Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan

0
92
Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan
Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan

Cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor termasuk sebagai kepentingan bagi warga Indonesia. Apalagi krusial untuk setiap warga negara membayar tax. Terlebih harus sesuai aturan beserta ketentuan yang telah dibuat.

Baca juga: Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat

Pada masa sekarang, pemilik kendaraan bermotor harus melakukan pembayaran tax 1 tahun sekali. Tapi terdapat juga penggantian untuk Tanda Nomor Kendaraan Baru. Pastinya harus dilakukan sebanyak 5 tahun sekali.

Kepentingan untuk melengkapinya adalah supaya bisa tetap beroperasi untuk jalanan umum. Bisa dibilang sudah semakin bagus karena terdapat sistem online. Tapi sayangnya hal ini hanya dapat dilakukan untuk satu tahunan.

Kalau untuk cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor, artinya harus mengunjungi Samsat. Seperti diketahui telah menjadi tempat untuk mengurus pajak kendaraan. Tentu setiap daerah sudah memiliki Samsat sendiri.

Sebelum Anda melakukannya, pastikan untuk memahami tentang berbagai syarat utama. Termasuk yang sudah diminta oleh Samsat maupun pihak sejenisnya. Tidak lain supaya bisa menyiapkan diri dengan baik sebelum memperpanjang.

Selain itu disarankan juga untuk mempelajari seperti apa alur pembayaran yang dibutuhkan. Begitu juga dengan seberapa besar biaya yang diperlukan. Jadi, setelah menyiapkan diri dengan baik dapat mulai segera memprosesnya.

Dokumen dan Syarat Membayar Tax Terbaru untuk Motor

Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai AturanDokumen dan Syarat Membayar Tax Terbaru untuk Motor
Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai AturanDokumen dan Syarat Membayar Tax Terbaru untuk Motor

Sebelum menjalankan cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor, pastikan dulu supaya menyiapkan persyaratan. Apalagi menjadi dokumen yang selalu diminta oleh petugas. Jadi, jangan sampai ketinggalan satupun dokumen.

Terlebih banyak kasus di mana orang bolak balik rumah sehingga terbilang menyulitkan. Pastinya bisa membuat waktu yang dipakai terlalu banyak. Belum lagi tambah merepotkan, apalagi dokumen tersebut tidaklah menyulitkan.

Salah satu dokumen penting yang menjadi persyaratan disini adalah STNK. Surat Tanda Nomor Kendaraan bisa melengkapi asli maupun fotocopy. Terutama disebabkan STNK menjadi tanda kepemilikan kendaraan tersebut.

Selanjutnya jangan lupa juga menyiapkan BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Sama seperti STNK, pastinya harus menyiapkan antara asli maupun fotocopy. Jadi, pastikan untuk menuju tempat fotocopy terlebih dahulu.

Dokumen lainnya untuk cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor adalah formulir. Pemohon dapat meminta formulir memperpanjang tersebut melalui kantor Samsat. Pastinya disediakan gratis sehingga hanya perlu meminta.

Kemudian, diwajibkan juga pemohon supaya menyediakan Surat Keterangan Buka Blokir. Tapi dokumen tersebut hanya perlu ditambah kalau STNK memang sedang terblokir. Jika dalam keadaan tanpa masalah, tidak perlu menambahkan.

Dokumen lain yang tidak kalah penting dilengkapi yaitu Surat Kuasa. Tapi hal ini diminta jika proses memperpanjang diurus atau dilakukan orang lain. Tentu harus dibuat terlebih dahulu baru melakukan permohonan.

Tahapan Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Terbaru

Dalam rangka melakukan pembayaran, sekarang telah dibuat rangkaian prosedur dan cara singkat. Mulai dari kedatangan menuju samsat sampai menyiapkan berbagai syaratnya. Termasuk dengan penerbitan maupun pengambilan STNKnya.

  • Mendatangi Kantor Samsat

Cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor pertama yang perlu dilakukan yaitu mendatangi kantor samsat. Setiap daerah pastinya sudah memiliki Samsat sendiri. Jadi, bisa dikunjungi langsung sekaligus membawa kendaraannya.

Anda harus membawa setiap dokumen persyaratan sebelumnya termasuk kendaraan supaya prosesnya bisa dijalankan. Kemudian jangan lupa mendaftarkan diri untuk pengecekan. Lalu akan diberikan hasil mengecek fisik kendaraannya.

  • Mengisi Formulir dan Pembayaran

Selanjutnya Anda bisa mulai mengisi formulir dan pembayaran dengan cepat. Pengisian formulir ini sangat mudah karena berisi berbagai permintaan data mudah. Hasilnya bisa langsung dilengkapi sebelum mulai diberikan petugas.

Jangan lupa untuk menyerahkan juga setiap berkas menuju pos loket progresif. Pastinya akan diminta beberapa pertanyaan oleh sang petugas tersebut. Kemudian hanya perlu melakukan pembayaran pada loket yang ditentukan.

  • Menunggu Penerbitan

Jika proses sebelumnya sudah berhasil dijalankan, artinya hanya perlu menunggu penerbitan. Terutama mengenai STNK maupun plat nomor baru tersebut. Harus diketahui kalau panduan ini memang terbilang sangat cepat.

Bila cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor dilakukan, pengambilan akan menjadi langkah selanjutnya. Tapi pastikan apabila ada informasi mengenai pengambilan tersebut. Jadi, tidak perlu bertanya ataupun bolak balik.

Kalau plat kendaraan baru sekaligus STNK sudah diperoleh, artinya berjalan sempurna. Anda bisa pulang dan mengganti plat kendaraan yang telah dipasang sebelumnya. Jadi, perpanjang tersebut berhasil dan resmi membayar tax.

Biaya Pembayaran untuk Pajak Kendaraan Motor

Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan_Biaya Pembayaran untuk Pajak Kendaraan Motor
Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan_Biaya Pembayaran untuk Pajak Kendaraan Motor

Melakukan cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor memang tidak gratis. Pemohon diwajibkan melakukan pembayaran untuk beberapa keperluan berbeda. Pastinya harus diketahui dulu sehingga persiapannya benar-benar matang.

Aturannya terdapat dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 sehingga dijamin tepat. Misalnya untuk STNK tersebut artinya perlu membayarkan sebanyak Rp. 200.000. Ternyata biaya antara baru atau hanya memperpanjang tetap sama.

Nantinya Anda juga perlu menyiapkan biaya untuk mengesahkan perpanjangan tersebut. Tentunya hanya perlu menyiapkan dana Rp. 50.000 sehingga cukup terjangkau. Tapi ternyata tidak selesai prosesnya sampai begitu saja.

Dalam cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor, dibutuhkan juga pembuatan BPKB. Baik antara baru maupun barunya tetap disamakan. Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 225.000 sebagai dana untuk mengurus BPKB.

Sebenarnya masih terdapat beberapa tambahan lainnya yang perlu dibayarkan. Misalnya untuk mengecek kendaraan bermotor tersebut yaitu harus melakukan pembayaran. Biaya cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp. 10.000-Rp. 20.000.

Pada cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor, dibutuhkan juga dana mengganti plat. Pastinya masih bervariasi yaitu mulai dari Rp. 60.000-Rp. 100.000. Pastikan supaya menanyakan terlebih dahulu pada Samsat.

Kemudian Anda juga diwajibkan untuk membayar SWDKLLJ dengan jumlah yang terjangkau. Umumnya seluruh Indonesia akan meminta dana senilai Rp. 35.000. Melihat semua biaya tersebut, harus menambahkan dan mencari rata-rata.

Trik Penting Memperpanjang STNK Agar Berhasil

Walau mengetahui biaya dan dokumen cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor, bukan berarti selalu lancar. Apalagi disebabkan setiap orang harus melakukan permohonan tepat. Jadi, ada trik penting bisa dilakukan.

Salah satu trik yang perlu dilakukan adalah datang sepagi mungkin. Pada dasarnya Samsat daerah mana saja tetap ramai setiap jam kerja. Tidak heran Anda disarankan untuk mencari waktu terbaik saja.

Apalagi sering terdapat banyak antrian sehingga bisa membutuhkan banyak waktu. Anda harus datang bahkan sebelum Samsat tersebut buka. Tentu saja demi mendapatkan antrian paling awal sehingga cepat dilayani.

Selain itu jangan lupa kalau datang ke Samsat tidak boleh memakai pakaian terlalu santai. Melainkan harus menggunakan baju berkerah sampai celana panjang. Disarankan juga memakai sepatu supaya tampilannya lebih rapi.

Sebenarnya cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor ini termasuk kode etik. Tidak heran harus dipatuhi semua orang yang datang. Kalau aturan tentang pakaian tersebut dipatuhi, tidak akan ada masalah.

Sebelum datang, pastikan juga untuk menyiapkan uang tunai sesuai dengan rincian biaya. Sebenarnya sudah terdapat fitur transaksi transfer dari bank. Meski begitu tetap disarankan menyiapkan uang tunai sebagai antisipasi.

Setidaknya harus membawa beberapa ratus ribu rupiah sebagai pegangan. Apalagi tidak menutup kemungkinan nantinya harus fotocopy dokumen lain juga. Jadi, tidak ada salahnya sudah memegang uang dibanding mengambil setelahnya.

Pastikan Tidak Menunggu Sampai Pajaknya Mati

Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan_Pastikan Tidak Menunggu Sampai Pajaknya Mati
Cara Membayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor Sesuai Aturan_Pastikan Tidak Menunggu Sampai Pajaknya Mati

Trik cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor yakni jangan menunggu terlalu lama. Apalagi sampai STNK yang dimiliki mati. Memang masih banyak kasus di mana pemilik kendaraan menunggu STNK mati.

Padahal kalau dibiarkan, ternyata terdapat denda yang harus dibayarkan. Bahkan maksimal adalah Rp. 500.000 sehingga termasuk sebagai nilai besar. Belum lagi terdapat potensi dipenjara maksimal 2 bulan sehingga panjang.

Harus diketahui aturan ini telah terdapat dalam UU No. 22 Tahun 2009. Tentunya berdasarkan UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 288 ayat 1. Tentu membuktikan jika aturan perlu dipenuhi.

Jadi, cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor benar-benar perlu secepatnya dilakukan. Tidak boleh sampai melewati batas apalagi bertahun-tahun. Selain melanggar aturan, denda dan hukumannya tambah banyak.

Panduan tersebut tergolong sebagai cara paling baru sehingga harus diikuti dengan baik. Mungkin setiap daerah bisa memiliki langkah atau aturan khusus. Jadi, harus melihat atau bertanya dulu pada petugas setempatnya.

Baca juga: Cara Merawat Shockbreaker yang Benar Dijamin Awet

Apalagi berjalannya waktu, tidak menutup kemungkinan terdapat update baru untuk masyarakat. Meski begitu tidak akan berbeda jauh dibandung cara sekarang. Hasilnya tetap bisa diikuti dengan baik untuk memperpanjangnya.

Masyarakat masa sekarang juga semakin terbantu disebabkan banyak inovasi baru dibuat. Tidak lain untuk membantu yang ingin melakukan prosedur tersebut. Jadi, cara membayar pajak 5 tahunan sepeda motor terjamin maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here