Honda All New BR-V Datang Semua Mobil Meradang

0
35
Honda All New BR-V - Review Honda All New BRV

Honda All New BR-V menjadi perkembangan baru dari varian sebelumnya yang kurang bergairah di pasar otomotif tanah air. Tipe yang dihadirkan adalah LSUV, cukup nyaman digunakan untuk harian.

Selain itu LSUV juga menarik digunakan di medan semi off road, sesuai dengan kontur jalanan Indonesia. Tidak heran, bila pabrikan klaim seri terbaru ini lebih menawarkan kenyamanan dan keamanan.

Baca Juga : Honda City Hatchback Datang Memukau Menggantikan Honda Jazz

Mengendarai kendaraan ini memberikan pengalaman menyenangkan. Apalagi, performa yang diberikan sangat menyenangkan, fitur dan fasilitasnya juga berlimpah, kabin lega, kurang apalagi? Mungkin, kekurangan awal ada di harganya.

Perlu diketahui, rentangnya berada di kisaran Rp260 juta sampai Rp300 juta. Apakah angka tersebut memberikan semua yang diinginkan oleh pengendara? Bila dilihat secara keseluruhan murah atau mahal? Simak reviewnya di sini

Eksterior Honda All New BR-V

Honda All New BR-V - Review Honda All New BRV

Review pertama akan dimulai dari eksteriornya terlebih dulu, bagaimana tampilan luarnya. Harus diakui bahwa, dari depan hingga belakang, dilihat dari berbagai sisi tampak menggoda. Kesan sporty serta agresif terpancar.

Hampir seperti SUV sungguhan dengan lampu depan, kap bagian mesin, sampai grill menyiratkan garis tegas. Di mana, semua itu tersambung secara keseluruhan, terdapat beberapa lekukan hanya saja, terkesan elegan.

Honda All New BR-V sudah menggunakan LED pada sisi headlamp, responsnya cepat sehingga lebih hemat daya listrik. Sementara itu, pada forglamp menyematkan bohlam dengan teknologi LED juga.

Menghasilkan sinar terang dengan warna putih menyala, sayangnya kekuatannya kurang begitu kuat dalam menghadapi kabut, dibandingkan dengan menggunakan warna kuning. Hanya saja, masih cukup nyaman dan membantu meningkatkan visibilitas.

Lanjut ke bagian samping, di mana dimensinya sedikit diperbesar penambahannya untuk lebar 45 mm, panjang 34 mm, tinggi 19 mm. Sumbu jarak roda diperpanjang 38 mm, ground clearance ditinggikan 19 mm.

Dari perombakan tersebut menghasilkan kabin yang lega dan luas, saat melintas di jalanan kurang rata semakin hebat. Beralih ke bagian belakang, terlihat begitu ramping, kokoh, serta kuat.

Seluruh lampu pada bagian belakang juga sudah dilengkapi dengan LED. Secara keseluruhan eksterior mobil ini memang memukau, kokohnya memperkuat berbagai macam sisi terutama pada pilar C dan D.

Interior Honda All New BR-V

Setelah melihat secara keseluruhan tampilan depan, saatnya masuk ke bagian dalamnya. Di mana semuanya dirombak, material yang digunakan untuk dashboard sudah berkualitas unggul, interiornya cukup lapang.

Pada area kursi, ada sentuhan berbeda yang dilakukan oleh pabrikan. Di mana, mereka menggunakan untuk menyematkan kursi pengemudi khas kokpit pesawat. Tidak bisa dipungkiri, untuk eksterior dan interiornya memang terinspirasi dari sana.

Untuk pengaturan kursinya sangat lengkap, ada fitur reclining. Selain itu, salah satu fitur andalan adalah hadirnya headrest cukup besar, mampu menopang posisi kepala sehingga, memberikan kenyamanan maksimal.

Bukan hanya pada kursi depannya saja, belakang juga sudah dilengkapi fasilitas ISOFIX, jarak luas serta seatbelt tiga titik. Untuk perjalanan jauh dengan waktu 3 sampai 5 jam, tidak terlalu melelahkan.

Pada baris ketiga harus diakui kurang luas hanya saja, masih bagus untuk perjalanan jauh. Dilengkapi juga one touch tumble, cukup ditekan sudah bisa ditekuk sehingga, bagasi tampak lebih luas.

Honda All New BR-V memberikan sentuhan menarik dari sisi kemudi, ketebalan serta diameter serasa pas ditangan. Selain itu, bentuknya memukau mata, mendapat lapisan dari bahan kulit asli.

Pada panelnya sudah dilengkapi beberapa tombol, bahkan Anda juga bisa menjawab telepon melalui kemudinya. Beralih ke bagasi, memberikan ruang cukup luas bila kursi dilipat. Sehingga, berbagai barang masih bisa masuk.

Sayangnya, kendaraan ini belum menyematkan fitur magic seat, sehingga kabin jauh lebih praktis. Tetapi, sudah cukup praktis, di mana bisa dimasukkan di bawah kursi belakang bila ikut digunakan.

Fitur Honda All New BR-V

Pernah mendengar fitur bernama Honda Sensing? Di mana, kendaraan tersebut sudah disematkan, merupakan front wide view camera berfungsi sebagai pendeteksi untuk mengenali berbagai objek, pejalan kaki, hingga kendaraan.

Fitur ini akan memberikan isyarat kepada pengemudi sesuai dengan aktivitas pengendara di depan. Sistem bekerja dengan jarak kurang lebih 10 meter, Selain itu fitur tersebut juga memberikan sensor terbaik.

Bila pengemudi di depan berpotensi menimbulkan kecelakaan, maka sensor tersebut akan berfungsi dengan sendirinya. untuk memperingatkan pengemudi. Selain itu tersedia juga CMBS yang akan melakukan rem seketika bila dalam keadaan darurat.

Dengan begini, pengemudi mampu menghindari terjadinya kecelakaan atau tabrakan. Ada lagi yang dinamakan RDM, di mana sensor mampu membaca bahwa, kendaraan Anda keluar dari jalur, sekaligus memperingatkannya.

Honda All New BR-V juga memberikan LKAS, di mana saat kecepatan mencapai 72 kmj, fungsi tersebut akan berperan membantu pengemudi membuat mobil tetap berada di jalurnya, cocok digunakan di jalan tol.

Ada lagi adaptive cruise control yang mendukung kendaraan dalam menjaga jarak dengan mobil didepannya. Fungsinya akan efektif di kecepatan 30 kmj. Tersedia juga Auto High Beam, mampu meningkatkan visibility.

Terutama, saat berkendara di malam hari, perlindungan yang diberikan Honda untuk jagoan terbarunya ini memang tidak tanggung-tanggung. Ada fitur keamanan pasif disematkan, sehingga mampu mengurangi risiko cidera bagi pejalan kaki.

Sudah disematkan juga air bag, VSA demi menghindari kendaraan selip saat menikung serta ESS, yaitu mengaktifkan lampu hazard serta rem secara otomatis. Bila keadaan mobil dalam posisi darurat.

Fitur Lain Honda All New BR-V

Honda All New BR-V - Review Honda All New BRV

Keamanan lain yang juga dihadirkan adalah adanya Hill Start Assist, sehingga mencegah kendaraan akan berguling ke belakang, ketika mengalihkan pedal rem ke gas. Kondisinya akan otomatis berjalan bila keadaannya miring.

Tidak cukup sampai disitu saja, pengalaman premium akan didapatkan ketika melihat fasilitas display yang sudah multi fungsi. Ada berbagai informasi akan diberikan mulai dari bahan bakar, suhu, sampai jam.

Dari display ini, Anda juga dapat mengatur berbagai peran seperti, meteran, akses tanpa menggunakan kunci, operasi pintu serta jendela, hingga pencahayaan. Bagian lain terkesan premium adalah di entertainment.

Kenyamanan yang diberikan sudah terlihat dengan penempatan layar 7 inchi. Ditenagai berbagai fungsi seperti bluetooth, USB, hingga mempunyai hands free. Harus diakui, kekedapan kabin sangat bagus.

Tidak heran bila Honda All New BR-V ini mempunyai kualitas suara terbaik karena, ada 6 speaker di berbagai sisi. dilengkapi juga dengan 2 tweeter. Pengalaman mendengar musik semakin maksimal.

Bagaimana kemampuan pendinginnya? Seperti diketahui Indonesia sendiri memiliki cuaca dan suhu sangat panas terutama, pada siang hari. Tenang saja, kondensor serta kompresornya sudah ditingkatkan, sehingga 12% lebih cepat dingin.

Operasi Honda All New BR-V

Honda All New BR-V - Review Honda All New BRV

Beralih ke bagian tenaga, All new BR-V sendiri sudah diperkuat 4 silinder, teknologi katup variabel i-vtec DOHC. Menghasilkan tenaga sebesar 121 PS dalam putaran mesin 6600 rpm.

Sementara torsi maksimal di angka 145 Nm pada putaran 4300 rpm. Menggunakan transmisi CVT atau manual sebanyak 6 percepatan. Menariknya, kendaraan ini mampu mengakali torsi, sehingga konsumsi bahan bakar rendah.

Efektivitasnya berkisar 3% lebih baik dibandingkan versi sebelumnya, walaupun Anda membawa keluarga lebih dari 4. Dilengkapi fitur CVT baru, memungkinkan meminimalkan gesekan sampai 20% pada bearing.

Adanya fully open acceleration step up shift control membantu pengendara mendapatkan pengalaman perpindahan gigi yang cukup menyenangkan dan begitu mudah. Bukan hanya pada transmisi manual, otomatis juga hampir sama.

Untuk jenis bannya sendiri sudah menggunakan bridgestone turanza T005A dengan velg ukuran 16 dan 17. Dengan semua spesifikasi ini tidak salah bila semua kompetitor harus berpikir lebih untuk memenangkan persaingan.

Kesimpulan Honda All New BR-V

Akhirnya, masuk ke tahapan kesimpulan untuk rentang harga mulai dari Rp260 juta sampai R320 juta tergolong cukup murah, bila dilihat segi keamanan tingkat tinggi mulai dari pengemudi sampai pejalan kaki.

Kondisi ini membuat berbagai kompetitor harus berpikir dua kali, rasanya cukup worth it membelinya. Konsumsi bahan bakar juga ditaksir cukup hemat, untuk perawatannya juga cukup mudah.

Performa mesin yang sudah dilengkapi teknologi terbaru mampu menciptakan kinerja yang lebih efisien dan menempuh sistem kinerja tinggi. Dengan brake operation step downshit controlnya menjaga mobil dalam melakukan akselerasi.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Mobil Sedan Terbaru dan Termurah

Sehingga, putaran mesin tetap terjaga dan tidak menurun sama sekali. Inilah alasannya mengapa bahan bakarnya sangat hemat, karena mobil sendiri tidak kehilangan momentumnya, menarik sekali bukan?

Harus diakui, performa tersebut menjadi yang terbaik, perubahannya terasa sangat nyata. Honda All New BR-V tampilan baru dari pabrikan asal Jepang untuk memaksimalkan potensi pasar Indonesia yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here