Penyebab Aki Bisa Meledak dan Cara Mengatasinya

0
142
Penyebab Aki Bisa Meledak dan Cara Mengatasinya
Penyebab Aki Bisa Meledak dan Cara Mengatasinya

Aki bisa meledak dikarenakan beberapa hal. Adapun beberapa penyebab aki mobil bisa meledak, seperti adanya gesekan antara pelat, kabel tiang baterai yang telah kotor, atau jembatan baterai salah.

Baca juga : Penyebab Kampas Kopling Mobil Keras dan Solusinya

Aki mobil dikenal sebagai salah satu komponen kendaraan yang paling penting di dalam proses kelistrikan. Tugas dari aki mobil sendiri untuk bisa menghasilkan listrik pada semua alat elektronik yang ada di dalam mobil. Hal ini agar bisa bekerja dengan maksimal.

Alasan Aki Bisa Meledak di Mobil

Alasan Aki Bisa Meledak di Mobil
Alasan Aki Bisa Meledak di Mobil

Pemilik kendaraan sering kali mengabaikan perawatan mesin, khususnya pada aki mobil sehingga dapat menyebabkan aki mobil meledak tanpa di sadari. 

Contohnya saja, mobil yang menabrak terlalu keras sehingga mampu menyebabkan aki mulai pecah serta terjadinya ledakan. 

Hal ini kalian harus tahu mengapa aki bisa meledak dan bagaimana cara paling mudah untuk mencegahnya. Seperti penjelasan sebelumnya aki mobil memang dapat meledak dan berbahaya jika tidak dirawat atau diganti tepat waktu.

Lantas, apa yang menjadi alasan aki mobil yes meledak? Berikut ini sudah beberapa alasan yang perlu kalian pahami dan ketahui.

  • Pengisi Baterai Rusak

Jika dilihat dari pengisi daya baterai pasti ada yang tidak benar sehingga dapat menyebabkan baterai meledak. Hal ini karena metode yang digunakan sudah salah. 

Contohnya saja, kalian pasang dulu kabel pengapian ke aki yang bagus. Kemudian, kalian pasang kabel pengapian ke aki yang telah jelek. 

  • Menimbulkan Percikan Api

Kelihatannya hal ini sepele, ternyata juga bisa menimbulkan percikan api. Oleh karena, kalian bisa meletakkan jumper pada baterai yang lemah terlebih dahulu. Lalu kalian letakkan pada baterai yang sudah baik kualitasnya.

  • Ventilasi Baterai telah Tersumbat

Ventilasi ini sebenarnya telah berfungsi sebagai salah satu katup pengaman ketika tekanan di dalam baterai semakin meningkat. Jadi nantinya uap air atau gas hidrogen-oksigen terjadi karena adanya hidrolisis air selama pengisian.

Saat aki tersebut di colokan, maka bisa menjadi salah satu penyebab aki bisa meledak. Oleh karena itu, untuk bisa mencegah hal ini terjadi, kalian juga harus menjaga agar sekrup agar tetap terlihat bersih.

  • Sentuh Celah di Antara Pelat

Alasan mengapa baterai aki bisa meledak saat start yaitu karena adanya kontak antar pelat. Apabila aki baterai yang telah digunakan terlalu lama, maka kontak antar pelat ini juga biasanya tidak dapat dihindari.

Seiring dengan bertambahnya usia aki, maka larutan asamnya juga akan semakin berkurang. Hal ini tentunya akan memungkinkan pelat untuk bisa dimasukkan hanya sehingga pada akhirnya tertekuk.

Perlu kalian ketahui bahwa saat ini untuk menyalakan kendaraan, ada sejumlah energi listrik yang harus diambil dari aki. Hal ini tentunya untuk bisa mengoperasikan kendaraan.  

Selain itu, juga dapat menyebabkan rol dari lembaran logam yang telah ditekuk dan ditumpuk. Jadi nantinya juga akan membelok dan menyentuh sedemikian rupa sehingga bisa langsung menimbulkan percikan api.

Oleh karena itu, korsleting pada aki bisa meledak juga bisa menjadi salah satu yang menyebabkan aki mobil panas dan bau apek.

  • Kabel dan Terminal Aki Kotor

Bagaimana aki bisa meledak dengan mudah? Perlu kalian ketahui, bahwa giang dan kabel baterai yang kotor juga tentunya dapat menyebabkan baterai aki tersebut terbakar hingga meledak. 

Kotoran inilah yang nantinya akan mencegah aliran arus serta menyebabkan percikan api. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk kalian membersihkan baterai aki secara teratur.

Apabila aki bisa meledak, maka akan jelas dalam masalah besar. Bahkan, akan terjadi pemogokan saat di jalanan hal ini tentunya tidak bisa dihindari.

Cara Mudah Mencegah Aki Mobil Meledak

Cara Mudah Mencegah Aki Mobil Meledak
Cara Mudah Mencegah Aki Mobil Meledak

Selain kalian berhasil mengetahui penyebab aki bisa meledak, maka sudah ada beberapa cara untuk pencegahannya. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait pencegahan aki mobil yang rusak.

  • Periksa Mobil Secara Rutin

Kalian bisa melakukan pengecekan mesin otomatis rutin dilakukan, khususnya bagi yang sudah menggunakan jenis aki kering. Penyebab aki bisa meledak yaitu karena aki yang sudah terganggu terhadap penyaluran tenaga ke sistem kendaraan.

Oleh karena itu, sangat penting kalian untuk sering memeriksa mesin mobil, khususnya dalam hal membersihkan korosi di sekitar terminal. 

Sementara itu, agar kinerja aki tetap terjaga dengan baik dan kondisinya tidak rusak maka temukan bengkel aki mobil terdekat yang sudah terpercaya.

  • Pertahankan Alirannya

Perawatan aki bisa meledak yang saat ini paling sederhana yaitu dengan menjaganya tetap beredar. Caranya tentu saja hanya cukup dengan menghangatkan mobil setiap pagi untuk dapat menghemat baterai aki mobil.

Selain itu, oli yang di mesin sebenarnya juga berfungsi. Mesin yang sedang berjalan aman mengisi baterai aki dengan listrik agar semua komponen pendukung bisa terus hidup.

  • Jangan Menyalakan Aksesoris Mobil Saat Mesin Mati

Aki mobil yang diisi pasti akan membuat mobil nyala. Oleh karena itu, jangan pernah menyalakan perangkat kelistrikan apa pun di dalam mobil, khususnya saat mesin dalam kondisi yang mati. 

Aksesori yang relevan ini seperti sound engineering, lighting dan hal lainnya. Apabila mobil kalian dimatikan sementara konsumsi daya tetap berlangsung, maka dapat dipastikan daya listrik yang tersimpan habis dan tidak ada lagi tenaga.

Hal ini tentunya untuk bisa menyalakan mesin mobil. Apabila kalian melakukan ini secara terus-menerus, maka masa pakai aki bisa meledak yang kering juga bisa menjadi singkat.

  • Selalu Periksa Kondisi Cairan Aki

Dengan adanya tipe aki mobil yang basah ini, maka kondisi cairan aki harus bisa diperiksa. Cairan ini tentunya akan menghantarkan listrik. 

Oleh karena itu perlu sekali diperiksa lebih detail. Air yang ada didalam baterai juga dapat berkurang karena adanya penguapan. Jadi ketika air aki berkurang dan tidak sesuai standar, maka kinerja seluruh aki dalam menghasilkan tenaga listrik. 

Hal ini tentunya akan langsung menyuplainya ke sistem kelistrikan kendaraan dan semakin menurun.

  • Ganti Aki Mobil Secara Rutin

Kapan sebaiknya aki bisa meledak tersebut diganti? Masa pakai aki mobil biasanya hanya sekitar 2-5 tahun. 

Oleh karena itu, kalian harus bisa ganti aki baterai jika menunjukkan ciri-ciri baterai yang jelek. Contohnya saja seperti saat mobil susah dihidupkan, lampu redup, serta performa mobil semakin menurun.

Pentingnya Asuransi Mobil agar Lebih Terjaga 

Pentingnya Asuransi Mobil agar Lebih Terjaga 
Pentingnya Asuransi Mobil agar Lebih Terjaga

Asuransi mobil pada dasarnya akan memberikan perlindungan terhadap kendaraan kalian berupa pertanggungan asuransi. Asuransi nantinya juga bisa membantu meminimalisir biaya perbaikan mobil yang rusak akibat resiko kecelakaan, tabrakan.

Apalagi saat kehilangan dan risiko lainnya sesuai polis yang telah disepakati sebelumnya. Asuransi mobil ini tentunya dapat melindungi situasi keuangan kalian hanya dengan menjaga tetap aman.

Hal ini tentu saja untuk bisa menghindari biaya perbaikan serta pemulihan mendadak yang besar. Perlindungan asuransi ini sebenarnya tergantung pada polis asuransi yang sudah dipilih. 

Kini sudah ada asuransi Total Loss Only atau TLO (mencakup semua risiko) serta asuransi All Risk (mencakup semua risiko). Jadi kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan diri sendiri.

Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Audiens 

Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Audiens 
Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Audiens

Perlu kalian ketahui, ada banyak sekali pertanyaan yang sering diajukan oleh para audiens. Berikut ini sudah ada pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para audiens, antara lain:

  • Bisakah Baterai yang Panas Meledak?

Aki yang panas tentunya dapat meledak, apalagi jika sudah terjadi hubungan arus pendek pada aki. Hal ini tentunya akan langsung menyebabkan panas berlebih hingga air di dalam aki sehingga mengering dan dapat terjadi ledakan.

  • Bisakah Baterai Kering Meledak? 

Pengisian baterai aki kering sebenarnya tidak tepat dan bisa berakibat fatal. Apalagi jika ampere charger aki terlihat tinggi dan overcharging hal ini bisa berimbas pada aki bengkak. 

Hal ini tentunya juga akan menimbulkan ledakan akibat reaksi kimia yang terjadi pada baterai terlalu besar.

  • Apakah Baterai Kering Perlu Diisi Saat Ini?

Sebenarnya, masih banyak yang tidak tahu bahwa aki kering juga bisa langsung diisi dengan cara yang sama seperti aki basah. Pengisian baterai kering sebagai salah satu metode perawatan baterai yang mudah.

Baca juga : Dampak Kebocoran Cairan Power Steering dan Cara Mengatasinya

Jadi sebagai pemilik kendaraan kalian harus bisa memastikan aki tersebut dalam kondisi yang baik. Aki bisa meledak bisa disebabkan oleh banyak hal.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here