Serba-serbi Seputar Power Window

0
220
Serba-serbi Seputar Power Window
Serba-serbi Seputar Power Window

Power window merupakan jendela otomatis yang dapat dibuka serta ditutup di dalam mobil. Komponen electric window terdiri dari beberapa bagian. 

Baca juga : Memahami Teknik Engine Brake dan Manfaatnya

Power window pun memiliki arti jendela kendaraan yang dinaikkan atau diturunkan oleh motor listrik yang dikendalikan oleh tombol atau sakelar. 

Ford Motors pertama kali memperkenalkan pada tahun 1941. Mobil pertama yang mendapatkan power window yaitu Lincoln Custom dan Packard Custom Super 180. 

Power window menggantikan pegangan  tradisional. Ini bisa berupa fitur built-in atau dipasang di mobil melalui aksesoris aftermarket.

Komponen yang Dimiliki Power Window

Komponen yang Dimiliki Power Window
Komponen yang Dimiliki Power Window

Secara umum ada dua kelompok power window, yaitu listrik dan mekanik. Grup listrik adalah komponen yang terlibat dalam aktivasi motor listrik. 

Sedangkan kelompok mekanik adalah komponen yang terkait dengan mekanisme yang mengubah gerakan putar menjadi gerakan naik turun kaca. 

  • Baterai

Baterai merupakan komponen sangat berperan menyimpan listrik digunakan untuk asal dari segala sistem kelistrikan, salah satunya power window ini. 

Kita tahu bahwa motor listrik  menggunakan listrik sebagai bahan bakar dan aki atau baterai ini  menyediakan bahan bakar dalam bentuk listrik. 

Namun sifat baterai hanya menyimpan energi listrik dan tidak menghasilkan arus listrik, karena komponen yang menghasilkan arus listrik adalah alternator dari sistem pengisian. 

  • Sekring 

Sekering melindungi sirkuit listrik dari arus ampere tinggi, ampere adalah satuan pengukuran yang menyatakan kekuatan arus. 

Oleh karena itu, semakin tinggi arusnya, semakin banyak atau intensif perpindahan listriknya. Risiko arus yang tinggi ini bisa membakar kabel. 

Dan sekering mencegah itu, karena berfungsi, sekring menggunakan kawat tipis. Dimana kabel putus saat arus  mencapai intensitas tertentu. 

Jika kabel sekring putus,  arus listrik dari baterai tidak dapat dialirkan ke rangkaian sedemikian rupa sehingga terlindung dari kebakaran. 

  • Sakelar

Sakelar adalah komponen yang mengaktifkan rangkaian listrik. Ubah driver serta sakelar penumpang sebenarnya sama, namun khusus untuk pengemudi, saklar tersebut memiliki empat  tombol yang dapat digunakan untuk mengendalikan 4 window dari empat pintu. 

Sakelar penumpang hanya memiliki satu tombol untuk mengontrol 1 window

Seperti namanya, saklar pengemudi terletak di pintu pengemudi, sedangkan saklar penumpang terletak di tiga pintu lainnya. 

  • Kabel Koneksi 

kegunaan kabel penghubung yaitu guna mengalirkan arus listrik berasal dari baterai ke motor listrik, digunakannya kabel di sistem window listrik rata-rata diameternya kecil.

kecuali kabel yang menuju ke motor yang diameternya lebih besar. Biasanya kabel ini memiliki warna yang berbeda. Perbedaan warna ini menunjukkan kode tertentu.

jadi kalian harus berkonsultasi dengan literatur layanan otomatis yang sesuai untuk mengetahui untuk apa kabel warna itu. 

  • Motor Jendela Listrik 

Motor elektrik window berfungsi sebagai penggerak yang  mengubah energi listrik menjadi gerak putar. Kecepatan motor elektrik window biasanya diatur pada jumlah putaran  tertentu.

Agar gerak naik turun elektrik window tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Arah putaran motor elektrik window juga dapat diubah.

Putaran dengan arah yang berbeda menyebabkan pergerakan kaca yang berbeda (naik vs turun). Yang mempengaruhi arah putaran mesin tetaplah fungsi kopling. 

  • Gearbox 

Kelima komponen di atas termasuk dalam kelompok elektrik, sedangkan komponen kita termasuk dalam kelompok mekanik. 

Gearbox mentransfer rotasi dari output mesin ke katrol. Mekanisme transmisi memiliki katrol yang melilit kawat baja. Saat katrol berputar, benang baca ditarik seperti  rantai  motor.  Dan yang memutar puli adalah keluaran power window. 

  • Kabel Koneksi 

Kabel penghubung berfungsi sebagai rantai yang menarik dudukan kaca saat katrol di dalam roda transfer berputar. 

Benang ini bersifat elastis sehingga dapat dililitkan pada pulley dan ditarik Iari glass holder, karena pulley memutar gulungan benang yang bergerak.

akibatnya ujung benang tertarik padanya. Saat ujung kabel terhubung ke tempat kaca, tempat kaca diangkat. 

  • Gagang Kaca 

Glass holder adalah penjepit untuk menahan kaca mobil, holder ini menahan kaca agar tidak terjatuh. Namun braket ini juga terhubung ke ujung kabel penghubung. 

Untuk menarik gagang kaca, kaca secara otomatis  bergerak mengikuti gagang kaca. 

  • Rak Kaca 

Ini adalah trek atau jalur yang digunakan sebagai lintasan tempat gelas. Jadi jaman dulu pegangan kaca dipasang pada rel tempat roller ini menahan pegangan.

sehingga hanya bisa bergerak naik turun dengan tepat. Sehingga saat kawat menarik gagangnya, gerakan kaca tidak berlebihan dan bisa langsung terjepit.

Alasan Power Window Bergerak Naik atau Turun Sangat Lambat 

Bagi pemilik kendaraan dengan window elektrik, masalah window sangat lambat bisa lebih dari sekadar gangguan. 

Ini bisa menjadi tanda masalah bisa menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu, bahkan mungkin menyebabkan window macet di posisi atas atau bawah.  

Cara kerja sistem ini, kalian sebenarnya lebih mudah dari kalian kira. Sumber daya untuk motor sistem window adalah kabel busi ini dapat disesuaikan. 

Saat kalian menekan sakelar window dari dalam kendaraan, mesin hidup. Pada titik ini, pengatur sakelar sistem tersebut  mengubah rotasi menjadi gerakan vertikal window

Saat bagian tertentu dari sistem ini mulai digunakan, window mungkin bergerak lebih lambat dari seharusnya. Alasan umum untuk ini meliputi: 

  • Motor Jendela Pecah

Motor jendela cenderung aus seiring bertambahnya usia dan bahkan dapat melambat jika mulai macet. 

Jendela yang bergerak ke atas atau ke bawah secara perlahan mungkin merupakan satu-satunya indikasi masalah ini, atau mesin juga mengeluarkan suara mendengung saat bekerja. 

  • Regulator Jendela yang Aus

Saat regulator mulai menunjukkan tanda-tanda aus, jendela dapat  bergerak naik dan turun lebih lambat dari biasanya. 

Sayangnya, tanpa alat diagnostik tepat dan melepas panel pintu, sulit untuk menentukan apakah masalahnya ada pada motor atau regulator. Minta mekanik profesional melakukan pemeriksaan menyeluruh. 

  • Panduan Panduan Jendela Rusak

Panduan jendela menahan jendela  di tempatnya saat bergerak ke atas dan ke bawah.

Jika penggulung rusak,  dapat menyebabkan jendela terseret, mengakibatkan jendela bergerak naik turun lebih lambat dari biasanya dan dapat disertai dengan bunyi klik atau derit.

Terakhir, pemandu rusak dapat menyebabkan jendela jatuh ke pintu. Mekanik seluler modern akan datang ke rumah atau kantor kalian untuk mencari tahu mengapa jendela bergerak sangat lambat. 

Mekanik harus melepas panel pintu untuk melihat lebih dekat komponen sistem power window dan mengidentifikasinya sebagai masalah kelistrikan.

Seperti motor atau regulator rusak atau masalah mekanis seperti keausan atau kerusakan.  Garis arah atau jalur sprint.

Setelah pemeriksaan, mekanik akan memberikan laporan terperinci merinci sumber dan penyebab masalah pergerakan jendela, serta tingkat dan biaya perbaikan diperlukan. 

Seberapa penting layanan ini, karena jendela kalian retak hal ini bisa memengaruhi kemampuan kalian untuk mengemudi, mungkin tergoda untuk menunda memperbaikinya hingga nanti. 

Sementara itu, bagaimanapun, setiap komponen menyebabkan masalah dapat merusak bagian lain dari sistem power window. Toh, ini bisa menambah biaya perbaikan nantinya. 

Juga, ingatlah bahwa masalah ini dapat menyebabkan jendela tiba-tiba beroperasi kapan saja, dan meskipun macet hanyalah ketidaknyamanan.

Membukanya menciptakan masalah keamanan sangat besar bagi kalian, belum lagi masalah karena cuaca buruk. Membawamu diagnosis sesegera mungkin.

Fitur Power Window

Mengesampingkan fitur umum jendela roll sekali sentuh, power window memiliki beberapa fitur unik yang membuatnya lebih ramah pengguna dan nyaman. Karakteristik ini dapat diringkas sebagai berikut: 

  • Mati Otomatis

Ini adalah fitur yang sangat umum di hampir semua jendela daya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menurunkan jendela  sepenuhnya  dengan satu sentuhan tombol. 

Sistem menggunakan sirkuit untuk melacak berapa kali sakelar ditekan. Jika sakelar ditahan kurang dari satu detik, jendela akan turun sepenuhnya dan menekan sakelar batas dan berhenti di situ. 

Jika tombol ditekan lebih lama, sirkuit akan menganalisis waktu dan berhenti menghitung jendela segera setelah tombol dilepas. 

  • Pendakian Otomatis

Fungsi ini tidak terlalu umum karena memiliki beberapa komplikasi. Unggah otomatis  bekerja dengan cara yang sama seperti unduh otomatis. 

Namun, pendakian otomatis memiliki risiko. Jika jendela terbuka dan ada sesuatu yang menghalangi jendela, seperti tangan anak atau kaki anjing atau kucing peliharaan, kemungkinan besar akan melukai mereka. 

Karena jendela tidak berhenti hingga mencapai sakelar batas, ini menimbulkan bahaya kecelakaan. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah menambahkan sirkuit lain ke sistem yang dapat mengontrol kecepatan gulir jendela. 

Ketika kecepatan melambat karena hambatan, rangkaian membalikkan arus ke motor dan jendela turun. 

  • Power

Seperti yang disebutkan sebelumnya, power windows hanya berfungsi saat kunci kontak kendaraan dihidupkan. 

Namun di beberapa mobil, cadangan energi diarahkan ke sirkuit jendela bahkan setelah mesin dimatikan. 

Jika kalian lupa menurunkan jendela, fitur ini membuat kalian tidak perlu menghidupkan kembali sakelar dengan menurunkan jendela.

Keuntungan dari Sistem Power Window 

Keuntungan dari Sistem Power Window 
Keuntungan dari Sistem Power Window

Saat ini hampir semua kendaraan memiliki power window. Ini ditawarkan sebagai perlengkapan standar pada mobil premium, dan setidaknya sebagai pilihan bahkan pada mobil dengan harga menengah. 

Jendela elektrik menghilangkan hambatan pegangan tradisional yang membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk membuka atau menutup jendela. 

Keuntungan dari jendela yang dioperasikan secara elektrik dapat dicantumkan sebagai berikut:

  1. Jadi pengemudi hanya bisa mengoperasikan windows dengan jarinya. 
  2. Ini memungkinkan orang dengan cedera tangan atau masalah fisik lainnya untuk menggunakan jendela dengan mudah. 
  3. Pengemudi dapat dengan mudah mengoperasikan jendela bahkan saat mengemudi. 
  4. Berkat adanya panel elektrik di bagian depan, pengemudi juga dapat menggunakan semua jendela secara bersamaan tanpa meninggalkan tempat duduk. Fungsi ini sangat berguna saat ada anak-anak di kursi belakang.

Baca juga : 11 Cara Merawat Sistem Pendingin Mobil, Perhatikan Hal Ini!

Itulah serba serbi mengenai power window dari segi komponen, fitur-fiturnya, manfaatnya, serta alasan dibalik kendala yang terjadi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini