Ini Dia Cara Mematikan Alarm Mobil, Tidak Perlu Panik!

0
37
Ini Dia Cara Mematikan Alarm Mobil, Tidak Perlu Panik!
Ini Dia Cara Mematikan Alarm Mobil, Tidak Perlu Panik!

Cara mematikan alarm mobil tidaklah sulit selama kalian tahu apa yang menjadi penyebabnya. Oleh karenanya, pada artikel ini kita membahas informasi lengkap terkait jenis alarm, penyebab alarm berbunyi, manfaat alarm mobil, hingga cara mematikannya.

Baca juga : Ketahui Cara Menghilangkan Baret Mobil, Tidak Sulit!

Memang alarm mobil akan sangat membantu jika itu bekerja dengan baik, misal memberi peringatan ketika ada yang berniat buruk atau lain sebagainya. Namun, jika itu terus bunyi tanpa alasan yang jelas, maka kalian pasti akan merasa terganggu.

Maka dari itu, mari simak dengan seksama pembahasan di bawah ini dan jangan panik lagi!

Jenis Sistem Alarm pada Mobil?

Jenis Sistem Alarm pada Mobil?
Jenis Sistem Alarm pada Mobil?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mematikan alarm mobil, kalian perlu paham beberapa jenis sistem yang biasa digunakan. Mereka mempunyai beberapa perbedaan dan cocok untuk digunakan dalam situasi dan kondisi mobil tertentu.

Berikut ini adalah 4 jenis alarm pada mobil yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, antara lain:

  • Audible Alarm System

Jenis alarm yang paling sering dipasang pada mobil baru. Kelebihan menggunakan audible alarm system ini adalah sudah ada banyak orang yang mengerti bagaimana cara menggunakannya. 

Ketika ada seseorang yang berusaha masuk ke dalam mobil, maka alarm akan berbunyi keras bahkan tidak jarang lampu juga akan ikut berkedip. Ini menjadi jenis alarm yang bagus untuk dipertimbangkan. 

  • Passive and Active Alarm System

Istilah pasif dan aktif berhubungan dengan alarm mobil yang bisa bersuara atau senyap. Padahal ini hanya mengacu pada alarm diaktifkan atau dinonaktifkan.

  • Alarm pasif menjadikan mobil secara otomatis mengaktifkan alarm ketika kendaraan mati dan pintu terkunci. Cara mematikan alarm mobil jenis ini hanya perlu membuka kunci pintu.
  • Sementara alarm aktif, kalian harus menekan sebuah tombol atau key fob untuk mengaktifkan dan menonaktifkan alarm mobil.
  • Immobilizing Alarm System

Adapun immobilizing alarm system yang tidak akan membiarkan mobil menyala kecuali kunci berada di lokasi. Ini bisa membantu menghentikan pencuri bahkan sebelum mereka mulai mencuri kendaraan. 

Memang tidak semua pencuri mobil memiliki sarana atau teknologi, tetapi beberapa dari mereka bisa menggunakan kunci kloning untuk mendapatkan akses ke mobil kalian. Ini berguna untuk menipu mobil agar berpikir bahwa kunci ada di dekatnya.

  • Silent Alarm System

Pilihan lain yang bisa kalian pertimbangkan adalah jenis alarm mobil senyap. Ini tidak menghasilkan suara yang akan didengar pencuri. Namun, pemilik nantinya akan diberitahu jika ada pembobolan. 

Kalian tidak perlu panik tentang bagaimana cara mematikan alarm mobil karena jenis ini akan sangat tenang tanpa ada suara apapun.

Manfaat Pasang Alarm pada Mobil

Ada beberapa alasan mengapa kalian harus memasang alarm pada mobil. Salah satu alasan yang paling utama adalah untuk mengurangi risiko terjadinya pencurian. Agar lebih jelas, kalian perlu membaca poin-poin di bawah ini mengenai manfaat penggunaan alarm, yaitu:

  • Melindungi Barang di Mobil

Walaupun jenis mobil kalian tidak pernah muncul dalam daftar mobil yang paling banyak dicuri, tetapi itu tetap saja bisa menjadi sasaran empuk. Barang-barang pribadi, stereo mobil, unit GPS, hingga barang-barang berharga lainnya bisa menarik perhatian pencuri.

Sederhananya, pencuri tidak akan atau tidak tertarik dengan mobil kalian, melainkan barang yang ada di dalamnya. Jika menggunakan alarm, maka risiko terjadinya hal ini semakin mengecil.

  • Mencegah Terjadinya Pencurian Mobil

Sebelumnya sudah dibahas tentang pencurian barang. Pada poin ini kita akan membahas tentang pencurian mobil. 

Ketika alarm berbunyi di tempat parkir, maka kebanyakan orang pasti akan mencari sumber suara untuk memastikan bahwa itu bukan mobil mereka, mengetahui siapa pemilik mobil yang melanggar, hingga memeriksa tempat kejadian jika memang terjadi pencurian.

Pencuri mobil akan merasa semua mata tertuju pada mereka jika alarm berbunyi dan tidak mengetahui cara mematikan alarm mobil, sehingga cenderung menghindari kendaraan dengan sistem alarm yang jelas. 

  • Mendapatkan Informasi Pelacakan

Alasan selanjutnya adalah untuk melacak lokasi keberadaan pencuri. Jika pencuri mengabaikan alarm dan tetap mengambil mobil kalian, maka kalian masih bisa mengejar karena mengetahui lokasinya. 

Beberapa program pelacakan terhubung dengan ponsel dan dilengkapi “perintah matikan” yang berguna untuk mematikan mobil.

  • Sebagai Fitur Imobilisasi

Terdapat beberapa pencuri yang nekat dan tetap mengambil mobil dengan alarm berbunyi keras. Inilah sebabnya mengapa ada banyak alarm yang sudah dilengkapi dengan fitur melumpuhkan guna mencegah mobil menyala setelah alarm aktif. 

Jenis ini sangat direkomendasikan untuk dipasang pada mobil yang berharga atau rawan diculik. Manfaatnya adalah pencuri tidak hanya bingung dengan cara mematikan alarm mobil, tetapi juga cara untuk menghidupkan mobil tersebut.

Apa Penyebab Alarm Mobil Berbunyi?

Alarm mobil menjadi sangat bermanfaat ketika itu bekerja dengan baik, misal berbunyi keras ketika ada seseorang yang berusaha membobol mobil dan lain sebagainya. Namun, bagaimana jika terjadi kerusakan sehingga alarm bunyi secara terus-menerus tanpa alasan?

Adapun di bawah ini telah kita sajikan daftar hal apa saja yang menyebabkan alarm mobil berbunyi, antara lain: 

  • Fob Kunci Tidak Berfungsi

Perlu dipahami fob kunci adalah pengontrol yang terbuat dari plastik berukuran kecil dan berisi sistem entri tanpa kunci mobil. Perangkat ini berisi pemancar radio jarak pendek yang berguna untuk mengirimkan sinyal ke unit penerima dalam mobil. 

Ketika bekerja dengan baik, fob kunci bisa mengunci atau membuka kunci pintu hingga menyalakan mobil. Namun, ketika rusak fob kunci tidak bisa mengirimkan sinyal dengan benar sehingga mengakibatkan alarm mobil berbunyi tanpa alasan yang jelas.

Kalian bisa menggunakan key fob ini sebagai cara mematikan alarm mobil yang paling mudah.

  • Sambungan Sensor Rusak atau Terlalu Sensitif 

Sensitivitas sensor tergantung pada pabrik dan terlepas dari itu, beberapa sensor, termasuk sensor pintu, sensor mikrofon, sensor kejut, sensor jarak, sensor kemiringan, dan sensor pemecah kaca jika salah satu dipicu, maka alarm mobil pasti berbunyi.

Ini dikarenakan beberapa sensor tersebut menggunakan baterai utama sehingga kalian perlu memastikan apakah sambungan berkait dengan baik atau tidak.

  • Sensor Kait Kap Mesin Rusak

Selain pengontrol atau key fob tidak berfungsi, sensor lain di mobil juga bisa memicu alarm mobil berbunyi secara acak, termasuk sensor kait kap yang berguna untuk mendeteksi saat kait kap terbuka, menutup saklar listrik, dan menerangi dasbor dengan lampu peringatan. 

Jika sensor kap mesin rusak, alarm mobil akan berbunyi kapan saja, baik itu larut malam atau ketika kalian sedang mengemudi. Faktor penyebab terjadinya hal ini adalah karena kotoran. 

Oleh karena itu, cara mematikan alarm mobil karena masalah ini adalah bersihkan atau ganti sensor kait kap.

  • Sensor Kunci Pintu Rusak

Bagian ini bekerja selama hujan ketika air mungkin merembes melalui konektor aktuator kunci pintu. Ketika mereka mengalami kerusakan, maka itu juga menjadi penyebab mengapa alarm mobil terus berbunyi. 

  • Tingkat Baterai Alarm Rendah

Alarm mobil bisa saja berbunyi ketika malam hari dan kalian mungkin menemukan keesokan harinya aki mobil mati. Itu menjadi indikator bahwa ada yang salah pada aki mobil kalian. 

Perlu dipahami bahwa manfaat alarm ini juga untuk mengingatkan pengemudi tentang level baterai yang rendah. Oleh karena itu, cara mematikan alarm mobil karena kasus ini adalah nyalakan mesin atau segera ganti baterai.

  • Sistem Alarm Dipasang dengan Buruk

Pabrikan memberikan tingkat keamanan dasar sebagai perlindungan anti pencurian hingga suatu batas tertentu. Namun, jika itu tidak dipasang dengan baik, maka alarm mobil pasti akan berbunyi walaupun sedang berada di situasi yang aman.

Bagaimana Cara Mematikan Alarm Mobil?

Bagaimana Cara Mematikan Alarm Mobil?
Bagaimana Cara Mematikan Alarm Mobil?

Sebagai pemilik mobil pasti kalian merasa panik terlebih jika alarm berbunyi tanpa alasan atau tidak sedang dalam bahaya. Itu cukup mengganggu telinga sehingga semua orang berharap agar alarm segera sirna. 

Kini tidak perlu panik lagi karena kita akan memberikan pembahasan terkait cara mudah untuk mematikannya, antara lain:

  • Cari Sakelar yang Mati

Sistem alarm mobil tertentu mempunyai sakelar yang disembunyikan pada bagian dekat kaki pengemudi. Itu bisa digunakan untuk mematikan atau menonaktifkan alarm yang terus berbunyi.

Agar tidak salah, maka lihat manual instruksi sistem alarm guna mengetahui apakah milik kalian mempunyai fitur ini atau tidak. 

  • Hidupkan Mobil

Cara mematikan alarm mobil bisa dilakukan hanya dengan menyalakan kunci kontak. Namun, jika itu tidak berhasil, cobalah putar kunci ke posisi ACC selama beberapa menit.

  • Kunci atau Buka Kunci Mobil

Gunakan tombol lock atau unlock pada key fob terkadang bisa membantu menghentikan alarm dari jarak jauh. Jika itu tidak bekerja, maka gunakan kunci fisik yang terselip dalam pengontrol.

  • Lepas Sekring Alarm Mobil

Jika opsi menggunakan key fob tidak berhasil, maka kalian bisa menggunakan cara mematikan alarm mobil dengan melepas sekring. Pastikan kalian melepas terminal baterai terlebih dahulu sebelum mencabut sekring agar tidak tersengat listrik.

Pahami bahwa pilihan ini hanya berlaku untuk mobil tua karena pada mobil modern alarmnya terintegrasi ke dalam modul elektronik pusat kendaraan.

  • Reset Sistem Alarm Mobil

Khusus untuk sistem keamanan mobil yang dilengkapi unit kontrol alarmnya sendiri, sistem alarm bisa diatur ulang jika itu terus berbunyi di malam hari. Periksa manual untuk mengetahui bagaimana cara meresetnya ke pengaturan awal.

  • Tarik Kabel Alarm

Jika memasang sistem alarm mobil dan cenderung mekanis, maka kalian mungkin bisa melakukannya sendiri. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebagian besar alarm mobil aftermarket mempunyai kabel yang ada di bawah kemudi.

Namun, kita tidak merekomendasikan langkah ini kecuali kalian memiliki pengetahuan penuh tentang sistem alarm mobil.

Alarm mobil adalah salah satu fitur yang sangat berguna untuk mencegah berbagai kemungkinan buruk dari pencurian. Terdapat beberapa jenis alarm hingga penyebab mengapa mereka bisa berbunyi tanpa alasan.

Baca juga : Bagaimana Cara Memilih Kaca Film Mobil Terbaik agar Awet?

Selain itu, kini kalian juga sudah paham mengenai manfaat hingga bagaimana cara mematikan alarm mobil tanpa harus panik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here