Begini Perawatan Motor Injeksi yang Benar agar Awet

0
550
Cara perawatan motor

Cara perawatan motor injeksi memang harus dilakukan dengan benar agar kondisi mesin selalu prima. Cara merawat yang benar juga akan membuat kendaraan Anda dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga : Tips Beli Motor Bekas agar Awet Digunakan!

Motor atau kendaraan roda dua memang menjadi alat transportasi andalan bagi banyak kalangan tertentu. Selain lebih fleksibel, kendaraan roda dua juga lebih hemat bahan bakar dan harganya relatif terjangkau. 

Jika kendaraan ini adalah moda transportasi Andalan Anda, maka harus dirawat dengan cara yang benar. Perawatan rutin dengan cara yang benar akan membuat kondisi kendaraan tetap prima dan dapat diandalkan.

Motor injeksi merupakan teknologi terbaru yang memiliki banyak keunggulan dari berbagai macam aspek. Efisiensi bahan bakar dan ketahanan mesin menjadi keunggulan utama dari teknologi injeksi tersebut. 

Kami akan jelaskan perawatan terbaik untuk motor injeksi Anda. Dari aspek mesin, bahan bakar hingga kelistrikan, semua aspek tersebut harus dirawat dengan benar agar selalu prima. 

Perawatan seperti ini juga sangat penting untuk menjaga kondisi motor dalam jangka waktu lama. Tidak hanya lebih awet, Anda yang ingin menjual kembali kendaraan, harganya tidak akan mengalami penurunan besar.

Menggunakan teknologi berbeda, perawatan motor injeksi juga membutuhkan cara berbeda juga. Bahkan dibutuhkan teknologi dan mekanik khusus bersertifikasi supaya perawatan kendaraan bisa dilakukan dengan benar.

Bagi pengguna yang tidak paham otomotif, sangat disarankan mencari tempat service resmi dan terpercaya. Namun begitu, beberapa perawatan dasar tetap harus dilakukan pengguna agar optimal.

Banyak hal yang harus diperhatikan bahkan pemilihan jenis bahan bakar juga merupakan salah satunya. Lebih lengkap terkait cara merawat motor injeksi bisa Anda simak sebagai berikut. 

Lakukan Perawatan Motor Injeksi secara Berkala

Cara perawatan motor

Langkah penting dalam melakukan perawatan kendaraan bermotor, hal tersebut harus dilakukan secara rutin. Pemilik kendaraan dapat menggunakan hitungan waktu atau kilometer untuk menentukan kapan waktu service secara berkala tersebut.

Untuk menentukan waktu service tersebut, harus dilihat juga seberapa sering kendaraan digunakan. Bagi Anda yang sering bepergian jarak jauh setiap harinya, akan lebih baik jika dilakukan satu bulan sekali.

Pada umumnya, setiap motor memiliki waktu service yang tidak jauh berbeda terkait jangka waktu service. Setiap 3.000 kilometer, wajib dilakukan service ringan untuk perawatan biasa dan mengetahui jika terdapat kerusakan.

Perawatan motor injeksi secara rutin dan berkala semacam ini jelas akan meningkatkan ketahanannya. Kendaraan juga akan terasa lebih nyaman digunakan dan lebih penting lagi tetap aman bagi pengendara.

Anda juga bisa mengikuti penjelasan yang sudah ada pada buku service berkala ini. Terkait waktu service dan informasi bengkel resmi juga dijelaskan lengkap di sana. Lebih baik Anda merawat motor injeksi secara berkala sebelum adanya kerusakan besar.

Penggantian suku cadang habis pakai juga dapat dilakukan dengan mudah sehingga motor akan tetap nyaman digunakan. Tidak kalah penting untuk memperhatikan tepat di mana Anda melakukan perawatan rutin tersebut. Agar hasilnya memuaskan, sangat disarankan untuk memilih bengkel resmi sesuai merek dan jenis kendaraan bermotor Anda. 

Bengkel resmi memiliki teknologi yang tepat untuk melakukan service pada motor injeksi. Selain itu, mekanik atau teknisi juga sudah bersertifikat sehingga dipastikan melakukan perawatan sesuai dengan prosedur tepat.

Meskipun Anda melakukan perawatan secara rutin namun di bengkel sembarangan, hasilnya juga sama saja. Belum tentu bengkel tersebut memiliki kemampuan untuk service motor berteknologi injeksi. 

Perawatan Motor Injeksi dengan Penggunaan Jenis Bahan Bakar

Cara perawatan motor

Merawat kendaraan atau motor, tidak hanya dilakukan dengan cara service ke bengkel saja. Pengendara juga harus cermat saat menggunakan motor injeksi terutama terkait dengan pemilihan jenis bahan bakar yang digunakan.

Menggunakan jenis bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi memang sangat direkomendasikan pada kendaraan berteknologi injeksi. Bahan bakar oktan tinggi bisa dibilang lebih bersih sehingga membuat kinerja mesin jauh lebih optimal. 

Sistem injeksi pada kendaraan bermotor dirancang dengan efisiensi tinggi sehingga butuh bahan bakar berkualitas. Paling tidak, Anda harus menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan oktan 90 atau lebih tinggi lagi. 

Cara tersebut merupakan bagian dari perawatan motor injeksi yang sangat mudah namun kerap dilupakan pengguna. Harga bahan bakar ini memang lebih tinggi namun tidak seberapa jika dibandingkan saat terjadi kerusakan. 

Bahan bakar dengan oktan tinggi memiliki kualitas lebih baik dan bisa dibilang lebih bersih. Secara tidak langsung, hal tersebut akan menjaga kebersihan mesin terutama pada bagian injektor bahan bakar kendaraan. 

Menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah, sebenarnya dapat menimbulkan kerak pada saluran pembakaran. Jika hal ini terjadi pada motor injeksi, maka biaya untuk melakukan perbaikan pasti jauh lebih mahal lagi.

Masih berhubungan dengan bahan bakar, Anda harus tahu jika motor injeksi tidak boleh kehabisan bahan bakar saat digunakan. Jika kehabisan, hal itu akan membuat sistem injektor pada mesin mengalami kendala.

Meski sangat sepele, hal tersebut juga sering terjadi dan jika sudah begitu maka motor harus masuk bengkel. Jadi dari pada Anda mengeluarkan biaya tambahan, selalu perhatikan kondisi tangki saat berkendara.

Perawatan Motor Injeksi Khusus Jenis Matic

Cara perawatan motor

Teknologi injeksi memang sudah banyak digunakan untuk berbagai macam jenis kendaraan bermotor. Dari motor sport, bebek hingga matic, saat ini hampir semuanya menggunakan mesin berteknologi injeksi supaya bekerja lebih efisien.

Berbeda tipe kendaraan yang Anda gunakan, maka berbeda juga merawatnya. Bagi pemilik motor matic yang menggunakan mesin injeksi, terdapat beberapa aspek tambahan yang sangat penting diperhatikan demi kondisi lebih prima.

Komponen yang terdapat pada kendaraan matic dan manual tentu saja sangat berbeda. Setidaknya Anda sebagai pengendara harus memahami apa saja perbedaan tersebut dan cara yang benar untuk merawatnya sesuai kebutuhan. 

Maka dari perawatan motor injeksi dengan transmisi automatic juga berbeda dan akan kami berikan beberapa tipsnya. Tips pertama sangat mudah yaitu memanaskan mesin ketika akan digunakan terutama di pagi hari. 

Satu tips teknis lain, ketika menyalakan kendaraan, tunggulah beberapa detik sebelum menyalakan mesin. Waktu tersebut dibutuhkan agar ECU memiliki waktu untuk menginjeksi bahan bakar dan oli sebelum mesin dinyalakan. 

Ada dua komponen penting lain pada sebuah motor injeksi dengan transmisi automatic. Kedua komponen tersebut yaitu roller dan vent belt. Pastikan kondisinya bagus apalagi jika akan melakukan perjalanan jarak jauh.

Kemudian, banyak pengendara yang belum tahu jika shicbreaker juga membutuhkan perawatan seperti pengantian oli. Meski hanya perlu dilakukan setiap 10 ribu kilometer, aspek ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pengendara.

Pengendara yang cerdas setidaknya juga harus memperhatikan kondisi kendaraan secara menyeluruh. Hal hal yang bisa dilihat secara kasat mata seperti bahan bakar, oli dan cooling liquid, sebaiknya diperhatkan dengan cermat.

Perawatan Motor Injeksi Penting Lainnya 

Cara perawatan motor

Pada penjelasan di atas sudah dipaparkan mengenai pentingnya merawat motor injeksi. Melakukan service secara rutin hingga penggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi adalah beberapa cara yang dapat dengan mudah dilakukan. 

Selain cara cara tersebut, masih ada beberapa hal berikutnya yang tidak kalah penting diperhatikan. Untuk lebih jelaskanya, berikut ini ada tips perawatan motor injeksi yang bisa dengan mudah Anda ikuti :

  1. Perhatikan Kondisi ECU

ECU atau electronic control unit memiliki peran penting pada sebuah motor injeksi. Selain mengatur kelistrikan, unit ini juga yang berperan untuk mengijeksi bahan bakar untuk pembakaran termasuk mengatur jumlahnya. 

2. Rutin Melakukan Penggantian oli

Jelas oli adalah bagian penting pada sebuah kendaraan bermotor. Baik itu ijeksi atau masih menggunakan karbu, sama-sama penting untuk mendapatkan oli berkualitas sehingga sistem kendaraan bisa berjalan lebih mulus.

3. Kondisi Aki Penting Diperhatikan

Aki merupakan sumber listrik penting pada sebuah kendaraan bermotor. Selain harus dilihat kondisi dan tegangannya, perlu dilakukan penggantian aki jika sudah lama digunakan agar kelistrikan berjalan normal.

4. Memastikan Busi Bekerja Optimal

Cara merawat motor injeksi berikutnya juga tidak kalah penting di mana kondisi busi harus dipastikan prima. Busi sangat penting untuk proses pembakaran pada mesin karena tugasnya untuk memercikkan api.

Jika Anda mengikuti cara cara merawat kendaraan bermotor dengan teknologi injeksi seperti di atas, pasti akan lebih awet. Kondisi kendaraan prima tentu dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara.

Baca Juga : Motor Bekas Banjir, Apakah Masih Dapat Diperbaiki?

Semua informasi penting terkait cara merawat kendaraan roda dua berteknologi injeksi sudah kami jelaskan di atas. Cara perawatan motor injeksi memang sangat krusial dan harus dilakukan dengan benar agar awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here