Apa Manfaat Memasang Kaca Film? Simak Penjelasannya Berikut ini

0
163
manfaat memasang kaca film

Sebagian dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan manfaat memasang kaca film. Meski tidak begitu tampak, namun keberadaannya memiliki kegunaan tersendiri. Oleh karenanya saat akan melakukan pemasangan silahkan ketahui apa saja manfaatnya.

Ciri khas yang ditampilkan pada kaca mobil atau jendela rumah yang dipasang kaca film adalah warnanya gelap. Beberapa produsen mobil saat ini sebagian besar sudah menyelamatkannya di produk-produknya, namun jika belum ada bisa memasangnya sendiri.

Baca Juga : Tips Memilih Warna Cat Velg yang Bagus

Ketahui Manfaat Memasang Kaca Film pada Mobil

manfaat memasang kaca film

Sebagian besar kaca mobil sudah dilengkapi dengan kaca film. Penerapannya sendiri buka tanpa alasan, di baliknya ada banyak manfaat yang perlu Anda perhatikan. Apa saja itu? Penjelasan lengkapnya yaitu:

1. Membuat Berkendara Lebih Fokus

Tidak jarang akan muncul cahaya dari arah depan yang membuat pengemudi menjadi silau. Apalagi saat ini banyak kendaraan bermotor dengan lampu yang memiliki menyala sangat terang apalagi berwarna putih.

Saat fokus pengemudi hilang, kemungkinan yang akan terjadi adalah kecelakaan. Ini alasan mengapa keberadaan kaca film sangat penting dan tentunya harus Anda ketahui. 

Fokus berkendara menjadi salah satu manfaat memasang kaca film yang cukup utama, karena efek di baliknya sangat besar yaitu agar terhindari dari berbagai macam bahaya seperti kecelakaan dan tindak kejahatan.

2. Menghindari Gangguan Cahaya yang Datang Tiba-tiba

Meski saat ini sudah diluncurkan sebuah teknologi canggih pada lampu mobil yang mampu mendeteksi adanya benda di depannya, namun teknologi ini belum sepenuhnya diterapkan.

Sebab harga mobil yang telah menerapkannya masuk ke dalam jajaran mobil mahal. Sistem kerjanya adalah dengan mendeteksi benda-benda di depannya, kemudian cahaya dari lampu akan dipecah sehingga tidak membuat silau.

Solusi paling tepat yang ada saat ini adalah adanya kaca film pada mobil. Warnanya yang gelap dapat meminimalisir masuknya cahaya langsung ke mata.

3. Menghemat Energi AC Mobil

Manfaat memasang kaca film yang cukup mengejutkan adalah ternyata dapat digunakan untuk menghemat penggunaan energi untuk AC. Penyebabnya karena pori-pori pada kaca menjadi lebih rapat.

Saat menerapkan kaca film di mobil juga membuat suhu AC terasa semakin dingin. Wilayah kabin yang sejuk akan membuat penghuninya lebih nyaman. Dengan begitu mobil semakin hemat energi.

4. Menjaga Keamanan dan Privasi Pengguna

Seperti telah disinggung sebelumnya, kaca film memiliki efek gelap yang dapat menjaga privasi dari para penggunanya. Hal ini muncul karena saat dilihat dari luar, maka kondisi di dalam tidak tampak.

Suasana seperti ini juga bisa meminimalisir terjadinya tindak kejahatan. Namun Anda juga tetap perlu berhati-hati dalam meletakkan benda-benda berharga agar tidak sampai menarik minat para pelaku kriminal.

5. Mengurangi Risiko Terjadi Kecelakaan

Kecelakaan banyak terjadi karena pengendara kurang fokus saat berkendara. Penerapan kaca film pada kendaraan cukup membantu untuk mengurangi terjadinya kecelakaan karena driver dapat fokus meskipun melakukan perjalanan di siang atau malam hari.

Manfaat dari memasang kaca film satu ini sudah banyak dirasakan oleh masyarakat umum. Apabila masih merasa kurang, Anda dapat mengganti kaca film bawaan dengan warna lebih gelap atau didesain khusus untuk mengurangi silau.

Sederet Manfaat Memasang Kaca Film untuk Rumah

manfaat memasang kaca film

Bukan hanya pada mobil, kaca film juga banyak diterapkan di rumah. Pemasangannya sendiri dimaksudkan untuk mendapatkan manfaatnya. Ulasan lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut:

1. Melindungi Dekorasi Rumah

Efek sinar UV yang dimunculkan oleh matahari bukan hanya berdampak buruk pada kulit saja melainkan juga dekorasi rumah. Saat bagian permukaannya terlalu banyak terpapar sinar matahari, maka lama-kelamaan akan rusak.

Kerusakan yang muncul memiliki ciri-ciri pengelupasan ataupun warna memudar. Anda bisa mencegahnya dengan memasang kaca film karena dapat meminimalisir sinar UV yang masuk. Dekorasi yang terlindungi akan membuat lebih tahan lama dan menghemat dana untuk menekan pengeluaran pada saat perbaikan.

2. Menghemat Listrik

Hampir sama seperti sistem kinerjanya pada mobil, kaca film dapat menghemat penggunaan listrik. Salah satu penyebabnya adalah pori-pori pada kaca semakin padat. Di samping itu efek panas dari luar yang timbul karena matahari juga tidak mudah menembus ke area dalam rumah. 

Alhasil, meski menyetel AC dengan suhu tidak terlalu rendah namun tetap terasa dingin. Manfaat memasang kaca film juga berdampak pada nyala lampu yang lebih terang jika dibandingkan saat menerapkan kaca transparan.

3. Mengurangi Risiko Sinar UV

Ada banyak bahaya yang ditimbulkan dari sinar UV baik untuk kulit maupun interior ruangan. Anda bisa mengurangi risikonya dengan melakukan pemasangan kaca film pada jendela ataupun pintu rumah.

Paparan sinar UV berlebih tidak akan masuk secara langsung ke dalam ruangan. Namun akan dikendalikan dengan adanya lapisan kaca film.

Dengan menerapkan kaca film, maka cahaya matahari tidak akan langsung memberikan dampak buruk untuk benda-benda di dalamnya ataupun kulit. Sebab jika terlalu banyak terpapar sinar UV dapat memicu munculnya kanker kulit.

4. Bisa Menolak Panas Matahari Lebih Maksimal

Waktu-waktu dengan cahaya matahari berlebih akan terjadi saat siang dan sore hari. Bagi Anda yang memiliki rumah menghadap arah cahaya, penerapan kaca film sangat diperlukan. Saat menggunakannya, Anda akan merasakan manfaat memasang kaca film baik paling utama atau dampak tidak langsungnya.

Pastikan untuk memasang di wilayah-wilayah strategis untuk memberikan perlindungan maksimalnya. Jangan sampai salah dalam menerapkannya karena perlindungannya akan kurang baik.

Begini Cara Merawat Kaca Film Mobil

manfaat memasang kaca film

Perawatan kaca film perlu dilakukan untuk memaksimalkan manfaat memasang kaca film. Perlakuannya sendiri tentu tidak bisa sembarangan karena dapat membuatnya mudah rusak seperti tergores ataupun muncul robekan.

Sebenarnya perawatan secara mandiri akan memberikan efek jauh lebih bagus. Jika masih bingung bagaimana caranya, coba praktekkan penjelasan berikut:

1. Gunakan Teknik Pembersihan yang Tepat

Kaca film merupakan sebuah lapisan yang perlu dijaga agar tetap merekat dengan baik. Tujuannya adalah agar tingkat manfaat memasang kaca film serta daya tahannya lebih lama.

Tips dalam memilih kaca film adalah pastikan menggunakan jenis yang memiliki tingkat elastisitas cukup baik serta dai mee berkualitas meski harganya normal. Supaya lapisan kaca film tidak tergores, terapkan beberapa jenis kain pembersih berikut ini:

  • Kain Microfiber

Jenis kain ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kotoran yang tidak terlalu melekat pada kaca. Dengan menerapkan produk tersebut kotoran akan lebih mudah terangkat dan terlihat bersih kembali.

  • Kain Chamois atau Kanebo

Anda bisa menemukan jenis kain ini di penyedia terdekat ataupun e-commerce terpercaya. pilih dengan daya serap tinggi serta memiliki tekstur halus sehingga tidak sampai menurunkan manfaat memasang kaca film.

Jenis kain ini sendiri bisa dijadikan solusi terbaik untuk membersihkan kotoran membandel. Caranya yaitu dengan menerapkan gerakan searah kemudian maksimalkan pembersihannya dengan kain microfiber.

  • Glass Cleaner

Bukan termasuk lap pembersih, namun glass cleaner merupakan produk yang perannya cukup penting untuk mempermudah dalam pembersihan kotoran utamanya jenis membandel. Pilih produk yang aman untuk kaca dan tidak memberikan efek misalnya seperti muncul goresan halus atau malah menarik kotoran.

2. Pilih Bengkel Pemasangan Kaca Film Terpercaya

Manfaat memasang kaca film akan lebih baik lagi jika menggunakan teknik yang sesuai. Disarankan untuk memilih bengkel terpercaya dengan kinerja bagus serta memberikan produk-produk berkualitas meskipun harganya tidak terlalu tinggi.

Sebenarnya tingkat kesulitan pemasangan kaca film terbilang standar, namun tetap memerlukan dukungan perlengkapan dan teknik khusus agar dapat melekat sempurna.

Jangan sampai memasang sendiri dan mengakibatkan berkurangnya manfaat memasang kaca film karena malah menimbulkan kerugian. Tips praktisnya adalah langsung kunjungi penyedia jasa terpercaya serta penyedia berbagai pilihan kaca film.

3. Segera Ganti Jika Kemampuannya Sudah Berkurang

Penggantian kaca film sebaiknya Anda lakukan apabila merasa performanya saat digunakan sudah tidak baik lagi. Jangan menunggu mengalami kerusakan parah misalnya sampai terkelupas sendiri satu persatu karena akan mengganggu kenyamanan selama berkendara.

Bagian kaca depan menjadi poin yang sangat penting diperhatikan kondisi kaca filmnya. Hal ini berkaitan dengan manfaat memasang kaca film yaitu untuk menghalau masuknya cahaya berlebih.

Agar lebih hemat dan tidak mengeluarkan biaya terlalu besar untuk penggantiannya, pastikan melakukan perawatan rutin dan jaga agar tidak sampai terkena benda-benda tajam.

Baca Juga : Berikut adalah Cara Bikin Awet Membuat Shockbreaker Motor

Kenyamanan dalam berkendara merupakan hal yang perlu diperhatikan karena dapat meningkatkan konsentrasi agar terhindar dari kecelakaan dan kejadian buru lain. Hal tersebut bisa lebih maksimal karena adanya manfaat memasang kaca film.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here