Review Mobil Listrik Porsche Taycan yang Spesial

0
210
Review Mobil Listrik Porsche Taycan yang Spesial
Review Mobil Listrik Porsche Taycan yang Spesial

Sebagai penggemar di dalam dunia otomotif, pernahkah Anda mendengar mobil listrik Porsche Taycan? Ya, mobil ini adalah salah satu jenis sport car yang sudah menggunakan full elektrik atau tenaga listrik di seluruh bagiannya.

Baca Juga : Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 dengan nama Porsche Mission E di Frankfurt Motor Show. Kemudian, setelah produksinya berjalan dan di selesaikan pada tahun 2019 kemarin. Mobil ini dipublikasikan pada acara yang sama dengan menggunakan tema Porsche Series Electric Car.

Tentu saja mobil ini juga memiliki level dan seri yang berbeda jika dilihat dari performanya. Jika dilihat dari serinya, Porsche Taycan memiliki 3 model mobil yang bernama Porsche Taycan Turbo S, Porsche Taycan 4S Cross Turismo dan Porsche Taycan Turbo Cross Turismo.

Ketiga mobil tersebut memberikan kesan yang berbeda dari performa, eksterior dan harganya. Mobil listrik memang sekarang ini sudah mulai digunakan di beberapa negara maju. Di Indonesia sendiri, mobil ini baru mulai diperkenalkan secara privat pada bulan Februari yang lalu.

Secara keseluruhan, desainer mobil listrik Porsche Taycan ini bernama Michael Mauer. Seorang desainer automobile ternama dari Jerman yang pernah bekerja di perusahaan oto Saab dan Mercedez-benz. Jika dilihat dari kualitasnya, tentu Michael adalah orang jenius.

Taycan sendiri berasal dari bahasa turki yang menggunakan konsep “Lively Young Hourse”. Hal ini diperlihatkan dengan tampilan eksterior yang elegan dan performa tingginya. Meskipun mobil ini tidak menggunakan turbo charger, namun nama Turbo tetap diberikan di kedua serinya.

Spesifikasi Mobil Listrik Porsche Taycan

Mobil Listrik Porsche Taycan
Spesifikasi Porsche Taycan

Pada dasarnya, badan mobil listrik ini dibuat dari bahan baja dan aluminium yang diproses secara khusus. Teknik khusus pemasangan rangka mobil bagian atap, samping dan jok tempat duduk dibuat untuk meningkatkan keselamatan pengemudi terhadap risiko kecelakaan.

Selain itu, seluruh rangka dan komponen mobil juga terdiri dari aluminium yang bertujuan untuk mengurangi bobot supaya dapat meningkatkan kecepatannya. Menurut data yang ada, mobil ini memiliki kurang lebih 37% aluminium dan sisanya terdiri dari baja.

Untuk spesifikasi baterainya, mobil listrik Porsche Taycan menggunakan baterai baru dengan motor sinkron magnet permanen. Rasio gigi kecepatan tunggal yang dimiliki oleh Taycan adalah 8,05:1 dengan dua transmisi kecepatan slip diferensial di bagian belakangnya.

Kemudian ada juga gearbox gigi pertama yang memiliki akselerasi maksimum. Mesin juga dilengkapi dengan akselerasi yang tinggi di saat memasuki gigi kedua dengan kecepatan dan efisiensi. Jenis mobil Porsche menggunakan kekuatan paket baterai Lithium-ion 93 kWH 630 Kg.

Berat pada baterai berguna untuk menjaga pusat gravitasi supaya tetap rendah dengan tempat pemasangan di bagian sasis belakangnya. Saat melakukan evaluasi di dalam lintasan, mobil listrik ini mampu berputar dengan performa stabil dan bisa bertahan sampai baterai benar-benar habis.

Untuk Charger Port, mobil ini memiliki 2 bagian yaitu di samping kiri dan samping kanan. Setiap port memiliki salurannya masing-masing baik itu DC dan AC. Dengan 2 saluran pengecasan, Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja selagi ada tempatnya.

Eksterior Mobil Listrik Porsche Taycan

Mobil Listrik Porsche Taycan
Eksterior Porsche Taycan

Secara keseluruhan, mobil ini tampak khas dengan gaya yang sudah ditampilkan mobil Porsche pada umumnya. Untuk seri Taycan, eksterior samping mobil dapat terlihat seperti model Fender gaya khas Porsche. Mobil juga dibuat tampak seksi dan mulus dari depan sampai belakangnya.

Taycan sendiri dibumbui dengan tampilan yang futuristik sehingga dapat memikat hati kaum remaja saat ini. Jika dilihat, bagian door handle di kedua sisi mobilnya saja dibuat sangat bergaya dengan lengkungan minimalisnya. 

Kemudian, mobil listrik Porsche Taycan ini juga sudah dilengkapi dengan sistem kontrol “Swipe” untuk membuka phorting charger atau lubang pengecasan dari sisi Fender bagian depan. Sentuhan futuristik menciptakan suasana yang baru dengan tampilan minimalis dan elegan.

Mobil elektrik ini menggunakan lampu depan Matrix LED dengan sentuhan garis-garis lurus. Dari sisi bagian depannya saja, mobil sudah bisa dikenal sebagai produk Porsche. Untuk sisi bagian belakang, detail futuristik ditampilkan dengan garis melengkung dan nama Taycan.

Selain itu, ada juga sisi bawah pijakan dan spion diberi karbon fiber agar tampilannya lebih bagus. Bagian kap atas menggunakan panoramic roof dan memberi kesan eksotis. Frame kaca pintu juga dibuat tanpa frame sehingga bentuknya sama seperti mobil sport pada umumnya.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil sport terbaru dengan eksterior anak muda, futuristik, elegan dan mewah? Mungkin Porsche Taycan bisa jadi pilihan terbaik. Bahkan, tampilan interiornya juga sangat mewah dan Anda tidak akan menyesal ketika membelinya.

Interior Mobil Listrik Porsche Taycan

Mobil Listrik Porsche Taycan
Interior Porsche Taycan

Secara keseluruhan mobil ini sudah menggunakan layar digital tanpa adanya analog. Tentu saja bentuknya dibuat futuristik dengan dasbor berciri khas Porsche. Genggaman power stir juga telah dilapisi kulit sehingga genggamannya nyaman.

Transmisi mobil dibuat kecil di bawah kemudi dengan bentuk minimalis. Bahkan seluruh program dan pengaturan mobil ini juga dilakukan dari layar sentuh dasbor. Untuk lubang AC saja, dibuat simpel dan pengaturannya dilakukan dari layar sentuh baik itu pengaturan suhu sampai arahnya.

Sebagai mobil futuristik, mobil listrik Porsche Taycan telah menggunakan konsep spesial. Layar sentuh dan layar dasbor dibuat seminimal mungkin dengan memberikan kesan mewah. Dasbor mobil juga dilengkapi dengan peta sebagaimana yang biasa dimiliki oleh mobil listrik.

Untuk tempat duduk berbahan dasar kulit dengan dudukan yang nyaman dan pas. Saat Anda duduk dan berkendara, pandangan akan terasa nyaman dengan posisi tempat duduknya. Stir juga sangat pas di tangan sehingga Anda mampu berkendara dengan nikmat.

Tempat duduk Porsche pada dasarnya ada 4 tempat duduk dan bisa juga digunakan untuk 5 orang jika ditambah penyangga kepala. Kapasitas ruang juga besar sehingga penumpang bisa nyaman untuk duduk. Bagian rongga kaki dibuat nyaman dengan posisi yang bagus.

Kecepatan Berkendara Mobil Listrik Porsche Taycan

Mobil Listrik Porsche Taycan
Kecepatan Mobil Listrik Porsche Taycan

Untuk kecepatannya, seri Taycan Turbo S bisa mencapai kecepatan 260 kmph. Kekuatan mesin dari seri ini juga sebesar 751 Hp dengan Torque sebesar 1050 Nm. Mobil dapat melesat dari 0 sampai puncak dalam hitungan 2 menit saja.

Selain seri Turbo S, ada juga versi di bawahnya yaitu Porsche Taycan Turbo Cross Turismo dengan kecepatan maksimal 250 Kmph dan 616 tenaga kuda. Torque yang diberikan sebesar 850 Nm, sehingga memiliki rata-rata mobil sport medium pada umumnya.

Ada juga mobil ini memiliki versi di bawahnya yaitu 4S Cross Turismo dengan kecepatan maksimal sebesar 240 kmph. Kekuatannya sendiri sebesar 482 tenaga kuda dengan 650 Nm Torque. Seri ini memang murah karena target pemasarannya dibuat untuk anak muda zaman sekarang.

Namun jika dilihat dari kekuatan dan kecepatannya, mobil ini sudah bisa bersaing di dalam pasar otomotif. Kecepatan maksimal Turbo S juga tidak bisa dianggap remeh dengan daya baterai yang stabil. Oleh karena itu mobil ini sangat spesial apalagi dari segi performanya.

Apakah Mobil Listrik Porsche Taycan Layak untuk Dibeli?

Mobil Listrik Porsche Taycan
Mobil Listrik Porsche Taycan

Untuk kawasan Indonesia, ketiga seri Porsche sudah tersedia sehingga Anda bisa membelinya. Namun sebelum itu, pertanyaan utama adalah apakah mobil ini layak untuk dibeli? Tentu saja jawabannya tergantung dari minat Anda sendiri terhadap mobil sport.

Pada dasarnya Porsche Taycan adalah mobil elektrik yang membutuhkan tenaga lebih dari cas baterai. Mobil juga memiliki jarak maksimum yang bisa ditempuhnya karena ada besar kapasitas baterai. Anda harus mempertimbangkan secara bijak mengenai kegunaan mobil ini.

Jika ingin berkendara di dalam kota, maka mobil ini bisa digunakan sebagaimana mestinya. Tapi ingin bepergian ke luar kota, maka sebaiknya pikirkan terlebih dahulu tenaga dan daya yang ada. Mobil listrik Porsche Taycan memiliki jarak tempuh maksimal 416Km sehingga tidak terlalu jauh.

Setidaknya mobil ini bisa digunakan untuk bepergian jauh dari kota Jakarta ke kota Tegal atau Sukoharjo. Selain dari jarak tempuhnya, Anda juga harus memperhatikan bahan bakarnya. Saat ini di Indonesia masih sedikit tempat yang menyediakan tempat pengecasan mobil listrik.

Jika ada, daya casnya juga akan mahal dan Anda butuh waktu yang lama. Indonesia sekarang ini masih belum cocok untuk mobil listrik. Alasannya adalah jarak tempuh, daya baterai dan ada juga spare part yang masih sulit di dapatkan ketika mobil mengalami kendala.

Untuk itulah Anda disarankan untuk memikirkannya dulu sebelum membelinya. Mobil listrik di masa sekarang ini masih dalam masa pengenalan sehingga sedikit yang menggunakannya. Dari negara Asia dan Timur Tengah saja, masih sedikit orang yang menggunakan mobil listrik.

Baca Juga : Fakta Mobil Listrik Tesla, ini yang Bikin Harganya Selangit

Dari segi efisiensi, mobil standar berbahan dasar bensin masih cocok untuk digunakan. Namun jika Anda butuh mobil untuk bepergian atau bersama komunitas, Mungkin mobil listrik Porsche Taycan bisa jadi opsi utama untuk dimasukkan ke dalam daftar keinginan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here