Bagaimana Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Tahun 2023?

0
284
Bagaimana Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal Itu?
Bagaimana Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal Itu?

Cara memilih motor second agar tidak menyesal menjadi salah satu informasi yang kerap dicari oleh masyarakat Indonesia di internet. Terutama bagi orang-orang yang ingin membeli kendaraan roda dua dalam kondisi bekas.

Baca juga : Apa Saja Syarat Perpanjang STNK Tahunan di Tahun 2023 Ini?

Alasan utama mengapa orang lebih berminat membeli motor second dikarenakan harganya yang terjangkau. Selain itu tidak sedikit juga motor bekas yang sudah dimodifikasi sehingga membuat tampilannya menjadi sangat menarik. 

Meskipun memiliki banyak keunggulan tetap saja ketika ingin membeli motor bekas pemilihannya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Dimana kalian perlu menerapkan beberapa tipsnya agar bisa mendapatkan produk berkualitas unggul.

5 Tips Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

5 Tips Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari
5 Tips Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Pada dasarnya memilih motor second bisa dibilang agak sulit. Pasalnya diperlukan ketelitian dalam pemilihannya supaya bisa memperoleh motor berkualitas unggul. Adapun 5 tips memilih motor second yang benar seperti berikut ini.

  • Menentukan Model Motor yang Ingin Dibeli

Dikarenakan saat ini motor bekas yang beredar di pasaran itu memiliki model bervariasi, maka langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu menentukan jenis dari kendaraan roda dua tersebut.

Dalam hal ini cara memilih motor second agar tidak menyesal yang cocok bisa dilakukan dengan menyesuaikan sesuai kebutuhan. Contohnya jika kalian ingin menggunakan kendaraan roda dua itu untuk menempuh jarak jauh bisa membeli motor cc besar.

Sedangkan jika motor bekas itu nantinya hanya digunakan sebagai moda transportasi di area perkotaan, maka bisa memilih tipe matic. Bukan hanya itu saja dalam hal ini juga perlu untuk menyesuaikan kendaraan roda dua dengan budget yang dimiliki.

  • Mengecek Nomor Rangka dan Mesin secara Detail

Cara memilih motor second agar tidak menyesal berikutnya yaitu mengecek nomor rangka dan mesin secara detail. Pada saat memeriksa nomor rangka sesuaikan dengan nomor yang tercantum pada STNK dan BPKB. Hal itu bertujuan untuk memastikan motor tersebut asli.

Selain itu perhatikan juga secara jelas bahwa nomor rangka mesin dari kendaraan roda dua itu bukan hasil ketokan kasar penjual. Pasalnya seorang penjual yang tidak amanah akan mengubah nomor rangka motor curian dengan cara diketok. 

Untuk memastikan bahwa nomor rangka itu benar-benar asli bisa juga dilakukan dengan cara mengeceknya secara online melalui SMS. Adapun tata cara mengecek nomor rangka motor melalui SMS seperti berikut ini.

  • Pertama cara memilih motor second agar tidak menyesal yaitu menyiapkan smartphone yang ada pulsanya terlebih dahulu.
  • Kemudian ketikan nomor polisi sesuai daerah masing-masing. Contohnya “Metro B7907BU”
  • Lalu kirimkan ketikan itu ke nomor 1717.
  • Tunggulah beberapa detik hingga mendapatkan balasan dari pihak kepolisian terkait nomor kendaraan roda dua tersebut. 
  • Cobalah untuk Mengecek Speedometer

Mengecek speedometer juga termasuk salah satu cara memilih motor second agar tidak menyesal. Ketika sedang mengecek komponen dari kendaraan roda dua ini pastikan tidak ditemukan bagian retakan atau bekas pembongkaran.

Sebab jika ditemukan adanya retakan atau bekas pembongkaran bisa dipastikan kondisi dari motor bekas itu sudah buruk. Bukan hanya itu saja namun perlu juga melihat jumlah KM yang sudah ditempuh dari kendaraan roda dua tersebut.

Apabila kondisinya di atas 20.000 KM kemungkinan besar banyak sekali komponen mesin yang harus segera diganti. Hal itu tentunya membutuhkan anggaran dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karenanya pilihlah motor yang km-nya di bawah 20.000.

  • Pastikan Sudah Mengetahui Harga Pasarannya

Untuk menghindari agar tidak tertipu oleh para pedagang curang, penting sekali untuk mengetahui harga pasaran dari motor yang hendak dibeli tersebut. Dalam hal ini untuk mengetahui harga pasarannya bisa mencari informasinya di berbagai website di internet.

Cara memilih motor second agar tidak menyesal satu ini juga memiliki tujuan supaya kalian tidak mudah tergiur dengan tawaran kendaraan roda dua yang murah. Sebab kendaraan roda dua yang dibanderol murah itu belum menjamin kualitasnya bagus.

  • Mengecek Keadaan Oli Kendaraan 

Tips selanjutnya agar bisa mendapatkan motor bekas berkualitas unggul yaitu perlu mengecek keadaan oli dari kendaraan roda dua tersebut. Biasanya oli yang kondisinya masih bagus bisa meredam suara mesin ketika motor itu dioperasikan.

Untuk itu guna mengetahui kondisi olinya perlu menyalahkan kendaraan tersebut. Bukan hanya itu saja kalian juga perlu mengecek kapasitas oli dengan menggunakan pengukuran batas maksimal yang umumnya akan ditemukan di bagian penutup.

Cara memilih motor second agar tidak menyesal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan agar nantinya bisa mengetahui benar bahwa kondisi oli pada kendaraan roda dua tersebut masih bagus sehingga layak dibeli.

Beberapa Kesalahan Ketika Membeli Motor Second yang Harus Dihindari

Meskipun saat ini untuk menemukan informasi mengenai cara memilih motor bekas sangatlah mudah. Namun tidak sedikit juga orang yang masih tertipu ketika membelinya. Adapun beberapa kesalahan ketika membeli motor second yang harus dihindari seperti berikut. 

  • Lupa Mengecek Tangki Bahan Bakar

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh seseorang ketika sedang membeli kendaraan roda dua bekas yaitu lupa mengecek bagian tangki bahan bakar. Padahal mengecek tangki bahan bakar termasuk kegiatan penting yang harus dilakukan. 

Pasalnya dengan melihat tangki itu kalian bisa mengetahui kondisi dari kendaraan roda dua tersebut. Apabila dalam hal ini bensin pada tangki terlihat butek dan keruh bisa diindikasikan jika motor sudah lama tidak digunakan.

Oleh karenanya penting untuk menerapkan cara memilih motor second agar tidak menyesal dengan mengecek bagian tangki bahan bakar bensin. Dengan menerapkan metode itu nantinya bisa mendapatkan kendaraan roda dua berkualitas unggul.

  • Menganggap Sama KM Mobil dengan Motor

Menyamakan KM mobil dengan motor juga termasuk ke dalam kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang ketika hendak membeli kendaraan roda dua bekas. Akibatnya membuat motor tidak bisa bekerja secara maksimal.

Dalam hal ini umumnya motor yang memiliki kualitas unggul akan mempunyai jelajah yang cukup jauh sekitar 40.000 km. Bahkan kendaraan roda dua yang dirawat dengan baik sanggup melebihi angka tersebut.

Apa Saja Ciri-Ciri Motor Bekas yang Pernah Turun Mesin?

Cara memilih motor second agar tidak menyesal di kemudian hari yaitu pastikan bahwa kendaraan roda dua itu belum pernah turun mesin. Adapun beberapa ciri-ciri yang perlu kalian ketahui jika motor bekas itu sudah pernah turun mesin seperti berikut.

  1. Ditemukannya lem yang menempel pada bagian mesin kendaraan roda dua tersebut.
  2. Adanya packing gasket pada bagian mesin motor bekas itu.
  3. Baut yang terdapat pada mesin sudah tidak original lagi.
  4. Pada permukaan baut dan mur terdapat bekas pencucian yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Tata Cara Merawat Motor Bekas agar Lebih Awet

Tata Cara Merawat Motor Bekas agar Lebih Awet
Tata Cara Merawat Motor Bekas agar Lebih Awet

Dengan membeli motor bekas bukan berarti tidak bisa mendapatkan produk yang awet. Dimana jika kendaraan roda dua itu dirawat secara benar memungkinkannya dapat digunakan dalam jangka panjang. Adapun cara merawatnya seperti berikut.

  • Pastikan Kualitas Kelistrikan Selalu Terjaga

Cara pertama yang bisa kalian lakukan agar motor bekas itu bisa awet dan tahan lama yaitu memastikan kualitas kelistrikannya dalam kondisi baik. Untuk mengecek kualitas listriknya masih prima atau tidak bisa dilakukan dengan mencoba semua part.

Bukan hanya itu saja untuk merawat kelistrikan pada kendaraan roda dua juga bisa dilakukan dengan cara membawanya ke tempat servis secara rutin. Dalam hal ini jadwal yang paling baik untuk membawa kendaraan ke tempat servis minimal 3 bulan sekali.

Tentunya dengan menerapkan cara memilih motor second agar tidak menyesal itu secara benar, maka bisa memperoleh kelistrikan mesin kendaraan roda dua yang selalu terjaga dan memiliki kualitas unggul sehingga lebih awet.

  • Gantilah Oli Secara Rutin

Tips berikutnya agar motor bekas yang dimiliki itu bisa awet dan tahan lama pastikan selalu mengganti olinya secara rutin. Jika dalam hal ini kalian kesulitan untuk menggantinya sendiri bisa meminta bantuan orang profesional di bengkel.

Pastikan juga telah melakukan cara memilih motor second agar tidak menyesal dengan memilih oli kendaraan yang sesuai. Pasalnya jika pemilihan olinya itu dilakukan secara asal-asalan bisa mengganggu kinerja dari mesin motor sehingga kurang bekerja maksimal.

Bahkan lebih parahnya jika pemilihan olinya itu tidak sesuai dapat membuat mesin motor mudah rusak. Dengan begitu akan mengganggu aktivitas sehari-hari terutama ketika sedang digunakan sebagai moda transportasi.

Baca juga : Tips Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor yang Sangat Mudah

Bagaimana setelah membaca ulasan di atas apakah kalian mulai tertarik untuk membeli motor bekas?. Jika iya jangan lupa untuk menerapkan terlebih dahulu cara memilih motor second agar tidak menyesal di kemudian hari tersebut.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini