang berkualitas memang jadi kewajiban agar Anda tidak rugi bila harus membelikan. Pastikan juga menjadi konsumen harus cerdas dan bisa pertimbangkan segala aspek barang yang ingin dibeli. 

Supaya Anda tidak rugi dan tertipu saat membeli motor bekas, berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda persiapkan sebelum memutuskan membeli motor bekas, antara lain : 

1. Persiapkan dana yang sesuai 

Dana ataupun keuangan memang menjadi hal pertama yang selalu diperhatikan sebelum memutuskan membeli kendaraan sepeda motor second. Ada baiknya, cara memilih motor second agar tidak menyesal Anda bisa sesuaikan kondisi finansial dengan harga jual motor bekas yang ingin dibeli. 

Semisalnya, Anda hanya memiliki dana sekitar 5 juta rupiah saja, di sini Anda harus bisa memilih kendaraan yang harga jualnya tidak boleh lebih dari budget yang dimiliki. Oleh sebab itulah, sebagai konsumen harus bijak dalam memilih kendaraan bekas sesuai dana yang dimiliki.

2. Tentukan fungsi, tujuan, dan jenis motor second 

Bila Anda sudah menentukan besaran biaya pembelian motor bekas, berikutnya ialah pikirkan fungsi dan tujuan dari pembelian motor bekas. Lalu, tentukan pula motor tersebut akan digunakan sebagai transportasi sehari – hari ataukah yang lainnya. 

Tidak lupa juga, Anda bisa menentukan jenis motor bekas yang akan dibeli. Banyak pula jenis motor bekas yang dijual bebas di pasaran, mulai dari motor matic, motor bebek hingga motor sport, tentukan pemilihan jenis motor sesuai kebutuhan Anda saja.

3. Pelajari informasi spesifikasi motor secara detail

Cara memilih motor second agar tidak menyesal berikutnya ialah dengan cari dan pelajari informasi spesifikasi kendaraan yang sedang diinginkan. Anda bisa mencari informasi tersebut secara detail, pahami pula performa motor, kekurangan dan kelebihan dari kendaraan bekas.

4. Cek harga pasaran motor bekas 

Sesudah Anda cari tahu spesifikasi dari motor second, maka dapat cek langsung kisaran harga dari motor yang diinginkan. Bila harganya sesuai dengan dana yang dimiliki, maka tinggal hubungi penjual atau pun dealer penjualan motor bekas. 

5. Beli motor bekas di dealer terpercaya 

Sekarang ini, bisnis jual beli motor second sangat mudah ditemukan, mulai dari dealer hingga perseorangan. Banyak pula memberikan penawaran menarik, seperti promo harga di bawah pasaran, sistem pembayaran kredit anti ribet dan lainnya. 

Bila Anda lebih nyaman membeli motor bekas di dealer, maka pastikan tempat tersebut sudah terpercaya. Anda bisa pantau dari segala aspek supaya tidak tertipu ketika membeli motor bekas yang diinginkan, tidak perlu terkecoh dengan harga murah, ya.

6. Motor bekas wajib memiliki riwayat baik 

Bila seluruh aspek dan cara memilih motor second agar tidak menyesal di atas selesai Anda lakukan, berikutnya ialah cari tahu riwayat dari kendaraan bermotor yang Anda incar. Sebagai konsumen, Anda harus bisa cermat dan pastikan motor memang memiliki riwayat baik. Hindari pula pembelian motor hasil sitaan, barang jaminan ataupun curian.

Tidak lupa juga, Anda bisa pastikan bahwa motor tidak pernah mengalami kerusakan yang begitu parah, seperti bekas tabrakan. Bila pernah terjadi, sebaiknya Anda cari penjual yang lain saja dan pilih jenis motor dengan riwayat yang lebih baik.

Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal Perhatikan Fisik dan Surat

Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal_Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal Perhatikan Fisik dan Surat 
Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal_Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal Perhatikan Fisik dan Surat

Cara memilih motor second agar tidak menyesal menjadi hal penting dan tidak boleh Anda lewatkan. Hal tersebut bertujuan supaya Anda sebagai konsumen merasa puas dan tidak menyesal atau tertipu ketika membeli motor bekas. 

Kelengkapan surat dan fisik kendaraan 

Banyak orang yang lebih memilih untuk membeli motor bekas disebabkan harganya yang relatif lebih terjangkau. Namun, cara memilih motor second agar tidak menyesal pastinya Anda tidak boleh terburu – buru mengambil keputusan, perhatikan juga aspek fisik kendaraan hingga surat menyuratnya.

  • Cek kelengkapan surat menyurat kendaraan motor bekas 

Surat kendaraan bermotor seperti halnya STNK dan BPKB merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh pemilik motor. Bila Anda ingin membelinya, maka pastikan juga motor tersebut memiliki surat yang lengkap. 

Jikalau surat kendaraan sudah lengkap, maka Anda bisa yakin dengan motor tersebut. Sebab, bila status motor tidak memiliki kejelasan dari segi surat – suratnya, maka dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah di kemudian hari loh.

  • Lakukan pengecekan nomor mesin beserta kerangka motor 

Sebagai pembeli, Anda harus segera periksa dan pastikan nomor mesin dan rangka pada motor second, agar terhindar dari penipuan cara memilih motor second agar tidak menyesal. Semisalnya, adanya kesalahan atau pun ketidakcocokan pada nomor rangka yang tertera di berkas surat dan fisik kendaraan. 

Bila Anda menemukan keganjilan tersebut, maka sudah pasti tidak perlu membeli motor bekas yang tidak jelas. Hal tersebut bisa saja menjadi indikasi bahwa motor bekas hasil curian atau pun lainnya.

Cermat Cek Fisik Kendaraan Motor Bekas 

Untuk Anda yang ingin membeli motor bekas, maka harus tahu cara memilih motor second agar tidak menyesal dengan perhatikan keseluruhan fisik kendaraan secara menyeluruh. Seperti cek mesin dan pastikan masih original pabrik, lihat juga pada bagian baut yang memiliki warna sesuai dengan setelan pabrik resmi. 

Maka dari itu lah, bisa dijadikan patokan bahwa motor bekas tidak memiliki masalah pada mesinnya. Bila sudah pernah di ganti, maka perhatikan seher pada stang sudah pernah diganti sehingga mesinnya pun dipastikan tidak lagi original. Lalu, Anda bisa juga cek keadaan pada mesin motor bekas.

1. Segera cek kondisi mesin motor

Mesin memang jadi bagian paling penting bagi kendaraan. Kepada calon pembeli, kadang harus segera cek mesin motor dengan maksimal seperti gas handle motor dengan kuat. 

Anda bisa hidupkan mesin motor, diamkan tanpa perlu digas. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa motor masih dalam keadaan nyala meskipun tidak sedang digas.

2. Kilometer rendah tidak dapat dijadikan patokan

Cara membeli motor second agar tidak menyesal berikut ialah perhatikan kilometer pada kendaraan tersebut. Namun, Anda tidak boleh terlalu mempertimbangkan kilometernya. Sebab, banyak orang yang sudah bisa setel ulang kilometer loh. 

Jasa stel ulang speedometer pun cukup mudah Anda temukan, baik manual atau pun digital. Maka dari itu lah, pertimbangan satu ini tidak perlu dijadikan sebagai prioritas ketika memilih motor bekas.

  • Pastikan sistem kelistrikan motor tidak bermasalah 

Cara memilih motor second agar tidak menyesal anda bisa beli motor bekas yang mempunyai sistem kelistrikan baik tanpa kendala. Hal tersebut sangatlah penting selama menentukan pilihan pembelian kendaraan motor bekas. 

Anda bisa periksa dengan cara nyalakan motor dan hidupkan pula lampu bagian depan. Cek juga kondisi lampu sen, lampu belakang motor secara detail. Tidak lupa juga Anda cek starter elektrik motor dan pastikan masih bekerja secara normal. 

Apabila ketika sedang Anda cek ada salah satu komponen listrik di atas yang tidak lagi berfungsi, maka sudah jelas terjadi masalah. Masalahnya pun kadang terjadi pada bagian aki mesin ataupun sekring motor yang dapat Anda jadikan patokan. 

Baca Juga : Cara Bikin Awet Membuat Shockbreaker Motor

Beberapa cara memilih motor second agar tidak menyesal di kemudian hari sangatlah penting diperhatikan, meskipun motor bekas Anda masih tetap bisa merasakan kondisi mesin prima dan tanpa adanya kerusakan sedikit pun. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here