Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah

0
28
Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah
Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah

Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah perlu Anda ketahui. Bagi beberapa orang, mengendarai motor bukan sekadar menunggangi alat transportasi semata. Lebih dari itu, berkendara sudah jadi hobi dan kesenangan tersendiri.

Baca juga: Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diketahui Saat di Jalan Tol ?

Namun, kenyataan pahitnya adalah bahwa mengendarai sepeda motor bisa sangat berbahaya jika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan. Statistik bahkan menunjukkan bahwa keselamatan pengendara sepeda motor lebih berisiko daripada pengguna mobil.

Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga keselamatan ketika berada di jalan. Menjaga sikap diri sendiri berarti sama dengan menyelamatkan nyawa orang lain. Satu orang ugal-ugalan, bisa saja akan ada korban lebih banyak lagi.

Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah

Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah_Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah
Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah_Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah

Kami telah menyusun daftar tips, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan Anda dengan aman. Penting untuk mencermati tips-tips berikut ini agar Anda bisa menerapkannya dengan baik dan tidak salah paham.

  • Ikuti Kursus Keselamatan

Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah yang pertama adalah dengan mengikuti pelatihan atau kursus keselamatan. Dengan ini, Anda akan memiliki bekal pengetahuan mengenai pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan di jalan.

Anda akan jadi lebih paham tentang aturan-aturan lalu lintas yang sudah seharusnya dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan. Keterampilan yang Anda peroleh selama mengikuti kursus ini akan sangat berguna nantinya ketika Anda berkendara di jalanan.

  • Kenali Prakiraan Cuaca

Hujan, es, dan salju dapat mengganggu perjalanan Anda. Mengemudi di bawah elemen-elemen seperti ini berbahaya bagi pengendara sepeda motor. Traksi yang dimiliki akan lebih sedikit daripada mobil dan jarak pandangnya pun lebih rendah.

Jika Anda sudah menjadwalkan jauh-jauh hari, namun pada hari H terjadi cuaca yang sangat buruk, lebih baik tunda keberangkatan. Lebih baik terlambat daripada membahayakan nyawa secara nekat.

  • Lengkap Mengenakan Pakaian Berkendara

Jangan remehkan cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah ini. Ini bisa jadi akan menyelamatkan kesehatan bahkan nyawa Anda.

Dengan mengenakan pakaian lengkap, Anda bisa meminimalisir masuknya serpihan-serpihan atau elemen-elemen kecil yang bisa membahayakan organ tubuh.

Gunakan selalu helm SNI, kacamata, dan usahakan pakai jaket kulit. Jaket kulit berfungsi untuk melindungi tubuh bagian depan dari terpaan angin ketika Anda melaju. Sebaiknya, berpakaian berlapis-lapis untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca sepanjang hari.

  • Periksa Kondisi Sepeda Motor Sebelum Berangkat

Memeriksa kondisi mesin kendaraan sebelum berangkat adalah cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah wajib diperhatikan. Ketika pengecekan berlangsung dan tiba-tiba ada organ mesin yang kurang fit, Anda bisa memperbaiki terlebih dahulu.

Menunda keberangkatan sedikit lebih lama demi persiapan yang optimal, tidaklah mengapa. Bagian-bagian penting yang mesti Anda pastikan aman ialah lampu, rem, bahan bakar, klakson, spion, ban, dan sein.

  • Kenali Batas Kecepatan

Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah satu ini sebenarnya adalah bekal dasar. Namun, banyak orang kerap menganggap enteng karena lebih mengejar akselerasi daripada kedisiplinan. Di mana pun Anda berada, patuhi selalu aturan lalu lintas yang ada.

Yang tidak kalah penting juga ialah mengenali batas kecepatan kendaraan dan area jalan. Hampir separuh dari total kecelakaan yang terjadi, penyebab utamanya ialah kecepatan yang berlebihan.

  • Jadilah Terlihat

Anda tidak dapat berasumsi bahwa Anda terlihat oleh pengemudi lain. Hanya orang lain yang bisa memastikan hal tersebut. Beberapa angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor disebabkan oleh fakta bahwa pengemudi lain tidak melihat keberadaan sepeda motor tersebut.

Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah agar tetap terlihat sebagai berikut:

  1. Hindari titik buta pengemudi lain;
  2. Berkendara dengan lampu depan menyala bahkan di siang hari;
  3. Kenakan pakaian reflektif atau cerah, dan;
  4. Selalu gunakan sinyal belok dan sinyal tangan Anda.
  • Selalu Waspada

Anda harus senantiasa waspada ketika berada di jalan, terlebih jika Anda melewati jalan yang belum pernah Anda lalui sebelumnya. Anda belum mengenali kontur jalan tersebut, maka dari itu, kontrol kecepatan kendaraan dan perhatikan medan jalan Anda baik-baik.

Ada banyak elemen yang bisa mengganggu perjalanan Anda ketika di jalan. Mulai dari genangan air, minyak, kerikil, bahkan pasir. Yang paling kerap mengganggu adalah jalan yang berlubang, dan Anda harus jauh-jauh pandang mengenalinya.

  • Tetap pada Jarak yang Aman

Selalu menjaga jarak aman adalah kunci ketika berkendara, terutama di jalanan yang padat. Anda tidak tahu kapan kendaraan depan Anda akan menarik rem. Jika Anda terlalu dekat, Anda akan panik dan rawan terjatuh.

Maka, sebaiknya, menjauhlah setidaknya empat sekon dari kendaraan di depan Anda. Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah ini cukup antisipatif menyikapi situasi darurat.

  • Senantiasa Sedia P3K

Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah yang antisipatif lainnya adalah membawa kotak P3K ketika perjalanan. Isinya bisa mencakup: tisu desinfektan, perban, pembersih tangan, kain kasa, dan pita perekat.

Ini akan sangat membantu sekali, terlebih jika sialnya Anda mengalami kecelakaan dan jauh dari klinik atau rumah sakit terdekat. Setidaknya, kehadiran kotak ini bisa sedikit mencegah kerusakan lebih lanjut sembari menuju lokasi pengobatan.

Berikut Mencegah Kelelahan Ketika Bermotor

Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah_Berikut Mencegah Kelelahan Ketika Bermotor
Cara Berkendara Motor yang Aman dan Tidak Bikin Cepat Lelah_Berikut Mencegah Kelelahan Ketika Bermotor

Mengendarai sepeda motor membutuhkan perhatian penuh Anda. Pengendara sepeda motor tidak bisa terlalu santai saat mengendarai kendaraan beroda dua dan setang. Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah adalah mengutamakan kefokusan.

Ketika pengendara sepeda motor mengendarai beberapa jam sehari selama berhari-hari atau berkendara dengan hutang tidur, itu cukup riskan sebetulnya. Mereka dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kelelahan.

  • Istirahat dan Nutrisi yang Cukup

Kelelahan sepeda motor merupakan faktor risiko kecelakaan yang nyata dan serius bagi siapa saja yang mengendarainya. Maka dari itu, Anda harus berada dalam kondisi prima jika ingin berkendara secara aman.

Istirahat dan nutrisi menempati posisi No.1 di setiap daftar tips mengatasi kelelahan. Tidur yang cukup, hidrasi, dan makanan yang menopang energi akan membuat Anda tetap waspada secara mental dan kuat secara fisik.

Usahakan untuk makan makanan seimbang, camilan makanan berprotein tinggi, dan sediakan sebotol air agar tetap terhidrasi. Nutrisi yang tepat membuat Anda mudah untuk berkonsentrasi di jalan.

  • Bersiaplah untuk Perjalanan Jarak Jauh

Untuk perjalanan sepanjang hari dan beberapa hari, persiapkan dengan beberapa penyesuaian. Berkendara seharian akan memberitahu Anda dengan tepat otot mana yang Anda gunakan di sepeda dan lokasi titik nyeri Anda.

Anda mungkin berpotensi mengalami mati rasa dan nyeri di tempat-tempat tertentu. Sesuaikan posisi setang Anda dan lihat tempat duduk yang lebih nyaman. Cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah juga berkaitan dengan upaya-upaya preventif.

Selalu kenakan perlengkapan dengan benar dan gunakan sarung tangan berkendara untuk mengatasi kelelahan cengkeraman. Pengaturan yang tepat akan mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan perjalanan yang lebih lama, dan membantu Anda tetap fokus.

  • Perkirakan Titik Istirahat

Bertujuan untuk berhenti setiap beberapa jam untuk meregangkan kaki Anda, minum air, dan memeriksa sepeda Anda. Pada perjalanan yang lebih lama, pertimbangkan untuk menggunakan sistem navigasi untuk menambahkan pemberhentian yang nyaman di sepanjang rute.

Google Maps memungkinkan Anda menambahkan pemberhentian di sepanjang jalan untuk bensin, makanan, dan rekreasi. Gunakan fitur ini untuk menjadwalkan pemberhentian reguler.

  • Jaga Layar Tetap Bersih

Kaca depan dan pelindung wajah yang bening mengurangi ketegangan mata. Kenakan kacamata hitam dan pelindung yang dapat Anda lihat dengan nyaman selama berjam-jam.

Bersihkan noda yang menempel pada layar untuk visibilitas yang lebih baik. Ini juga termasuk cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah sederhana yang bisa kerap luput diperhatikan

Jika Anda duduk di lalu lintas setelah seharian bekerja atau melakukan perjalanan panjang dengan sepeda motor, rehatkan sejenak tubuh Anda. Hindari terlalu memaksakan diri dan istirahat yang cukup untuk mengurangi risiko yang terkait dengan kelelahan pengemudi.

Baca juga: Langkah Antisipasi Bengkel Nakal yang Harus Anda Praktikkan

Semua orang mungkin ingin selalu cepat berkendara agar lekas sampai tujuan. Namun, di atas itu semua, keselamatan tetaplah nomor wahid. Ada banyak cara berkendara motor yang aman dan tidak bikin cepat lelah, tetapi yang terpenting, kenali kondisi tubuh Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here