Apa Itu Quick Shifter? Ini Syarat, Cara Kerja dan Fungsinya

0
116
Apa Itu Quick Shifter? Ini Syarat, Cara Kerja dan Fungsinya
Apa Itu Quick Shifter? Ini Syarat, Cara Kerja dan Fungsinya

Apa itu quick shifter? Pernahkah kalian mendengarnya? Mungkin alat ini sudah tidak asing lagi oleh beberapa pengendara motor selain matik. Berbeda dengan motor matik karena secara otomatis lebih mudah digunakan.

Baca juga: Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi pada Motor

Sementara, pada pengendara yang menggunakan sistem bukan otomatis harus memahami bagaimana sistem kerja motornya. Salah satu kinerja motor yang harus dipahami seperti pada saat menggunakan kopling karena sistemnya manual.

Jika kalian memang belum begitu memahami seperti apa itu quick shifter. Kita akan membahasnya supaya kalian menjadi lebih tahu teknologi satu ini, khususnya bagi pengendara moge dan motor balap.

Sebenarnya Apa Itu Quick Shifter?

Sebenarnya Apa Itu Quick Shifter?
Sebenarnya Apa Itu Quick Shifter?

Untuk menjawab apa itu quick shifter, alat ini merupakan komponen elektronik digital. Bahkan, memiliki kemampuan dalam memindahkan gigi tanpa menarik tuas kopling, saat dilakukan juga aman dan cepat.

Kalau kalian menonton acara MotoGP di televisi, itu termasuk sistem manual sama seperti mengaplikasikan quick shifter. Jenis motor sport bisa langsung naik gigi tanpa harus bersusah payah menekan tuas kopling.

Sehingga, mempermudah pengendara dan menjadi lebih nyaman digunakan. Padahal, dulunya teknologi tersebut hanya dapat ditemui di motor balap dan memang ada di kejuaraan MotoGP atau WSBK saja.

Sekarang sudah banyak yang langsung meletakkan teknologinya dengan kendaraan motor ini. Teknologinya sangat canggih, tidak semua motor memiliki alatnya, bahkan untuk kendaraannya harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Beli Komponennya Harus Siapkan Budget Besar 

Tentunya apa itu quick shifter sudah menjawab rasa penasaran kalian. Jika dikatakan canggih, pastinya hal yang terpikirkan adalah mahal. Kehadiran komponen ini memang meningkatkan kenyamanan pengguna ketika berkendara.

Namun, memang kalian harus menyiapkan budget yang besar karena umumnya saja seharga Rp. 4.200.000. Terdapat dua budget yang diperlukan dari alatnya, diantaranya yaitu sensor dengan modul.

Teknologi ini akan memberikan kenyamanan kepada para pengendara. Pastinya hanya direkomendasikan oleh pengendara bila memiliki motor kopling bisa menggunakan teknologinya.

Tetapi, biasanya untuk jenis sport atau moge sudah bawaan langsung dari motornya. Setelah tahu apa itu quick shifter juga harganya. Apakah kini mulai tertarik untuk mengumpulkan budget membeli teknologi canggihnya?

Ternyata Ini Fungsi Juga Kelebihan Teknologinya

Kita tidak hanya akan membahas quick shifter serta harganya. Melainkan, penting untuk memahami apa fungsinya. Nah, fungsi utamanya untuk mempercepat proses pemindahan gear.

Perpindahan tersebut untuk meningkatkan, tidak menurunkan gigi. Sehingga, pengendara tidak harus menurunkan gas ketika akan memindahkan gigi. Hanya dengan menarik tuas persneling, otomatis langsung terjadi perpindahan gigi.

Kelebihan dari fungsinya ialah untuk melakukan percepatan sekaligus akselerasi pada motor agar semakin cepat. Wajar saja jika motor sport atau moge jalannya cepat karena sudah memiliki quick shifter pada mesinnya.

Berkat alat ini, proses perpindahan gigi (naik dan turun) pada transmisi manual menjadi lebih cepat. Jadi performa motor ketika berakselerasi di jalanan alami peningkatan dibandingkan dengan tidak menggunakannya.

2 Jenis Quick Shifter yang Harus Kalian Tahu!

Apa itu quick shifter dan ada dua jenis yang biasa dipakai pada kendaraan jenis motor sport adalah Bi-directional dan Mono-directional. Dari kedua jenis ini memiliki mekanisme penggunaan yang berbeda.

Pada Bi-directional sifatnya dua arah yaitu upshift dan downshift (naik dan turun gigi. Sedangkan, untuk Mono-directional umumnya hanya memakai upshift (naik gigi), meski begitu tetap memiliki tujuan yang sama.

Tujuannya ialah untuk meningkatkan kenyamanan pengendara ketika akan berpindah gigi. Walaupun fungsi utamanya memang untuk mengurangi interval agar proses akselerasinya maksimal, terkesan lebih simple bukan?

Karena kalian tidak harus menurunkan grip gas pada mesin ketika akan memindahkan gigi motornya. Teknologinya yang canggih ini membuatnya digemari oleh penggemar sport atau moge.

Apakah Aman Digunakan Saat Berkendara?

Apa itu quick shifter akan aman digunakan pengendara bermotor biasa? Mungkin pertanyaan ini akan muncul di benak kalian, terlebih proses akselerasinya yang cepat membuat pergerakan motor juga melaju cepat.

Memang biasanya teknologi tersebut diaplikasikan langsung pada motor yang memang digunakan untuk balapan bukan biasa. Pastinya akan ada rasa kekhawatiran pertimbangan penuh dari para pengendara apakah berniat memasangnya atau tidak.

Pemakaiannya ini akan tetap aman selama proses pemasangan dilakukan di bengkel professional yang memang mumpuni. Kesalahan saat memasang bisa merusak gearbox, tentunya hal seperti itu harus dihindari.

Berikut 4 Cara Kerja dari Mesin Quick Shifter

Adapun, bila motor ditambah dengan komponen ini akan sangat nyaman digunakan apalagi dalam jarak jauh. Cocok digunakan bagi pengendara yang hobi touring ke berbagai kota.

Terdapat dua komponen inti pada quick shifter ini yaitu sensor dan mikrokontroler (CPU). Dari kedua komponen itu akan sangat mempengaruhi mekanisme kerja teknologinya, begini cara kerjanya yang harus kalian tahu.

  1. Sensor bertugas dalam mendeteksi adanya perpindahan gigi.
  2. Mikrokontroler (CPU) langsung memproses data serta menghitung durasi perpindahan gigi.
  3. Kemudian, pada alat quick shifter ini akan memberikan tanda ke bagian ECU untuk memutuskan aliran listrik di bagian ignition coil dalam waktu sepersekian mili detik saja. 
  4. Lalu, proses pergantian gigi menjadi lebih halus tidak membutuhkan penekanan pada bagian kopling ataupun menutup gasnya.

Seperti itulah cara kerja dari kecanggihan teknologi saat ini, sangat simple tapi mudah dilakukan. Bahkan, efek yang diberikan untuk motor juga besar pada proses peningkatan akselerasinya hingga berkendara menjadi nyaman.

Pahami Cara Kerja Saat Menggunakan Mesinnya

Ternyata ada alasan mengapa quick shifter dipasang pada kendaraan diatas 6500 cc. Nah, ini disebabkan karena hanya bekerja di atas kecepatan 3000 rpm, sementara untuk kecepatan dibawahnya tidak memiliki kemungkinan.

Ada tahapan yang harus diperhatikan oleh para pengendara ketika memakainya. Hal itu supaya pada tahap digunakan komponennya bisa bekerja dengan maksimal, berikut akan dibahas apa saja caranya.

  1. Tangan dalam posisi memegang gas dan memutarnya.
  2. Kemudian, saat tangan masih berada dalam posisi memutar gas, di situlah kalian bisa menginjakkan tuas persneling.
  3. Maka, akan langsung terjadi transmisi perpindahan yang mulus dari ke gigi menuju lebih tinggi lagi.

Perlu diingat juga bahwa komponennya hanya bisa diaplikasikan untuk menaikkan gigi. Beberapa orang kerap salah mengartikan fungsi naik turunnya, kalau ingin menurunkan tetap menarik tuas kopling.

Karena alatnya akan otomatis mematikan mesin dan menghentikan suplai bahan bakar. Adapun tujuannya adalah untuk menurunkan gas, kemudian kampas kopling berpindah secara aman, apa itu quick shifter sudah semakin mengenalinya?

Apa Itu Quick Shifter Beserta Persyaratan untuk Motornya?

Setelah mengetahui seputar quick shifter, bagi para pengendara yang berniat ingin memasangnya. Nah, ada beberapa persyaratan yang harus kalian ketahui sebagai persyaratan untuk motor diantaranya sebagai berikut.

  1. Motor sudah ada injeksi.
  2. Motor injeksi bisa dipasang secara khusus jika memiliki maksimal 2 silinder.
  3. Memiliki format mesin yang berbeda seperti inline atau v-twin.
  4. Tidak bisa digunakan pada motor dengan karburator alasannya karena tidak dapat ditambahkan komponen pada tegangan yang berbeda.
  5. Pastikan jika kendaraan memiliki komponen yang sudah dilengkapi fitur splashproof.

Penuhi beberapa persyaratan di atas, apalagi pada motor dengan karburator tidak bisa memasangnya. Terlebih lagi tegangan tinggi yang dimiliki quick shifter mencapai 12 volt, bisa menyebabkan konslet pada kendaraan berkarburator.

Gunakan Merk Berkualitas jika Ingin Memasangnya

Gunakan Merk Berkualitas jika Ingin Memasangnya
Gunakan Merk Berkualitas jika Ingin Memasangnya

Kendaraan bermotor bisa dipasangkan quick shifter, selain memenuhi persyaratannya. Kalian bisa langsung bertanya ke bengkel professional yang memang ahli dalam bidangnya, meski harganya juga mahal.

Jika membeli quick shifter yang biasanya dipasang pada motor sport 150cc sampai 250cc sangat mahal, apalagi jika merknya terkenal. Contohnya saja seperti merek Starlane atau Translogic.

Pemakaiannya pada motor biasa juga tidak boleh secara asal, memang harus gunakan yang berkualitas. Walaupun dirasa sangat mahal, itu merupakan risiko yang harus diterima oleh pengendaranya.

Merk Starlane mencapai 5 jt rupiah jika dijual di pasaran, tergantung lokasinya juga. Mesin tersebut buatan Italia bahkan sering dipakai pada motor balap ajang kejuaraan dunia, wajar memang sangat mahal.

Merk motor seperti Yamaha R15, Suzuki GSX-R150, Honda CBR150R, Kawasaki Ninja 250, Yamaha R25, dan lainnya. Motor-motor seperti itu bisa di pasang quick shifter dari Starlane ini.

Contoh-contoh itu merupakan motor sport dari 150cc dan 250cc, jika kalian memilikinya bisa memasangnya. Biasanya pada paket penjualan juga sudah disediakan sensor yang diletakkan pada tuas persneling serta modulnya.

Baca juga: Tanda Oli Gardan Motor Matik Habis dan Harus Segera Diganti

Itulah beberapa pembahasan seputar quick shifter yang merupakan kinerja mesin dalam mempercepat proses akselerasi. Apa itu quick shifter sudah menjadi jawaban bagi para pengendara yang ingin menggunakan teknologinya. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here