Fakta Motor Listrik Kawasaki dan Serta Cara Mudah Merawatnya

0
61
Fakta Motor Listrik Kawasaki

Tahukah Anda bahwa motor listrik Kawasaki baru saja dirilis pada Juni 2022 lalu, kehadiran motor berbahan listrik ini tentu saja menjadi sebuah inovasi baru yang cukup menguntungkan. Selain Anda bisa menjaga lingkungan dari polusi, kepemilikan kendaraan ini pasti akan bermanfaat.

Penggunaan motor dalam kegiatan sehari-hari memang dibutuhkan, jika hanya mengandalkan mobil saja, pasti akan memakan lebih banyak biaya karena lebih banyak bensin yang dibutuhkan. Selain itu akan boros, jika memakai mobil untuk pergi ke tempat yang jaraknya tidak begitu jauh. 

Baca Juga : 7 Rekomendasi Motor yang Cocok Untuk Anak Muda, Pasti Jadi Pusat Perhatian !

Jika biasanya penggunaan motor hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, kini hadir motor listrik Kawasaki yang diperuntukkan bagi anak-anak. Jika anak Anda sudah lancar dalam mengendarai sepeda, maka tidak salahnya untuk mengajarkan mereka mengendarai kendaraan motor.

Terlebih lagi kendaraan ini menggunakan listrik, sehingga lebih ramah bagi lingkungan. Bagi orang tua yang merasa khawatir membiarkan anaknya menggunakan motor, karena khawatir si kecil mengendarainya ke jalan raya, tidak perlu khawatir karena kendaraan ini dibekali pengaman.

Fakta yang Dimiliki Motor Listrik Kawasaki

Fakta Motor Listrik Kawasaki

Meski masih baru dalam perilisannya, motor listrik tersebut sudah menyita banyak perhatian dari banyak orang. Inilah yang membuat banyak masyarakat Indonesia merasa penasaran ingin segera mengetahui keunggulan kendaraan tersebut, dan apa saja fakta yang wajib diketahui.

  • Ditujukan untuk Anak-Anak

Bagi Anda yang merasa penasaran dengan kehadiran motor listrik Kawasaki, perlu diketahui bahwa kendaraan ini diperuntukkan bagi anak usia 3 sampai 8 tahun, dengan bobot maksimal 45 kilogram saja, jadi akan sangat cocok untuk mengajarkan keseimbangan kepada si kecil.

Elektrode akan cocok digunakan ketika Anda mengajak si kecil berjalan bersama, sekaligus mereka juga bisa melatih keseimbangannya. Jika si kecil belum begitu lancar bersepeda, maka Anda bisa menjadikan kendaraan roda dua ini sebagai sepeda dorong tanpa menggunakan mesin.

  • Dapat Digunakan Selama Kurang Lebih 150 Menit

Karena kendaraan ini dibekali dengan listrik, maka ada batasan waktu pemakaian setelah mengisi dayanya. Si kecil bisa menggunakannya selama kurang lebih 2,5 jam untuk pemakaian penuh, jika Elektrode digunakan secara rutin, pastikan bahwa daya sudah terisi penuh.

  • Waktu Pengisian Daya Singkat

Kelebihan lain yang dimiliki oleh motor listrik Kawasaki adalah, waktu pengisian daya terbilang singkat hanya membutuhkan waktu 2,5 jam. Jika baterai sudah terisi setidaknya 80% saja, maka anak bisa langsung menggunakannya.

Baterai yang terpasang pada Elektrode memiliki usia 500 siklus pengisian daya, dengan kapasitas baterai 36V 5.1Ah 250 watt. Dan tentunya pengguna bisa mengisi daya kembali menggunakan soket listrik rumahan biasa, sehingga proses pengisian daya cukup sederhana.

  • Menggandeng StaCyc

Fakta lain yang bisa Anda temukan dari Elektrode adalah, kendaraan ini dibekali dengan StaCyc. Perlu diketahui bahwa StaCyc merupakan pabrik yang dimiliki oleh perusahaan motor besar terkenal yaitu Harley Davidson, sehingga kualitas dari Elektrode sudah tidak perlu diragukan lagi.

Merawat Motor Listrik dengan Mudah di Rumah

Fakta Motor Listrik Kawasaki

Kelebihan dari penggunaan motor listrik Kawasaki kini sudah diketahui, namun setiap kendaraan apapun pasti akan mudah rusak, jika tidak dirawat dan dijaga dengan baik. Maka dari itu kami akan mengajak Anda, untuk mengetahui cara merawat kendaraan berbahan bakar listrik ini.

  • Mengganti Van Belt

Salah satu cara untuk merawat kendaraan dengan bahan bakar listrik ialah, Anda perlu mengecek kondisi dari van belt. Bagian ini terletak di dekat ban belakang dan bisa terlihat dengan jelas, van belt berguna untuk menyalurkan energi ketika kendaraan melaju.

Pada umumnya pergantian van belt dilakukan ketika sudah memasuki 3000 km, meski tarikan dirasa masih aman. Jika masih dipaksakan ketika motor sudah tidak nyaman dibawa berkendara, khawatir van belt bisa putus dan menyebabkan kecelakaan.

  • Cabut Baterai saat Tidak Digunakan

Jika motor listrik Kawasaki sedang tidak digunakan, akan lebih baik jika Anda mencabut baterai yang terpasang pada kendaraan. Hal ini dilakukan karena ketika baterai masih terpasang, maka motor bisa mengalami self-discharge, dimana daya baterai akan tetap terbuang.

  • Hindari Pencucian Motor dengan Water Pressure

Selain itu pengguna juga harus berhati-hati saat mencuci kendaraan, hindari penggunaan water pressure untuk menjaga keamanan pada komponen listrik. Lebih baik jika cukup gunakan lap saja, terutama pada bagian kolong body motor, karena khawatir terjadi korsleting.

Jika diperhatikan pada bagian tersebut, Anda akan menemukan kisi-kisi udara, sehingga ketika Anda menggunakan water pressure atau semprotan air, khawatir air bisa masuk melalui celah. Maka dari itu saat hujan atau banjir sekalipun, kami tidak menyarankan Anda menggunakannya.

  • Cek Sistem Pengereman

Motor listrik Kawasaki juga harus dirawat pada sistem pengeremannya, cek kampas rem pada ban depan dan belakang secara rutin. Setidaknya periksa setiap 2 sampai 3 bulan sekali untuk mengetahui kondisinya, apakah perlu diganti atau tidak.

Rencananya Kawasaki akan Merilis Tiga Motor Listrik Sekaligus

Fakta Motor Listrik Kawasaki

Baru saja di bulan Juni 2022, Kawasaki berhasil menarik perhatian banyak orang dengan merilis motor listrik Kawasaki yang diberi nama Elektrode. Saat ini penggunaan motor berbahan bakar listrik untuk aktivitas sehari-hari, memang belum banyak dimanfaatkan.

Salah satu kendalanya adalah kecepatan berkendara yang terbatas, sehingga pengendara tidak ingin mengambil risiko jika telat sampai di tujuan. Selain itu kemacetan ibukota yang terbilang tinggi di beberapa titik, menjadi salah satu faktor penyebab motor listrik belum bisa memadai.

Namun perkembangan inovasi transportasi berbahan bakar listrik sepertinya sudah mengalami kemajuan, salah satu perusahaan otomotif roda dua yang terkenal berasal dari Jepang ini, yaitu Kawasaki sudah memulai produksi kendaraan berbahan bakar listrik.

Rencananya mereka akan merilis tiga motor listrik Kawasaki, bahkan diketahui sampai tahun 2025 Kawasaki akan memproduksi 10 model kendaraan berbahan bakar listrik. Kabar ini semakin dipertegas, dengan Kawasaki membeli hak paten sistem motor listrik dari pabrik asal Jepang.

Kawasaki memang memiliki rencana besar di tahun 2035 mendatang, bahwa mereka akan mulai menghentikan penjualan sepeda motor berbahan bakar bensin. Beredar kabar bahwa Ninja Z650 dan H2, adalah dua model kendaraan listrik yang akan segera dirilis.

Tentunya hal ini menjadi salah satu bentuk inovasi yang akan ditunggu-tunggu oleh banyak orang, tidak hanya Jepang saja tapi juga Indonesia. Karena model sebelumnya yaitu Elektrode sudah dirilis secara global, bukan tidak mungkin jika dua model lain akan dirilis di Indonesia juga.

Di dunia serba teknologi ini, rasanya manusia memang sudah pantas mengganti bahan bakar fosil menjadi bahan bakar terbarukan yang bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. Motor listrik Kawasaki menjadi salah satu bukti, bahwa secara perlahan manusia sudah sadar akan hal itu.

Jika semakin banyak perusahaan otomotif yang merilis kendaraannya dengan bahan bakar listrik, maka secara perlahan akan lebih banyak orang yang mulai beralih menggunakan jenis kendaraan tersebut, sehingga tidak hanya berdampak positif pada lingkungan, tapi juga kehidupan manusia.

Penggunaan Motor Listrik Kawasaki Mempermudah Anak Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar

Fakta Motor Listrik Kawasaki

Tidak ada salahnya untuk memberi kendaraan kepada si kecil, karena saat masa tersebut kita bisa mengajarkan mereka untuk mencoba berbagai hal yang belum pernah sebelumnya. Mereka juga akan lebih excited, karena penasaran dengan mencoba berbagai hal baru di hidupnya.

Jika Anda masih merasa khawatir memberikan si kecil kendaraan yang dibekali dengan mesin, tenang saja sebab motor ini dilengkapi dengan kata sandi. Orang tua tetap bisa menjaga si kecil jika menggunakannya dengan kecepatan tinggi, dan mereka tidak bisa mengakses sembarangan.

Adapun berbagai tingkat kecepatan pada motor listrik Kawasaki, yaitu Rendah 5 mph, Sedang 7,5 mph dan Tinggi 13 mph. Meskipun kendaraan ini dibekali dengan mesin, anak tetap bisa memanfaatkannya sebagai sepeda dorong, sehingga keamanan mereka tetap terjaga.

Rencananya kendaraan ini akan dijual secara global pada 2023, dan hanya tersedia satu warna saja yaitu Lime Green. Dilengkapi dengan rangka alumunium ringan, dan suspensi kaku di kedua ujung, lalu velg sepeda terbuat dari alumunium cor 16 inci dan rem cakram belakang 160 mm.

Diketahui bahwa Elektrode dijual dengan harga Rp 16 juta, dengan harga tersebut Anda sudah mendapatkan alat transportasi yang memadai dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Anak bisa menggunakannya saat ke sekolah, atau beraktivitas setiap harinya.

Baca Juga : Tips Mudah dan Sederhana Merawat Vespa Matic Agar Tetap Awet

Dalam pemanfaatannya, kendaraan bermotor memang lebih mudah dari segi perawatannya juga biaya yang akan dikeluarkan. Terlebih lagi kini kendaraan berbahan motor listrik sudah mulai memiliki pasarnya sendiri, maka dari itu ketahui terlebih dulu fakta dari motor listrik Kawasaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here