Cara Cek Pajak Tanpa NIK Mudah Beserta Panduan Pembayarannya

0
169
cek pajak

Di era sekarang ini semua terasa lebih mudah untuk dilakukan, termasuk cara cek pajak tanpa nik. Jadi kalian bisa cek pajak bermotor tanpa menggunakan NIK yang tertera di STNK.

Baca juga : Cek Denda Pajak Kendaraan Mobil dan Motor dengan Mudah

Banyak alternatifnya, mulai dengan bantuan aplikasi, website hingga melalui SMS. Kalian hanya perlu menyesuaikan opsi alternatif yang ada dengan kebutuhan dan kenyamanan saja. Kini semakin mudah mengeceknya kapanpun dan dimana saja. 

Kalian tidak perlu takut lagi terlambat bayar pajak yang sudah jadi kewajiban setiap tahun. Kemudahan pengecekan ini memudahkan para pemilik motor mengetahui tanggal pembayaran dan jumlahnya. Berikut ada sedikit penjelasannya.

Apakah Cek Pajak Tanpa NIK Dapat Dilakukan?

Seiring dengan perkembangan zaman semua mulai mengalami perubahan dan inovasi baru. Termasuk untuk kendaraan motor sekalipun. Inovasi ini memberikan banyak manfaat sekaligus kemudahan. 

Meski begitu sepertinya banyak yang belum memahami apakah memang bisa kendaraan bermotor bisa dicek pajaknya tanpa harus menggunakan NIK yang ada di STNK atau BPKB. 

Jawabannya adalah bisa. Salah satu tujuan sistem seperti ini yakni memberikan kemudahan kepada para pengendara. Selain itu juga meminimalisir denda karena keterlambatan membayar pajak kendaraan. 

Kalian bisa mengetahui besaran pajaknya dari jauh hari, sehingga ada waktu untuk mempersiapkan biaya tersebut sebelum tenggat atau tempo. Keterlambatan bisa dicegah waktu bisa dicek kapan saja dan dimanapun.

Bayangkan saja kalian terlambat 30 menit membayar pajak bermotor, karena tidak bisa melakukan cek dengan cepat. Akibatnya justru harus membayar denda dari keterlambatan tersebut. 

Cara cek pajak tanpa NIK bisa dilakukan secepat kilat. Karena hanya butuh waktu beberapa detik saja prosesnya. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui beberapa opsi cara agar risiko dapat dicegah. 

Opsi Alternatif Cek Pajak Tanpa NIK Cepat

Cek pajak dari kendaraan bermotor sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan dengan mendatangi langsung Kantor Samsat terdekat. Hanya saja memang tidak semuanya memiliki banyak waktu untuk datang ke kantor Samsat. 

Bahkan mungkin juga kalian salah satunya. Melihat dari faktor tersebut kalian tidak perlu merasa khawatir sebab ada banyak opsi membantu mengatasi masalah tersebut yakni cek secara online.

Setidaknya ada empat cara yang dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik. Bahkan tidak perlu repot menyiapkan dokumen KTP. Siapkan catatan, berikut merupakan opsi cara termudah dan cepat tersebut:

  • Cek Pajak Tanpa NIK Menggunakan Aplikasi Cek Ranmor 

Pertama kalian bisa menggunakan bantuan dari aplikasi cek ranmor DKI Jakarta. Sesuai nama yang disematkan, aplikasi tersebut didesain untuk menyediakan berbagai macam informasi terkait pencurian motor di DKI Jakarta.

Meskipun bermanfaat, Aplikasi ranmor DKI Jakarta ternyata hanya dapat digunakan bagi area Jakarta saja. Jadi jika kalian berasal dari luar DKI Jakarta bisa menggunakan opsi lainnya. 

Cara cek pajak tanpa NIK aplikasi ranmor DKI Jakarta juga sangat mudah. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu pada smartphone lalu segera lakukan penginstalan. Jika sudah masukan akun Google untuk menggunakannya. 

Pengecekan dapat dilakukan hanya dengan menuliskan nomor polisi dari kendaraan bermotor saja. Setelah itu tunggu dulu beberapa saat sampai berbagai macam informasi yang berkaitan dengan kendaraan tersebut muncul.

Informasi yang diberikan dari aplikasi tergolong sangat lengkap. Dimulai dari info nomor pol, tipe kendaraan, merk dari kendaraan, model dan masa tenggat waktu. Bahkan besaran pajak juga akan ditampilkan.

Apabila kendaraan bermotor punya denda maka biasanya denda tersebut juga akan ditampilkan di sana. Kini cara cek pajak tanpa NIK jadi sangat mudah. Pasalnya kalian hanya menyebutkan nomor platnya saja. 

  • Cara Cek Pajak Tanpa NIK Menggunakan Bantuan Aplikasi e-Samsat

Alternatif opsi yang kedua ini sangat cocok bagi kalian yang tidak berasal dari DKI Jakarta. Pasalnya aplikasi e-Samsat bisa digunakan pada berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan namanya e-Samsat sendiri merupakan layanan online dari pihak Samsat. Kalian bisa dengan mudah mengunduhnya pada smartphone melalui Play Store maupun App Store. Sesuaikan saja berdasarkan perangkat smartphone yang digunakan.

Ketika sudah berhasil diunduh maka aplikasi bisa langsung digunakan dengan memasukkan nomor polisi dari kendaraan. Apabila nomor polisi tidak diketahui maka bisa langsung cek plat dan tuliskan nomor yang tertera di sana.

Cara cek pajak tanpa NIK mudah menggunakan aplikasi e-Samsat berikutnya adalah dengan klik opsi proses. Tunggu beberapa saat sampai informasi terkait dengan kendaraan bermotor tersebut muncul pada layar smartphone

Dari informasi yang tertera di layar, kalian dapat memperoleh info tentang pajak dari kendaraan. Apakah nantinya memberlakukan sistem progresif atau sebaliknya. Bahkan, informasi terkait jumlah pajak yang wajib dibayarkan juga disediakan. 

  • Cara Cek Pajak Tanpa NIK Melalui SMS

Cara cek pajak yang ketiga ini sangat cocok bagi kalian yang tidak memiliki smartphone. Pasalnya proses pengecekan bisa mudah dilakukan melalui SMS. Cukup Kirimkan SMS ke nomor 1717.

Sedangkan untuk format smsnya bisa ketik METRO (spasi) nomor kendaraan. Sebagai contoh adalah METRO H 7777 BK. Apabila format yang dituliskan sudah sesuai maka segera kirimkan SMS ke nomor di atas.

Berikutnya tunggu beberapa saat hingga memperoleh SMS balasan dari pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. SMS tersebut akan berisikan berbagai macam informasi terkait pajak dari kendaraan bermotor.

  • Cara Cek Pajak Tanpa NIk Melalui Website Samsat

Opsi terakhir adalah mengecek pajak kendaraan bermotor melalui website Samsat di seluruh Indonesia. Hanya saja untuk setiap daerah biasanya akan memiliki cara yang berbeda satu dengan lainnya.

Sebagai contoh adalah website untuk Samsat DKI Jakarta. Kalian bisa langsung mengunjungi website tersebut kemudian tunggu beberapa saat hingga tampilan layar laptop berubah. Di sana ada nomor polisi dan NIK.

Untuk nomor induk KTP sifatnya opsional. Jadi nantinya para pengguna bisa memilih memasukkan NIK ataupun tidak. Jika nomor polisi kendaraan sudah dimasukkan maka klik opsi pilihan “cari”.

Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi terkait kendaraan tersebut secara lengkap. Mulai dari masa waktu STNK, jumlah besaran pajak yang harus dibayarkan dan informasi lainnya. 

Panduan Bayar Pajak Kendaran Mudah Secara Online

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi jika bayar pajak secara langsung di kantor Samsat akan membutuhkan banyak waktu. Bagaimana tidak, banyak orang yang membayar di sana sehingga harus rela antri lama.

Melihat hal tersebut ternyata mulai banyak perubahan baru. Bahkan terkait sistem pembayarannya. Kalian yang tidak punya banyak waktu bisa memanfaatkan pembayaran secara online melalui aplikasi SIGNAL. 

SIGNAL sendiri merupakan singkatan dari Samsat Digital Nasional. Selain digunakan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor ternyata para pengguna juga dapat melakukan berbagai hal lainnya, seperti berikut ini:

  • Tambahan Data Kendaraan.
  • Pengesahan STNK.
  • Penerbitan E-Pengesahan.
  • Penerbitan E TKD.
  • Penerbitan E BPKB. 

Jika ingin membayar secara online maka setidaknya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sebab ketika persyaratan tidak lengkap akan ada beberapa kendala. Berikut syarat tersebut:

  • Data kendaraan akan otomatis muncul apabila NIK dari pemilik tidak diblokir.
  • Jika ada perbedaan alamat pemilik antara KTP dengan yang tertera di STNK maka bisa menghubungi pihak call center terlebih dahulu untuk konfirmasi pengiriman STNK stiker pengesahan STNK dan dokumen lainnya.
  • Apabila pengiriman sudah diterima maka kalian wajib mendatangi stiker pengesahan untuk STNK berdasarkan tahun dari pengesahannya.

Itu dia beberapa persyaratan dan cara cek pajak tanpa NIK yang perlu dipahami terlebih dahulu. Selanjutnya terkait dengan cara pembayaran pajak STNK secara online bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Mengunduh aplikasi signal terlebih dahulu pada perangkat smartphone lewat App Store maupun Play Store.
  • Apabila sudah selesai terunduh langsung masuk ke dalam aplikasi kemudian lakukan pendaftaran.
  • Siapkan beberapa data yang dibutuhkan untuk melakukan proses pendaftaran seperti nomor handphone, nomor induk KTP dan lainnya.
  • Ikuti petunjuk yang sudah disediakan dalam aplikasi.
  • Selanjutnya pilih menu opsi tambah kendaraan bermotor.
  • Pilih opsi menu kendaraan atas nama sendiri lalu masukkan nomor registrasi.
  • Masukkan 5 digit angka terakhir dari rangka kendaraan.
  • Selanjutnya akan masuk ke menu pembayaran.
  • Generate kode pembayaran.
  • Pilih salah satu opsi dan bayar.

Baca juga : Berapa Besar Biaya Pajak Mobil Alphard? Cari Tahu!

Berkat teknologi yang semakin canggih kini semua bisa dilakukan secara mudah. Mulai dari cara cek pajak tanpa NIK hingga proses pembayarannya, manfaatkan hal tersebut apabila kalian tidak punya banyak waktu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here