Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir

0
114
Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir
Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir

Saat ini car free day akan kembali hadir di Jakarta. Hari HBKB atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor dikenal sebagai Car Free Day yang berguna untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.

Baca juga: Arti Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia dan Kegunaan

Hal ini bisa dilakukan untuk menurunkan ketergantungan oleh masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Aktivitas ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir

Umumnya, tema dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah. Bisa juga dengan gunakan kendaraan tidak bermotor maupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Hari Bebas Kendaraan saat ini car free day akan kembali hadir di berbagai wilayah Indonesia. Umumnya, Masyarakat memanfaatkan kegiatan yang berlangsung setiap akhir pekan ini, untuk berolahraga dan rekreasi.

Namun, seiring dengan bertambahnya jumlah masyarakat pengguna kegiatan ini, banyak pihak yang memanfaatkan untuk berkampanye. Mulai dari adanya kampanye sosial sampai politik.

Oleh sebab itu, Car Free Day (CFD) termasuk sebuah gerakan untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Gerakan ini biasanya sudah dimulai dari kesadaran penduduk dunia terkait bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar di dunia.

Pada hari car free day akan kembali hadir, ada beberapa bagian ruas jalan kendaraan bermotor yang ditutup. Umumnya, akan digunakan untuk pejalan kaki dan pengendara tidak bermotor (non-motorized transportation).

  • Sarana Olahraga 

Di Indonesia, Car Free Day umumnya juga digunakan sebagai ruang untuk berolahraga bagi masyarakat perkotaan. Aktivitas yang biasanya ada seperti senam, berlari, berjalan maupun bersepeda banyak ditemukan di Car Free Day.

  • Ada Penutupan Jalan

Sementara itu, ada penutupan jalan sebagai dampak dari car free day. Hal ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berolahraga di jalan-jalan yang biasa dilewati kendaraan pribadi.

Namun, saat ini kegiatan car free day akan kembali hadir mengalami penambahan fungsi. Mulai dari yang awalnya hanya untuk kegiatan olahraga, saat ini bertambah menjadi ajang kegiatan selain olahraga.

  • Kegiatan New Trend Activism

Car Free Day sudah menjadi salah satu kegiatan dengan New Trend Activism. Dimana akan cenderung pada suatu ajang hiburan bagi masyarakat kota untuk menikmati hiburan dan berbelanja. 

  • Ada Pertunjukan Seni

Bahkan, beberapa kegiatan seperti pertunjukan kesenian, panggung hiburan, permainan anak-anak, dan kegiatan festival jalanan lainnya. Sementara itu, ada kegiatan sosialisasi seperti promosi, kampanye dan sosialisasi sebuah produk atau kegiatan juga banyak ditemui. 

Selain itu, juga banyak ditemui pedagang kaki lima yang berjualan makanan dan minuman. Bahkan, pakaian maupun barang lainnya di lokasi car free day akan kembali hadir

Di Indonesia sendiri, Car Free Day sudah pertama kali dilaksanakan di Surabaya pada tahun 2000. Lalu langsung disusul di Jakarta pada tahun 2008. 

Fakta Care Free Day

Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir_Fakta Care Free Day
Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir_Fakta Care Free Day

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mengikuti car free day akan kembali hadir. Berikut ini, sudah ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Wajib Scan QR Peduli Lindungi

Pelaksanaan car free day yang ada di Jakarta sudah dimulai hari Minggu, 22 Mei 2022 berlangsung sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Namun, akan dilaksanakan dengan syarat yang berkaitan dengan protokol COVID-19.

  • Enam Titik CFD 

Sementara itu, ada enam total lokasi pelaksanaan  HBKB. Untuk keenamnya seperti dibawah ini. 

  1. Jl. Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun hingga CSW), Jakarta Selatan
  2. Jl. Jend. Sudirman-Jalan MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya sampai Patung Pemuda Membangun)
  3. Jl. Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton hingga GOR Sunter), Jakarta Utara
  4. Jl. Tomang Raya (Simpang Tomang sampai Business Hotel Tomang), Jakarta Barat
  5. Jl. Pemuda (Simpang Arion sampai Simpang TU-GAS), Jakarta Timur
  6. Jl. Suryopranoto (Simpang Harmoni hingga Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat
  • Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Sementara itu, pemerintah turut mengimbau, meski sudah longgar masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Misalnya saja seperti menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. 

Jadi seluruh masyarakat pengunjung yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan car free day akan kembali hadir terbatas. Hal ini dilakukan agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama.

Sementara itu, juga dihimbau tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai. Jadi car free day yang dilaksanakan akan semakin meriah.

Manfaat Car Free Day untuk Menjaga Lingkungan Hidup

Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir_Manfaat Car Free Day untuk Menjaga Lingkungan Hidup
Mengenal Car Free Day Akan Kembali Hadir_Manfaat Car Free Day untuk Menjaga Lingkungan Hidup

Libur akhir pekan merupakan salah satu waktu yang tepat untuk melepaskan penat bersama keluarga atau teman-teman. Umumnya, kegiatan seru yang dilakukan adalah car free day.

Berolahraga di tengah kota, dengan berkumpul bersama keluarga sampai melihat banyak acara seru yang diadakan. Tanpa disadari, car free day akan kembali hadir juga bisa menjadi wadah untuk segala sesuatu mulai dari umur, golongan, agama, warna kulit dan masih banyak lagi.

Anda dapat langsung berinteraksi dengan banyak komunitas untuk menyuarakan aspirasi masyarakat. Sebagian besar masyarakat perkotaan menjadikan hari bebas kendaraan ini sebagai sarana sosialisasi.

Hal ini juga dapat membantu bumi memiliki umur lebih panjang. Meski secara sederhana, cara ini dapat mengurangi polusi udara yang banyak disebabkan oleh kendaraan bermotor di ibu kota. 

Jadi bagi Anda yang malas bangun pagi untuk car free day. Berikut ini sudah beberapa manfaat lain yang perlu kamu ketahui.

  • Upaya dalam Menyelamatkan Bumi

Aktivitas ini pertama kali dilakukan pada tahun 2002 setiap hari Minggu di akhir bulan. Namun memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Sehingga semakin tertarik untuk berolahraga dengan cara car free day akan kembali hadir. Beberapa contoh yang paling nyata dan dapat dirasakan yaitu kualitas udara, kurangnya kebisingan, sampai peningkatan aktivitas fisik. 

Anda dapat menciptakan perubahan persepsi bagi setiap masyarakat terhadap kota tempat tinggal yang gersang. Misalnya saja seperti bersepeda, senam, duduk santai dan lain-lain. 

Anda juga dapat merasakan udara kota menjadi lebih segar di pagi hari dan bumi bersantai menikmatinya. Cara kecil seperti ini harus selalu didukung, karena bisa membuktikan bersama-sama rasa peduli untuk bumi melalui cara ini.

  • Bebas untuk Menyuarakan Opini

Harapan untuk menjaga bumi ada pada setiap individu, namun Anda atau bahkan orang lain tidak mengetahui apa cara yang harus dilakukan. Car free day akan kembali hadir termasuk salah satu upaya kecil untuk memberikan pendapat. 

Hal ini berguna dalam mewujudkan perubahan terhadap masalah lingkungan. Sementara itu, ada beberapa suara yang akhirnya didengar oleh sebagian masyarakat yang belum peduli. Apalagi terhadap lingkungan miliknya sendiri. 

Aktivitas ini biasanya dilakukan untuk menggabungkan orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Hal ini dilakukan agar pemerintah ikut ambil alih dalam menanganinya.

  • Langkah dalam melakukan Perubahan

Perubahan ini sangat perlu, namun berkaitan dengan bagaimana manusia bergerak dan berusaha mencapai perubahan tersebut. Apabila ingin lingkunganmu yang sehat, bersih dan nyaman tentu harus ada usaha yang dilakukan secara maksimal. 

Bumi saat ini sudah menyediakan banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia. Kemudian, tugas-tugas Anda hanya menjaganya. 

Pada saat car free day akan kembali hadir, ada beberapa orang bergerak mengajak masyarakat. Hal ini dilakukan karena sadar akan pentingnya udara bersih bagi kesehatan. 

Dengan begitu, kebiasaan ini juga akan tumbuh pada generasi selanjutnya dengan pola pikir baru atau lebih positif. Sehingga juga akan menyadarkan mereka bahwa lari pagi dengan konsep car free day bukan tempat terlihat keren.

Namun, malah akan membantu lingkungan menjadi lebih hidup. Jadi car free day akan kembali hadir bisa dimanfaatkan dengan baik.

  • Mempromosikan Kegiatan Sosial

Momen dari car free day juga diisi bagi para penjual yang ingin sekali meraih untung cukup banyak. Sebagian besar brand juga sering mengadakan kampanye promosi maupun CSR melalui kegiatan ini. 

Bahkan, biasanya sudah mengadakan acara fun running, games hingga kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Jika dilihat dari sebuah brand atau komunitas biasanya akan memberikan sebuah edukasi.

Bahkan, juga ajakan sampai menyediakan merchandise. Hal ini tentunya bisa dilakukan agar banyak orang tertarik dan ikut mendukung kegiatan sosial mereka.

Lantas, apa saja kegiatan atau acara paling seru yang ingin dirasakan saat sedang car free day? Ternyata agar bisa membantu lingkungan hidup tetap lestari bukan hanya dengan mengikuti car free day. 

Baca juga: Perbedaan Mengisi Tekanan Udara Ban Pakai Nitrogen dengan Udara Biasa

Anda juga dapat membantu mewujudkan masyarakat menjadi lebih sejahtera salah satunya adalah menjadi bagian dari wirausaha sosial. Car free day akan kembali hadir akan memberikan dampak positif bagi para masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here