Bahaya Modifikasi Ganti Setir Mobil Bisa Menyebabkan Kecelakaan

0
78
bahaya modifikasi ganti setir mobil
bahaya modifikasi ganti setir mobil

Hati-hati, jangan asal memutuskan karena bahaya modifikasi ganti setir mobil untuk benar adanya. Setir mobil adalah komponen penting yang ada pada kendaraan roda empat ini. Jika ingin menggantinya, pikir-pikir dulu.

Terkadang para pemilik mobil memang ingin sesuatu yang beda dengan kendaraannya. Entah ingin mengikuti trend, atau mengubah desain karena bosan. Namun, jangan dulu langsung ganti setir jika belum tahu beberapa akibatnya.

Baca juga: Spesifikasi Chery Omoda 5, Mobil dengan Fitur Menawan

Mungkin saat kalian sudah berkonsultasi dengan teman, yakin saja ingin ganti. Tapi cobalah konsultasi dengan montir dan ahli mesin mobil, sebenarnya jika kalian melakukan itu, ada bahaya modifikasi ganti setir mobil.

Beberapa Bahaya Modifikasi Ganti Setir Mobil

bahaya modifikasi ganti setir mobil

Sebenarnya sejak dulu sudah ada orang yang ganti setir mobil dengan berbagai tujuan. Tapi kebanyakan karena ingin memodifikasi saja dan terlihat unik.

Namun di balik kebanyakan kalian pasti tidak tahu bahaya modifikasi ganti setir mobil. Apalagi jika mengubahnya menjadi versi racing. Penyebab utamanya para pemilik mobil melakukan pergantian setir, karena menginginkan model mobil yang unik dan mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, para pengagum mobil klasik juga sering memodifikasi setirnya ke versi manual agar terlihat lebih estetik, meski beberapa fiturnya telah menghilang.

Memang secara tampilan, setelah kalian memodifikasinya akan terlihat bagus dan juga unik. Bahkan terkesan Instagram-able. Tapi apakah nyaman untuk kalian gunakan untuk berkendara?

Hati-hati, jika beberapa fitur dalam setir hilang dan semuanya manual, dapat mengganggu kenyamanan kalian ketika berkendara. Selain itu, tidak praktis sama sekali.

Bagi kalian yang masih kekeh untuk melakukan modifikasi, berikut beberapa bahaya modifikasi ganti setir mobil, diantaranya adalah : 

Korsleting Pada Kabel

Hal pertama yang perlu kalian ketahui, ketika mengganti setir akan ada kabel-kabel yang berubah. Jika bukan ahlinya, kemungkinan besar terjadi konsleting.

Pada saat proses penggantian, aki positif dan aki negatif kalian harus cabut terlebih dulu. Gunanya agar pemasaran inflator pada airbag benar dan tidak menimbulkan konslet hingga meledak.

Airbag ini penting untuk keselamatan pengendara, sehingga ketika mobil menghantam, kalian bisa selamat dengan airbag tersebut.

Jadi, meski harus ada penggantian setir, memang perlu memindah airbag dari yang lama ke baru.

Fitur Tidak Berfungsi

Kemudian bahaya modifikasi ganti setir mobil adalah beberapa fitur di setir tidak akan berfungsi seperti sedia kala.

Kalian mungkin tidak akan pusing bila mobil yang melalui penggantian setir keluaran 80-an hingga 90-an. Sebab, mobil tahun tersebut belum ada fitur canggih di sekitar setir.

Tapi berbeda dengan mobil sekarang, ada banyak fitur pada setir, diantaranya audio mobil, radio, USB, pengatur volume, hingga fitur penjawab telepon.

Yakin jika kalian ingin menggantinya dengan model setir yang baru? Memang tidak ada masalah, namun semua fitur tersebut kemungkinan akan hilang.

Salah satu contohnya, ketika Kalian mengganti setir, maka indikator panelnya nanti akan menunjukkan status error. bahkan mati total.

Selain itu, ketika kalian menggantinya, semua fitur tersebut hilang dan tidak bisa menggunakannya. Jadi, jika masih suka menggunakan semua fitur di setir original, jangan pernah menggantinya.

Bisa Menyebabkan Kecelakaan

Kemudian bahaya modifikasi ganti setir mobil adalah bisa menyebabkan kecelakaan. Semua fitur yang cukup praktis telah hilang, begitu juga airbag.

Jika ada teknisi ahli, mungkin bisa memindahkan airbag dari setir lama ke setir yang baru saat memodifikasinya.

Tapi ketika kalian menggantinya dari teknisi kurang berpengalaman, sudah pasti airbagnya hilang. Jika terjadi kecelakaan, cedera pada tubuh kalian pasti parah.

Tambahan lagi, fitur kamanan dan keselamatan yang hilang akibat penggantian setir, membuat kalian mungkin merasa kurang tenang selama melakukan perjalanan.

Merusak Sistem Elektronik dan Mekanik Pada Mobil

Tidak hanya pada airbag saja, ketika kalian mengganti setir, maka akan terjadi kerusakan sistem elektronik dan mekanik. Selain terjadinya korsleting, nanti juga terjadi kebocoran yang bisa membahayakan nyawa kalian.

Elektronik yang ada di dalam mobil, seperti sistem audio tidak akan berfungsi lagi untuk memutar musik.

Mengganggu Kenyamanan

Kemudian bila kalian mengubah setir dari yang asli ke aftermart dengan ukuran berbeda, sudah pasti akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Hal tersebut juga mampu mengganggu keseimbangan dan kestabilan mobil kalian. Jika tidak nyaman karena kurang stanil, kemungkinan terjadi kecelakaan semakin tinggi.

Boleh saja mengubah setir asli ke baru, asalkan melihat ukurannya dulu. Jangan terlalu kecil dan bahkan bentukannya tidak wajar.

Meningkatkan Biaya Perawatan

Memodifikasi setir menjadi bentuk klasik agar terlihat estetik memang dari segi visualnya sangat menarik. Tapi tahukah kalian bahwa itu justru meningkatkan biaya perawatan.

Memiliki mobil saja, kalian harus menyiapkan dana khusus untuk melakukan servis secara rutin, bagaimana jika memodifikasi setir?

Ada beberapa alasan mengapa memodifikasi setir pada mobil biayanya sangat mahal, yaitu sebagai berikut :

  • Komponen setir harganya cukup mahal.
  • Proses modifikasi harus teknisi ahli yang melakukannya, teknisi ahli, biaya jasanya cukup mahal.
  • Setelah memasangnya, harus melakukan perawatan secara rutin. Perawatan rutin memerlukan dana tidak sedikit jika berfokus pada setir mobil.

Menurunkan Nilai Harga Mobil Bila Menjualnya

Dan terakhir, jika kalian memodifikasi setir dan tidak memasang versi originalnya, kemungkinan besar nilai harga mobil akan berkurang ketika menjualnya.

Sudah banyak kejadian seperti ini. Jadi, jika ingin menjual movil hasil mofifikasi setir, pastikan mengembalikannya ke setir semula dan perbaiki seluruh fitur yang ada.

Boleh Memodifikasi Setir Mobil, Asalkan Perhatikan Hal Berikut

bahaya modifikasi ganti setir mobil

Sebenarnya apakah boleh melakukan modifikasi setir meski pada kenyataannya, ada bahaya modifikasi ganti setir mobil? Mari kita bahas di sini.

Sebenarnya boleh saja kalian mengganti setir dengan tujuan modifikasi. Namanya juga pemilik mobil dan suka modifikasi, pasti merasa ada yang kurang jika kendaraannya tidak ada keunikannya.

Akan tetapi, dalam proses modifikasi, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal penting. Ingatlah bahwa setir adalah komponen mobil yang cukup krusial.

Bila salah ukuran saja, maka akan mengurangi kenyamanan kalian dalam berkendara. Mengurangi kenyamanan, bisa meningkatkan sebab terjadinya kecelakaan.

Kalian boleh mengubah dan memodifikasinya, tapi jangan sampai membawa bahaya modifikasi ganti setir mobil. Berikut beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan jika ingin memodifikasi setir :

Perhatikan Ukurannya

Hal pertama jika ingin membeli setir sebagai bahan modifikasi pada mobil Anda, coba perhatikan ukurannya.

Maka dari itu, kalian harus konsultasi kepada ahlinya untuk merekomendasikan setir dengan desain bagus, tapi ukurannya tidak berbeda. Biasanya, jika melakukan modifikasi, setir aftermart ukurannya bisa lebih kecil. Itu tidak nyaman untuk berkendara.

Pilih Bahan Stir Terbaik

Lalu, agar bahaya modifikasi ganti setir mobil tidak kalian rasakan, jangan lupa untuk memilih bahan terbaik. 

Umumnya, setir mobil bahannya ada dari kayu jika ingin terlihat estetik dan juga vintage. Lalu ada bahan kulit imitasi yang harganya lebih murah. Jika ingin awet, bisa kulit asli tapi harganya mahal. Dan terakhir adalah bahan Suede.

Pilih Model Sesuai Keinginan

Model setir itu ada banyak macamnya. Ada jenis Swing away, tilt steering, adjustable steering dan lain sebagainya.

Beli yang Original

Ada banyak brand-brand yang memproduksi setir mobil dengan keunggulannya tersendiri. Ingat, bila ingin aman dan jauh dari bahaya, lebih baik beli yang original saja.

Bahaya Modifikasi Ganti Setir Mobil dan Tidak Murah

bahaya modifikasi ganti setir mobil

Penjelasan mengenai bahaya modifikasi ganti setir mobil, membuat kalian harus pikir-pikir lagi jika ingin melakukannya.

Keinginan untuk memodifikasi, sebaiknya urungkan dulu jika menyangkut setir mobil. Bahkan, para montir yang sudah ahli dan berpengalaman, menyarankan untuk tidak melakukannya.

Para pemilik mobil, sebaiknya jangan mengikuti trend dan gunakan kendaraannya dengan bijak. Karena jika asal memodifikasi setir tanpa pertimbangan, itu akan bahaya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Setir Mobil Berat dan Mengenali Apa Saja Penyebabnya

Beberapa risikonya yang telah kita jelaskan di atas merupakan fakta dan benar adanya. Perlu mempertimbangkan lagi jika ingin melakukannya.

Terlebih lagi, untuk mengganti dan memodifikasi setir mobil, perlu biaya yang cukup tinggi dan tidak murah. Jangan karena tertarik dengan model setir, kalian ingin memodifikasinya, perlu pertimbangan matang.

Jika memang keinginan kuat untuk memodifikasi tidak terbendung, kalian bisa menggunakan produk setir berkualitas dari brand ternama. Tentu saja harus original.

Bergaya atau memilih keselamatan, itu bisa saja beriringan. Akan tetapi, jika tingkat risikonya tinggi, sebaiknya jangan melakukannya. Mengingat bahaya modifikasi ganti setir mobil cukup parah, lebih baik urungkan niat kalian meski sudah menemukan teknisi ahli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini