Kehebatan Mesin V8 yang Digunakan Brand Mobil Ternama Dunia

0
1138
Kehebatan mesin V8

Kehebatan mesin V8 sudah teruji dan bahkan performanya telah diakui oleh hampir produsen otomotif kenamaan dunia. Sejak era mobil klasik hingga modern, kekuatannya sebagai dapur pacu seolah tidak pernah tergantikan. 

Baca Juga : Review Mobil Hybrid Terpopuler dan Informasi Harga Terbarunya

Bagi sebagian besar tipe kendaraan seperti sports car, truck, dan bahkan muscle car, V8 telah menjadi dapur pacu utama. Karena dianggap mampu mendongkrak performnya mobil ketika dipacu di jalanan umum.

Kehebatan Mesin V8 pada Kendaraan Saat Dipacu di Jalanan

Kehebatan mesin V8

Penggunaan mesin V8 pada hampir sebagian merek kendaraan roda empat ternama di dunia, didasarkan pada kelebihan yang ditawarkan. Mulai dari soal performa, kekuatan dalam akselerasi, hingga mampu mengatasi beban berat. 

1. Daya Saat Berakselerasi di Jalan Sangat Tinggi.

Struktur pada V8 dikenal sangat kompak sehingga mampu menyeimbangkan profil pergerakan dan akselerasi kendaraan saat di jalanan. Torsinya juga sangat besar dibandingkan dengan seri V6 ketika pedal gas diinjak perlahan.

Selain itu, konfigurasinya memungkinkan pengguna untuk melakukan daya jelajah berkecepatan tinggi namun tetap stabil meski dengan beban berat sekalipun. Sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh dalam rentang waktu yang panjang.

2. Pergerakannya Sangat Baik Saat Digunakan dalam Perjalanan Jauh

Dapur pacu sekelas V8 bisa bekerja dengan baik pada kendaraan berjenis truk karena kekuatan tenaganya sangat besar. Meski diperdebatkan oleh banyak kalangan, hal tersebut bisa saja terjadi tergantung dari situasi.

Keunggulannya adalah kestabilan daya dorong pada mesin yang tetap prima, meski digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Aplikasinya bisa menggunakan truk berkabin tunggal dengan profil bodi minimalis seperti Chevy silverado 1500.

3. Sangat Cepat dan Bertenaga

Kehebatan mesin V8 terletak pada tenaga dan daya dorongnya yang sangat besar. Bagi pecinta mobil sport dan kendaraan bertipe muscle car, dapur pacu tersebut mampu menghadirkan kecepatan dan akselerasi terbaik.

Saat dipacu di jalanan, kendaraan bisa mencapai kecepatan tertentu hanya dalam hitungan detik tanpa kehilangan kendali dan keseimbangan sekalipun. Performa ini salah satunya bisa didapatkan pada merek Ford Mustang GT.

4. Performanya Sangat Bagus untuk Mengangkut Beban Berat

Salah satu keunggulan dari mesin V8 adalah kemampuannya untuk tetap memberikan akselerasi terbaik, meski harus membawa beban yang berat. Biasanya, hal ini terjadi pada tipe kendaraan seperti SUV hingga van.

Kemampuannya menyemburkan daya yang besar, membuat dapur pacu tersebut sangat cocok untuk membawa atau menarik barang dalam jumlah besar dengan menggunakan truk besar, van berkabin tunggal, atau SUV berbadan besar.

5. Pengiriman Daya ke Mesin Lebih Halus Berkat Silinder Tegak Lurus

Kehebatan mesin V8 tidak lepas dari kinerja komponen di dalamnya seperti silinder penggeraknya (crankshaft). Dengan desain pada sudut tegak lurus, pengiriman daya pada mesin berjalan dengan sangat lancar dan mulus.

Hal ini sangat berguna ketika kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi. Di mana transmisi akan memindahkan gigi yang secara otomatis ikut menggerakkan silinder secara simultan, sehingga mempengaruhi kenyamanan pengguna saat berkendara.

6. Suara Lebih Halus Saat Akselerasi dengan Kecepatan Tinggi

Siapapun pasti tidak akan meragukan suara dari mesin V8 saat digunakan berakselerasi dari 0 ke 100 dengan kecepatan tinggi. Suaranya sangat kuat, bertenaga, dan dapur pacu empat sisinya sangatlah elegan.

Sensasi ini bisa didapatkan ketika Anda menginjak pedal gas secara perlahan hingga penuh. Getaran suaranya terasa di bagian kursi hingga ke punggung, terutama ketika deru mesin sedang berputar sangat cepat.

Kehebatan Mesin V8 dan Cara Kerjanya

Kehebatan mesin V8

Menurut Jason Fenske dari Engineering Explained, V-8 beroperasi seperti mesin empat tak bertenaga bensin lainnya. Pada kasus ini, dirinya menggunakan dapur pacu LS3 6.2 liter buatan General Motor yang populer.

1. Beroperasi dengan Normal Seperti Mesin 4 Tidak Secara Umum

Di balik kehebatan mesin V8 yang sangat besar, ada kinerja antar komponen di dalam mesin sehingga menghasilkan sesuatu yang istimewa. Dapur pacu tersebut juga bergerak layaknya sistem 4 tidak secara umum.

Saat silinder menarik udara dan bahan bakar untuk dimampatkan, busi akan menyalakan campuran agar menciptakan tenaga sehingga membuat piston ke bawah untuk mendorong gas keluar saat bergerak kembali ke atas.

2. Kinerja Valvetrain yang Mendukung Pergerakan Kepala Silinder

Kehebatan mesin V8 juga terletak pada sistem valvetrainnya. Di mana udara yang masuk berasal dari atas mesin dan menuju ke sisi kepala silinder agar gas buang mengalir melalui katup pembuangan.

Kepala silinder itu sendiri mencakup satu katup masuk dengan ukuran lebih besar pada intake, dan satu katup buang berukuran kecil. Nantinya, proses tersebut berdampak pada pushrod sebagai pengaktif lengan ayun.

3. Komponen Pushrod Bekerja untuk Membuka Katup Mesin

Proses silinder yang mempengaruhi buka tutup pada katup masuk hingga ke pembuangan, juga ikut menggerakkan pushrods untuk mengaktifkan lengan ayun agar membuka katup. Implementasinya ada pada seri Cadillac V-8 terbaru.

Pushrods bekerja melalui lobus camshaft untuk membuka katup yang sesuai pada mesin. Komponen camshaft kemudian mengoperasikan katup agar terhubung ke poros engkol, untuk menyeimbangkan mesin dan batang penghubung menuju piston.

4. Pergerakan Piston Menjadi Penyeimbang Daya

Saat piston mencapai bagian atas silinder, penyeimbang berada tepat di seberangnya untuk menyeimbangkan gaya. Begitu juga saat piston kembali ke bawah, di mana beratnya akan melawan semua gaya bolak balik.

Meskipun terdengar rumit, seluruh proses di atas sebenarnya adalah cara sederhana untuk membuat mesin terasa lebih halus tanpa banyak getaran. Terutama saat digunakan untuk mobilitas tinggi dan dalam durasi Panjang

Merek Mobil Ternama yang Memanfaatkan Kehebatan Mesin V8 

Kehebatan mesin V8

Kelebihan V8 dari segi performa hingga kemampuannya saat dipacu dalam kecepatan tinggi, membuat beberapa pabrikan mobil ternama dunia berlomba-lomba menggunakan mesin tersebut. Siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Dodge Challenger SRT Demon (2018)

Menggunakan tipe mesin V8 6.2 liter supercharged, Dodge Challenger SRT Demon menjadi generasi Dodge di era modern yang masih membawa performa unggulan seperti pendahulunya. Dapur pacunya dikenal memiliki performa terbaik.

Saat dipacu dengan kecepatan penuh, Challenger mampu melontarkan 840 tenaga kuda dan 770 lb.-ft Jarak seperempat mil bisa ditempuh dalam waktu 9,65 detik dan dan akselerasi 0-60 tercepat (2,3 detik).

2. Mercedez-AMG S63 Coupe and Cabriolet (2018)

Mercedes-AMG S63 lansiran 2018 dianggap mewakili varian performa tinggi dari seri S-Class Coupe dan Cabriolet tradisional. Dapur pacunya menggunakan biturbo V8 4.0 liter yang dirakit khusus oleh teknisi ahli berpengalaman.

Kelebihan mesin V8 pada seri ini sangat kentara lantaran mampu menyemburkan tenaga hingga 630 HP torsi sebesar 664 lb.-ft. Meski, akseleras 0-60-nya turun menjadi 3,4 detik dari seri-seri sebelumnya.

3. Chevrolet Corvette ZR1 (2009)

Dirancang untuk bersaing dengan sesama supercar, Chevrolet Corvette ZR1 dibekali dapur pacu V8 supercharged kapasitas 6,2 liter yang dapat mengeluarkan 638 tenaga kuda dan torsi sebesar 604 lb.-f di jalanan.

Kecepatan yang luar biasa itu bisa diredam dengan sempurna lewat rem karbon-keramik Brembo standar dengan rotor yang dibor. Sebagai informasi, Chevrolet Corvette ZR1 lansiran 2009 ini banyak menggunakan serat karbon.

4. BMW M5 (2018)

Kehebatan mesin V8 juga dirasakan oleh BMW. Lewat seri BMW M5, pabrikan otomotif asal Jerman itu mengusung mesin M-tuned 4.4-liter twin-turbo V8 sebagai dapur pacunya yang meningkatkan performa secara signifikan. 

Penggunaan mesin tersebut membuat M5 mampu meningkatkan output bar mobil menjadi 600 tenaga kuda dengan torsi sebesar 553 lb.-ft. Sistem all-wheel-drive xDrive juga disematkan agar kinerjanya semakin gesit dan halus. 

5. Ford Mustang Shelby GT350 (2015)

Bisa dibilang, Mustang Shelby GT350 lansiran tahun 2015 adalah salah satu seri terbaik di era modern yang menggunakan mesin V8. Dapur pacunya serupa dengan model Ford. V8 5.2 liter lainnya. 

Dirancang sebagai mobil balap dan impor eksklusif, tipe ini juga dibekali dengan transmisi manual enam kecepatan standar, diferensial selip terbatas Torsen, suspensi Magneride berperforma tinggi, hingga sistem pengereman standar Ford. 

6. Audi RS 7 (2018)

Kehebatan mesin V8 berikutnya ada pada Audi RS 7 yang menambahkan dua silinder ekstra untuk mendongkrak performanya. Sering ini dianggap sebagai versi terbaik dari “coupe empat pintu” A7 berukuran penuh,

Dua silinder ekstra tersebut membuat mesin V8 berkapasitas 4.0 liter turbochargednya mampu mengeluarkan 605 tenaga kuda dan torsi sebesar 553 lb.-ft. Kecepatan tertingginya mencapai 190 mph namun dibatasi secara otomatis.

Baca Juga : Pemahaman Dasar dalam Melakukan Perawatan Mesin Mobil

Kecepatan dan akselerasi secara spontan, menjadi salah satu alasan bagi produsen mobil ternama dunia untuk menggunakan dapur pacu bertenaga besar. Dan menganggap kehebatan mesin V8 belum tertandingi oleh tipe lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here